Peta Kerja Keseluruhan

25 March 2023 14:04:13 Dibaca : 1793 Kategori : TUGAS ERGONOMI

Peta kerja keseluruhan merupakan suatu peta kerja yang di dalamnya melibatkan sebagian besar atau semua fasilitas yang diperlukan untuk membuat produk yang bersangkutan. Macam-macam peta kerja keseluruhan menurut kegunaannya terdiri dari peta proses operasi, peta aliran proses, peta proses kelompok kerja, dan diagram alir.

  • Peta Proses Operasi atau OPC adalah peta kerja yang mencoba menggambarkan urutan kerja dengan jalan membagi pekerjaan tersebut menjadi elemen-elemen operasi secara detail.

  • Peta Aliran Proses merupakan suatu diagram yang menunjukkan urutan urutan dari operasi, pemeriksaan, transportasi, menunggu, dan penyimpanan yang terjadi selama satu proses berlangsung, serta di dalamnya memuat pula informasi-informasi yang diperlukan untuk analisa seperti waktu yang dibutuhkan dan jarak perpindahan.

 

  • Peta Proses Kelompok Kerja merupakan kumpulan dari beberapa Peta Aliran Proses di mana tiap Peta Aliran Proses tersebut menunjukkan satu seri kerja dari seorang operator.

 

  • Diagram alir adalah sebuah jenis diagram yang mewakili algoritme, alir kerja atau proses, yang menampilkan langkah-langkah dalam bentuk simbol-simbol grafis, dan urutannya dihubungkan dengan panah. Diagram ini mewakili ilustrasi atau penggambaran penyelesaian masalah.