ARSIP BULANAN : August 2021

TI

10 August 2021 23:36:48 Dibaca : 16

 Di Indonesia ada banyak perguruan tinnggi yang tersebar dan memiliki begitu banyak pula jurusan didalamnya. Salah satunya UNG, dimana terdapat 10 fakultas yang didalamnya terdapat jurusan yang banyak diminati oleh para siswa yang akan melanjutkan pendidikannya. Contohnya fakultas teknik jurusan teknik industri.

 Teknik Industri adalah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana mengoptimalisasi kegiatan manusia seperti; produksi, pengelolaan dan ekonomi. Lulusan Teknik Industri nantinya bertanggungjawab atas optimalisasi praktis dari sistem produksi pabrik, proposal strategi, serta desain optimal manajemen perusahaan.

Kenapa harus memilih jurusan Teknik Industri?

  1. Lulusan Teknik Industri dapat masuk ke industri jasa seperti keuangan, konsultasi, teknologi informasi, juga pelayanan masyarakat.
  2. Sarjana Teknik Industri dibutuhkan perusahaan untuk mengolah informasi. Mengingat perkembangan teknologi saat ini menuntut perusahaan untuk membuat engagement dengan konsumen.
  3. Industri khususnya pada bidang pemeliharaan, logistik, dan inventori. Jadi kamu bisa nih meniti karier di sektor manufaktur.
  4. Meski menyandang gelar Sarjana Teknik, lulusan Teknik Industri bisa terjun ke bidang human resource development (HRD) sebab ketika kuliah kamu akan dibekali dengan pengetahuan terkait pengembangan manusia terutama dari aspek perkembangan industri.
  5. Beberapa perusahaan membutuhkan lulusan Teknik Industri untuk memperkuat divisi Safety, Health, and Environment bersama dengan lulusan Teknik Sipil dan Kesehatan Masyarakat.

Prospek kerja

Peluang karier yang menanti lulusan Teknik Industri sangat banyak. Jenis dan jenjang karier yang ditawarkan juga sangat bervariasi. Kamu bisa bekerja di perusahaan ataupun institusi lain dengan gaji yang kompetitif. Bidang pekerjaan yang dapat dipilih oleh Sarjana Teknik Industri antara lain sistem informasi, produksi dan penjaminan mutu, logistik, konsultan manajemen, dan marketing. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk bekerja di sektor lainnya.

Demikian, semoga bermanfaat.

alur masuk

09 August 2021 23:57:50 Dibaca : 12

Halo, aku Niar camaba dari jurusan Teknik Industri di Universitas Negeri Gorontalo, kali ini aku bakal sedikit kasih informasi tentang tahapan pendaftaran masuk ke perguruan tinggi.

  • Pendaftaran dan registrasi akun LTMPT
  • Alur masuk ditahapan ini ada 3 jalur yang bisa diikuti mulai dari SNMPTN, SBMPTN, dan MANDIRI

          SNMPTN adalah jalur yang dimana hanya bisa diikuti oleh siswa yang telah mendapat rekomendasi dari pihak sekolah yang nilai raportnya pun telah diupload di PDSS, dan hanya bisa diikuti oleh lulusan tahun itu (fresh graduate) saja serta tanpa melalui tahapan ujian.

          SBMPTN adalah jalur kedua yang dibuka setelah pengumuman dari snmptn, pada tahapan ini siswa yang bisa mengikuti adalah lulusan tahun itu, setahun dan 2 tahun sebelumnya yang secara otomatis saingannya lebih banyak. Pada tahapan ini terdapat ujian yang perlu diikuti yang disebut UTBK.

          MANDIRI adalah jalur yang hampir sama dengan sbmptn, tetapi ada beberapa hal yang berbeda contohnya uang registrasi pendaftaran.

Demikian sedikit informasi yang bisa aku bagi, mohon maaf apabila ada beberapa hal yang kurang. Semoga bermanfaat.

 

Hai calon mahasiswa! Yuk cari tahu tentang UNG.

05 August 2021 18:03:10 Dibaca : 33

Melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi adalah salah satu impian bagi setiap pelajar. Tetapi ada beberapa yang masih bingung dan bimbang untuk memilih jurusan dan perguruan tinggi mana yang menjadi tujuan,  karena begitu banyak perguruan tinggi negeri maupun swasta yang ada di Indonesia. Dan dalam menentukan Universitas pilihan tentunya kita juga perlu mencari tahu sebelum mendaftar, contohnya ketersediaannya jurusan yang diminati, akreditasi, dan standar dasar universitas itu. Nah, buat para calon mahasiswa terkhususnya pelajar kelas 12 sudah tahukah kamu bahwa ada salah satu perguruan tinggi yang menjadi pilihan banyak pelajar, apa itu? Yuk simak ulasan berikut ini.

Universitas Negeri Gorontalo (UNG) salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Gorontalo. Berdiri sejak 1 September 1963, awalnya Universitas ini bernama junior college dan menjadi bagian dari FKIP Unsuluteng, dan pada 23 Juni 2004 menjadi Universitas Negeri Gorontalo sebagaimana telah ditetapkan pada surat Keputusan Presiden RI nomor 54 tahun 2004 tanggal 23 Juni 2004. 

Mengapa memilih UNG?

Beragam prestasi telah diraih oleh mahasiswa, UNG juga menghasilkan lulusan yang kompeten, dan juga standar para tenaga pendidik yang memumpuni dibidangnya, serta adanya organisasi mahasiswa yang menjadi wadah untuk mengembangkan diri didalamnya. Di UNG sendiri juga terdapat beberapa program beasiswa bagi mahasiswa. Dengan motto Unggul dan berdaya saing menjadikan Universitas Negeri Gorontalo patut dijadikan pilihan untuk melanjutkan pendidkan kejenjang selanjutnya. Untuk persaingan masuk ke Universitas ini juga cukup sulit, selain peminat dari dalam juga banyak peminat dari luar daerah.

UNG terdiri dari 4 kampus, yang berada dilokasi yang berbeda dan strategis, dan tersedia fasilitas yang ada didalamnya berupa laboratorium, poliklinik, fasilitas olahraga, sarana ibadah, pusat pelatihan bahasa, perpustakaan, gedung pertemuan dan asrama mahasiswa. Juga terdapat 10 fakultas dan 1 program pascasarjana, diantaranya:

  • Fakultas Hukum : Ilmu Hukum
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam : Keguruan dan Pendidikan, Biologi, Fisika, Kimia, Pendidikn Metematika, Statistika, Georafi, dan Teknik geologi
  • Fakultas Ilmu Kesehatan Dan Olahraga : Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Ilmu Keperawatan, Pendidikan Olahraga, dan Pendidikan Dokter
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan : Perikanan dan Budidaya kelautan (Akuakultur)
  • Fakultas Ilmu sosial : Sejarah, Ilmu komunikasi, dan Sosiologi
  • Fakultas Teknik : Keguruan & pendidikan, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Industri, Arsitektur, Seni Rupa, Sistem informasi, dan teknik Informatika
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis : Ilmu Administrasi, Akuntansi, Ilmu Ekonomi, dan Manajemen
  • Fakultas Pertanian : Agribisnis, Agroteknologi, Peternakan, serta Ilmu & Teknologi Pangan
  • Fakultas Ilmu Pendidikan : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Fakultas Sastra dan Budaya : Teater & Drama, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Sastra Inggris, Tari, dan Musik
  • Pascasarjana : Keguruan & Pendidikan, Ilmu Administrasi, Ilmu Hukum, Kelautan, Perikanan, Pendidikan bahasa Indonesia, Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Fisika, Biologi, dan Ilmu Ekonomi.

 

Sekian pembahasan tentang tentang Universitas Negeri Gorontalo, semoga bermanfaat!

CMIIW ^o^