PENGALAMAN BELAJAR MATA KULIAH PENGENDALIAN DAN PENJAMINAN MUTU

08 July 2024 09:07:06 Dibaca : 55

Pengendalian dan Penjaminan Mutu adalah salah satu mata kuliah yang ada pada jurusanTeknik Industri yang saya pelajari pada semester 4. Dengan mempelajari mata kuliah ini saya memiliki pengalaman yang bisa menambah wawasan mengenai hal yang berkaitan dengan mutu baik produk maupun jasa. Tidak hanya itu, pada mata kuliah ini kami diajarkan mengenal beberapa tools yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah sesuai dengan masalah yang ditemukan.  Pada awal perkuliahan kami dibentuk menjadi beberapa kelompok yang masing-masing kelompok beranggotakan 3 orang. Kami diberikan projek untuk turun lapangan yaitu UMKM untuk menganilisis permasalah yang berkaitan dengan mutu. Projek yang diberiakan akan dikerjakan setelah selesai perkuliahan pada pertemuan 8. Selama pertemuan 1 sampai pertemuan 8 saya sendiri sangat menikmati pembelajaran dikelas, pembelajaran yang diberikan bisa membuat mahasiswa aktif dan dapat memahami apa yang di sampaikan oleh Dosen pengampuh. 

Pada penyelesaian projek, saya belajar banyak hal salah satunya yaitu belajar bagaimana cara bekerja sama antar teman kelompok untuk menyelesaikan tugas projek tersebut. Disini banyak sekali pengalaman yang saya dapatkan yaitu mulai dari wawancara dengan pemilik UMKM dan melakukan asistensi dengan Dosen. Dengan adanya tugas ini bisa membantu saya untuk berani berinteraksi dengan orang lain. Projek yang kami kerjakan yaitu mengenai PENERAPAN METODE SIX SIGMA UNTUK PENGENDALIAN KUALITAS PRODUKSI PIA PADA UMKM PIA TINELO. Kami menggunakan salah satu tools yang kami pelajari yaitu SIX SIGMA. Di dalam SIX SIGMA terdapat metode DMAIC yaitu ( Define, Measure, Analyze, Improve, dan Control ). 

KESAN

Saya mengucapkan terimakasih kepada dosen pengampuh matakuliah pengendalian dan penjaminan mutu, atas bimbingan dan arahannya kami bisa menyelesaikan projek yang diberikan dan memperoleh nilai yang sangat memuaskan, semoga ilmu yang bapak dosen berikan dapat bermanfaat untuk kami semua.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong