ARSIP BULANAN : February 2013

MANFAAT BANGUN PAGI

13 February 2013 12:33:28 Dibaca : 24

       Sebagai seorang mahasiswa kita harus bisa bangun lebih awal dari anggota keluarga lainnya.apalagi jika kita ada jadwal mata kuliah yang mengharuskan kita datang pagi-pagi ke kampus.selain kita tidak terlambat datang ke kampus kita juga bisa melakukan sedikit pekerjaan yang ada di rumah misalnya membantu ibu menyiapakan sarapan pagi.selain itu manfaat bangun di pagi hari juga di antaranya sebagai berikut:

1.Mengasah pikiran dan hati

Pagi hari merupakan waktu yang baik untuk pengembangan diri, misalnya, untuk membaca buku atau memulai suatu hobi seperti menulis. Suasana yang masih tenang akan menjadi anugerah yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan diri secara profesional, emosional, fisik, mental, dan spiritual.

2.Menggunakan waktu untuk berpikir

Pakar keuangan James Citrin pernah mengatakan, “Heningnya pagi seringkali terjadi ketika pikiran kita sedang jernih, dan memungkinkan untuk memecahkan persoalan penting.” Artikelnya yang berjudul Tapping the Power of Your Morning Routine, akan memberikan wawasan pada Anda betapa berharganya waktu pagi. Dalam artikel tersebut Jim juga melaporkan bahwa 80% pejabat perusahaan yang diwawancaranya bangun pukul 05.30 atau lebih pagi.

3.Melakukan meditasi

Meditasi menyebabkan keseimbangan emosional dan kesejahteraan diri. Jika Anda mengawali hari dengan bermeditasi, Anda akan membawa keseimbangan dalam hidup Anda sepanjang hari, dan memerbaiki kualitas hidup Anda. Pagi menjadi waktu yang lebih baik untuk meditasi karena pikiran Anda masih segar, rileks, dan otak masih tajam.

4.Membereskan hal-hal kecil

Bereskan hal-hal kecil yang harus Anda lakukan lebih dulu untuk menyelesaikan tugas yang lebih besar pada hari itu. Misalnya, balas dulu email-email yang belum dibuka di inbox, supaya tidak menyita perhatian Anda. Anda pun memunyai waktu untuk membereskan rumah sebelum pergi bekerja.

5.Berolahraga

Tidur lebih awal, membuat Anda mampu bangun pagi dengan bugar. Waktu yang masih ada bisa Anda gunakan untuk berolahraga, entah di rumah atau di gym dekat kantor.

6.Memeroleh kalsium dan vitamin D untuk tulang

Bangun pagi juga memberi kesempatan bagi tubuh untuk menerima paparan sinar matahari yang penting untuk tulang. Berjemur dibawah paparan sinar mentari pagi sebelum pukul 09.00 dianggap baik guna memenuhi kecukupan kalsium dan vitamin D dalam tubuh.

7.Meningkatkan produktivitas

Jika mengawali hari lebih awal, Anda akan membuat waktu terasa lebih panjang. Dengan demikian, Anda bisa melakukan lebih banyak pekerjaan dalam satu hari. Jika pekerjaan menumpuk untuk esok hari, tidurlah lebih awal dan bangun lebih pagi, maka Anda bisa menyelesaikannya dengan lebih cepat.

8.Membuat anda berbahagia

Peneliti dari Roehampton University di Inggris juga menyimpulkan kalau bangun pagi membuat tubuh lebih sehat, mood yang baik, dan membuat orang memiliki indeks massa tubuh ideal. “Mereka yang bangun pagi cenderung lebih sehat dan lebih bahagia,”

9.Tidur lebih berkualitas

Seperti diketahui dengan tidur yang cukup mampu mengurangi berbagai efek negatif pada tubuh, seperti penuaan dini atau kerutan pada wajah. Dengan bangun pagi, irama pada tubuh akan menjadi stabil. Kondisi ini secara tidak langsung akan memperbaiki kualitas tidur Anda setiap hari.

MANFAAT MENABUNG

12 February 2013 10:17:46 Dibaca : 10

Hidup hemat harus dimulai sejak dini. Dengan menabung dapat membuat seseorang tumbuh sebagai sosok yang penuh perencanaan, termasuk dalam hal keuangan. Dengan tabungan yang cukup, apa yang diinginkan akan dengan mudah didapat. Hemat pangkal kaya bukan sekedar pepatah, namun menjadi tumpuan bagi si kecil dalam mengatur keuangan.

Ada banyak manfaat dari menabung antara lain adalah :

1.Simpan untuk Dana Darurat
Hal ini penting untuk menutupi biaya tak terduga. Misalnya, biaya untuk perbaikan mobil yang tiba-tiba mogok di jalan atau biaya untuk berobat rumah sakit akibat usus buntu mendadak, dan masih banyak biaya-biaya yang tak terduga lainnya. Uang yang harus Anda simpan untuk dana darurat, idealnya minimal berkisar tiga sampai enam bulan dari sebagian penghasilan Anda.2. Simpan untuk Pensiun
Semakin cepat Anda mulai menabung untuk masa pensiun, semakin sedikit uang yang harus Anda simpan di masa depan. Sehingga Anda dapat menikmati masa-masa pensiun Anda tanpa beban.

2.Dana Pendidikan
Jika Anda lulusan sarjana, biasanya Anda mempunyai keinginan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Untuk dapat mewujudkan keinginan Anda tersebut, maka harus menabungkan sebagian dari penghasilan Anda untuk dana pendidikan Anda. Anda juga perlu mempertimbangkan dana pendidikan untuk anak Anda ketika saatnya tiba.

3.Simpan untuk Liburan
Bersenang-senang juga perlu untukrefreshing dan menikmati liburan dengan hasil jerih payah Anda selama bekerja. Namun untuk berlibur dengan nyaman, menginap di hotel yang mewah, atau jalan-jalan keluar negeri sekalipun membutuhkan biaya yang tidaklah sedikit. Anda juga perlu menabung untuk liburan dengan teman-teman atau keluarga Anda. Semakin Anda rajin menabung, semakin banyak juga uang yang Anda dapatkan untuk digunakan selama liburan.

4. Menghindarkan kita dari sifat boros
5. Uang tabungan bisa digunakan untuk hal-hal yang tak terduga
6. Menghindarkan kita dari berhutang
7. Melatih kita untuk lebih bijak dalam menggunakan uang.
8. Persiapan hari tua
9. Perencanaan pendidikan anak yang lebih baik

 

HARI PERTAMA KULIAH Di SEMESTER GENAP

12 February 2013 10:11:02 Dibaca : 83

Pada hari senin kemarin awal masuk perkuliahan di semester genap.

kuliah kemarin di awali dengan mata kuliah farmasetika dasar oleh pak Robert Tungadi S.si.,M.si.,Apt.pada kesempatan ini sebelum beliau memulai penjelasan mengenai materi pokok tentang farmasetika dasar beliau menjelaskn secara singkat tentang sejarah farmasi,yang saya bisa tangkap dari penjelasan beliau bahwa farmasi (bahasa Inggris: pharmacy, bahasa Yunani: pharmacon, yang berarti : obat) merupakan salah satu bidang profesional kesehatan yang merupakan kombinasi dari ilmu kesehatan dan ilmu kimia, yang mempunyai tanggung-jawab memastikan efektivitas dan keamanan penggunaan obat. Ruang lingkup dari praktik farmasi termasuk praktik farmasi tradisional seperti peracikan dan penyediaan sediaan obat, serta pelayanan farmasi modern yang berhubungan dengan layanan terhadap pasien (patient care) di antaranya layanan klinik, evaluasi efikasi dan keamanan penggunaan obat, dan penyediaan informasi obat. Kata farmasi berasal dari kata farma (pharma). Farma merupakan istilah yang dipakai pada tahun 1400 - 1600an.Paracelsus (1541-1493 SM) berpendapat bahwa untuk membuat sediaan obat perlu pengetahuan kandungan zat aktifnya dan dia membuat obat dari bahan yang sudah diketahui zat aktifnyaHippocrates (459-370 SM) yang dikenal dengan “bapak kedokteran” dalam praktek pengobatannya telah menggunakan lebih dari 200 jenis tumbuhan.Claudius Galen (200-129 SM) menghubungkan penyembuhan penyakit dengan teori kerja obat yang merupakan bidang ilmu farmakologi.Ibnu Sina (980-1037) telah menulis beberapa buku tentang metode pengumpulan dan penyimpanan tumbuhan obat serta cara pembuatan sediaan obat seperti pil, supositoria, sirup dan menggabungkan pengetahuan pengobatan dari berbagai negara yaitu Yunani, India, Persia, dan Arab untuk menghasilkan pengobatan yang lebih baik.Johann Jakob Wepfer (1620-1695) berhasil melakukan verifikasi efek farmakologi dan toksikologi obat pada hewan percobaan, ia mengatakan :”I pondered at length, finally I resolved to clarify the matter by experiment”. Ia adalah orang pertama yang melakukan penelitian farmakologi dan toksikologi pada hewan percobaan. Percobaan pada hewan merupakan uji praklinik yang sampai sekarang merupakan persyaratan sebelum obat diuji–coba secara klinik pada manusia.Institut Farmakologi pertama didirikan pada th 1847 oleh Rudolf Buchheim (1820-1879) di Universitas Dorpat (Estonia). Selanjutnya Oswald Schiedeberg (1838-1921) bersama dengan pakar disiplin ilmu lain menghasilkan konsep fundamental dalam kerja obat meliputi reseptor obat, hubungan struktur dengan aktivitas dan toksisitas selektif. Konsep tersebut juga diperkuat oleh T. Frazer (1852-1921) di Scotlandia, J. Langley (1852-1925) di Inggris dan P. Ehrlich (1854-1915) di Jerman.

Demikian beberapa ulasan sejarah farmasi Dunia barat yang semuanya berawal dari Hipocrates yang dikenal sebagai bapak kedokteran, jika dilihat secara mendalam maka ilmu kefarmasian dan ilmu kedokteran memiliki sumber yang sama sehingga diharapkan keilmuan ini dapat bekerja sama untuk mencapai efek terapi yang maksimal bagi pasien.

MANFAAT SENAM BADAN di PAGI HARI

08 February 2013 12:54:58 Dibaca : 15

Assalam alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sebagai mahasiswa bidik misi Universitas Negeri Gorontalo angkatan 2012 kita sering melakukan senam pagi.senam pagi ini rutin di lakukan setiap hari jumat tepat pukul 06.00 wita.senam pagi banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita.
Sebelum mengisi aktifitas rutin seperti biasa yang saya lakukan senam badan yang memang sewaktu terbangun dari tidur tubuh rasanya kaku, dikarena sewaktu tertidur kurang lebih 6 hingga 8 jam kita tertidur terelpas kita tidak sama sekali merasakan beban pada tubuh yang tertidur, aliran darahpun tidak terlalu cepat di pompa ke jantung juga urat saraf terasa santai tidak tegang.itulah manfaat istirahat tidur, sekarang saya lanjutkan mengenai topik senam badan diwaktu pagi.

Memang kebanyakan orang sering melupakan manfaat yang satu ini, terlebih setelah terbangun tidur. Ada sedikit tips dari saya yang memang sangat membantu menormalkan aliran darah dan melatih urat saraf yang kaku sewaktu bangun tidur;

Pertama yang saya lakukan memegang kedua erat tangan keatas kepala,
kedua memijit pundak selama beberapa detik saja, lalu setelah itu bergerak kesekitar ruangan yang cukup untuk melalkun gerakan senam yang saya tahu akan gerakan senam di waktu saya sekolah dasar dulu. Yang ketiga setelah badan sedikit menghangat maka saya selesai sampai disitu barulah meminum segelas air putih untuk penyegar dan tanpa disadari kata orang minum air putih itu banyak juga kegunaan serta manfaatnya. Setelah selesai meregangkan dan melakukan senam serta minum air puti tadi barulah saya bergegas membersihkan diri yaitu; bisa mengosok gigi atau hal lainnya yang dilakukan untuk bersih-bersih.

Wassalam alaikum warahmatullahi Wabarakatuh

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong