ARSIP BULANAN : March 2014

filosofi islam karya serta dasar pemikiranya

30 March 2014 22:06:12 Dibaca : 252

Makalah :

FILOSOFT KARYA DAN DASAR PEMIKIRANYA

NAMA : ADE HELMI KALAPATI

NIM : 291413027

Pada era modernlisasi saat ini, kita banyak menyaksikan perkembangan ilmu pengetahuan yang semakit pesat, khusunya dalam bidang ilmu filsafat, ketika seseorang belajar untuk berfilsafat tentunya seseorang tersebut diajak untuk berpikir secara rasional untuk menemukan suatu kebenaran yang mutlak, dimana untuk mendapatkan suatu kebenaran tersebut tentunya filsafat telah menyediakan landasan untuk berpikir yang mana sudah di kemukakan oleh filosoft terdahulu seperti mereka yang akan bahas dalam makalah ini.

Sejarah tentang para filosofi pastinya banyak akan tetapi dalam makalah ini hanya membahas sebagian filosof islam yang mempunyai karya-karya yang mereka tuangkan dalam buku-buku dan sampai sekarang buku-buku mereka yang terkenal banyak di gunakan oloeh orang-orang yang berfilosi.

Pada jaman para filosofi islam terdahulu mereka banyak membawa perubahan dalam dunia pendidikan dan lain sebagainya. Sehingga nama mereka begitu dikenal dan di bukukan oleh orang-orang karena mereka banyak memberikan sumbangan ilmu-ilmu yang begitu pentingnya untuk dipakai sampai pada era modern saat ini.

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Dalam mempelajari tentang filsafat ada hal-hal yang lebih dulu harus kita pelajari salah satunya sejarah tentang filsafat, melalui pendekatan sejarah kita akan dapat mengetahui berbagai peristiwa yang terjadi dari waktu ke waktu dalam ilmu filsafat, peristiwa-peristiwa yang dimaksudkan adalah peristiwa-peristiwa yang ada sangkut pautnya dengan filsafat

Sejarah tentang para filosofi terdahulu tidak bisa lupakan atau biarkan begitu saja, terutama tentang para filosofi islam terdahulu yang begitu banyak memberikan sumbangsi pikiran mereka terhadap dunia pendidikan khusunya dalam ilmu filsafat.

1.2 TUJUAN

Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah :

Agar mahasiswa dapat mengetahui sejarah ilmu filsafatAgar mahasiswa dapat mengetahui para filosofi islam

BAB II

1.3 PEMBAHASAN

FILSUFT CIPTAAN DAN DASAR PEMIKIRANYA ISLAM

Berikut beberapa filsuft islam yang dikenal cerdas pada zamanya sampai sekarang :

1. IBNU SINA

Abu Ali Al-Husein Ibn Abd allah ibn hasan ibnu ali Ibn Sina lahir di afsyana tahun 370 h/980 m. Ia dianggap seorang yang cerdas, karena dalam usia yang sangat muda (17 Tahun) Ibnu Sina telah di kenal sebagai filosof dan dokter terkemuka di Bukhara selain itu Ibnu Sina juga dikenal sebagai tokoh yang luar biasa.

Adapun karya-karyanya sebagai berikut :

Kitab Qanun fi al-Thib, yang merupakan karya ibnu sina dalam bidang ilmu kedokteranKitab As-Syifa, yang merupakan karya ibnu sina juga dalam bidang filsafatKitab An-Najah, yang merupakan kitab yang berisikan ringkasan dari kitab As-Syifa..Kitab al- Isyarat wa al-Tanbihat, isinya mengandung uraian tentang logika dan hikmah

Selain kitab-kitab tersebut masih banyak karya dari ibnu sina yang berjumlah cukup besar mungkin 276 buah

Pemikiran Ibnu Sina yang banyak keterkaitannya dengan pendidikan, barangkali menyangkut pemikirannya tentang filsafah ilmu.

Menurut Ibnu Sina ilmu terbagi menjadi 2 (dua), yaitu

Ilmu yang tak kekalIlmu yang kekal (hikmah). Ilmu yang kekal dipandang dari peranannya sebagai alat disebut logika

Berdasarkan tujuannya maka ilmu dapat dibagi menjadi 2 (dua), yaitu:

Ilmu praktis seperti ilmu kealaman, matematika, ilmu ketuhanan dan ilmu kulit.Ilmu praktis adalah ilmu akhlak, ilmu kepengurusan, rumah ilmu, pengurusan kota dan ilmu nabi (syariah)

2. AR-RAZI

Abu Bakar Muhammad Bin Zakariya ar-Razi dilahirkan pada tahun 846 M di Rayy, dekat Teheren, Iran. Ia sering dijuluki sebagai Galen-nya Arab. Galen adalah seorang dekter dan filosof Yunani yang sangat terkenal. Sejak kecil, ar-Razi telah menunjukkan minat yang besar terhadap ilmu pengetahuan. Ia belajar ilmu kedokteran di bawah bimbingan Ali ibn Sahl Robban al-Tabari yang merupakan seorang filusuf dari Merv dan mempunyai sekolah kedoketeran dari Tabaristan atau Hyrcania

Al-Razi termasuk orang yang aktif dalam berkarya berikut karya darinya :

Kitab al-asrar ( bidang kimia )Al-hawi adalah ensiklopodia kedokeran sampai abad ke 16 di eropaAl-mansuri liber al-mansaris ( bidang kedokteran, 10 jilid).Kitab al-judar wa al-hasbah (tentang analisa penyakit cacar dan campak serta pencegahnya ) dan masih ada beberapa lagi kitab tentang filsafat

Dasar Pemikaran Ar-Razi adalah rasionalis elektis. Rasional artinya ia selau mencari kebenaran dengan pangkal tolak kekuatan akal dan elektis artinya selektif. Hal ini tampak dalam halaman pendahuluan karyanya, al-Thib al-Ruhani, ia menulis : ” Tuhan segala puji bagi-Nya, yang telah memberi kita akal agar denganya kita dapat memperoleh sebanyak-banyaknya manfaat; inilah karunia terbaik Tuhan kepada kita.

Ibnu Miskawih

Abu ali ahmad ibnu muhammad ibnu ya’cub ibnu miskawih, ia di lhirkan di kota rayy, iran pada tahun 330 h/941 dan wafat di asfahan pada tanggal 9 shafar 421 H 16 februari 1030 M. Ibnu miskawih adalah seorang penganut syiah. Indikasi ini didasarkan pada pengabdianya kepada sultan dan wazir-wazir syiah dalam masa pemerintahan bani buwaihi (320-448 H).

Ibnu miskawih tidak hanya dikenal sebagai seorang pemikir ( filosof ), tetapi ia juga seorang penulis produktif. Dalam thehistory of the muslim philosophy disebutkan beberapa karyan adalah sebagai berikut

al-Fauz al-Akbar, Al-Fauz al-Asghar (tentang metefisika: ketuhanan, jiwa dan kenabian)kitab Adab al-Arab wa al-A'jam (tentang etika)Tajarib al-Umam (sebuah sejarah tentang banjir besar yang ditulis pada tahun 369 H/979 M)Usn al-Farid (kumpulan anekdot, syair, pribahasa dan kata-kata mutiara)

Dan masih bnyak lagi karya dari ibnu miskwih artikel dan bukunya berjumlah 41 buah

Dasar pemikiran dari ibnu miskawih adalah Konsep manusia, konsep akhlak, konsep pendikikan

ibnu rusyd

Abu Al-Wahid muhammad ibnu Ahmad ibnu Rusyd dilahirkan di Cordova, andalus pada tahun 510H/1126M sekitar 15 tahun wafatnya Al-Ghazali, Semenjak kecil Ibnu Rusyd belajar ilmu fiqh, ilmu pasti dan ilmu kedokteran di Sevilla kemudian berhenti dan pulang ke Cordova untuk melakukan studi, penelitian, membaca buku-buku dan menulis. Pada usia 18 tahun Ibnu Rusyd bepergian ke Maroko, di mana ia belajar kepada Ibnu Thufail

Ibnu rusyd berhasil mengeluarka beberapa karya tuli adalah sebagai berikut :

fashl al-maqa fi ma bain al-hikmat wa al syariah min al-ittishal berisikan korelasi antara agama dan filsafatAl-Kasyf’an an manahij al-adillat fi ‘aqa’id al-milat, berisikan kritik terhadap metode para ahli ilmu kalam dan sufiTahafut al-tahafut berisikan kritikan terhadap karya Al-Gazahli yang berjudul tahafut al-falasifatBudayat al-Mujtahid wa Nihayat al-muqtashid, berisikan uraian-uraian di bidang fiqih.

Dasar pemikiran ibnu rusyd adalah Agama dan Filsafat, Tingkat Kemampuan manusia, Kebahagiaan, Akal dan Jiwa Manusia.

5. Muhammad Iqbal

Muhammad Iqbal, penyair, pujangga dan filosof besar abad ke-20, dilahirkan di Sialkot, Punjab, Pakistan pada 9 Nopember 1877, Pada usia sekolah, Iqbal belajar Al Qur’an di surau. Disinilah Iqbal banyak hapal ayat-ayat Al Qur’an yang selanjutnya jadi rujukan pengembangan gagasannya dalam pembaharuan keislamannya.

Adapun beberapa karya tulis dari muhammad iqbal adalah sebagai berikut :

Bang-i-dara (Genta Lonceng)Payam-i-Mashriq (Pesan Dari Timur)Asrar-i-Khudi (Rahasia-rahasia Diri)

Dan masih ada beberapa tulisan lain yang tidak sempat ditulis dalam makalah ini

Dan yang mendasari pemikiran dari muhammad iqbal adalah intuisi, diri, dunia dan Tuhan

Muhammad arqoun

Mohammed Arkoun lahir pada 1 Februari 1928 di Tourirt-Mimoun, kabilia, Aljazair. Kabilia merupakan daerah pegunungan berpenduduk Berber yang hidup dari hasil pertanian, ternak dan berdagang kerajinan tangan. Mohammed Arkoun adalah pemikir Islam asal Al-Jazair. Dia berkarir secara akademik di Prancis hingga akhir hayatnya. Dia salah seorang professor Sejarah Pemikiran Islam di Universitas Sorbonne Perancis dan termasuk pemikir Islam kontroversial yang terkenal di dunia pemikiran Islam

Adapun beberapa karya dari muhammad arqoun adalah sebagai berikut

traduction francaise avec introduction et notes du Tahdib Al-Akhlaq (tulisan tentang etika/terjemahan Perancis dari kitab Tahdib al-Akhlaq Ibnu Miskawaih)La pensee arabe (Pemikiran Arab)Essais sur La pensee islamique (esei-esei tentang pemikiran Islam, Lecture du Coran (pembacaan-pembacaan Al-Qur’an) pour une critique de la raison islamique (demi kritik nalar islami),Discours coranique et pensee scintifique (Wacana Al-Qur’an dan pemikiran ilmiah)

Pemikiran dan dasar pemikiran dari muhammad arqoun adalah sangat kentara dipengaruhi oleh gerakan strukturalis Perancis.

BAB III

PENUTUP

1.4 kesimpulan

Setelah kami berusaha untuk menguraikan pembahasan mengenai para filosoft islam terdahulu , kami dapat menyimpulkan bahwa unsur – unsur filsafat memang telah di miliki dan di jalankan oleh para filsuf sejak dahulu khusunya filsuft islam . Oleh karena bukti – bukti sejarah sangat beraneka ragam wujudnya maka perlu diadakan analisa yang seksama. Karena bukti – bukti sejarah sebagian ada yang berupa symbol maka diperlukan analisa yang teliti dan tekun berbagai bahan – bahan bukti itu dapat diabstaksikan sedemikian rupa sehingga diperoleh hasil – hasil yang memadai. Melalui cara – cara tersebut hasilnya dapat bersifat kritik dan tentu saja ada kemungkinan yang bersifat spekulatif.

Dan ternyata dasar dari sebagian pemikiran para filsuft islam terdahulu kebanyakan mereka mengacu pada tuhan, dengan demikian maka mereka mengajarkan kepada kita semua untuk mengikuti mereka terutama dalam belajar haruslah kita selalu berdoa kepada tuhan yang maha esa.

1.5 SARAN

Dalam makalah ini penulis berkeinginan memberikan saran kepada pembaca dalam pembuatan makalah ini penulis menyadari bahwa masih banyak terdapat kekurangan – kekurangan baik dari bentuk maupun isinya
- kami menyarankan kepada pembaca agar ikut peduli dalam mengetahui sejauh mana pembaca mempelajari tentang filosoft islam yang mempunyai karya-karya hebat serta dasar pemikiran dari mereka
- Semoga dengan makalah ini para pembaca dapat menambah cakrawala ilmu pengetahuan khusunya dalam bidang ilmu filsafat

DAFTAR PUSTAKA

A. Zar sirajudin 2012. Filsafat islam. Filosoft dan filsafatnya. PT rajagrindo persada, jakartaB. Yazdi misbah taqi muhammad. 2013. buku daras filsafat islam. Mizan anggota ikatan penerbit indonesia (IKAPI), BandungC. Ihsan hamdani dan ihasan A. fuad. 2007. Filsafat, pendidikan islam. CV Pustaka setia, bandung