ARSIP BULANAN : June 2014

tata hukum indonesia

09 June 2014 11:13:16 Dibaca : 2190

TATA HUKUM INDONESIA

PENGERTIAN HUKUM

Apakah yang di sebut oleh hukum ?

Leon Duguit: Hukum adalah aturan tingkah laku para anggota masyarakat, aturan yang daya penggunaannya pada masa tertentu diindahkan oleh suatu masyarakat sebagai jaminan dari kepentingan bersama dan jika dilanggar menimbulkan reaksi bersama terhadap orang yang melakukan pelanggaran itu.Satjipto Raharjo: Hukum adalah norma-norma yang berisi petunjuk-petunjuk tingkah laku.Pandangan sosiologis: Hukum adalah bagian dari sebuah fenomena sosial.

NORMA HUKUM dan NORMA SOSIAL

Norma adalah aturan-aturan yang di taati dalam suatu masyarakat meskipun tidak tertulis.

Norma kesopananNorma kesusilaanNorma agamaNorma hukum

SISTEM HUKUM

Sistem Hukum Anglo Saxon

Sistem hukum Anglo Saxon (Anglo Amerika) adalah sistem hukum yang diwarisi dari tradisi hukum Inggris. Sistem ini mendasarkan pada hukum yang tidak tertulis (unwritten law atau custom: kebiasaan). Sistem ini di gunakan di Inggris, Amerika Utara, dan Negara-negara bekas jajahan Inggris seperti Australia, India, Malaysia, dsb.

Sistem Hukum Eropa Kontinental

Sistem hukum Eropa Kontinental adalah sistem hukum yang sangat menjunjung tinggi kepastian hukum. Untuk menjaga agar terciptanya kepastian hukum maka sistem ini menekankan pada hukum yang tertulis. Sistem ini dianut oleh Negara-negara Eropa daratan terutama. Indonesia bekas jajahan Belanda juga menganut sistem ini.

Sistem Hukum Islam

Sistem hukum islam adalah suatu sistem hukum yang didasarkan pada Al-Quran dan Al Hadist. Hukum Islam berlaku di Negara-negara Islam seperti Arab Saudi, Pakistan dan Iran.

Sistem Hukum Adat

Hukum adat adalah hukum yang bersumber dari adat atau tradisi yang berlaku di suatu masyarakat adat tertentu.

SUMBER-SUMBER HUKUM

Sumber hukum formal, dikenal karena bentuknya (otoritas kewenangannya).Sumber hukum materil adalah sumber hukum yang menentukan isi (materi) hukum.

Dalam khasanah ilmu hukum, sumber hukum formal yang dikenal adalah sbb:

Peraturan Perundang-undanganTidak berlaku surutPeraturan perundang-undangan baru lebih kuat dari pada peraturan perundang-undangan lamaPeraturan perundang-undangan yang dibuat lembaga yang lebih tinggi mempunyai kedudukan lebih kuat daripada yang dibuat lembaga yang lebih rendahPeraturan perundang-undangan yang khusus lebih kuat daripada peraturan perundang-undangan yang umumPeraturan perundang undangan tak dapat di ganggu gugat.KebiasaanTraktatKeputusan hakim atau yurisprudensiPendapat ahli hukum

PEMBIDANGAN HUKUMHukum Tata Negara (HTN)Hukum Administrasi Negara (HAN)Hukum Internasional (HI)Hukum PidanaHukum Perdata/Hukum DagangHukum Acara

TATA HUKUM INDONESIA

Tata Hukum Indonesia adalah seperangkat peraturan hukum yang berlaku di Indonesia sedemikian rupa sehingga merupakan suatu kesatuan yang utuh.

SISTEM PERADILAN DI INDONESIA (Kekuasaan Kehakiman)

Berdasarkan perubahan Undang-undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945, di tetapkan bahwa kekuasaan kehakiman dilaksanakan oleh dua lembaga yaitu:

Mahkamah Agung dan peradilan yang berada dibawahnya dalam lingkungan Peradilan Umum, Peradilan Agama, Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara.Mahkamah Konstitusi (MK) yang bertugas untuk menangani sengketa di tingkat pertama sekaligus tingkat akhir dalam hal menguji UU terhada UUD 1945 , memutuskan sengketa kewenangan lembaga Negara yang kewenangannya diberi oleh UUD 1945, memutuskan pembubaran partai politik dan memutuskan perselisihan hasil pemilu.

sosiologi

09 June 2014 11:11:44 Dibaca : 1946

Nama : ade helmi kalapati

Nim : 291413027

Jurusan : ilmu komunikasi

Contoh kasus bentuk interaksi sosial bersifat asosiatif

Kerjasama : menteri luar negeri amerika serikat dan menteri luar negeri jepang menandatangani persetujuan pengembalian okinawa pada tahun 1972 dalam suatu upacara yang secara serempak di siarkan di amerika serikat dan jepang.Asimilasi : para pedagan tionghoa yang tinggal di daerah gorontalo sadar bahwa mereka merupakan pendatang sehingga mereka berusaha belajar bahasa kesharian di gorontalo dan menyesuaikan diri dengan adat istiadat setempat karena dianggap menguntungkan bagi usaha perdagangan mereka

Contoh kasus bentuk interkasi sosial bersifat disosiatif

konflik : Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) membenarkan adanya kejadian baku tembak di Poso. Kadiv Humas Polda Sulteng AKBP Soemarmo mengatakan, pihaknya kini tengah mencari informasi terkait peristiwa itu.
"Iya, benar informasinya seperti itu, ada baku tembak di Poso," kata Soemarno
Namun Polda Sulteng belum mengetahui pasti kedua pihak yang terlibat baku tembak itu. Polisi kini tengah menyelidiki peristiwa tersebut.
"Iya, kita masih lakukan pengecekan, karena saya masih ada kegiatan di Jakarta," tandas Soemarno. (Rmn)
Adu tembak ini diduga antara polisi dan kawanan terduga teroris jaringan Santoso di Poso, Sulawesi Tengah. Akibat peristiwa ini diduga jatuh korban luka dari kedua belah pihak.
baku tembak terjadi di kawasan kaki Gunung Padang Lembara, Kecamatan Poso Pesisir Selatan, Sulawesi Tengah, siangPersaingan : persaingan antara para penjual buah-buahan di pasar jangkrik mereka melakukan berbagai macam usaha untuk menarik pembeli untuk membeli mangga mereka ada yang berteriak bahkan adapula yang langsung memanggil para pembeli untuk melihat buah yang mereka jual agar si pembeli membeli buah yang di jualkan oleh pedagang buah tersebut

 

Etika dan filsafat komunikasi

09 June 2014 11:07:30 Dibaca : 1289

Tugas :

SOCIETY (MASYARAKAT)

Disusun oleh :

Ade Helmi Kalapati

Jurusan :

Ilmu Komunikasi

Fakultas ilmu sosial

Universitas negeri gorontalo

SOCIETY

Dari lahir mati hidup manusia hidup HIS KAMI sebagai anggota masyarakat. Dan untuk hidup dalam societyis untuk berada di bawah konstan, pengaruh sosial semua-meresap . untuk karakteristik utama masyarakat adalah bahwa itu adalah kolektivitas terorganisir berinteraksi orang-orang yang activitis menjadi contered untuk serangkaian tujuan bersama, dan yang cenderung untuk berbagi kepercayaan umum, sikap, dan cara bertindak.

Masyarakat industri modern adalah kelompok besar dan sangat rumit orang. Untuk mempelajari "masyarakat secara keseluruhan" tanpa spesifikasi lebih lanjut akan diatur. Unit yang lebih kecil dari analisis yang neceeary, dan unit tersebut sudah tersedia. Tampilan yang paling sepintas pada setiap masyarakat modern mengingatkan kita bahwa itu terdiri dari banyak komunitas, dan organisasi dan kelompok-kelompok kecil

Anak antarpribadi

Dalam studi pionir ekologi psikologis, Roger G. Barker dan Herbert F. Wright dari University of kansas menyajikan data yang menggambarkan baik pengaruh meresap situasi sosial bahkan di antara anak-anak.

Mempelajari kondisi kehidupan psikologis anak di Midwest (sebuah komunitas dari 707 orang di pusat Amerika Serikat), mereka diamankan catatan lengkap tentang perilaku satu hari dalam kehidupan masing-masing dari delapan anak. Ketika catatan hari ini dianalisis dalam epusodes perilaku, total 7,751 episode perilaku diberi kode dari delapan catatan.

Di antara pertanyaan lain, para peneliti tertarik untuk belajar sejauh mana tatap muka hubungan dengan orang lain pikir dalam kehidupan sehari-hari anak-anak.

Episode diklasifikasikan menjadi tiga kategori:

(1) episode sosial, di mana anak bertindak dalam hubungannya dengan orang atau orang lain.

(2) episode berpotensi sosial, di mana setidaknya satu orang lain hadir, tetapi kepada siapa, namun, anak tidak bereaksi.

(3) episode nonsocial, di mana anak sendirian.

Tabel berikut menunjukkan bahwa kehidupan anak-anak ini sebagian besar adalah socia. Meskipun angka 85 persen mengembang oleh fakta bahwa psychologis yang selalu sekitar untuk mengamati anak, para peneliti menyimpulkan bahwa bahkan jika pengamat pernah menjadi "orang tak terlihat" tidak tersedia untuk anak-anak sebagai objek tindakan, persentase episode sosial masih akan sangat tinggi mungkin 60 persen.

Episode Median persen

Social 85

Berpotensi sosial 16

Nonsocial 1

Episode sosial dianalisis untuk menentukan frekuensi "sirkuit tertutup-tindakan," yaitu, episode di mana orang kepada siapa anak bertindak menanggapi pada gilirannya untuk anak. sebagai tabel berikut mengungkapkan, median persen sirkuit tertutup tindakan adalah 80; kisaran adalah 75-89 persen

Persentase episode sosial dengan sirkuit tertutup-tindakan

anak MC JS DT MR RB ME DC DC CG Median

persen 89 75 78 86 81 82 80 87 80 80

Hasil ini memberikan bukti kuantitatif bahwa peristiwa perilaku interpersonal yang mengisi jam bangun anak.

Barker, RG dan Wright, HF Midwest dan anak-anaknya. Evanston.III: Row, Peterson, 1954.

Komunitas persahabatan, keluarga, pekerjaan, dan jenis-jenis kelompok yang memiliki struktur internal mereka sendiri.

Dalam masyarakat yang kompleks integrasi perorangan indi ke dalam masyarakat, kontrol masyarakat atas sikap dan perilaku seseorang, ditentukan terutama di masyarakat. Berikut ini kutipan dari murdok (1949) juga mengungkapkan pandangan ilmuwan sosial mengenai hal ini:

Karena terutama melalui tatap muka hubungan bahwa perilaku seseorang dipengaruhi oleh teman-temannya termotivasi, cued, dihargai dan dihukum masyarakat merupakan tempat utama dari kontrol sosial. Di sini adalah bahwa penyimpangan dihukum dan kesesuaian dihargai. Ini adalah catatan yang layak dikucilkan dari masyarakat secara luas dianggap sebagai yang paling menakutkan dari hukuman dan bahwa ancaman berfungsi sebagai yang paling dalam ducement untuk kesesuaian budaya. Melalui pengoperasian sanksi sosial, ide-ide dan perilaku cenderung tobecome relatif stereotip dalam masyarakat, dan budaya lokal berkembang. Memang, masyarakat tampaknya menjadi kelompok sosial yang paling khas untuk mendukung budaya keseluruhan.

Untuk tujuan analisis kita menggunakan unit yang lebih kecil masyarakat, organisasi, kelompok ketika mempelajari masyarakat. Tapi untuk tujuan eksposisi, dalam bab ini, kita menggunakan istilah "masyarakat" untuk menutup semua organisasi dan kelompok dalam sistem yang kompleks ini.

GUIDE 28: Koordinasi dan pengendalian kegiatan anggota masyarakat yang dicapai melalui sistem posisi dan peran

Ketika kita mempelajari masyarakat kita menemukan bahwa mungkin karakteristik utama yang membuat masyarakat dan kelompok-kelompok (perusahaan bisnis, keluarga, dll) efektif dalam mengendalikan perilaku individu adalah bahwa setiap masyarakat dan kelompok develps sistem didefinisikan dengan baik "relung psikologis "yang individu dilengkapi. Studi tentang ceruk ini, bagaimana mereka membantu menentukan develpment psikologis seseorang, dan kemudahan dengan mana individu dapat berpindah dari satu niche yang lain, adalah perhatian utama dari bab ini.

POSISI

Setidaknya lima cara yang berbeda untuk mengklasifikasi orang tampaknya sering terlibat dalam memberikan organisasi dan struktur masyarakat

(1) kelompok Umur seks

(2) Biologi atau keluarga (kekerabatan) pengelompokan

(3) kelompok kerja

(4) Persahabatan dan bunga pengelompokan

(5) kelompok Status

Dalam setiap klasifikasi, sejumlah kategori yang berbeda diakui. Kategori ini disebut posisi. Dalam usia pengelompokan jenis kelamin, misalnya, setidaknya tujuh posisi tampaknya umumnya dibedakan: bayi, anak laki-laki, perempuan, laki-laki dewasa, perempuan dewasa, laki-laki tua, perempuan tua. Dalam banyak masyarakat posisi bahkan lebih dalam sistem seks usia klasifikasi diakui.

Setiap individu selalu menempati posisi di masing-masing sistem utama klasifikasi di masing-masing sistem utama klasifikasi. Jadi setiap orang yang diberikan pada waktu tertentu dapat ditunjuk sebagai seorang pemuda, anak, mahasiswa, ketua kelas, dll Banyak dari posisinya berubah saat ia tumbuh lebih tua, mengembangkan minat dan keterampilan baru, membutuhkan pekerjaan, menikah, dan sebagainya. Beberapa posisi yang didudukinya "otomatis," misalnya, ny kebajikan dari keluarga di mana ia lahir atau usia; posisi lain dia mencapai melalui prestasi individual.

Kontribusi yang membuat posisi dengan tujuan dan keperluan masyarakat merupakan fungsi dari posisi. Dengan demikian fungsi dari posisi guru adalah untuk melatih kaum muda dalam cara-cara masyarakat. Keyakinan bersama oleh anggota masyarakat mengenai fungsi dari berbagai posisi merupakan salah satu bagian dari ideologi masyarakat (lihat halaman 349). Fungsi dari posisi sebagaimana didefinisikan dalam ideologi masyarakat mungkin atau mungkin tidak sesuai dengan fungsinya sebagai ditafsirkan oleh pengamat luar oleh sosiolog atau psikolog sosial, misalnya.

PERAN

Untuk setiap posisi diakui ada harapan banyak diberikan oleh anggota komunitas dari apa yang seharusnya menjadi perilaku orang-orang yang menempati posisi itu. Apa penghuni khas posisi tertentu diharapkan untuk melakukan merupakan peran yang terkait dengan posisi itu.

Peran A dapat dilihat sebagai meliputi, antara lain, tugas atau kewajiban dari posisi. Jadi dokter diharapkan untuk mengobati orang sakit yang datang kepadanya, untuk menjadi emotianally netral, menjadi ahli dalam diagnosis dan pengobatan penyakit, untuk menghargai kesehatan, untuk menahan diri dari gosip tentang pasiennya, untuk menghindari kritik publik dari rekan-rekannya, untuk melakukan dirinya dengan "kesopanan profesional" dalam hubungannya dengan perawat.

Peran A juga dapat dilihat sebagai meliputi hak-hak posisi. Hak posisi didefinisikan dalam bagian oleh peran posisi terkait. Dengan demikian hak dokter didefinisikan dalam bagian oleh peran pasien dan perawat. Pasien diharapkan untuk mengikuti perintah yang diberikan kepadanya oleh dokternya. Untuk membayar segera untuk layanan yang diterimanya, untuk menjauhkan diri dari obat sendiri; perawat diharapkan untuk melaksanakan semua perintah dokter, untuk menerima keputusannya tentang hal-hal medis, dan sebagainya.

Jelas sistem peran yang mengatur hubungan antara dokter dan orang-orang di posisi terkait meminimalkan konflik dan membuat fungsi interpersonal yang efektif. Dokter tahu apa yang diharapkan dari dirinya dan apa yang diharapkan dari dokter. Masing-masing sehingga dapat membimbing perilakunya tepat sehubungan dengan lainnya.

PERAN saling bergantung. Peran yang berhubungan dengan posisi tertentu dalam kelompok ini harus didefinisikan dalam kaitannya dengan peran posisi terkait lainnya. Peran pasien, misalnya, didefinisikan dalam hal peran dokter. Ketika peran perubahan dokter, peran pasien berubah juga. Dengan demikian perubahan peran dokter yang dibawa oleh perkembangan spesialisasi medis telah mengakibatkan perubahan yang sesuai dalam peran pasien. Peran tradisional dari dokter umum termasuk harapan termasuk harapan bahwa ia akan memiliki kepentingan intim dan ramah pada pasien sebagai pribadi; peran pasien termasuk harapan bahwa ia akan memiliki hubungan yang ramah dan pribadi dengan dokternya. Peran seorang dokter spesialis didefinisikan terutama dalam hal keahlian impersonal pada penyakit sistem orgaan tertentu; peran pasien spesialis terutama yang dari penderitaan orang asing dari penyakit ini dan itu dari sistem organ tertentu.

PERAN ADALAH "KELUARGA DARI harapan"

Para harapan yang membentuk peran tidak terbatas pada tindakan; mereka juga mencakup harapan tentang motivasi, beliefs.feelings, sikap, dan nilai-nilai. Dengan demikian peran dokter tidak hanya mencakup harapan tentang tindakan (dokter diharapkan untuk membawakan diri dengan martabat); itu juga mencakup harapan tentang keinginan dan tujuannya (ia diharapkan untuk mempertahankan suku bunga terus dalam memajukan pengetahuan tentang obat-obatan dan meningkatkan keterampilan sebagai dokter), perasaan (ia diharapkan akan emotonally netral dalam hubungan dengan pasien), sikap (ia diperkirakan akan menentang "obat tersosialisasi"), nilai-nilai (ia diharapkan untuk menghargai ilmu pengetahuan sebagai sarana meningkatkan pengetahuan manusia tentang penyakit dan pengobatan mereka). kita mungkin sehingga memikirkan peran "keluarga harapan ".

PERAN RUJUK KE SITUASI STANDARD.

Peran meresepkan perilaku yang diharapkan dari orang-orang di posisi tertentu yang beroperasi dalam situasi khusus ditentukan atau standar, misalnya, menteri dalam gereja. Misalkan Mr Arbuth tidak adalah, untuk pertama kalinya, untuk memenuhi menterinya, bukan di gereja, tapi di ruang ganti klub negaranya. Mungkin ada kecanggungan awal dan meraba-raba unpatterned dalam hubungan antara keduanya. Mr, Arbuthnot mungkin bertanya-tanya apakah untuk menghindari tlling cerita cabul. Menteri juga mungkin tidak yakin tentang apa perilaku untuk menampilkan. Haruskah dia mempertahankan martabat pelayanannya atau menjadi hujan es sesama baik bertemu? Baik Mr Arbuthnot maupun menteri dapat dengan mudah mengidentifikasi peran menonjol dari yang lain dalam hal ini "tidak standar" situasi dan dengan demikian mengantisipasi perilakunya. Oleh karena itu bhavior interpersonal keduanya tidak dapat dipandu oleh antisipasi tersebut.

Pentingnya situasi untuk rocognition peran mencerminkan pengaruh konteks uponperception. Kami selalu menganggap perilaku seseorang dalam konteks. Dan konteks ini mempengaruhi persepsi kita (lihat Panduan 3, halaman 30).

POSISI DAN PERAN GANDA

Setiap orang pada satu saat yang sama menempati posisi dalam setiap sistem yang berbeda dimana masyarakatnya mengklasifikasikan dan menempatkan anggotanya. Semua orang, dengan kata lain, menempati beberapa posisi yang berbeda dan karena itu memiliki sejumlah peran yang berbeda. Beberapa posisi dan peran ganda yang khas dari semua orang

BOX 9.2: Dari petugas ke Grand Imperial Lizard

Ralph Linton, selama bertahun-tahun antropolog budaya Amerika terkemuka, adalah salah satu pelopor inthe studi tentang efek budaya pada kepribadian. Dalam tulisan-tulisannya tentang hal ini, ia membuat banyak status konsep os (yaitu, posisi) dan peran. Kutipan berikut illustrares beberapa posisi seseorang dapat menempati selama sehari dan banyak peran ia mungkin memainkan:

Mari kita anggap bahwa seorang pria menghabiskan hari bekerja sebagai seorang pegawai di sebuah toko. Sementara ia berada di belakang meja, status aktif nya adalah bahwa seorang pegawai, yang didirikan oleh posisinya dalam sistem bsociety kita dari pekerjaan khusus. Peran terkait dengan status ini memberikan dia dengan pola hubungan dengan pelanggan. Pola-pola ini akan dikenal baik kepadanya dan kepada pelanggan dan akan memungkinkan mereka untuk bertransaksi bisnis dengan minimal keterlambatan atau kesalahpahaman. Ketika ia pensiun ke kamar kecil untuk merokok dan bertemu karyawan lain di sana, status petugas nya menjadi laten dan ia menganggap status aktif lain berdasarkan posisinya di associationgroup terdiri dari karyawan toko secara keseluruhan. Dalam status ini hubungannya dengan karyawan lain akan diatur oleh satu set yang berbeda dari pola budaya dari mereka yang bekerja dalam hubungan dengan pelanggan. Selain itu, karena mungkin dia tahu sebagian besar karyawan lain, latihan tentang pola budaya ini akan dimodifikasi oleh orang-orang seperti pribadinya dan tidak suka orang-orang tertentu dan dengan pertimbangan mereka dan posisi relatif sendiri dalam seri prestise anggota asosiasi toko. Ketika waktu penutupan tiba, ia meletakkan samping baik petugas dan patung asosiasi toko dan, sementara di perjalanan pulang, beroperasi hanya dalam hal statusnya sehubungan dengan usia sistem seks masyarakat. Jadi jika ia adalah seorang pemuda ia akan di supaya merasa bahwa ia harus bangun dan memberikan kursinya kepada seorang wanita, sedangkan jika dia adalah satu yang lama ia akan diaktifkan. Undang-undang ini berasal dari hubungan kekerabatan yang menghubungkannya dengan berbagai be akan mencoba untuk menjadi ramah kepada ibunya dalam hukum rendah. Jika hal itu terjadi untuk menjadi lodge malam, semua status keluarga nya akan menjadi tatent sekitar delapan o'oclock. segera setelah ia eterns kamar pondok dan memakai seragamnya sebagai Grand Imperial Lizard, pada masa Orde Kuno dari Dinosaurus, ia menganggap status baru, salah satu yang telah laten sejak pertemuan pondok terakhir, dan melakukan dalam hal perannya sampai sudah waktunya bagi dia untuk mengambil seragamnya dan pulang.

Linton, R. Latar belakang budaya kepribadian, New York: Appleton-Century 1945

Tempat individu dalam masing-masing sistem ini menentukan sebagian bagaimana ia diperlakukan oleh teman-temannya. Orang-orang menerima perlakuan berbeda dari rekan-rekan mereka, tergantung pada posisi mereka inthe berbagai sistem masyarakat. Jadi anak laki-laki diperlakukan berbeda dari gadis-gadis; paman diperlakukan berbeda dari kakek; imam diperlakukan berbeda dari politisi; kelas atas anak laki-laki diperlakukan berbeda dari anak laki-laki yang lebih rendah kelas.

Perlakuan diferensial yang diberikan orang-orang yang menempati position.eg tertentu, "boys" dipandu oleh harapan yang dimiliki oleh anggota masyarakat. Ini harapan tentang bagaimana anak laki-laki harus bertindak pelatihan atau sosialisasi anak laki-laki panduan. Ketika seorang anak Amerika bermain dengan boneka, dia dihukum dengan ejekan: ". Lihatlah banci itu" Ketika dia bermain sepak bola, ia dihargai oleh pujian: "Dia semua anak laki-laki, bukan dia"

Singkatnya, setiap individu belajar bahwa perilaku ini dan itu yang diharapkan darinya sebagai penghuni posisi ini dan itu. Artinya, ia belajar peran berhubungan dengan posisi. Dalam jalannya mempersepsi, berpikir, merasa, berjuang, dan bertindak.

Agustus B. Hollingshead seorang sosiolog di yale university, dikaitkan dengan W. Lloyd warner di 1941 studi struktur sosial "Elmtown," sebuah kota kecil (populasi 5.200) di Illioneis selatan. Dia mempelajari pengaruh posisi-kelas sosial atas hubungan clique dari anak laki-laki dan perempuan yang terdaftar dalam satu sekolah tinggi di kota.

Semua anak laki-laki dan perempuan di sekolah tinggi dikategorikan oleh dia dalam lima kelas sosial I V. enam puluh tiga persen dari semua hubungan clique adalah antara anggota kelas sosial yang sama; 33 persen adalah antara anggota dua kelas yang berdekatan; hanya 4 persen adalah dengan siswa dipisahkan oleh dua garis kelas. Tidak ada hubungan antara clique kelas I dan II dan siswa kelas V. Jadi anak laki-laki dan perempuan yang berasal dari kelas atas dan bawah dalam struktur sosial elmtown diisolasi dari satu sama lain; tidak ada wajah intim menghadapi realations antara mereka dalam persahabatan atau klik kelompok-kelompok informal dari sekolah tinggi

Hubungan kencan di sekolah tinggi erat sejajar dengan hubungan klik. Dari semua siswa memiliki tanggal dalam satu bulan 61 persen adalah dengan anggota kelas; 35 persen adalah dengan anggota dari kelas yang berdekatan; hanya 4 persen adalah dengan anggota kelas dipisahkan oleh dua garis kelas. Tidak ada tanggal antara kelas I dan II dan kelas V. persentase tanggal dalam dan clasess sosial di ditunjukkan pada gambar berikut, untuk anak laki-laki dan gilrs secara terpisah. Sebagai contoh, 54 persen dari tanggal kelas I dan II anak laki-laki dengan kelas I dan II gadis; 8 persen adalah dengan gadis-gadis kelas IV.

Tindakan tidak langsung lingkungan sosial individu. Seorang eksekutif tingkat tinggi diharapkan sebagai bagian dari perannya sebagai eksekutif untuk hidup di lingkungan elit; buruh diharapkan untuk tinggal di lingkungan kelas menengah ke bawah. Buruh tidak mampu untuk tinggal di daerah elite; eksekutif tidak mampu untuk tidak tinggal di daerah elite. Demonstrasi bahwa langkah-langkah tujuan sosial dari kelas sosial individu memberikan langkah-langkah yang baik dari lingkungan sosialnya baru ini telah diuraikan oleh Tryon dalam serangkaian studi [1955a, 1955b 1959]. Studi ini merupakan keberangkatan baru dalam analisis psychosociological dan akan diperlakukan secara rinci pada bagian berikutnya

LINGKUNGAN SOSIAL DAN "SUBYEKTIF" KELAS SOSIAL. Ukuran subjektif dari posisi kelas dapat dipandang sebagai ukuran lingkungan sosial sejauh bahwa individu cenderung membatasi hubungan Sociaal kepada anggota kelompok kelas yang ia mengidentifikasi dirinya. Sejauh ini kelompok terdiri untuk sebagian besar individu yang melakukan pekerjaan yang sama dan memiliki cara yang sama berpikir dan merasa tentang hal-hal, ini tampaknya asumsi yang masuk akal, dan salah satu yang ada bukti empiris juga.

Pusat [1949],, dalam studi yang dikutip sebelumnya, meminta anggota masing-masing kelompok kelas subjektif yang off II kelompok kerja milik kelas mereka. Orang kelas menengah yang terdaftar sebagian besar bisnis, profesional, dan pekerjaan kerah putih; orang kelas pekerja lised occupatinos kerja didominasi manual. Sebagai figur 9.2 mengungkapkan, bagaimanapun, ada overllap considerble betwee dua kelas. Banyak orang kelas menengah termasuk pekerja manual di kelas mereka, dan banyak perons kelas pekerja termasuk bisnis, profesional, dan pekerja kerah putih di kelas mereka.
perbedaan differentitation kabur antara menengah dan kelas pekerja sehubungan dengan komposisi pekerjaan menyebabkan pusat untuk mencurigai bahwa kriteria lain dari perbedaan kelas mungkin penting. Oleh karena itu, setiap orang diminta: "Dalam memutuskan cuaca seseorang milik kelas Anda atau tidak, yang dari hal-hal lain yang yo anggap paling impotant untuk mengetahui: yang keluarganya adalah; berapa banyak uang yang dia miliki; seperti apa pendidikan dia; atau bagaimana ia percaya dan merasa tentang hal-hal tertentu? "Tabel 9.3 memberikan distribusi tanggapan diperoleh untuk pertanyaan ini. Fortyseven persen menjawab, "Bagaimana ia percaya dan merasa hal-hal tertentu."
Temuan ini menunjukkan bahwa kelas sosial subjeective adalah "kelompok nyata" bagi anggota kelas; itu ada untuk mereka. Ini adalah sebuah kelompok yang terdiri dari orang-orang yang melakukan pekerjaan yang sama dan yang memiliki satu set sama kepercayaan, sikap, dan nilai-nilai. Seseorang cenderung untuk berafiliasi dengan orang-orang yang seperti dia dengan cara kerja dan dalam cara berpikir dan perasaan

LINGKUNGAN SOSIAL DAN "Reputasi" KELAS SOSIAL. Metode reputasi adalah ukuran langsung dari lingkungan sosial individu. Metode ini (dengan asumsi validitas laporan dari informan) memberitahu kita dengan siapa pertukaran individu kunjungan, drama, memuja, dll
WILAYAH SOSIAL
Adanya kelas-kelas sosial berarti, seperti telah kita lihat, bahwa orang-orang hidup dalam lingkungan sosial yang berbeda. Hal ini juga topi sejati lingkungan phsycal di mana orang hidup mencerminkan perbedaan-perbedaan dalam lingkungan sosial mereka.

Satu perjalanan melalui daerah metropolitan seperti chicago, new york, daerah san francisco bay, los angeles, salah satu segera dipukul oleh kontras tajam dan dramatis antara kumuh dan pantai emas, antara gua pusat kota penghuni apartemen dan tersebar rumah-rumah pinggiran kota. Jelas penghuni kumuh di phsycal berbeda dan dunia sosial dari pinggiran kota tersebut. Masalahnya adalah untuk menggambarkan dunia yang berbeda secara sistematis, kuantitatif, cara yang berarti. Metode wilayah sosial, depeloped oleh Tryon, dirancang untuk melakukan hal ini.
IDENTIFIKASI WILAYAH SOSIAL. Pada dasarnya, Tryon yang bersangkutan dengan mengidentifikasi lingkungan dari berbagai strata sosial-obyektif didefinisikan-yang membentuk sebuah komunitas metropolitan. Theseneighborhoods dia sebut bidang sosial.
Metode Tryon tentang mengidentifikasi bidang sosial dapat dijelaskan dengan mengikuti dia dalam analisa tentang masyarakat metropolitan bay area di california. Daerah teluk terdiri dari san fransisco dan timur oleh kota-kota dari san leandro ke richmond. Untuk tujuan sensus biro sensus AS menggunakan sebagai satuan terkecil yang enumerative saluran sensus. Daerah teluk terdiri dari 243 saluran tersebut.
Langkah pertama Tryon mengambil dalam mengidentifikasi wilayah sosial adalah secture (dari laporan sensus 1940) untuk masing-masing 234 sensus traktat 33 karakteristik demografi dan ekologi obyektif. Untuk setiap karakteristik skor setiap saluran sensus dinyatakan sebagai persentase. Untuk menggambarkan: skor dari saluran pada "pemilik diduduki" adalah persentase dari seluruh rumah di saluran yang diduduki oleh pemilik
Lima belas dari 33 ukuran demografi dapat dikelompokkan menjadi tiga cluster realatively independen dalam masing-masing langkah-langkah yang sangat intercorrelated. Ini, Tryon telah disebut S, kemandirian sosial ekonomi; A, asimilasi; F, Family Life. Arti dari tiga kelompok ini diberikan pada gambar 9.3 - demografi bola.
Demografi bola adalah perangkat matematika yang secara grafis menggambarkan dua hal: interkorelasi antar variabel petikan cluster bersama-sama, dan Korelasi antara kelompok. Setiap ukuran demografi adalah titik pada permukaan bola, dan titik yang terletak berdekatan sangat berkorelasi. Jadi S, thr demension pencapaian keuangan dan pekerjaan, termasuk charactersitics demografi seperti jumlah penduduk dengan pendidikan perguruan tinggi, jumlah orang yang dipekerjakan dalam pekerjaan profesional manajerial, kelapangan rumah, dll ini beberapa titik, seperti dapat dilihat, terletak berdekatan untuk dari cluster S. The S clusteris agak jauh dari kedua A dan cluster F. Cluster A adalah dimensi tingkat akulturasi ke Amerika, budaya putih tua. Cluster F mengacu pada organisasi orang-orang di sekitar hidup keluarga.
Setiap saluran sekarang dapat diberikan skor pada setiap cluster. Bidang sosial kemudian dibuat dengan mengelompokkan bersama-sama mereka traktat yang memiliki pola yang sama dari nilai pada tiga kluster. Jadi saluran yang mungkin secara luas terpisah secara geografis namun mirip pada skor FAS mereka dikelompokkan untuk membuat area sosial tunggal. Dengan cara ini, delapan wilayah sosial diidentifikasi. Tryon menggambarkan empat daerah yang paling khas sebagai berikut:

Daerah utama 768 adalah familiar "berkualitas tinggi" daerah, yang disebut untuk singkatnya, yang eksklusif. Lokasi 164 terdiri dari kelompok yang downtowners: penduduk non-keluarga yang lebih tua, asli-putih, bervariasi berpendidikan, gaji pekerja kerah putih. Lokasi 533 adalah pekerja: daerah yang berorientasi keluarga, dengan lebih kurang berpendidikan, terampil, dan semiskilled pekerja yang tinggal di rumah keluarga tunggal dari nilai rendah tapi sering ditempati pemilik. Lokasi 224 terdiri dari theof yang terpisah, kota litle dalam kota, bagian minoritas nasional dan rasial ramai, rendah dalam kehidupan keluarga seperti yang didefinisikan, diasimilasikan, dan dalam keadaan ekonomi yang buruk.
Struktur sosial dari san francisco berdasarkan wilayah dipetakan pada Gambar 9.4. Peta ini menunjukkan bagaimana delapan lingkungan sosial yang membentuk san francisco oleh daerah didistribusikan dalam ruang. Bukan berarti orang-orang yang tinggal di lingkungan phsically dipisahkan dalam masyarakat metropolitan mungkin, bagaimanapun, akan hidup di lingkungan sosial yang sama atau habitat.
WILAYAH SOSIAL WILAYAH AS subkultur. Misalkan kita mengidentifikasi individu sebagai penghuni wilayah sosial tertentu. Apa yang bisa kita katakan tentang dia? Pertama, kita dapat mengatakan apa karakteristik demoghraphic sendiri paling pobable. Kedua, kita dapat menggambarkan jenis orang-orang yang akan paling sering bertemu di lingkungannya, dalam hal usia, pendidikan, asal-usul etnis, pekerjaan, status keluarga, dan jenis rumah di mana mereka tinggal. Tapi sebelum kita sah bisa memikirkan area sosial sebagai lingkungan sosial atau budaya yang perlu kita ketahui cuaca kami juga mungkin dapat menggambarkan jenis orang-orang yang biasanya akan bertemu di lingkungannya dalam hal nilai-nilai mereka, atittudes, keyakinan, dan tindakan . Dengan kata lain, kita perlu mengetahui apakah bidang sosial adalah daerah subkultur, yaitu, dihuni oleh orang-orang yang relaatively sama dalam sikap mereka, nilai-nilai, dan tindakan dan berbeda dari orang-orang yang tinggal di daerah sosial lainnya. Ini adalah pertanyaan ini bahwa kita kini giliran.
Tryon [1955b] telah menganalisis suara dari orang-orang di bidang sosial yang berbeda dari san francisco pada kota dan negara proposisi dalam pemilu 1954. Asosiasi di antara orang yang berbeda ditunjukkan pada gambar 9.5, lingkup sikap. Jadi di sebelah kiri adalah sekelompok variabel hidup berlabel P-politik sikap mendukung tunjangan bagi karyawan kota, bantuan bagi yang membutuhkan usia, demokrat gubernur, dll p tinggi diambil oleh Tryon untuk menunjukkan "statisme" sikap: bahwa negara memiliki resposibility bagi individu; P yang rendah menunjukkan "tanggung jawab individual" sikap: tidak ada bantuan kepada individu dari negara. Cluster ke kanan, T, terdiri dari lima sikap mendukung usaha masyarakat. Cluster atas tiga variabel, E, juga merupakan salah satu dukungan negara (dengan keringanan pajak) dari gereja-gereja, lembaga-lembaga kesejahteraan agama dan etnis, itc. Tryon ini menyebut sikap etnis-agama.

Sekitar 90 persen dari individu yang hidup dalam saluran rata-rata pada tahun 1950 akan menjadi orang yang berbeda dari orang-orang yang tinggal di saluran itu pada tahun 1940. Dengan demikian daerah-daerah sosial tetap konstan meskipun omset menyeluruh dalam penduduk masing-masing.
STABLE HABITAT-UNSTBLE MAN. Sebagaimana akan kita lihat pada bagian berikutnya, ada sejumlah besar dari mobilitas sosial vartical di semua socienties industri modern orang yang terus menerus bergerak naik dan turun sistem variousstatus. Ini, adalah perlu dicatat, tidak incosistent dengan T tahun menemukan bahwa habitat sosial sangat stabil dari waktu ke waktu meskipun omset hampir lengkap dari inhababitanss tersebut. Ini hanya berarti bahwa sebagai orang-orang pindah dari daerah sosial tertentu, peple lain, mirip dengan mereka dalam karakteristik demografi dan psikologis mereka, bergerak masuk

Rekapitulasi
Koordinasi dan pengendalian kegiatan anggota masyarakat yang dicapai melalui sistem posisi dan peran. Posisi - yang kategori yang berbeda dalam klasifikasi seperti usia kelompok jenis kelamin, dll-melibatkan serangkaian hak dan kewajiban tertentu yang diakui oleh masyarakat.
Apa penghuni khas posisi tertentu diharapkan dapat dilakukan dalam situasi standar merupakan peran yang terkait dengan posisi itu. Peran saling tergantung sehingga sistem peran membantu untuk membuat untuk interaksi sosial yang efektif. individu biasanya memiliki peran ganda dan ini menentukan sebagian bagaimana ia diperlakukan oleh teman-temannya.
Dalam semua sangat berkembang, masyarakat yang kompleks sejumlah sistem Status rumit dan permanen ada di mana orang-orang yang rank-memerintahkan dalam prestise atau nilai sosial. Dari jumlah tersebut salah satu yang paling pervavise adalah sistem kelas sosial. Tiga metode utama telah digunakan untuk mengukur posisi kelas sosial para anggota komunitas metode objektif, metode subjektif dan metode reputasi.
Arti penting dari kelas sosial untuk psikolog sosial adalah bahwa hal itu membantu menentukan ebvironment sosial individu dan dengan demikian mempengaruhi jenis tertentu pelatihan budaya ia menerima
Masyarakat metropolitan yang terdiri dari sosial daerah-kelompok lingkungan, tidak necceseranly berdekatan, yang serupa dalam karakteristik demografi dan ekologi. Bidang sosial dihuni oleh orang-orang yang cenderung mirip dalam politikal mereka dan sikap lainnya, dan mereka areremarkably stabil dari waktu ke waktu, meskipun tingginya tingkat pergantian penduduk mereka.

GUIDE 30: Keterbukaan sistem status mobilitas sosial vertikal Apakah ditentukan oleh persyaratan fungsional dari masyarakat; mobilitas memiliki konsekuensi baik positif maupun negatif bagi individu dan kelompok
Para anggota setiap masyarakat menempati berbagai posisi dalam sistem status kelas mereka masyarakat-sosial, kekayaan, ocupations, listrik, dll sistem status mereka dalam masyarakat yang berbeda tidak semua sama-sama "terbuka" atau "tertutup" tetapi sangat dalam aksesibilitas Menurut ti sifat spesifik dan persyaratan fungsional dari masyarakat.

Pergerakan individu dari satu posisi ke yang lain, lebih tinggi atau lebih rendah status, disebut mobilitas sosial vertikal. Pentingnya mobillity sosial vertikal bagi mahasiswa psikologi sosial daripada bergerak naik atau turun hirarki status, bergerak individu ke dalam lingkungan sosial yang berbeda.

JUMLAH MOBILITAS
Lipset dan bendix [1959] telah meninjau data komparatif pada mobilitas sosial amountof dalam masyarakat industri modern di dunia barat. Temuan mereka bertentangan dengan pengertian umum bahwa america, tanah kesempatan, adalah masyarakat yang terbuka dengan sejumlah besar mobilitas, sedangkan negara-negara tua eropa ditutup masyarakat yang menawarkan indiiduals kesampatan kecil naik status. Mereka menyimpulkan bahwa ada luas dan lebih atau mobilitas sosial kurang lebih sama di semua negara-negara barat
Lipset dan bendix juga mempertanyakan pengertian umum bahwa amerika itu sendiri, seperti tumbuh lebih tua, menjadi lebih dan lebih masyarakat tertutup, menawarkan lebih sedikit dan lebih sedikit kesempatan untuk gerakan ke atas dalam struktur status. Bukti yang ada menunjukkan sedikit atau tidak ada perubahan dalam jumlah mobilitas sosial ke atas dari awal abad kesembilan belas sampai sekarang
Temuan ini berkaitan dengan masyarakat industri modern saja. Alasan bahwa mobilitas sosial yang luas mencirikan setiap masyarakat industri modern mungkin dapat ditemukan dalam meningkatnya permintaan untuk lebih banyak pekerja profesional, teknis, dan manajerial sebagai akibat dari kemajuan teknologi. Strata atas yang Agis Mitra Mandiri, tidak dapat memenuhi hal ini meningkatnya permintaan dari dalam barisan mereka sendiri dan harus, terpaksa, merekrut, dari strata yang lebih rendah. Orang yang lahir dalam strata atas yang tidak memiliki motivasi dan kemampuan untuk berhasil dalam proffesional, teknis, dan manajerial pekerjaan akan tertarik ke bawah. Ini "kebutuhan fungsional" untuk mobilitas sosial dapat menjadi efektif hanya jika, di antara para anggota dari berbagai strata masyarakat, keinginan untuk berprestasi dan status dapat ditanamkan. Dalam, masyarakat industri modern, di mana kita menemukan mobilitas sosial, kita juga menemukan "status berjuang" kuat setidaknya di kalangan kelas menengah
Dalam masyarakat pra-industri yang memiliki sedikit kebutuhan untuk peningkatan jumlah pekerja yang sangat terlatih profesional dan teknis dalam jumlah besar mobilitas sosial tidak terjadi. Hal ini untuk alasan ini bahwa masyarakat feodal, misalnya, sering disebut sebagai masyarakat statis.
Tingkat mobilitas sosial dalam masyarakat tidak hanya tergantung pada fungsional requirementsof masyarakat, tetapi juga pada karakteristik kepribadian orang-orang yang menghuninya. Apapun sumber ciri-ciri kepribadian status berjuang, hanya dalam masyarakat yang memiliki jumlah berlimpah "status-perjuangan rawan" kepribadian yang kita temukan banyak mobilitas.

KERUGIAN AKIBAT MOBILITAS
Ini telah banyak diasumsikan oleh politicalphilosophers yang mendukung prinsip-prinsip ekualitarian bahwa mobilitas sosial yang tinggi adalah hal yang baik bagi individu dan masyarakat. Kita telah melihat bahwa masyarakat industri modern tidak bisa berfungsi. Dan ada banyak manfaat yang mungkin yang dapat dinikmati oleh individu dari mobilitas ke atas, cukup selain keuntungan materi.
Namun, seperti Lipset dan bendi
Untuk menganggap sebanyak [yaitu, bahwa mobilitas tinggi adalah hal yang baik] adalah mengabaikan bukti THW berlimpah biaya sosial dan psikis dari tingkat tinggi mobilitas sosial: biaya yang mungkin tinggi dalam hal combativeness, frustrasion, gelisah dan penyakit lainnya yang ditimbulkan. . . . Dengan mengatakan ini kita tidak berarti bahwa harga terlalu tinggi, karena kita tidak memiliki standar yang tepat dari perbandingan. . . . Penelitian empiris lebih eksplisit pada keuntungan dan kerugian yang diperoleh dari tingkat yang berbeda dari mobilitas sosial tentu dapat meningkatkan pemahaman kita dapat lebih dari asumsi diam-diam bahwa semakin tinggi tingkat mobilitas hal-hal yang lebih baik ..........
Sebenarnya, beberapa penelitian telah dilakukan pada masalah ini. Mari kita bahas beberapa studi.
BIAYA PSIKOLOGIS. Stoufeer et al. [1949], dalam berbagai studi tentang sikap tentara Amerika dalam perang dunia II.

BOX 9.5: Mitos I masyarakat beku Old Europa
Seymour M. Lipset dan Reinhard Bendix, sosiolog di University of Califonia, Berkeley, telah menganalisis data yang cukup besar pada mobilitas sosial dalam buku mereka Mobilitas Sosial dalam Masyarakat Industri. Dalam salah satu studi yang dilaporkan dalam volume tersebut, Lipset dan Hans L. Zetterberg menyajikan indeks komparatif atas dan ke bawah mobilitas pekerjaan (untuk populasi non-pertanian) di berbagai negara. Data, yang ditunjukkan dalam tabel berikut, membuat dua poin penting. Pertama, semua negara yang ditandai dengan tingkat mobilitas yang tinggi. Dari satu generasi ke generasi yang lain, seperempat sampai sepertiga dari populasi bergerak ke atas dari kelas pekerja ke kelas menengah atau ke bawah dari kelas menengah atau ke bawah dari kelas menengah ke kelas pekerja. Kedua, tingkat mobilitas total sama di semua kabupaten.

Jumlah mobilitas kelas sosial dipelajari dengan memeriksa tingkat perkawinan antar kelas. Tingginya ditemukan di semua dari negara-negara Barat di mana data tersedia. Selain itu, studi yang dilakukan di Inggris, Perancis, dan Swedia sepakat dalam menunjukkan bahwa jumlah pernikahan lintas kelas adalah sama di semua negara-negara Barat.
Lipset dan Zetterberg meringkas temuan mereka dengan mengutip dari sebuah esai awal kelas sosial oleh Schumpeter:
[The] asumsi mengenai insurmountability hambatan kelas untuk setiap keluarga tidak sesuai dengan fakta-fakta. Bertahannya posisi kelas adalah ilusi, yang diciptakan oleh barries kelas harus diatasi, di bagian bawah serta atas .... Proses ini selalu berlangsung, meskipun kadang-kadang sangat lambat dan hampir tak kentara, terhambat oleh hukum dan lain-lain barries yang setiap kelas, untuk alasan yang jelas, berusaha untuk mendirikan. Untuk durasi kehidupan kolektifnya, atau waktu di mana identitas dapat diasumsikan, setiap kelas menyerupai sebuah hotel atau omnibus, selalu penuh, tapi selalu orang yang berbeda.
Lipset, SM, dan Bendix, mobilitas R. Sosial dalam masyarakat industri. Berkeley: Univer. Of California Press, 1959.
Schumpeter, J. Imperialisme dan kelas sosial. New York: Meridian Books, 1955.

BOX 9.6: Mitos II perbatasan Amerika menghilang
Dalam buku oleh Lipset dan Bendix muncul sebuah studi oleh Bendix dan Frank W. Howton yang meneliti gagasan populer thatin periode awal sejarah Amerika, pemimpin bisnis sering berasal dari keluarga petani kecil dan pekerja manual, tetapi hanya bahwa hari ini anak taipan bisnis memiliki banyak kesempatan untuk menjadi pemimpin bisnis.
Peneliti ini telah menganalisis asal-usul sosial sampel pengusaha Amerika yang lahir antara 1771 dan 1920. Temuan mereka diberikan dalam tabel berikut bersama-sama dengan temuan dari dua studi-satu lainnya oleh Suzanne Keller dan yang lainnya oleh Mabel Newcomer.

Titik data ke dua kesimpulan, Pertama, mayoritas yang jelas dari para pemimpin bisnis Amerika yang berasal dari relatif baik-untuk-melakukan keluarga. Kedua, ini selalu benar. Proporsi pemimpin bisnis berasal dari keluarga kelas pekerja selalu kecil dan tetap cukup stabil selama sejarah Amerika.
Jika masyarakat Amerika relatif kaku dan tertutup hari ini, maka tidak ada daripada seratus tahun yang lalu.
Lipset, SM, dan Bendix, mobilitas R. Sosial dalam masyarakat industri. Berkeley: Univer. Of California Press, 1959.
Keller, Suzanne. Asal-usul sosial dan jalur karir dari tiga generasi pemimpin bisnis Amerika. Disertasi doktor tidak dipublikasikan, Columbia University, 1953.
Newcomer, Mabel. Eksekutif bisnis besar. New York: Columbia Univer. Press, 1955.

BOX 9.7: Status dan berjuang
Elizabeth Douvan, seorang psikolog sosial di University of Michigan, berspekulasi bahwa pada anak-anak kelas menengah prestasi inginkan adalah lebih umum daripada pada anak-anak kelas pekerja dan, karenanya, kurang cenderung sangat dengan perubahan pahala ditawarkan ditawarkan untuk prestasi.
Subjek penelitian ini adalah siswa SMA dalam komunitas Midwestern menengah. Kelas sosial mereka posisi-kelas menengah atau kelas pekerja-ditentukan dengan menggunakan dua indeks: (1) indeks berdasarkan pekerjaan ayah-ukuran yang obyektif kelas (lihat halaman 313), dan (2) ukuran subjektif (lihat halaman 314) di mana siswa diminta untuk yang kelas dia milik. Mereka siswa untuk siapa indeks yang ditunjuk tepat sebagai kelompok kelas pekerja. Mereka yang kedua indeks berada dalam perselisihan (terutama anak-anak, ayah-kelas pekerja, yang diidentifikasi dengan kelas menengah) yang ditunjuk "marginals".
Satu setengah dari anak-anak di masing-masing kelompok kelas sosial tiga secara acak ditugaskan untuk "tidak-reward" dan satu setengah untuk "uang-hadiah" kondisi. Dalam kondisi pahala mereka diberitahu bahwa $ 10 akan diberikan kepada setiap siswa yang over-semua skor pada tugas-tugas eksperimental mencapai nilai tertentu.
Sebuah anagram dan tugas motorik kemudian diberikan. Semua anak disebabkan untuk "gagal" melalui mengumumkan rata-rata palsu tinggi untuk "siswa SMA di kota Anda." Asumsi di sini adalah bahwa "kegagalan" membangkitkan prestasi inginkan.
Anak-anak kemudian diberi McClelland uji kebutuhan-prestasi (lihat Kotak 3.7, halaman 90). Tabel berikut menunjukkan hasil.

Perhatikan bahwa dalam kondisi tidak ada reward, subyek-kelas pekerja memiliki rata-rata skor rendah kebutuhan-prestasi dibandingkan dengan anak-anak kelas menengah. Hal ini menegaskan temuan Rosen (lihat Kotak 9.8). dalam kondisi reward, bagaimanapun, tingkat motivasi berprestasi untuk mata pelajaran kelas pekerja adalah setinggi itu dari anak-anak kelas menengah. Hadiah uang terangsang keberhasilan perjuangan yang kuat. Anak-anak kelas menengah menunjukkan skor yang sama pada kedua kondisi. Prestasi mereka inginkan tampaknya lebih konsisten dan dapat diandalkan.
The "marginals" (anggota kelas pekerja berorientasi pada kelas menengah) menyerupai mata pelajaran midlle-kelas dalam konsistensi motivasi Acievement.
Douvan, Elizabeth. Status sosial dan strivings sukses. J. abnorm. soc. Psikolog., 1956, 52, 219-223.

BOX 9.8: Berjuang dan mobilitas
Banyak penjelasan telah ditawarkan untuk pengamatan umum bahwa mobilitas ke atas lebih besar antara orang-orang kelas menengah di antara anggota kelas bawah. Sosiolog Bernard C. Rosen menguji tesis bahwa perbedaan ini disebabkan oleh diferrences dalam motif prestasi dan nilai-nilai pencapaian dua kelas sosial.
Para mahasiswi dari dua sekolah menengah umum besar di wilayah New Haven yang asigned ke salah satu dari lima kelas sosial melalui penggunaan indeks berdasarkan pendudukan pencari nafkah utama dalam keluarga, pendidikan orang tua, dan tempat tinggal. lima mahasiswi, ditarik secara acak; diambil dari kelas I (kelompok Status tertinggi), 25 dari kelas II, dan 30 masing-masing dari kelas III, IV, dan V.
Motivasi berprestasi diukur melalui penggunaan teknik McClelland. Perbedaan kelas dalam motivasi berprestasi ditunjukkan dalam tabel berikut. Perbedaan tersebut, akan terlihat, baik substansial dan konsisten.
Rosent berikutnya mempelajari perbedaan kelas dalam nilai-nilai berorientasi prestasi. Dia dibangun kuesioner untuk mengukur tiga dari orientasi dalam skema Kluckhohn (lihat Box 10.7, halaman 350) yang diambil untuk mencerminkan nilai-nilai prestasi: (1) pendekatan activistic untuk menguasai lingkungan fisik dan sosial, (2) orientasi ke depan, (3) hubungan individualistik ke kerabat seseorang.
Perbedaan antara kelas-kelas sosial dalam skor nilai prestasi obtainned (ditunjukkan tabel berikut) yang trikingly besar dan konsisten.

Rosen menyimpulkan: "anak-anak kelas menengah lebih cenderung diajarkan tidak hanya untuk percaya pada kesuksesan, tetapi juga harus bersedia untuk mengambil langkah-langkah yang membuat prestasi yang mungkin: singkatnya, untuk merangkul sistem nilai prestasi yang menyatakan bahwa mengingat kesediaan untuk bekerja keras, merencanakan, dan membuat pengorbanan yang tepat, seseorang harus dapat memanipulasi lingkungannya sehingga untuk memastikan keberhasilan akhirnya. "
Rosen, BC Sindrom prestasi: dimensi psiko-kultural stratifikasi sosial. Amer. Soc. Wahyu, 1956, 21, 203-211.

BOX 9.9: Harapan, frustrasi, dan moral
Sementara di University of Connecticut, Aaron J. Spector menguji aspek berikut teori deprivasi relatif: "Pada gagal untuk mencapai tujuan yang menarik, moral individu akan lebih tinggi jika kemungkinan untuk mencapai tujuan yang telah dianggap rendah daripada jika itu telah dianggap tinggi. "
Tiga puluh enam kelompok mahasiswi perguruan tinggi dari empat orang masing-masing dibentuk. Masing-masing kelompok bekerja pada dua tugas intelijen militer. Satu-setengah dari kelompok ("Ekspektasi tinggi") diberitahu bahwa tiga dari empat orang dalam kelompok akan dipromosikan dari kopral ke sersan atas setelah tugas pertama selesai. Sisa setengah dari kelompok ("Ekspektasi rendah") diberitahu bahwa satu dari empat orang akan dipromosikan. Tak satu pun dari kelompok sebenarnya dipromosikan.
Setelah selesai tugas kedua, skala moral enam-item diberikan kepada subyek. Keenam item mengukur komponen-komponen berikut moral: (1) daya tarik kelompok kepada anggotanya; (2) statisfaction dengan tugas pertama; (3) keinginan untuk tetap menjadi anggota kelompok; (4) statisfaction dengan sistem promosi; (5) evaluasi kelompok untuk masing-masing; (6) statisfaction dengan tugas kedua.
Tabel berikut menunjukkan nilai rata-rata dari tinggi dan rendah kelompok Harapan untuk masing-masing dari enam pertanyaan. Skor yang lebih rendah menunjukkan sikap moral yang lebih menguntungkan.

Tanggapan dari kelompok Ekspektasi rendah lebih menguntungkan daripada kelompok Ekspektasi tinggi pada lima dari enam pertanyaan.
Hipotesis penelitian demikian didukung: ketika harapan tinggi frustrasi, ketidakpuasan lebih besar daripada ketika harapan rendah tetap terpenuhi.
Spector, AJ Harapan, pemenuhan, dan moral. J. Abnorm. soc. Psikolog., 1956, 52 '51-56.

BOX 9.10: calon remaja
Elizabeth Douvan dan Joseph Adelson dari University of Michigan telah menggunakan metode sosial-survei untuk mempelajari beberapa yang menyertai psikologis uf ke atas dan ke bawah strivings mobilitas anak laki-laki remaja.
Data mereka diamankan dari survei sampel nasional dari anak laki-laki dalam rentang usia 14-to-16-tahun. Setiap anak laki-laki (ayah yang baik adalah pekerja kerah putih atau pekerja manual terampil) diberi wawancara pribadi yang berlangsung dari satu sampai tiga jam.
Setiap anak diklasifikasikan sebagai ponsel ke atas, stabil, atau mobile ke bawah dengan menentukan apakah aspirasi kerja nya lebih tinggi dari, setara dengan, atau lebih rendah dari pekerjaan ayahnya.
Wawancara mengungkapkan sharpdifferences antara anak laki-laki atas dan ke bawah-calon di sejumlah charracteristics motivasi dan kepribadian. Anak laki-laki atas-calon ditemukan menjadi luar biasa hidup dan energik; yang aspirer ke bawah, tidak aktif dan apatis. The aspirer ke atas, tidak aktif dan apatis. The aspirer stresset atas pekerjaan dalam menilai daya tarik dari jon; yang aspirer ke bawah, keamanan kerja. The-atas berorientasi ditampilkan perspektif waktu jangka panjang; ke bawah-oriented, perspektif jangka pendek.
Satu set gambar procective digunakan untuk mengukur derajat internalisasi standars pribadi. Gambar-gambar menunjukkan seorang anak remaja dalam konflik antara janji yang dibuat kepada orang tuanya (misalnya, berada di rumah pada waktu tertentu) dan tekanan dari teman-temannya (misalnya, untuk tetap keluar akhir). Subyek diminta apa anak itu akan dilakukan dan bagaimana dia akan merasa tentang hal itu. Dalam kedua kelompok atas dan ke bawah, dua-pertiga dari anak-anak mengatakan bahwa anak akan pulang. Namun, atas lebih sering memiliki anak itu pulang karena "janjinya" atau karena 'orang tuanya percaya padanya'. The downwords lebih sering mengatakan dia akan pulang karena takut akan hukuman orangtua. Para peneliti kontrol kontras dengan penurunan berorientasi telah diinternalisasikan kontrol pribadi dalam conrast ke bawah-berorientasi, yang menunjukkan kecenderungan untuk mengeksternalisasi standar dan memberontak melawan mereka.
The striver atas ditemukan untuk menunjukkan kemandirian lebih besar dari keluarga daripada ke bawah. The aspirer ke bawah lebih tergantung pada orang tuanya, meskipun ia menunjukkan tanda-tanda pemberontakan terhadap resiko mereka. Dan, akhirnya, striver atas menunjukkan tinggi penerimaan diri dan keyakinan sosial. Ke bawah-berorientasi lebih ambivalen terhadap dirinya dan lebih yakin dalam situasi sosial.
Dovan, Elizabeth, dan Adelson, J. psikodinamika mobilitas sosial dalam remaja laki-laki, J. Abnorm. soc. Psikolog., 1958, 5, 31-44.

BOX 9.11: Mobilitas sosial dan perilaku seksual
Dalam studi monumental seksual menjadi meekat pada pria amerika oleh Kinsey dan rekan-rekannya, kami baik-baik saja rvaling data pada hubungan antara mobilitas sosial dan perilaku seksual.
Dalam sampel mereka 2.945Amerika laki-laki, cukup banyak mobilitas pekerjaan ditemukan. Sekitar 39 persen dari subyek tinggal di kelas kerja nenek moyang mereka, 21 persen bergerak ke bawah, dan 40 persen naik ke posisi yang lebih tinggi daripada yang ditempati oleh nenek moyang mereka. Data ini adalah kongruen dengan yang dilaporkan oleh Lipset dan Zetterberg. Bthe sejarah seksual laki-laki yang tinggal di kelas kerja nenek moyang mereka kemudian dibandingkan dengan sejarah laki-laki yang pindah dari kelas ayah mereka menjadi lebih tinggi atau kelas bawah.
Gambar 9.6 menunjukkan bahwa ada ditandai perbedaan dalam pola seksual dari laki-laki 16-ke-20-tahun dalam tiga kelas kerja. The groub semiskilled tenaga kerja memiliki frekuensi yang relatif rendah masturbasi dan frekuensi yang relatif tinggi hubungan seks pranikah, Dalam kelompok profesi, pola ini terbalik. Kelompok rendah-putih-Collor menunjukkan pola transisi.
Tetapi perhatikan ini: Orang yang lahir ke kelas terampil tenaga kerja yang pada akhirnya bergerak ke kelas profesional menunjukkan pola seksual youtful kongruen dengan kelas di mana dia akhirnya akan movel sama, jika seseorang yang lahir ke clas terampil tenaga kerja
akhirnya menempatkan di kelas tenaga kerja tidak terampil, polanya perilaku seksual mirip dengan pola orang yang lahir ke dalam kelas itu. Di sini kita miliki, seolah-olah, "sosialisasi seksual antisipatif."
Kinsey, AC, Pomeroy, WB, dan Martin, CE perilaku seksual pada pria manusia. Philadelphia: saundres 1948.

BOX 9.12: Pendidikan-pembelotan
Pada akhir Perang Dunia II, Partai Labort berkuasa di Inggris. Di antara reformasi sosial lainnya yang disalurkan oleh pemerintah Buruh, kesempatan pendidikan anak-anak dalam bahasa Inggris berikut sangat diperluas. Di bawah sistem pascaperang, anak-anak yang lulus "sebelas-pluss" pemeriksaan pada tingkat tinggi diterima untuk "sekolah tata bahasa," yang menawarkan klasik, universitas kurikulum persiapan. Anak-anak yang melakukan kurang baik pada ujian dikemudikan ke dalam "modern" dan "teknis" sekolah, yang menawarkan terminal, pendidikan umum dan pelatihan kejuruan.
Baru-baru ini, sebuah cabang dari Partai Buruh di Birmingham, pendukung ideologis srong meningkatkan peluang masyarakat untuk mobilitas sosial ke atas, secara resmi menyatakan bahwa "dari sudut Buruh pandang, keberatan dengan sistem tata bahasa shcool adalah bahwa hal itu memiliki efek mengambil anak-anak terang dari kelas pekerja dan berlaku de-mengklasifikasikan mereka dengan pemisahan dari anak-anak di sekolah-sekolah modern. Akhirnya, mereka mendapatkan pekerjaan kerah putih dan setelah menikah pergi untuk hidup di pinggiran kota luar dan memilih Tory. "

Kurang kesempatan promosi yang diberikan oleh cabang atau kombinasi cabang, lebih menguntungkan pendapat cenderung ke arah kesempatan promosi. Sebagai contoh, harga promosi di polisi militer "adalah tentang di setiap cabang Angkatan Darat." Namun orang-orang di Polisi Militer merasa jauh lebih sedikit frustrasi tentang kesempatan untuk promosi daripada laki-laki di Air Corps, di mana tingkat promosi adalah mencolok tinggi. Contoh kedua. Prajurit yang lebih baik berpendidikan yang ditemukan lebih puas tentang peluang untuk promosi, meskipun tingkat promosi terutama mereka yang lebih tinggi.
Stouffer dan rekan-rekannya berusaha untuk menjelaskan paradoks ini dengan konsep mobilitas mengarah ke harapan yang tinggi dari promosi dengan hasil thst pria lebih cenderung merasa frustrasi dalam posisi mereka sekarang dan kritis kesempatan mereka untuk promosi. (Untuk studi eksperimental hipotesis deprivasi relatif, lihat Kotak 9.9)
jenis lain dari "psikologis harga" dibayar untuk mobilitas sosial dijelaskan dalam Hollingshead dan Redlich [1958] mempelajari hubungan antara kelas sosial dan penyakit mental di masyarakat New Haven. Mereka melaporkan beberapa perbedaan antara laki-laki yang lahir ke dalam kelas dari kelas yang lebih rendah workes terampil:
mantan [mereka yang lahir ke dalam kelas] yang statisfied dengan "cara hidup" mereka dan tidak membuat pengorbanan untuk maju. Mereka memiliki rasa martabat pribadi dan harga diri yang menopang mereka dalam "posisi hidup" mereka, mereka juga mengidentifikasi diri mereka dengan kelas pekerja dalam jumlah signifikan besar. Di sisi lain, 77 persen dari 31 persen yang pindah ke atas. . . telah "dikorbankan" untuk lebih fied dengan prestasi mereka dan peran di masa depan daripada orang-orang yang stabil yang cenderung puas dengan hal-hal seperti mereka.
Hollingshead dan Redlich juga menemukan bahwa dalam kelas atas dalam komunitas haven baru, keluarga arrivistes, dibandingkan dengan anggota "kelompok inti" yang uangnya adalah "lama," lebih rentan untuk menunjukkan "konsumsi yang mencolok, ketidakamanan dan keluarga ketidakstabilan. Dengan demikian, kita menemukan perceraian, rumah rusak, dan lain-lain gejala disorganisasi dalam jumlah signifikan besar baru [kelas atas] keluarga. "
Namun kita harus terdengar catatan hati-hati, tidak semua orang bergerak ke atas adalah "sic, sakit, sakit." Penyidik ​​telah menemukan bahwa orang yang bergerak ke atas mungkin diri menerima, percaaya diri, dan sehat secara psikologis

BIAYA SOSIAL. Dalam studi mereka promosi di Angkatan Darat selama Perang Dunia II, Stouffer dan rekan-rekannya maju hipotesis bahwa "salah satu faktor yang tidak akan gagal untuk masuk ke beberapa exent ke pengadilan seorang perwira dalam memilih seorang pria untuk promosi adalah sesuai untuk adat istiadat militer resmi disetujui. "Tiga studi longitudinal yang berbeda dari karir tamtama dilakukan untuk menguji hipotesis ini. Tiga studi yang konsisten dalam menunjukkan bahwa pria yang sesuai dengan norma-norma tentara kemudian menerima sejumlah proportionetely besar promosi daripada tentara lainnya. Ditemukan bahwa ketika orang-orang di tiga amples yang rankordered sesuai dengan nilai mereka pada ofattitudes skala sesuai adalah orang-orang yang paling mungkin untuk dipromosikan subseqently. "
Sebagai Merton dan Kitt [1950] menunjukkan, norma-norma tamtama yang sering bertentangan dengan norma-norma resmi Angkatan Darat. Ini berarti bahwa sesuai dengan norma-norma resmi Angkatan Darat diwakili ketidaksesuaian dengan norma-norma kelompok tamtama.
Penerapan awal dari norma-norma kelompok status mana individu bercita-cita membantu munculnya individu untuk grup tersebut. Untuk mengantisipasi keyakinan dan nilai-nilai kelompok yang bercita-cita untuk tampaknya membantu seseorang mencapai keanggotaan dalam kelompok. Ini jelas arti dari studi tentara telah kami kaji. Sosialisasi antisipatif (untuk menggunakan istilah Merton) adalah sarana untuk bergerak naik dalam sistem status. Dan sosialisasi antisipatif dapat menunjukkan dirinya dalam berbagai cara yang halus dan tak terduga.
Sedangkan sosialisasi antisipatif adalah nilai fungsional bagi individu dalam hal itu berfungsi untuk memfasilitasi mobilitas ke atas-Nya, sangat mungkin bahwa itu adalah disfungsional bagi kelompok atau organisasi mana individu berada. Sosialisasi antisipatif dapat merusak moral kelompok dari mana individu berharap untuk bergerak. Sebagai merton dan kitt menunjukkan:
Dari sudut pandang sistem sosial yang besar, Angkatan Darat secara keseluruhan, orientasi positif terhadap adat istiadat resmi akan muncul menjadi fungsional dalam mendukung legitimasi struktur otoritas utuh. . . . Tapi nyata, efek sekunder resear banyak orentations tersebut mungkin sangat merugikan bagi solidaritas kelompok utama tamtama yang sags semangat mereka. . . . Apakah pribadi 'keberhasilan "konformis (promosi) hanya berfungsi untuk menekan moral yang lain dengan penghargaan orang-orang yang berangkat dari ingroup adat istiadat?
Untuk satu jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh Merton dan Kitt.
Perbedaan STATUS
Individu jarang memiliki persis peringkat yang sama di semua sistem status masyarakat, dan sering mereka menempati posisi luas discrepant. Adanya perbedaan status tersebut telah diakui secara luas. Istilah seperti "orang kaya baru," "pemula", "pendaki sosial," "keluarga tua," "orang kaya baru", "miskin tapi sopan," menunjukkan kesadaran perbedaan antara posisi di sistem status ekonomi dan sosial.
Apa happenes saat status individu dalam dua atau lebih hierarki berbeda? Benoit-Smullyan [1994] mendekati pertanyaan ini melalui nya hipotesis status equilibrium:
Sebagai hasil dari proses perubahan status yang biasanya bekerja dalam setiap masyarakat, terdapat kecenderungan nyata untuk berbagai jenis status untuk mencapai tingkat umum, yaitu, untuk posisi pria dalam hirarki ekonomi untuk mencocokkan posisinya di bidang politik hirarki dan untuk yang kedua agar sesuai dengan posisinya dalam hirarki prestise, dll
Bu berbagai sistem status communny mungkin tidak sama-sama terbuka, sehingga menghalangi gerakan terhadap status equilibrium. Sebagai contoh, meskipun kita telah melihat bahwa sistem Status occpational di Amerika relatif terbuka, ada beberapa bukti bahwa kelas sosial atas di Amerika telah menjadi kelompok yang lebih atau kurang tertutup. Dengan demikian, dalam sebuah studi "philadelphia gentlement," Baltzell [1958] membuat analisis kecenderungan tingkat penerimaan ke register sosial bagi kota philadelphia. The Register sosial adalah daftar dari kelas sosial atas-atas di kota-kota metropolian Amerika yang dihasilkan setiap tahun oleh Asosiasi Register Sosial. Seseorang condered calon anggota hanya setelah tiga anggota telah certivied bahwa dia adalah orang dengan siapa mereka memiliki asosiasi yang teratur dan intim (prekursor metode reputasi Warner). Beltzell menemukan peningkatan 68 persen dalam jumlah keluarga yang terdaftar dalam Daftar Sosial dalam dekade 1900-1910. Tarif masuk menurun tajam dalam setiap dekade berikutnya. Antara 1930 dan 1940, kenaikan itu hanya 6 persen. Baltzell menunjukkan bahwa "kelas atas ini telah berkembang menjadi kelompok yang lebih atau kurang tertutup selama bertahun-tahun dan bahwa status di dalamnya kurang dan kurang dicapai, atau dicari." Oleh karena itu philadelphia jutawan baru di anak tangga atas tangga ekonomi status mungkin menemukan entri ke dalam kelompok sosial kelas atas diblokir.
Status perbedaan mungkin menjadi sumber frustrasi berat bagi individu (lihat halaman 117). Ini frustrasi individu mungkin berujung pada uoheavals sosial yang besar. Sebagai Lipset dan Bendix menunjukkan, "l iteratur politik, di fach, berisi banyak saran bahwa kelas-perbedaan misalnya, status sosial yang rendah dan relatif tinggi ekonomi posisi-mempengaruhi individu dan kelompok untuk menerima pandangan politik ekstrimis." The semangat revolusioner kaum borjuis Fench pada abad kedelapan belas adalah thoughht telah mengembangkan ketika mereka membantah pengakuan dan status sosial oleh aristokrasi. Berbagai scienttists politik telah menyarankan bahwa Jerman kelas menengah memeluk gerakan Nazi karena mereka takut ancaman mobilitas ke bawah. Sikap politik ekstrimis dapat berkembang ketika keamanan kelompok terancam atau ketika perjuangan status grup menaik diblokir.
Rekapitulasi
Dalam setiap masyarakat industri modern ada sejumlah besar vertikal mobilitas-orang sosial yang terus bergerak naik dan turun berbagai sistem status masyarakat. Studi banding yang mengindikasikan bahwa nilai mobilitas sosial kira-kira sama di semua masyarakat Barat. Perbandingan sejarah lebih lanjut menunjukkan bahwa perbatasan Amerika telah menjadi tidak lebih dan tidak kurang tertutup dalam seratus tahun terakhir.
mobilitas sosial ke atas bukan merupakan baik dicampur individu bergerak ke atas dapat membayar biaya dalam bentuk ketidakamanan dan ketegangan; masyarakat dapat membayar biaya dalam bentuk pengurangan solidaritas kelompok.
perbedaan antara jajaran individu dalam berbagai sistem status masyarakat-dalam pekerjaan, kekuasaan, ekonomi dan kelas sosial sistem mungkin menjadi sumber severs frustrasi bagi individu, predisposisi dia untuk mengadopsi sikap politik ekstrimis.

TEMPAT SOSIAL INDIVIDU YANG
Conside apa menebak Anda dapat membuat tentang cara apa manusia Mr Arbuthnot adalah seperti yang Anda berturut-turut mempelajari fakta-fakta berikut:
1. Mr Arbuthnot adalah seorang Amerika.
2. Mr Arbuthnot putih
3. Mr Arbuthot adalah lebih tua usia seseorang.
4. Mr Arbuthnot adalah menikah dan ayah.
5. Mr Arbuthnot memiliki penghasilan tinggi.
6. Mr Arbuthnot adalah partner senior di sebuah perusahaan pialang.
7. Mr Arbuthnot tinggal di St Francis Woods, yang merupakan "eksklusif" wilayah sosial san francisco.
8. Mr Arbuthnot adalah Episcopalin dan anggota Pacific Union Club.
9. Mr Arbuthnot adalah anggota kelas atas-atas.
Karena setiap fach tambahan tentang Mr Arbuthnot menjadi dikenal untuk Anda, Anda mungkin menebak tentang apa cara manusia dia. Alasannya adalah bahwa Anda mampu membuat dugaan tentang bagaimana seseorang dia. Alasannya adalah bahwa Anda mampu memperbaiki lebih dan lebih tepatnya tempat-Anda sosialnya mampu menggambarkan lebih dan lebih tepatnya habitat sosialnya. Dan untuk mengetahui habitat sosial individu meningkatkan kemampuan Anda untuk membuat estimasi abouts psikologis kognisi karakteristik-nya, ingin, sikap, nilai, dan tindakan. Untuk tempat sosial individu sangat menentukan partisipasi tertentu dalam total budaya masyarakat ini. Total budaya suatu masyarakat yang kompleks terlalu rumit dan terlalu kaya untuk setiap individu untuk berpartisipasi di dalamnya secara keseluruhan, untuk berbagi semua keyakinan, norma, nilai-nilai, dan tindakan.
Dengan demikian orang-orang dalam masyarakat akan memiliki keterampilan dan pengetahuan tertentu; mereka akan memiliki sikap dan nilai-nilai tertentu; mereka akan menghibur tujuan tertentu. Para wanita akan memiliki keterampilan yang berbeda, sikap dan nilai-nilai yang berbeda, tujuan yang berbeda. Kami kemudian dapat berbicara tentang budaya laki-laki dan budaya perempuan. Similary, ada budaya usia, budaya kerja, budaya kelas dan banyak lainnya "bagian budaya"-seperti banyak budaya karena ada khas "bagian" dalam culety a. Justru karena ini bahwa kita sudah terlebih dahulu mempelajari wey di mana anggota masyarakat dapat dipartisi sebelum mengalihkan perhatian kita untuk studi budaya ¬ ¬-perhatian bab berikutnya.
PANDUAN BAB DAN ISTILAH
GUIDE 28: Koordinasi dan pengendalian kegiatan anggota masyarakat yang dicapai melalui sistem posisi dan peran
GUIDE 29: Setiap masyarakat memiliki sistem status paling luas dari yang kelas sosial; kelas sosial secara signifikan menentukan evironment sosial dan kekuatan individu
GUIDE 30: The oppennes sistem status socialmobility vertikal ditentukan oleh kebutuhan fungsional masyarakat: mobilitas berdampak terhadap sisi positif dan negatif bagi individu dan kelompok
Metode Obective mengukur kelas sosial. Sebuah metode untuk mengukur posisi-kelas sosial para anggota komunitas di mana indeks kelas didasarkan pada karakteristik yang dapat diukur secara obyektif seperti pendapatan, pendidikan, pekerjaan.
Posisi. Sebuah kategori atau tempat dalam sistem klasifikasi sosial, misalnya, sistem umur dan jenis kelamin yang diakui oleh komunitas. Misalnya, "laki-laki dewasa" adalah posisi dalam sistem umur dan jenis kelamin. Setiap individu menempati beberapa posisi, terkait dengan masing-masing adalah perannya.

RANGKUMAN

SOCIETY

Masyarakat industri modern adalah kelompok besar dan sangat rumit orang. Untuk mempelajari "masyarakat secara keseluruhan" tanpa spesifikasi lebih lanjut akan diatur. Unit yang lebih kecil dari analisis yang neceeary, dan unit tersebut sudah tersedia. Tampilan yang paling sepintas pada setiap masyarakat modern mengingatkan kita bahwa itu terdiri dari banyak komunitas, dan organisasi dan kelompok-kelompok kecil.

Anak antarpribadi

Dalam studi pionir ekologi psikologis, Roger G. Barker dan Herbert F. Wright dari University of kansas menyajikan data yang menggambarkan baik pengaruh meresap situasi sosial bahkan di antara anak-anak.

Mempelajari kondisi kehidupan psikologis anak di Midwest (sebuah komunitas dari 707 orang di pusat Amerika Serikat), mereka diamankan catatan lengkap tentang perilaku satu hari dalam kehidupan masing-masing dari delapan anak. Ketika catatan hari ini dianalisis dalam epusodes perilaku, total 7,751 episode perilaku diberi kode dari delapan catatan

Di antara pertanyaan lain, para peneliti tertarik untuk belajar sejauh mana tatap muka hubungan dengan orang lain pikir dalam kehidupan sehari-hari anak-anak.

Episode diklasifikasikan menjadi tiga kategori:

(1) episode sosial, di mana anak bertindak dalam hubungannya dengan orang atau orang lain.

(2) episode berpotensi sosial, di mana setidaknya satu orang lain hadir, tetapi kepada siapa, namun, anak tidak bereaksi.

(3) episode nonsocial, di mana anak sendirian.

Dalam masyarakat yang kompleks integrasi perorangan indi ke dalam masyarakat, kontrol masyarakat atas sikap dan perilaku seseorang, ditentu

antropologi dalam ilmu komunikasi

09 June 2014 11:05:40 Dibaca : 11005

Tugas :

Materi Ilmu Antropologi

Nama : Ade Helmi Kalapati

Nim : 291413027

Jurusan : Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Gorontalo

Materi Ilmu Antropologi

Konsep Ilmu Antropologi

Antropologi adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu. Antropologi lahir atau muncul berawal dari ketertarikan orang-orang eropa yang melihat ciri-ciri fisik, adat istiadat, budaya yang berbeda dari apa yang dikenal di Eropa

Antropologi lebih memusatkan pada penduduk yang merupakan masyarakat tunggal, tunggal dalam arti kesatuan masyarakat yang tinggal daerah yang sama, antropologi mirip seperti sosiologi tetapi pada sosiologi lebih menitik beratkan pada masyarakat dan kehidupan sosialnya

Antropologi berasal dari kata Yunani anthropos yang berarti "manusia" atau "orang", dan logos yang berarti "wacana" (dalam pengertian "bernalar", "berakal"). Antropologi mempelajari manusia sebagai makhluk biologis sekaligus makhluk sosial.

Antropologi memiliki dua sisi holistik dimana meneliti manusia pada tiap waktu dan tiap dimensi kemanusiaannya. . Arus utama inilah yang secara tradisional memisahkan Antropologi dari disiplin ilmu kemanusiaan lainnya yang menekankan pada perbandingan/perbedaan budaya antar manusia. Walaupun begitu sisi ini banyak diperdebatkan dan menjadi kontroversi sehingga metode Antropologi sekarang seringkali dilakukan pada pemusatan penelitian pada penduduk yang merupakan masyarakat tunggal.

Menurut Koentjaraningrat Antropologi adalah ilmu yang mempelajari umat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna, bentuk fisik masyarakat serta kebudayaan yang dihasilkan.

Ruang Lingkup Ilmu Antropologi

Antropologi adalah suatu studi ilmu yang mempelajari tentang manusia baik dari segi budaya, perilaku, keanekaragaman dan lain sebagainya, objek kajian Antropologi adalah manusia didalam masyarakat suku bangsa kebudayaan dan perilakunya. Ilmu pengetahuan antropologi memiliki tujuan untuk mempelajari manusia dalam masyarakat suku bangsa, berperilaku dan berkebudayaan untuk membangun masyarakat itu sendiri.

Ilmu antropologi juga mempunyai beberapa kategori, yaitu :

Antropologi fisik

Yaitu arti khusus dari ilmu antropologi yang mencoba mencapai suatu pengertian tentang sejarah terjadinya aneka warna makhluk manusia dipandang dari sudut ciri-ciri tubuhnya, yang memakai sebagai bahan penelitian ciri-ciri tubuhnya, baik yang lahir ( fenotip ) seperti warna kulit, bentuk rambut, indeks tengkorak, bentuk muka, warna mata, maupun dalam ( genotip ) seperti golongan darah.

Antropologi fisik berdasarkan ciri-ciri diatas dapat dikembangkan lagi menjadi dua, yaitu

Paleoantropologi, yaitu ilmu bagian yang meneliti tentang asal-usul atau proses terjadinya evolusi makhluk manusia dengan mempergunakan sisa-sisa tubuh yang telah membatu atau fosil-fosil manusia dari zaman dahulu yang tersimpan didalam lapisan-lapisan bumi yang harus didapat para peneliti dengan berbagai metode sebagai bahan penelitian.Somatologi, yaitu ilmu yang membicarakan variasi diantara makhluk hidup/ keberagaman ras manusia dengan mengamati ciri-ciri fisik.

Antropologi Budya

Karena tidak ada kebudayaan tanpa adanya manusia, maka pekerjaan ahli antropologi fisik merupakan kerangka yang diperlukan oleh ahli antropologi budaya. Antropologi budaya, dibedakan lagi menjadi 5, yaitu

Etholiguistik yaitu yang mempelajari tentang bahasa-bahasanya.Prehistori yaitu mempelajari tentang sejarah perkembangandan penyebaran semua kebudayaan manusia mengenal tulisan.Etnolog yaituIlmu yang mempelajari kehidupan suku-suku bangsa misalnya adat, agama, dan kebudayaan masa kini.Antropologi spesifikasi yaitu ilmu antropologi yang melakukan perkembangan dari ilmu antropologi murni.Antropologi terapan yaitu berusaha mengaplikasikan temuan-temuan antropologi dalam pemecahan masalah yang dihadapi manusia, misalkan membuat bahan makanan yang mempunyai nilai jual yang tinggi

Hubungan Antropologi dengan ilmu-ilmu lainya

Hubungan antara Antropologi dengan ilmu geologi. Bantuan ilmu geologi yang mempelajari ciri-ciri lapisan bumi serta perubahan-perubahannya, terutama dibutuhkan oleh sub ilmu paleoantropologi dan prehistori untuk menetapkan umur-umur relatif dari fosil-fosil makhluk primat dan fosil-fosil manusia zaman dahulu, serta artefak-artefak dan bekas-bekas kebudayaan yang digali dari dalam lapisan bumi.Hubungan antara Antropologi dengan Anatomi. Seorang sarjana Antropologi fisik sangat perlu akan ilmu Anatomi, karena ciri-ciri dari berbagai bagian tengkorak dan ciri-ciri dari bagian tubuh manusia pada umumnya, menjadi objek penelitian yang terpenting untuk mendapat pengertian tentang soal asal mula dan penyebaran manusia serta hubungan antara ras-ras didunia.Ilmu Antropologi dengan ilmu sejarah. Sejarah menyumbang bahan yang berupa fakta dan data masa lampau yang dapat dijadikan sebagai pola ulang dalam menentukan masa depan. Sejarah dan Antropologi merupakan satu kesatuan yang mana antropologi adalah ilmu yang mempelajari manusia dengan kebudayaan dan sejarah masuk didalamnya.

Wujud Kebudayaan

Menurut J.J. Hoenigman, wujud kebudayaan dibedakan menjadi tiga: gagasan, aktivitas, dan artefak

Gagasan (Wujud ideal)

Wujud ideal kebudayaan adalah kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan, dan sebagainya yang sifatnya abstrak; tidak dapat diraba atau disentuh. Wujud kebudayaan ini terletak dalam kepala-kepala atau di alam pemikiran warga masyarakat. Jika masyarakat tersebut menyatakan gagasan mereka itu dalam bentuk tulisan, maka lokasi dari kebudayaan ideal itu berada dalam karangan dan buku-buku hasil karya para penulis warga masyarakat tersebut.

Aktivitas (tindakan)

Aktivitas adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat itu. Wujud ini sering pula disebut dengan sistem sosial. Sistem sosial ini terdiri dari aktivitas-aktivitas manusia yang saling berinteraksi, mengadakan kontak, serta bergaul dengan manusia lainnya menurut pola-pola tertentu yang berdasarkan adat tata kelakuan. Sifatnya konkret, terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat diamati dan didokumentasikan.

Artefak (karya)

Artefak adalah wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas, perbuatan, dan karya semua manusia dalam masyarakat berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba, dilihat, dan didokumentasikan. Sifatnya paling konkret diantara ketiga wujud kebudayaan.
Dalam kenyataan kehidupan bermasyarakat, antara wujud kebudayaan yang satu tidak bisa dipisahkan dari wujud kebudayaan yang lain. Sebagai contoh: wujud kebudayaan ideal mengatur dan memberi arah kepada tindakan (aktivitas) dan karya (artefak) manusia.

Unsur-unsur Kebudayaan

Terdapat tujuh unsur kebudayaan yang dapat kita sebut sebagai isi pokok dari setiap kebudayaan yang ada di dunia ini. Ketujuh unsur tersebut adalah: Bahasa. Sistem Pengetahuan, Organisasi Sosial. Sistem Peralatan dan Teknologi, Sistem Mata Pencaharian Hidup, Sistem Religi, serta kesenian. Selanjutnya, Koentjaranigrat menjabarkan ketujuh unsur kebudayaan tersebut dalam ke dalam beberapa bagian lagi, yaitu :

Bahasa, terdiri dari bahasa lisan dan tertulis.Sistem Pengetahuan, terdiri dari : (1) Pengetahuan tentang sekitar alam, (2) pengetahuan tentang alam flora, (3) pengetahuan tentang zat-zat dan bahan mentah, (4) pengetahuan tentang tubuh manusia, (5) pengetahuan tentang kelakuan sesama manusia, dan (6) pengetahuan tentang ruang, waktu, dan bilanganOrganisasi Sosial, terdiri dari : (1) sistem kekerabatan, (2) sistem kesatuan hidup setempat, (3) asosiasi dan perkumpulan-perkumpulan, (4) sistem kenegaraanSistem Peralatan dan Teknologi, terdiri dari : (1) alat-alat produktif, (2) alat-alat distribusi dan transport, (3) wadah-wadah dan tempat-tempat untuk menaruh, (4) makanan dan minuman, (5) pakaian dan perhiasan, (6) tempat berlindung dan perumahan, dan (7) SenjataSistem Mata Pencaharian Hidup, terdiri dari: berburu dan meramu, perikanan, bercocok tanam di ladang, bercocok tanam menetap, peternakan, dan perdagangan.Sistem Religi terdiri dari : sistem kepercayaan, kesusasteraan suci, sistem upacara keagamaan, kelompok keagamaan, ilmu gaib, serta sistem nilai dan pandangan hidup.

Kesenian, terdiri dari seni patung, seni relief, seni lukis dan gambar, seni rias, seni vokal, seni instrumen, senin kesusasteraan, dan seni drama.

Konsep Manusia, masyarakat dan kebudayaan

Manusia adalah makhluk individu yang membentuk sebuah kelompok yang disebut dengan masyarakat, karena adanya interaksi sosial maka dari masyarakat itu sendiri akan lahir kebudayaan.

Pranata Sosial

Pranata sosial berasal dari bahasa asing social institutions, itulah sebabnya ada beberapa ahli sosiologi yang mengartikannya sebagai lembaga kemasyarakatan. Menurut Horton dan Hunt (1987), yang dimaksud dengan pranata sosial adalah suatu sistem norma untuk mencapai suatu tujuan atau kegiatan yang oleh masyarakat dianggap penting. Dengan kata lain, pranata sosial adalah sistem hubungan sosial yang terorganisir yang yang mengejawantahkan nilai-nilai serta prosedur umum yang mengatur dan memenuhi kegiatan pokok warga masyarakat.

Tiga kata kunci di dalam pembahasan mengenai pranata sosial adalah:

Nilai dan Norma;Pola perilaku yang dibakukan atau yang disebut prosedur umum, danSistem hubungan, yakni jaringan peran serta status yang menjadi wahana untuk melaksanakan perilaku sesuai dengan prosedur umum yang berlaku.

Sistem Kepercayaan Manusia

Kepercayaan Terhadap Roh Nenek Moyang
Perkembangan system kepercayaan pada masyarakat Indonesia berawal dari kehidupan masyarakat berburu dan mengumpulkan makanan. Padagoa-goa ditemukan sisa budanya, berupa alat-alat kehidupan. Kadang ditemukan tulang belulang manusia yang telahdikuburkan di dalam goa-goa. Dari hasil penemuan itu, diketahui pada masai tu orang sudah mempunyai pandangan tertentu mengenai kematian. Orang sudah mengenal penghormatan terhadap orang yang sudah meninggal.Kepercayaan Bersifat Animisme

Animisme merupakan suatu kepercayaan masyarakat terhadap suatu benda yang dianggap memiliki roh ataujiwa.

KepercayaanBersifatDinamisme

Dinamisme merupakan suatu bentuk kepercayaan bahwa setiap benda memilki kekuataan gaib

Kepercayaan Bersifat Monoisme

Monoisme adalah kepercayaan terhadapTuhan Yang MahaEsa.