KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA (JENIS-JENIS BAHASA GAUL DI INDONESIA YANG TELAH MENYEBAR DIKALANGAN REMAJA )

15 March 2017 05:24:12 Dibaca : 51

JENIS-JENIS BAHASA GAUL DI INDONESIA YANG TELAH MENYEBAR DIKALANGAN REMAJA

        Bahasa gaul bisa dibilang bahasa percakapan tidak resmi yang digunakan oleh anak-anak muda. Dimanapun tempat atau daerah selalu mengikuti perkembangan zaman terutama perkembangan bahasa gaul yang ada diindonesia. Dan mereka yang kurang mengikuti perekembangan zaman akan sulit memahami bahasa yang digunakan oleh orang yang selalu mengikuti perkembangan zaman tersebut. Kita biasanya menemukan bahasa gaul tersebut mulai dari media social maupun dilingkungan dimana kita berada yang bisa kita dengar secara langsung saat mereka berbicara menggunakan bahasa gaul. Adapun beberapa jenis-jenis bahasa gaul yang cukup popular diindonesai adalah sebagai berikut yakni yang saya kutip dari situs (Kompasiana.Com) mengenai bahasa gaul:


1. Bahasa Prokem

       Beberapa kata yang berasal dari Bahasa Prokem adalah Lo (Anda / Kamu), Gue (Saya). Bokap (Ayah), Nyokap (Ibu), Emang Beneran (Benarkah?), Nggak (Tidak), Bodo (Tidak Perduli), Gebleg lo (Bodoh), dan lain sebagainya. Bisa dilihat dari penjelasan diatas bahwa kalimat tersebut biasa kita dengar pada orang-orang yang bekomunikasi dengan orang lain. Misalnya ketika seseorang mengatakan sebutan ibu sebagai (nyokap). Nyokap disini adalah bahasa gaul yang dimaksud,  kemudian sebutan ayah dibahasakan menjadi (Bokap), Untuk mengatakan diri kita sendiri dan orang lain yakni sebagai (Gue dan Lo) sedangkan sebutan tidak dibahasakan sebagai (Nggak). Salah satu contoh dari beberapa bahasa gaul diatas misalnya: "Nyokap Lo nyuruh Gue bantuin Lo masak".


2. Bahasa Alay

        Beberapa contoh kata-kata dari Bahasa Alay adalah :
4lay = Alay, 5i4p4 = Siapa, Homz = Rumah, Iank = Sayang , Krenz = keren , Taw = Tahu, Krank = Kurang, Lebay = Berlebihan, Putu = foto, Akko / Saia = Aku, Ciyus = Serius, Miapah = Demi Apa, Onlendh = On Line, Cumendh = Comment.
Seperti yang dijelaskan diatas, biasanya kalimat-kalimat tersebut sering digunakan dalam mengirim pesan kepada seseorang. Teman-teman pasti sering menemukan gaya penulisan pesan seperti diatas pada teman-teman disekitar kalian. Jika cara penulisan pesannya yang seperti ini berarti seseorang itu telah menggunakan bahasa gaul namun pada jenis bahasa alay. contoh: "Ciyus kamu suka sama dia?" atau "Miapah kamu suka sama dia?" atau saia krank taw homz Nadia".


3. Bahasa Vikinisasi

       Sebenarnya ungkapan Vikinisasi merupakan cibiran bagi orang-orang yang sok intelek dan menggunakan bahasa tinggi namun tidak bermakna. Namun, walaupun semula bahasa yang Vicky gunakan ini hanya sebagai bahan olo-olok akhirnya dipakai dalam bahasa sehari-hari walaupun hanya sebagai bahan bercanda.. Beberapa contoh kata Bahasa Vikinisasi yang cukup populer adalah : Konspirasi Kemakmuran, Statusisasi, Labil Ekonomi, Kontroversi Hati, Kudeta Cinta, Harmonisasi.  Berdasarkan bahasa-bahasa gaul yang telah digunakan kaum remaja diatas, bahwa semua hanya dijadikan sebagai kesenangan bersama teman-teman semata. Karena seiring berkembangnya zaman maka pengetahuan remajapun semakin luas. Sehingga tidak heran lagi jika banyak kalimat-kalimat yang mereka dapat dari berbagai sumber informasi dan informasi yang didapat mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari termasuk bahasa gaul sebagai topik dalam pembahasan ini.

SUMBER
http://www.kompasiana.com/mulyady1688/6-bahasa-gaul-paling-populer-di-indonesia_54f933e4a333112c048b49e4