TREN WISATA BARU DI GORONTALO PUNCAK BUKIT CINTA

17 May 2017 18:14:23 Dibaca : 922

TREN WISATA BARU DI GORONTALO PUNCAK BUKIT CINTA

Belakangan ini tengah populer wisata baru di Gorontalo yaitu puncak bukit cinta yang berada di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone yang lokasinya tidak jauh dari pusat kota Gorontalo. Untuk sampai ke bukit cinta ini membutuhkan tenaga yang cukup. Karena kita harus mendaki terlebih dahulu. Namun, ketika tiba diatas lelah yang kita rasakan akan terbalaskan dengan keindahan pemandangan laut dan gunung yang berada ditempat tersebut. Pengunjung juga dapat menyaksikan keindahan kota Gorontalo dari ketinggian 150 Meter dari atas permukaan laut.


Selain itu, dibukit cinta juga tersedia sejumlah spot pengambilan foto yang terbuat dari love, rumah pohon, gugusan ranting yang berbentuk lambang Love, dan dilengkapi dengan beberapa kalimat yang berhubungan dengan cinta. Dengan dilengkapi fasilitas seperti ini maka, semakin banyak pengunjung yang tertarik untuk datang kebukit cinta. Maka tidak heran lagi telah banyak orang-orang yang mengunggah ke sosmed foto-foto mereka yang berada di bukit cinta tersebut.


Desy, salah satu pengunjung dari puluhan pengunjung yang datang kebukit cinta mengatakan bahwa dia melihat banyak teman-teman yang mengunggah foto dibukit cinta “saya melihat banyak teman-teman yang setiap kali mengunggah foto kebanyakan mereka mengunggah yang ada dibukit cinta, maka dari itu saya penasaran dan sayapun langsung datang kebukit cinta dan memastikan keindahannya” tutur desy. Tidak hanya itu menurut desy disana juga banyak spot yang bagus untuk selfi-selfi. “ disana ada tempat untuk selfi seperti sarang burung yang terbuat dari ranting, dan kalimat i love you yang terbuat dari papan yang berbentuk love, dan masih banyak lagi) ujar desi dengan penuh semangat.

 

COACING PEMILIHAN DUTA KAMPUS 2017

17 May 2017 18:10:49 Dibaca : 881

COACING PEMILIHAN DUTA KAMPUS 2017


Coacing pemilihan duta kampus Universitas Negeri Gorontalo yang diikuti oleh 32 peserta ini berlangsung di fakultas sastra dan budaya. Dalam coacing ini disampaikan beberapa pemberitahuan kepada para pserta pemilihan duta kampus mengenai segalah hal yang akan mereka lakukan dalam mengikuti pemilihan duta kampus tersebut.

Adapun beberapa diantara yang disampaikan adalah, bahwa para peserta akan dibagi kedalam beberapa kelompok. Dan masing-masing kelompok terdiri dari 5 peserta. Dengan masing-masing peserta tersebut akan menampilkan bakat-bakat mereka seperti, menyanyi, drama, puisi, dan lain-lain. Para peserta akan tampil malam ini pukul 22.00 sampai dengan selesai.

 

Tinggalkan Komentar...

UJIAN KETERAMPILAN SBMPTN FAKULTAS SASTRA DAN BUDAYA

17 May 2017 14:16:29 Dibaca : 1807


UJIAN KETERAMPILAN SBMPTN FAKULTAS SASTRA DAN BUDAYA

Ujian penerimaan mahasiswa baru di Universitas Negeri Gorontalo melalui jalur SBMPTN kemarin tanggal 16 mei 2017 telah berakhir. Dan hari ini tepatnya rabu tanggal 17 mei 2017 kembali diadakan ujian tes keterampilan. Ujian keterampilan ini diikuti oleh calon mahasiswa baru fakultas sastra dan budaya.


Adapun tes keterampilan yang diikuti adalah, tes keterampilan menari, menyanyi atau vokalia, dan teater. Masing-masing tes keterampilan tersebut berada diruang terpisah. Jadi setelah mahasiswa selesai mengikuti tes keterampilan vokalia langsung menuju ruangan tes menari begitupun selanjutnya.


Dari masing-masing tes keterampilan ini dinilai langsung oleh bapak dan ibu dosen serta mahasiswa fakultas sastra dan budaya yang terlibat dalam penilaian ujian tes keterampilan tersebut. Terlihat pada gambar diatas beberapa calon mahasiswa baru yang sedang menunggu giliran untuk mengikuti tes ujian keterampilan menari.

OBSERVASI RRI GORONTALO

26 March 2017 12:35:06 Dibaca : 809

                                      KATA PENGANTAR

      Syukur alhamdulillah Kami panjatkan kehadirat Allah SWT Yang has memberikan rahmat Serta karunia-Nya ditunjukan kepada Kami sehingga Kami BERHASIL menyelesaikan telkom Penyanyi Yang alhamdulillah Tepat PADA Waktunya yakni telkom "Observasi RRI GORONTALO" Harapan Kami semoga telkom Penyanyi membantu Menambah Pengetahuan Dan Pengalaman Bagi para Pembaca. Kami menyadari bahwa telkom Penyanyi Masih JAUH Dari Sempurna, Kritik dan Saran Dari SEMUA parties Yang bersifat Membangun Selalu Kami harapkan demi kesempurnaan Tugas Penyanyi.

                                                                                                                                                                        Gorontalo, 21 Maret 2017

                                                                                                                                                                                          Penulis

                                                  BAB I

PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
         Lembaga Penyiaran public (LPP) RRI * Menurut UU RI Nomor 32 Tahun 2002 Adalah Lembaga Penyiaran Yang Berbentuk badan hukum Yang didirikan Negara, bersifat independen, netral, TIDAK Komersial, berfungsi memberikan LAYANAN untuk review kepentingan 'masyarakat. Demikian jelaslah bahwa RRI Gorontalo termasuk hearts Lembaga Penyiaran Publik sebagaimana dimaksudkan hearts UU No. 32 Tahun 2002 tersebut.
Dalam Pasal 2 UU No 32 Tahun 2002 dinyatakan bahwa Penyiaran diselenggarakan berdasarkan Pancasila Dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 DENGAN asas Manfaat, adil Dan merata, Kepastian hukum, Keamanan, keberagaman, kemitraan, etika, Kemandirian, Kebebasan Dan tanggung jawab.
Selanjutnya * Menurut Pasal 3 UU Nomor 32 Tahun 2002 bahwa tujuan Penyiaran Adalah untuk review memperkukuh nasional, terbinanya Kehidupan bangsa, memajukan Kesejahteraan Sales manager, Integrasi hearts Rangka Membangun society Yang mandiri, demokratis, adil Dan sejahtera, Serta menumbuhkan industri Penyiaran Indonesia.
Sebagai Lembaga Penyiaran public * Menurut Pasal 4 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2005 TENTANG Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia mempunyai telkom memberikan Pelayanan information,
Pendidikan, Hiburan Yang sehat, Kontrol Dan Perekat sosial Serta melestarikan budaya bangsa untuk review kepentingan Seluruh lapisan tebal kulit 'masyarakat through Penyelenggaraan Penyiaran radio Yang menjangkau Seluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

1.2 Rumusan * Masalah


1. Bagaimana Sistem Kerja dan Cara Penyebaran Berita di RRI Gorontalo?


1.3 Tujuan Penulisan


1. UNTUK Mengetahui Bagaimana Sistem Kerja dan Cara Penyebaran Berita di RRI Gorontalo

BAB II
Pembahasan


2.1 data Wanwancara
Wawancara kepala seksi Siaran bapak Raimanto S.Sos.


        RRI Gorontalo memiliki 3 programa Siaran. Program Yakni 1, programa 2, Dan programa 3. Dimana, Ketiga programa Penyanyi memilki Bagian-Bagian Tertentu untuk review Menjadi sasaran pendengarnya, Program Yaitu 1 KHUSUS Melayani Siaran KHUSUS SEMUA Kalangan Mulai dari Usia TK Sampai Orang Tua. Berita Yang disugukan di programa 1 ADA Jazz RS, Mulai dari infromasi duka, keluarga, pemberitahuan Kehilangan, radiogram, Siar agama, warta berita, Penghasilan kena pajak warta berita ADA iklan LAYANAN society, iklan promosi Dan lain-berbaring, kemudian ADA arena Siaran taman kanak- kanak, kemudian ADA estafet warta berita Olahraga. Frekuensi 101,8.
Programa 2 Target pendengarnya Adalah remaja. Isi materi Siaran pagar dominan musik .. Iklan diprograma 2 Hanya terbetas, Dan Hanya berkisaran diinformasi TENTANG remaja, seperti iklan Mengenai Kreativitas remaja Yang mempunyai Prestasi such as inviting participation Prestasi dibidang Olahraga, ataupun Pendidikan Bidang.
Sedangkan Programa 3 KHUSUS Siaran berjaringan nasional untuk review menyiarkan warta berita. Progama 3 pemancar KHUSUS programa 3 Penyanyi, pada 1x24 jam.Namun Hanya merelay. Pro 3, 4 Kali merelay warta berita nasional, Dan also mengirim berita Ke kantor KBRN (kantor berita nasiona RRI) Jadi, berita-berita Yang ADA Dikirim kekantor KBRN.
Dan untuk review dibagian Status Penyiaran KARENA RRI Gorontalo Masih tipe C, untuk review SEMENTARA Masih Mengelola 3 programa. Nanti JIKA Berubah Menjadi tipe B, akan ADA programa 4. KHUSUS menyiarakan Pendidikan dan budaya. Nantinya penyiar-penyiar Yang akan dipilih, penyiar Yang Fasih Berbahasa SEMUA Yang digorontalo. TAPI sebelumnya Saat ini pemancarnya Sudah disiapkan.

Bagaimana MEKANISME Penyiaran?


       MEKANISME RRI Yaitu kerja tim. Siaran dibawah Naungan produser Dan produser also mengawasi Pelaksanaan Siaran, Penanggung jawabnya kepala RRI, kemudian ADA Pengarah Acara, penyiar ADA, ADA teknisinya ATAU operator.mereka Yang SETIAP hari melaksanakan telkom dibox Siaran. Dan Sudah ADA PT Siaran.
Bagaimana Cara audiens menarik Perhatian?
Untuk review Lebih Dekat DENGAN audiens ATAU pendengar, ketika Program ADA Yang akan berdialog DENGAN pendengar Maka ADA responden ATAU SAR Pembuatan balik Dari para penyiar Dan TIDAK Hanya ITU, apapun Yang ditanya Oleh pendengar akan dicatat Baik Dipro 1 ataupun Pro2. JIKA ADA tanggapan Dari pendengar Maka akan dimasukkan di akun facebook ataupun tweeter.


Berada Dimana Saja pemancar RRI?


       Pemancar RRI berada dilima kabupaten, yakni Marisa kabupaten Pohuato Frekuensi FM.97,00 MHz, Tilamuta Kabupaten Boalemo Frekuensi FM.93,5 MHz, di Tihu Kabupaten Bone Bolango Frekuensi FM.100,3 MHz, di Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara Frekuensi FM. 93,7 MHz, Dan Paguyama Kabupaten Gorontalo Frekuensi FM.94 MHz. Bahkan PENGOPERASIAN negeri also can didengarkan lewat kehidupan sungai. RRI also Sudah launching kehidupan radio streaming visual yang Sekitar Satu Jam yakni launcinganya jakarta DENGAN gorontalo. Jadi RRI TIDAK Hanya can didengar tetapi Sudah can Dilihat lewat youtube. Dan Sekarang SEMENTARA digodok di DPR undang-undang radio Penyiaran Menjadi Televisi Indonesia. Apakah akan digabung DENGAN Televisi ATAU TIDAK, apakah radio Televisi akan Berdiri Sendiri ATAU TIDAK.


Bagaimana Cara Iklan Disiarkan?


      Iklan SEMUA dikelola Oleh LPU (LAYANAN Pengembangan Usaha) ATAU pemasaran Dari RRI. SEBELUM dikelolah Oleh LPU diproduksi PT KARYA CIPTA PUTRA such as inviting participation, iklan Yang MASUK Masih Mentah ATAU Belum diproduksi. Penghasilan kena pajak diproduksi mereka meminta ijin Dari kepala seksi Siaran untuk review Tayang dijam berapa. LPU memasukkan PT iklan kepenyusun Acara ATAU Pembuat PT Acara Siaran. Dan Langsung dilaporkan banyaknya iklan Yang akan diberikan. Jadi, mereka BEKERJA sama DENGAN Pembuat PT Acara Siaran untuk review memasukkan iklan-iklan Yang akan disiarkan pagi, siang, Dan sakit ataupun Malam. Begitupun JIKA ADA permintaan Negara-permintaan Negara dialog untuk review Acara Siaran Langsung, LPU Yang akan melaporkan kepembuat PT Acara Siaran. Such as inviting participation PADA Pukul siang akan ADA Siaran Langsung ATAU Siaran dialog, baik dialog Didalam studio ataupun studio PENGOPERASIAN dialog. Jadi ditentukan hearts PT Acara Siaran, untuk review Acara Yang akan disiarkan atauupun iklan-iklan Yang akan disiarkan.


Program MEMBUAT Cara Bagaimana Acara Di RRI?


       Program Acara Siaran disusun hearts Setahun Sekali, Yang disebut DENGAN Pola Siaran. Pola Siaran ITU dirapatkan SETIAP AKHIR TAHUN. Namanya Rapat Pola Siaran ATAU Rapat Evaluasi Siaran. Jadi, Siaran Yang selama Satu Tahun Berjalan akan dievaluasi, mana Acara-Acara Yang jalan ataupun Yang TIDAK Berjalan. JIKA Program ADA ATAU Acara Yang TIDAK jalan ATAU pendengarnya Kurang, Maka akan digantin DENGAN Acara yang lain. Dan JIKA ADA masukan-masukan Dari pemerhati ATAU penggemar can mengirim surat, can DENGAN mengatakan Kami TIDAK Suka Lagi DENGAN Acara-Acara Tertentu Maka ITU kan dievaluasi Lagi. Dan terjadilah Pola Siaran untuk review Satu Tahun kedepan. JIKA such as inviting participation Acara Masih Terus Berjalan Maka itulah Yang differences akan diikuti.


Bagaimana Berita Sampai Disebarluaskan diradio?


       Reporter MEMBUAT agenda DENGAN berita Sesuai liputannya. Reporter di wajibkan MEMBUAT Maksimal Tiga berita Dan minimal doa hearts Sehari untuk review Satu orangutan. Tetapi, Penghasilan kena pajak ITU Bagian Penyiaran menyesuakian DENGAN agenda. Apakah hasil temuan liputan mereka Sesuai DENGAN agenda Yang Sudah mereka buat. SETIAP hari, SEBELUM Wartawan turun-ADA Yang Namanya Rapat agenda setting ATAU Rapat agenda liputan. Setela mereka Selesai MEMBUAT berita Yang Sesuai DENGAN agendanya, naskah mereka diperlihatkan di Editor Siaran. Editor Siaran Yang akan menganalisa berita meraka. Apakah ADA kalimat Yang shalat ataukah Format Yang mereka buat Sudah Benar ATAU TIDAK Serta kepala berita maupun isi berita akan di Analisa Oleh Editor Siaran. Penghasilan kena pajak ITU ADA Yang Namanya ges Editor. ges Editor Penyanyi Yang memeriksa Kembali Penghasilan kena pajak Dari Editor Siaran. Beritanya di periksa Lagi apakah Sudah Benar ATAU TIDAK. Penghasilan kena pajak ITU di periksa Oleh multimedia kemudian multimediamenyusun randown. Dan JIKA ADA Topik Yang menarik ITU Yang Menjadi headline. Dan berita Sudah diperhitungkan durasinya 25 Menit Baik sakit maupun pagi. Penghasilan kena pajak ITU On udara. Dan dibacaoleh presenter berita TAPI SEBELUM dibaca dipelajari PT KARYA CIPTA PUTRA.

BAB III
KESIMPULAN


3.1 KESIMPULAN


          Dari hasil temuan Observasi, RRI merupakan radio Yang independen, Dan TIDAK berpihak ditunjukan kepada siapapun. Dan Program-Program Yang ADA di radio Penyanyi Program Adalah Yang mendidik, Informatif, Dan merujuk PADA SEMUA Kalangan. Selain ITU, cara Penyiaran yang Baik Dan jangkauan Frekuensi Yang Sudah meluas, MEMBUAT RRI Semakin Banyak dikenal Oleh society. RRI also Mampu menampung Saran maupun Kritik Dari pendengar Terhadap kekurang maupun Kelebihan Dari Program-program yang di RRI Program sehingga isi tersebut can LEBIH diperbaiki Lagi maupun diganti DENGAN Program yang lain Seperti Yang disebut DENGAN Pola Siaran Yang has Diatas dijelaskan.

 

ETIKA DAN HUKUM MEDIA MASSA

26 March 2017 12:25:44 Dibaca : 1959

Haria Wartabone, Ani Irmawati, Wira Darmawan Praska Tian, ​​Dan Arif Karim

  ETIKA DAN HUKUM MEDIA MASSA


HUKUM MEDIA MASSA


BERITA TIDAK Berimbang


     Kewajiban Media Bagi untuk review memproduksi Dan menyebarluaskan information Beroperasi Berimbang has diatur hearts beberapa KETENTUAN. Undang Undang Nomor 32 Tahun 2002 TENTANG Penyiaran Pasal 36 ayat 4 menjelaskan isi Siaran wajib dijaga netralitasnya Dan TIDAK boleh mengutamakan kepentingan golongan Tertentu. Dalam Pasal 48 Ayat 4 (h) Pedoman Perilaku Penyiaran Yang menentukan standar isi Siaran Yang sekurang-kurangnya berkaitan DENGAN ketepatan Dan Program kenetralan berita.

DISKRIMINASI


      Menurut Undang Undang No.39 Tahun 1999 Tentang HAM Pasal 1 Ayat 3, diskriminasi Adalah SETIAP pembatasan, pelecehan, ATAU Variabel argumen penanganan Yang Langsung ataupun TIDAK Langsung didasarkan PADA pembedaan Manusia differences dasar dasar agama, suku, ras, etnik, Kelompok, golongan, status sosial , status Ekonomi, Jenis Kelamin, bahasa, Keyakinan politik, Yang berakibat, Equity, penyimpangan ATAU penghapusan, Pengakuan, Pelaksanaan ATAU PENGGUNAAN hak asasi Manusia dan Kebebasan Dasar hearts Kehidupan Baik maupun individu kolektif hearts Bidang politik, Ekonomi, hukum, sosial, budaya, Dan ASPEK Kehidupan lainnya.
Dalam Undang Undang No.32 Tahun 2002 TENTANG Penyiaran Pasal 36 Ayat 6, dijelaskan bahwa Isi Siaran Dilarang memperolokkan, merendahkan, melecehkan Dan / ATAU mengabaikan agama Nilai-Nilai, martabat Manusia Indonesia, ATAU merusak Hubungan internasional.Mengganggu privasi.

 

PRADUGA TAK BERSALAH


Undang Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers Pasal 5, also menyatakan Kewajiban pers nasional untuk review memberitakan Peristiwa Dan Opini DENGAN menghormati norma-norma Agama dan rasa kesusilaan 'masyarakat Serta asas praduga tak bersalah.

BERITA JUNK FOOD


Adalah berita Yang TIDAK ADA relevansinya DENGAN kepentingan public. Dan Penyanyi Sering Kali Terjadi infotainmen hearts berita. Infotainmen merupaka fenomena global. Penyanyi merupakan konsekuensi Dan komersialisasi media yang Yang makin meluas Dan makin mengglobal.

ETIKA MEDIA MASSA


        Dalam Kajian Hukum dan Media massa, etika tersebut dikaitkan PADA Kewajiban para Jurnalistik Antara Lain Seperti; Pelaksanaan Kode etik Jurnalistik hearts SETIAP AKTIVITAS jurnalistiknya, tunduk PADA Institusi Dan Peraturan hukum untuk review melaksanakan DENGAN Etiket baiknya sebagaimana KETENTUAN-KETENTUAN di hearts hukum tersebut Yang merupakan Perangkat Prinsip-Prinsip Dan Aturan-Aturan Yang PADA umumnya Sudah diterima Dan Oleh disetujui society. Sehubungan DENGAN HAL ITU, Prinsip etika Bagi Profesi Jurnalistik memberikan dasar dasar hukum bagi Pengelolaan pemberitaan di media yang Beroperasi Tertib hearts Hubungan antar subyek hukum. Abdul Choliq Dahlan (2011: 396).


        Media Beroperasi etika TIDAK boleh (Pertama) mengabaikan ATAU TIDAK menghormati hak individu. Media terkadang mengganggu hak individu, walaupun ITU dilindungi Oleh hukum ATAU Pendapat Sales manager. Isu Yang Sering Terjadi Adalah pencmaran nama di Baik (fitnah) fitnah, Dan HAL berbaring Yang mencoreng Reputasi individu. Kedua, media TIDAK boleh 'masyarakat membahayakan (merugikan masyarakat). Rasa Takut acapkali ditimbulkan Oleh publikasi media yang massa Yang berlangsung hearts Jangka Waktu Yang Lama, walaupun Efek ini tidak disengaja. Ketiga, membahayakan individu (membahayakan individu). Banyak KASUS Dimana media yang memainkan Peran Yang mendorong berbuat Jahat, Bunuh Diri. Konten Berisi pornografi can be menimbulkan Perilaku imitasi. Termasuk also Perilaku Teroris.


          Etika berfungsi umumnya untuk review melindungi kepentingan Manusia, sehingga Pelaksanaan Jurnalistik Wartawan can be berlangsung Dan Dirasakan Oleh Manusia bahwa pemberitaan tersebut berfungsi Dan berkenan Bagi rasa tenteram Dan Damai. Dalam HAL Penyanyi, Maka Peranan Dari penegakan etika Profesi jurnalisme tersebut Sangat dominan.
Media Dalam KECEPATAN memperoleh berita Belum Cukup untuk review menjamin POSISI keberlangsungan Suatu media yang. Agar TIDAK ditinggal Oleh KONSUMEN, media Maka Harus Selalu Mampu mempertegas kekhasannya Dan Memberi Presentasi Yang menarik. Tuntutan Penyanyi menyeret MASUK ditunjukan kepada kecenderungan menampilkan Yang spektakuler yang Dan sensasional. Penampilan seperti Penyanyi biasanya cenderung superfisial, KARENA Ingin kartun kostum Mainan mewah Banyak orangutan. Namun, hearts Media Televisi, tingginya Peringkat Adalah ukuran keberhasilan. Sedangkan untuk review surat kabar Dan majalah, Kriteria Yang Berlaku Adalah Jangka Waktu pelanggan, Yang PADA gilirannya akan Sangat menentukan Daya tarik Bagi pemasang iklan. Kekhasan Yang Seharusnya membentuk citra Suatu Media (Media identitas) ironisnya justru menyeret MASUK Ke Suatu rontgent. Lebih, Tragisnya Adalah Yang Sering TIDAK disadari Adalah rontgent mimetisme. yakni keinginan Media untuk review memiliki tampilan Yang Khas Yang TIDAK Jarang justru menjerumuskan Ke hearts keseragaman. Mimetisme Media menunjukkan bagaimana Penting / tidaknya pemberitaan Sering ditentukan Oleh sejauh mana media media yang berbaring dipacu untuk review meliputnya. Penentuan Nilai pentingnya Suatu pemberitaan SeolAh terletak PADA sejauh mana dinginkan Media Oleh Yang lain.


         Lingkup manuver Yang Seharusnya Dibuka untuk review mengolah kekhasannya (jati Diri media), akhirnya jati Diri ITU TIDAK tercipta KARENA justru Harus menyesuaikan Diri (adaptasi) DENGAN gairah Media-media lain. Bila TIDAK memberitakan APA Yang diberitakan media yang Oleh berbaring, ADA semacam ketakutan ditinggalkan Oleh pemirsa ATAU Pembaca, Selanjutnya Yang dipertaruhkan Adalah keuntungan Ekonomi. Demikian dalamnya pengaruh determinisme Ekonomi Media hearts Dunia di Indonesia, sehngga hirarkisasi Nilai ditentukan Oleh konsumsi massa, sedangkan etika Dan profesionalisme Jurnalis seringkali dikalahkan.

 

Dahlan Choliq Abdul, 2011, Hukum Profesi Jurnalistik Dan Etika Media Massa, XXV (1): jurnal.unissula.ac.id/index.php/jurnalhukum/article/download/200/176, diakses 22 Maret 2017.

Azizan 2016, "etika Dan Media hukum massa", http://azizan22.blogspot.co.id/2016/12/etika-dan-hukum-media-massa.html,diakses 22 maret 2017