ARSIP BULANAN : March 2013

Fakta-fakta tentang Korea Selatan

22 March 2013 10:16:56 Dibaca : 14

Tentang Korea Selatan ^^


1. Pada saat berkenalan orang Indonesia maupun orang Korea pasti bersalaman. Namun, cara   bersalaman orang Korea sedikit berbeda dengan orang Indonesia. Di Indonesia biasanya kita hanya satu tangan atau mencium tangan orang yang lebih tua. Di Korea, cara bersalam seperti itu di anggap tidak sopan. Biasanya orang Korea akan memegang siku tangan yang di gunakan untuk bersalaman atau meletakkan tangan tersebut di atas diafragmanya. Selain itu, ketika bersalaman mereka juga membungkukkan badan sebagai tanda hormat. Tidak seperti di indonesia,orang Korea tidak mempermasalahkan penggunaan tangan kanan atau tangan kiri dalam hal apa pun. Sehingga,menggunakan tangan kiri saat bersalaman merupakan hal yang wajar bagi mereka.

2. Korea adalah negara Konfusianisne, sehingga orang Korea sangat mementingkan posisi senioritas. Jika di Indonesia kita biasa memanggil senior dengan sebutan namanya saja maka lain halnya dengan Korea.

3. Pengguna nomor telpon genggam (Hp) di Korea berbeda dengan di Indonesia. Korea tidak menggunakan “SIM CARD” seperti kita tetapi menggukan sistem yang biasa kita sebut dengan injeksi untuk nomor telpon genggam (Inject phone). Jadi, bila kita katakan nomor ini langsung “MENEMPEL” pada telpon genggamnya dan tidak bisa diganti-ganti seperti “Sim Card”. Mereka dapat memilih sendiri nomor mereka, sehingga banyak yang menggunakan tanggal lahir atau angka kesukaan sebagai nomor telpon genggam.

4. Bendera Korea di sebut “TAEGUKKI”. Bendera ini didesain berdasarkan simbol prinsip Filosofi Asia yaitu “Yin-Yang”. Lingkaran di tengah terdiri dari dua bagian yang sama yang melambangkan unsur “Yin” (berwarna biru,berarti unsur negatif) dan unsur “Yang” (berwarna merah,berarti unsur positif). Kedua unsur ini bersatu membentuk suatu keseimbangan dan harmoni yang tak terbatas. Di tiap-tiap ujungnya tertuliskan huruf yang melambangkan unsur-unsur alam,yaitu : Surga, Bumi, Api dan air.

 

http://www.thecrowdvoice.com/post/fakta-fakta-tentang-korea-selatan-3378375.html

Sistem Operasi

22 March 2013 09:53:54 Dibaca : 11

Tahukah kamu tentang Sistem Operasi?

Di bawah ini adalah informasi seputar Sistem Operasi, Let's read!

 

Sistem operasi (bahasa Inggris: operating system ; OS) adalah software / perangkat lunak yang berguna untuk menjembatani antara aplikasi dan perangkat keras dimana aplikasi dijalankan. Contohnya seperti ketika menyimpan melakukan penyimpanan data ke flashdisk, maka proses akan dilakukan oleh aplikasi melalui perantara sistem operasi. Secara sederhana dapat digambarkan seperti dibawah ini :

Aplikasi / Perangkat Lunak

Sistem Operasi

Perangkat Keras 

Selain itu, dapat diartikan bahwa sistem operasi merupakan seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting.


Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya.
Untuk fungsi-fungsi perangkat keras seperti sebagai masukan dan keluaran dan alokasi memori, sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer, meskipun kode aplikasi biasanya dieksekusi langsung oleh perangkat keras dan seringkali akan menghubungi OS atau terputus oleh itu. Sistem operasi yang ditemukan pada hampir semua perangkat yang berisi komputer-dari ponsel dan konsol permainan video untuk superkomputer dan server web.
Contoh sistem operasi modern adalah Linux, Android, iOS, Mac OS X, dan Microsoft Windows.

***

Input device adalah suatu unit yang berfungsi sebagai suatu media untuk memasukkan data dari luar komputer ke dalam prosesor atau memory untuk diolah menjadi suatu informasi yang diperlukan.


Melalui gambaran umum yang saya tuliskan diatas, kita dapat mengetahui makna dan kegunaan dari input device itu sendiri. Input device / alat masukan memasukkan data berupa signal input dan maintenance input. Signal input
berbentuk data yang dimasukkan ke dalam komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program digunakkan untuk mengolah data yang dimasukkan.

Jadi, input device selain digunakan untuk memasukkan data, dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat dibedakkan menjadi dua, yaitu:
Peralatan input langsung, yaitu input yang ketika dimasukkan akan langsung diproses oleh alat pemroses. Contoh: keyboard, mouse, touchscreen, light pen, digitizer grapichs tablet, scanner.
Peralatan input tidak langsung, yaitu input yang melalui media tertentu sebelum input tersebut diproses oleh alat pemroses. Contoh: disket, hardisk, punched card.
Nah, alat masukkan / input device tersebut terdiri dari beberapa piranti, yaitu:

1. Keyboard

Merupakan input device terpenting yang dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard berfungsi memasukkan data berupa huruf, angka, karakter/simbol, serta sebagai media bagi user untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan seperti menyimpan file. Keyboard berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan oleh Christoper Latham pada tahun 1868.

Keyboard yang sekarang kita kenal memiliki beberapa jenis port, seperti USB, port serial, wireless, dan ps2. Sedangkan jenis jenis keyboard yaitu :
1. QWERTY
2. DVORAK
3. KLOCKENBERG

 

2. Mouse

Fungsinya adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding keyboard (double click). Mouse terdiri dari tiga tombol yaitu tombol sebelah kiri (click), tombol tengah/tombol gulung (scrool), dan tombol kanan (right click). Mouse terdiri dari beberapa port yaitu serial, ps/2, USB, dan wireless.

3. Touchpad

Input device ini biasa kita temukan di laptop/notebook. Unit ini digunkan sebagai pengganti mouse. Jadi fungsinya juga untuk memindahkan kursor secara cepat.

4. Light Pen

Adalah pointer elektronik yang digunakan untuk mendesain gambar dengan screen/layar monitor. Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke dalam komputer kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam sinyal elektronik setiap baris per detik.

5. Joystick dan Games Paddle

Alat ini biasa digunakan pada permainan komputer. Games paddle berbentuk tongkat dengan beberapa tombol diatasnya untuk mengendalikan suatu objek dalam komputer.

6. Barcode

Barcode termasuk dalam suatu unit masukan / input device. Fungsi alat ini adalah untuk menyimpad suatu kode yang berbentuk garis - tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Tapi, sekarang di negara-negara maju, barcode sudah digantikan oleh QR Code yang dapat menyimpan jumlah kode lebih banyak dan lebih besar daripada barcode [Baca: QR Code].

7. Scanner

Adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengcopy / menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memory komputer dengan bentuk gambar. Scanner hampir mirip dengan mesin fotocopy, tapi bedanya di scanner kita dapat memodifikasi file yang dicopy melalui monitor sebulum dicetak hasilnya.

Saat ini sedang dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader). Gunanya untuk mengkoreksi lembar jawaban komputer (LJK), biodata, dan formulir. Tapi dengan teknologi DMR, lembar jawaban tidak harus ditulis dengan menggunakan pensil 2B, tapi dapat menggunakan pulpen, spidol dan alat tulis lain serta dapat menggunakan kertas biasa.

8. Mikrofon

Input device ini berfungsi untuk memasukkan data berupa suara yang akan disimpan di dalam memori komputer. Penggunaan mikrofon harus didukung oleh hardware lain seperti soundcard dan speaker.

9. Graphic Pads

Karena menggunakan teknologi Computer Aided Design (CAD), maka kita dapat membuat rancangan bangunan, rumah, dll dengan menggunakan grapich pads. Graphic pads memiliki dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah. Pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane yang sensitif terhadap sentuhan. Kedua, menggunakan bantalan yang sensitif dengan sentuhan tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.

Nah itulah macam-macam input device, kegunaan, dan definisinya. Semoga bermanfaat!

 

Source by

http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi

http://kemelus.blogspot.com/2012/12/pengertian-sistem-operasi.html

http://www.reyvababtista.com/2010/09/mengenal-input-device-alat-masukan-di.html

On The Rocks

09 March 2013 18:31:02 Dibaca : 16

On the rocks. Talk about it, everyone must have felt. In the context of romance, economic or others. And it is possible I've never tasted it. It was not bad and certainly not comfortable. Make the head so dizzy and we can go crazy.

But, we do not ever regret because we have experienced since the sign is still normal because it has an emotional sensitivity. This feeling can also be handled by always thinking positive, attempted, hard work and continued praying the best! Thanks ^^

 

ANES ~,^

Blogroll

  • Masih Kosong