ARSIP BULANAN : February 2013

Yang Batuk Wajib Baca!

24 February 2013 15:23:41 Dibaca : 15

Berhubung lagi batuk hehe... jadi aku pengen posting artikel tentang batuk.

 

Setiap manusia pernah mengalami batuk. Batuk memang sejatinya merupakan proses alamiah yang dialami oleh setiap orang. Batuk itu ialah bentuk pertahanan tubuh. Penyebab batuk sangat beragam dan sangat terkait erat dengan sistem pernapasan.

Batuk juga memiliki derajat keparahannya sendiri, mulai dari batuk ringan, sedang sampai batuk berat yang kerap kali dibarengi dengan keluarnya darah.

Batuk tidak sederhana sebagaimana yang disangka banyak orang. Ada beberapa alasan yang menyebabkan seseorang terserang batuk baik berjangka pendek sampai berkepanjangan yang kalau tak segera dibereskan akan bertambah parah dan sangat mengganggu aktifitas, yakni sebagai berikut:


Terjadinya tetesan di belakang hidung
Produksi dahak secara berlebihan bisa terjadi pada beberapa alergi dan sinusitis (lapisan mukus yang meradang di dalam sinus). Mukus yang menetes dari belakang hidung ke tenggorokan akan mengakibatkan iritasi dan biasanya bisa mendatangkan batuk.


Pilek dan influenza
Terserang pilek dan influenza juga merupakan penyebab yang paling umum terjadinya batuk.


Asma
Penyakit batuk yang masih baru bisa disebabkan oleh asma ringan (terjadinya peradangan atau penyempitan pada saluran nafas). Makanya, bagi Anda atau keluarga yang ingin terhindar dari serangan asma, berusahalah semaksimal mungkin menghindarkan diri dari iritan yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan, termasuk batuk.


Lingkungan
Kondisi lingkungan seperti asap, debu, asap rokok, udara yang dingin sampai semprotan aerosol bisa menjadi penyebab batuk.


Obat-obatan
Mungkin Anda belum tahu bahwa batuk bisa jadi adalah efek samping dari obat-obatan yang dihirup misalnya kortikostreoid. Batuk juga bisa terjadi karena pemakaian betablocker dan penghambat angiotensin converting enzyme (ACE) yang biasanya diresepkan untuk penyakit jantung.


Gastroesophagael reflux
Keadaan batuk yang semakin buruk ketika Anda berbaring bisa disebabkan oleh mengalirnya asam lambung ke dalam esophagus. Gatroeshopagael reflux juga bisa menjadikan batuk akibat asma semakin parah.

Dalam batuk ada yang disebut dengan batuk berdahak dan batuk tidak berdahak. Batuk berdahak tentu saja sangat mengganggu aktifitas keseharian Anda yang padat dan memiliki mobilitas yang tinggi.

Penyembuhan batuk berdahak harus segera dilakukan untuk mencegah batuk semakin parah dan agar Anda bisa menjalani keseharian sebagaimana mestinya.

Batuk berdahak ternyata tak hanya bisa diobati dengan obat-obatan yang diproduksi oleh pabrik namun bisa juga diobati dengan bahan-bahan tradisional.

Sebelum menjelaskan mengenai bahan-bahan alami apa saja yang sangat mujarab untuk mengobati batuk berdahak, ada beberapa tips yang mesti dilakukan ketika Anda sedang mengalami batuk berdahak antara lain sebagai berikut:


Menjauhi tempat yang mengandung debu dan juga tempat yang dingin. Kedua hal tersebut dikenal sebagai penyebab batuk.


Jaga tubuh Anda supaya tetap hangat, bisa dengan mengunakan selimut atau jaket.


Kalau mandi jangan lupa untuk menggunakan air hangat.


Menghentikan kebiasaan buruk yang bisa memperparah sakit batuk berdahak Anda seperti merokok atau minum alkohol.


Mengalokasikan waktu untuk beristirahat secara teratur dan jangan terlalu berlebihan menggunakan tenaga untuk bekerja.


Memperbanyak minum air putih kurang lebih antara 7-8 gelas per harinya. Minum air putih bisa membantu mengencerkan dahak.


Dan berikut merupakan bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati batuk berdahak Anda.


Jahe
Sebagaimana diketahui bahwa Jahe mengandung zat anti-bakteri yang baik. Jahe juga bisa menghangatkan tubuh dan mengobati batuk berdahak. Anda yang sedang mengalami batuk berdahak sangat dianjurkan untuk meminum sari Jahe hangat minimal sehari sekali. Cara pembuatannya pun sangat mudah yakni dengan mengiris Jahe dan Kencur, kemudian direbus dan diambil air perasannya. Air perasannya itulah yang diminum.


Jeruk nipis
Sudah banyak orang yang merasakan bahwa Jeruk Nipis yang dicampurkan dengan kecap mujarab untuk mengobati batuk berdahak. Kalau Anda tidak suka kecap, bisa mencampurkan Jeruk Nipis dengan Madu. Minumlah air perasan Jeruk Nipis dengan kecap atau Madu sebanyak 2-3 kali dalam sehari.


Daun Sirih
Daun Sirih juga bisa dijadikan obat untuk batuk berdahak. Caranya dengan merebus daun Sirih secukupnya dan campurkan juga potongan Jahe. Kemudian air rebusannya diminum sebanyak minimal sekali dalam sehari supaya tubuh tetap hangat dan sehat.


Itulah beberapa bahan-bahan alami yang ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk mengobati batuk berdahak. Banyak keuntungan menggunakan bahan-bahan alami tersebut karena memiliki karakteristik yang sama sekali berbeda dengan obat-obatan yang mengandung bahan kimia.

 

ANES ^^

Ragam Lagu Daerah

24 February 2013 15:15:06 Dibaca : 11

Sekedar mengingatkan buat yang udah lupa atau emang gak tau sama sekali tentang ragam lagu daerah...

 

NAD
Bungong Jeumpa,
Piso Surit.

TAPANULI
Butet,
Madekdek Magambiri,
Mariam Tomong
Sing Sing So,
Dago Inang Sarge.
Sinanggar Tullo
Rambadia

SUMATERA TIMUR
Injit-Injit Semut,
Selendang Mayang,
Timang-timang Anakku Sayang.

SUMATERA BARAT
Ayam Den Lapeh,
Kampuang nan Jauh di Mato,
Mak Inang,
Kambanglah Bungo,
Rang Talu
Kaparak Tingga
Malam Baiko
Lah Laruik Sanjo
Bareh Solok

SUMATERA SELATAN
Tari Tanggai,
Dek Sangke.
Kabile-bile

MADURA/JAWA TIMUR
Tanduk Majeng,
Kerraban Sape.

JAWA TENGAH
Gundhul Pacul,
Gambang Suling,
Lir Ilir,
Suwe Ora Jamu,
Gek Kepriye
Pitik Tukung

JAWA BARAT
Bubuy Bulan,
Manuk Dadali,
Tokecang,
Pileuleuyan,
Warung Pojok,
Cing Cangkeling,
Es Lilin,

JAKARTA
Kicir-kicir,
Surilang,
Jali-jali,
Keroncong Kemayoran

 

GORONTALO

Hulondalo Lipu'u

Lipu'u Hulondalo

Bindhe Biluhuta



SULAWESI UTARA
O Ina Ni Keke,
Si Patokaan,

SULAWESI TENGAH
Tondok Kadadingku.

SULAWESI SELATAN
Pakarena,
Marencong-rencong,
Anging Mamiri
Anak Kukang

KALIMANTAN SELATAN
Ampar-Ampar Pisang,
Paris Barantai,
Saputangan Bapuncu Ampat,

KALIMANTAN BARAT
Cik Cik Periok.

KALIMANTAN TENGAH
Tumpi Wayu,
Kalayar,
Naluya.

BALI
Janger,
Dewa Ayu,
Macepet Cepetan

MALUKU
Burung Tantina,
Buka Pintu,
Rasa Sayang-sayange,
Naik Naik ke Puncak Gunung,
Huhatee,
O Ulate,
Lembe-lembe,
Sarinande,
Waktu Hujan Sore-sore,
Tanase,
Ole Sioh,
Ayo Mama
Hela Rotane

PAPUA
Yamko Rambe Yamko,
Apuse.

NUSA TENGGARA
Bolelebo (Timor Timur)


Itulah beberapa ragam lagu daerah yang ada di Indonesia. Semoga kita bisa melestarikan keanekaragaman budaya, salah satunya lagu-lagu daerah kita.

 

ANES *.*

Tari Saronde?

24 February 2013 15:09:02 Dibaca : 13

Wei No'u, Uti... baca kasana in!

Ngoni tau so Tari Saronde?

Tau depe arti? Ah diya'a!

He'o pi baca kasana dulu in ko'u...

Tari Saronde adalah tari pergaulan keakraban dalam acara pertunangan. Tari pergaulan keakraban dalam acara resmi pertunangan di Gorontalo. Tarian ini diangkat dari tari adat malam pertunangan pada upacara adat perkawinan daerah Gorontalo. Tarian ini dilakukan di hadapan calon mempelai wanita. Tentu penarinya adalah calon mempelai laki-laki bersama orang tua atau walinya. Ini adalah cara orang Gorontalo menjenguk atau mengintip calon pasangan hidupnya. Dalam bahasa Gorontalo, tarian ini adalah sarana molihe huali yang berarti menengok atau mengintip calon istri. Setelah melalui serangkaian prosesi adat, calon mempelai pria kemudian mulai menari Saronde bersama ayah atau wali. Mereka menari dengan selendang. Saronde sendiri terdiri dari musik dan tari dalam bentuk penyajiannya. Musik mengiringi tarian Saronde dengan tabuhan rebana dan nyanyian vokal, diawali dengan tempo lambat yang semakin lama semakin cepat. Iringan rebana yang sederhana merupakan bentuk musik yang sangat akrab bagi masyarakat Gorontalo yang kental dengan nuansa religius. Dengan tarian ini calon mempelai pria mencuri – curi pandang untuk melihat calonnya.

Tari Saronde dipengaruhi secara kuat oleh agama Islam. Saronde dimulai dengan ditandai pemukulan rebana diiringi dengan lagu Tulunani yang disusun syair-syairnya dalam bahasa Arab yang juga merupakan lantunan doa – doa untuk keselamatan. Sementara calon mempelai wanita berada di dalam kamar dan memperhatikan pujaan hatinya dari kejauhan atau dari kamar. Menampakkan sedikit dirinya agar calon mempelai pria tahu bahwa ia mendapat perhatian. Sesekali dalam tariannya ia berusaha mencuri pandang ke arah calon mempelai wanita. Dalam penyajiannya, pengantin diharuskan menari, demikian juga dengan orang yang diminta untuk menari ketika dikalungkan selendang oleh pengantin dan para penari.

Source by Om Google ^^

Art

24 February 2013 15:01:25 Dibaca : 15

Assalamu alaikum dan selamat sore =)

Nah, kali ini aku pengen posting tentang semalam. Berhubung programnya adalah Art Night, jadi aku sempat maju di depan teman-teman RUSUNAWA, untuk mendeskripsikan sendiri apa sih yang dimaksud dengan seni?

Kalo menurut definisi aku, Seni adalah ekspresi jiwa, gagasan, serta ide manusia yang diungkapkan seseorang atau kelompok yang kemudian disalurkan melalui sebuah hasil karya yang bersifat estetis atau yang biasa dikenal dengan keindahan.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa seni memiliki cabang :

Seni Rupa Menurut Fungsinya :


a. Seni Rupa Murni (Fine Art) :


Seni rupa yang diciptakan tanpa mempertimbangkan kegunaannya atau seni bebas (Free Arat).
Contoh : seni lukis, seni patung, seni grafika dll.

b. Seni Rupa Terapan/pakai (Applied Art):


1. Seni lukis

Karya seni dua demensi yang bisa mengungkapkan pengalaman atau perasaan si pencipta. Pelukis yang sedang sedih akan tercipta karya yang bersifat susah, sedangkan pelukis

yang sedang gembira akan tercipta karya yang riang. Karya tersebut terlihat pada goresan, garis-garis dan pewarnaan.


2. Seni Kriya

Karya seni terapan yang mengutamakan kegunaan dan keindahan (estetis) yang bisa menarik konsumen. Seni kriya/kerajinan (handy Craff) ini biasanya untuk hiasan dan

cenderamata. Karena karya ini termasuk karya yang di perjual belikan dan berguna bagi kehidupan masyarakat sehari- hari baik untuk alat rumah tangga maupun untuk hiasan.

Bahkan satu desain kriya ini bisa di produksi dalam jumlah banyak oleh industri dan di pasarkan sebagai barang dagangan.


3. Seni Patung

  Seni Patung termasuk karya 3 Demensi. Karya seni ini termasuk seni murni yang diciptakan untuk mengungkapkan ide-ide dan perasaan dari seniman yang mempunyai nilai estestis yang tinggi. 


4. Seni Dekorasi

Karya seni yang bertujuan menghias suatu ruangan agar lebih indah. Contoh : Interior (dalam ruang : kamar, ruang pertemuan, panggung, dll)
Eksterior (luar ruang : taman, kebun)


5. Seni Reklame

  Reklame berasal dari Bahasa Latin (Re dan Clamo) artinya berteriak berulang-ulang. Tujuannya untuk mempengaruhi, mengajak, menghimbau orang lain. Contoh : iklan, spanduk, poster, dll

Seni Suara/Musik :
1. Musik klasik
2. Musik jazz
3. Musik pop
4. Musik bosa
5. Musik rock
6. Musik tradisional, dll.

Seni Tari/Gerak :
1. Tari klasik
2. Tari kreasi baru
3. Tari tradisional
4. Tari modern, dll.


Seni Sastra :
1. Puisi
2. Cerpen
3. Prosa
4 Pantun, dll.


Seni Teater/Drama :
1. Teater lama
2. Teater komedi
3. Teater baru
4. Sendratasik (seni drama dan musik)

 

ANES ^^

Story About ...

24 February 2013 14:39:55 Dibaca : 10

Assalamu alaikum!

Wololo habari? Piyo-piyohu? Insya Allah :D

Long time no see :(

Kesannya kangeeeen oy! :*

Sejak masuk RUSUNAWA (15 feb 2013) udah gak pernah posting lagi *hiks* alasannya? Biassaaaaa sibuk wkwk :D Okay deh capcus (?)

Mo ngapain kali ini?

Ngapain yak? .-.

Yaa sharing cerita atau pengalaman selama seminggu di RUSUNAWA. Tapiiiiii sebelumnya ada yang tau kepanjangan RUSUNAWA kan? Parah yang gak tau! :p

RUSUNAWA = Rumah Susun Mahasiswa.

Banyak kesan baik dan gak sedikit kesan buruknya. Berhubung aku penghuni lantai bawah, jadi masih was-was dengan keadaan. Maklum, dilantai itu lebih rawan yang namanya 'pencurian'. Truss masalah air jugaa. Pokonya tinggal cara kita memanage supaya bisa kebagian air karena gak jarang kalo pemakaian banyak, bisa jadi airnya mati dan kita harus tetep setia nungguin kalo emang ngebet dapetin tuh air :)

Biasanya yang kuliah jam 7 atau 8 pagi seperti aku, udah bangun jam 3, 4 atau 5 buat mandi. Enak juga sih mandi pagi-pagi kek gitu.. rasanya fresssssh banget! Truss masalah lain, karena pengaruh masuk angin dan kecapean akibat latihan paduan suara untuk wisuda kemarin, aku sempet sakit :(

Tapi alhamdulillah ada Mama yang bawain makanan + obat O:)

Thanks Mom! Mmm... sejauh ini sih, teman-teman sekamar baik dan pengertian. Semoga lanjut terus sampai waktu asrama selesai. Amin! ^^

Oh iyaa, setiap malam juga ada program kecuali hari Jumat dan paling seneng hari sabtu karena program art night. Hihi :D

Semoga program-program yang lain juga gak bikin jenuh. Btw kesan selama di asrama, ngajarin aku disiplin, rajin melakukan sesuatu, tidak menunda pekerjaan, berpikir kreatif, mandiri dan berpikir kritis. Insya Allah masih akan ada dampak positif lainnya lagi yang bisa aku dapetin. Dan semoga asrama ini gak buat aku jenuh. Amin ^^

See u next time!

ANES ^^

Blogroll

  • Masih Kosong