ARSIP BULANAN : March 2017

Hak dan kewajiban merupakan suatu hal yang terikat satu sama lain,sehingga dalam praktiknya harus dijalankan dengan seimbang. Hak merupakan segala sesuatu yang pantas dan mutlak untuk didapatkan oleh individu sebagai anggota warga Negara sejak masih berada dalam kandungan, sedangkan kewajiban merupakan suatu keharusan/kewajiban bagi individu dalam melaksanakan peran sebagai anggota warga Negara guna mendapat pengakuan akan hak yang sesuai dengan pelaksanaan kewajiban tersebut.


Begitu juga dalam hal pendidikan, Dinegara-negara yang demokrasi, diharapkan system pendidikannyapun harus demokrasi.Pendidikan yang demokrasi adalah pendidikan yang memberikan kesempatan yang sama kepada setiap anak untuk mendapatkan pendidikan disekolah sesuai dengan kemampuannya atau dengan kata lain sesuai dengan hak dan kewajibannya.


Sesuai dalam pasal 31 ayat (1) UUD 1945 mengenai Hak dan Kewajiban Warga Negara memberikan jaminan bahwa: “Tiap-tiap warga negara berhak mendapat pendidikan”. Selanjutnya dalam Pasal 5 UU RI No. 20 Tahun 2003 dijabarkan lagi bahwa:
1) Setiap warga Negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu.
2) Warga Negara yang mempunyai kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, dan/atau social berhak memperoleh pendidikan khusus.
3) Warga Negara didaerah terpencil atau terbelakang serta masyarakat adat yang terpencil berhak memperoleh pendidikan layanan khusus.
4) Warga Negara yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa berhak memperolrh pendidikan khusus.
5) Setiap warga Negara berhak mendapat kesempatan meningkatkan pendidikan sepanjang hayat.

Struktur Ilmu

24 March 2017 09:38:41 Dibaca : 1712


Jika dalam suatu organisasi,struktur merupakan organ/perangkat dari organisasi tersebut yang tentunya terkait dangan mekanisme kerjanya dan tujuan yang akan dicapai.Melalui system kerja yang masing-masing organisasi tentu memiiki kekhususan tersendiri.Dalam proses operasionalnya tentu diperlukan koordinasi yang baik agar tautan dari perangkat satu dan lainnya tidak putus.Seorang kepala dalam organisasi sekolah misalnya,sampai kepada para guru pemegang mata pelajaran bahkan sampai kepada tukang kebun,agar tujuan organisasi tersebut yaitu memintarkan,akan dapat tercapai jika mereka memiliki koordinasi yang baik.


Adapun dalam konsep ilmu,tentu mekanisme kerja yang ada dalam strukturnya memiliki goal yaitu sebuah kebenaran,benar menurut rasio,mendasar dan diakui secara umum.Dan berangkat dari pemahaman sebuah struktur yang ada pada sebuah organisasi yang dalam hal ini memiliki kesamaan istilah yaitu struktur dan kesamaan fungsinyasebagai mekanisme kerja,maka akan timbul sebuah perspektifkhusus mengenai struktur yang ada dalam system ilmu.Dalam bahasa inggris struktur adalah structure dan structura yang keduanya artinya adalah bangunan susunan.Dan sebutan untuk pandangan,filsafat atau gerakan filsafatnya disebut strukturalisme.Ditinjau dari fungsinya ia juga disebut sebagai Sistem Ilmu.

Pendidikan Karakter

22 March 2017 03:21:46 Dibaca : 958

Pendidikan karakter adalah sebuah sistem yang menanamkan nilai karakter pada peserta didik yang mengandung komponen pengetahuan, kesadaran individu, tekad serta adanya kemauan dan tindakan untuk melaksanakan nilai - nilai baik terhadap Tuhan YME, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan maupun bangsa.

Sebagai Negara yang besar dan dengan sumber daya alamnya yang melimpah pada dasarnya Indonesia memiliki potensi yang besar untuk menjadi salah satu Bangsa yang maju, bermartabat dan lebih baik dari saat ini, dan itu semua dapat terwujud tentunya dengan dukungan sumber daya manusia yang berkualitas, kreatif dan memiliki visi yang jelas dan terarah untuk kemajuan Bangsa. Untuk memenuhi tujuan terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas tentunya pendidikan adalah faktor terpenting yang tidak dapat dipisahkan.


Tujuan dari pendidikan nasional tidak saja hanya mencetak sumber daya manusia yang cerdas akan tetapi juga mampu mencetak kepribadian yang berkarakter, berakhlak, kreatif, memiliki misi visi dan bertanggung jawab serta sebagai warga negara yang baik. Kesuksesan seseorang tidak pernah lepas dari potensi yang dimiliki oleh orang tersebut, potensi dalam arti tidak saja berbicara tentang skil akan tetapi meliputi kemampuan seseorang mengimplementasikan potensi yang dimiliki untuk orang banyak, kemampuan mengelola diri dan orang lain.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong