Pertanian Masa Depan

21 February 2013 05:22:07 Dibaca : 93 Kategori : AGRICULTURE

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu..

Ini adalah posting pertama kali saya, dalam kesempatan kali ini saya sedikit mengajak teman-teman untuk menciptakan sistem pertanian Organik. Sebagian besar petani di Indonesia menggunakan sistem pertanian An-organik dan tentunya produk hasil pertanian juga sebagian besar mengandungan zat kimia yang tanpa kita sadari dapat merusak segala sistem yang ada pada tubuh kita. Disamping itu, pemakaian bahan kimia terhadap tanaman dapat merusak dan mencemarkan lingkungan. untuk itu, mari kita ciptakan sistem pertanian organik.

Budidaya tanaman dengan sistem pertanian organik ini pada dasarnya adalah menghindari segala pemakaian bahan kimia terhadap tanah maupun tanaman. Penerapan dari sistem pertanian organik ini adalah:

  • Penggunaan bahan alami untuk kesuburan tanah.
  • Tidak menggunakan bahan kimia dalam budidaya

berikut beberapa manfaat sistem pertanian organik:

  • Tanaman yang dihasilkan bebas dari residu atau sisa-sisa pestisida dan bahan kimia lainnya yang disebabkan oleh aktifitas pemupukan.
  • Tanaman yang dihasilkan lebih sehat dan segar.
  • Tanaman yang dibudidayakan secara ogannik ini mampu menjaga kelestarian dan keseimbangan alam.

seperti penjelasan diatas tadi sebagian besar produk pertanian mengandung bahan kimia, seperti hal-nya sayuran yang ada dipasaran. saya akan berikan sedikit tips untuk memilih sayuran yang dijual dipasaran maupun tempat-tempat penjualan lainya. untuk menentukan sayuran organik dan sayuran yang mengandung bahan kimia dipasar-pasar swalayan yaitu hanya dengan melihat kondisi daripada sayuran tersebut, sebagian besar masyarakat memilih sayuran yang memiliki kondisi daun maupun batang yang baik. saran saya, lebih baik memilih sayuran yang kondisi daun maupun batangnya memiliki bekas daripada serangan hama maupun penyakit karena kondisi tanaman seperti ini jelas tidak terinfeksi bahan kimia, buktinya terdapat bekas serangan hama dan penyakit. sedangkan sayuran yang utuh dan sempurna otomatis sayuran tersebut tidak terserang oleh hama dan penyakit karena mengandung bahan kimia yang telah diaplikasikan. sampai disini dulu teman-teman, semoga tulisan ini dapat berguna bagi teman sekalian. demikian !