Inilah Aneka Manfaat Buah Pepaya Untuk Anda

22 February 2013 06:40:50 Dibaca : 138 Kategori : AGRICULTURE

Pepaya mengandung beberapa vitamin, mineral dan enzim papain yang amat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan (sumber: Happy Kanppy/Freedigitalphotos)

Buah pepaya ternyata memiliki banyak aneka manfaat bagi kita.

Mudah didapat, harganya terjangkau serta memiliki aneka manfaat kesehatan itulah kelebihan dari buah pepaya. Jika Anda masih jarang mengonsumsi pepaya, ada baiknya simak aneka manfaat kesehatan pepaya seperti yang kami sitat dari Life Mojo berikut ini.

Buah pepaya merupakan sumber yang baik bagi:
+. Enzim Papain
+. Vitamin A
+. Vitamin C
+. Beta Karoten
+. Mineral Essensial
+. Enzim Arginine
+. Enzim Carpain
+. Serat alami

Sementara itu keuntungan kesehatan dari pepaya adalah:

1. Merawat kulit dan rambut
Pepaya amat menguntungkan bagi kesehatan kulit. Aplikasi jus pepaya bagi kulit mencegah serta menyembuhkan aneka gangguan pada kulit seperti jerawat, kulit, kulit yang terbakar dan lain-lain.

Selain itu pepaya juga mampu berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit terlihat lebih cerah. Pepaya juga mampu menghilangkan noda-noda cokelat dan bintik-bintik pada kulit.

Pepaya juga menjadi bahan dasar krim serta masker kulit. Antioksidan yang terkandung dalam pepaya mencegah penuaan prematur pada kulit dan membuat kulit Anda terlihat lebih muda. Pepaya juga membuat rambut menjadi sehat dan mencegah terjadinya ketombe.

2. Meningkatkan sistem imun tubuh
Kandungan vitamin A dan C serta beta karoten pada pepaya meningkatkan sistem imun tubuh. Mengonsumsi pepaya secara rutin amat baik bagi mereka yang sering terserang penyakit flu, batuk serta flu.

3. Anti radang
Enzim yang mampu mencerna protein dalam pepaya seperti papain dan chymopapain merupakan sumber yang baik bagi anti inflamasi atau peradangan.

Selain itu vitamin A dan C serta beta karoten dalam pepaya juga efektif untuk menyembuhkan kondisi peradangan. Karenanya pepaya adalah buah yang baik baik mereka yang menderita sakit asma, osteoarthritis serta rheumatoid arthritis.

4. Menyehatkan organ pencernaan
Pepaya akan membantu organ pencernaan. Kehadiran enzim papain membantu proses pencernaan dan mencegah terjadinya konstipasi atau sembelit. Jus pepaya membantu menghilangkan infeksi dalam saluran pencernaan.

Buatlah jus pepaya setiap 3-4 hari untuk membantu membersihkan perut dan usus. Jus pepaya ini juga bekerja sebagai tonikum bagi perut.

Menurut para pakar serat dalam pepaya membantu mengusir toksin penyebab kanker pada usus besar serta mencegah penyebarannya ke sel-sel usus yang sehat. Kandungan folat, vitamin C, beta karoten serta vitamin E pada pepaya juga mencegah timbulnya kanker.

5. Mencegah penyakit jantung
Pepaya juga efektif mencegah terjadinya atherosclerotic serta penyakit jantung diabetik. Konsentrasi pro-vitamin A, carotenoid phytonutrients dalam pepaya membantu pencegahan kedua penyakit itu.

Nutrisi ini mencegah terjadinya oksidasi kolesterol sehingga mencegah terjadinya penimbunan pada dinding arteri yang akan menjadi plak berbahaya yang bisa memicu serangan jantung dan stroke.

Serat dalam pepaya juga membantu menurunkan tingkat kolesterol jahat atau LDL (Low Density lipoprotein).