Tularkan Jiwa Wirausaha Pertanian

27 February 2013 10:41:06 Dibaca : 197 Kategori : AGRICULTURE

Menjabat selama beberapa waktu sebagai anggota Komisi IV DPR RI yang membidangi pertanian, mengilhami Ma’mur Hasanuddin untuk menularkan wirausaha pertanian melalui pesantren miliknya.

Demi menumbuhkan minat berwirausaha tani, Ma’mur berniat untuk memasukkan bidang tersebut dalam kurikulum sekolah. Saat ini, upaya tersebut telah dimulai dengan mengajak santrinya berkebun. Ma’mur mengakui tidak mudah menanamkan wirausaha pertanian kepada para santri, karena usia mereka yang relatif muda. Selain itu, mereka juga belum merasakan perlunya wirausaha ke depan.

Untuk itu, bapak tujuh anak tersebut berupaya menumbuhkan minat dengan membiasakan para santri akrab dengan bidang pertanian dan membiarkan mereka melihat hasilnya. “Kesulitan lainnya, mereka berasal dari latar belakang yang berbeda,” tuturnya kepada Investor Daily di Jakarta, Senin (8/10).

Saat ini, kata dia, minat generasi muda terhadap pertanian sangat kurang karena mereka lebih tertarik dengan bidang-bidang nonpertanian, seper ti jasa keuangan, teknologi informasi, industri, dan lain sebagainya. Sedangkan pertanian makin di tinggalkan di tengah berbagai permasalahan yang membelitnya, seperti perubahan iklim, keterbatasan lahan, dan serbuan produk impor.

Padahal, pertanian adalah salah satu sektor paling menjanjikan karena pangan merupakan kebutuhan yang harus terpenuhi dan tidak bisa ditunda. Menjadi wira usaha tani juga tidak harus menjadi petani tradisional tetapi bisa melalui pengusahaan pertanian yang efisien dengan teknologi.