Pabrik Samsung di Texas Produksi Semua Chip A5 Apple

15 March 2013 13:47:42 Dibaca : 300 Kategori : TECHNOLOGY


Sejenak melupakan perang urat saraf antara dua perusahaan besar manufaktur pencipta perangkat mobile ternama dunia, Samsung dan Apple baru saja perpanjang kerjasamanya untuk memproduksi chip A5. 

Sebuah pabrik Samsung seluas 1.6 juta kaki persegi di Austin, Texas yang sebelumnya diketahui baru saja mendapatkan suntikan dana sebesar US$3.6 miliar akan didedikasikan khusus untuk memproduksi chip A5 bagi perangkat iPad 2 dan iPhone 4S tersebut. Sejak awal tahun pabrik ini memang sudah memproduksi seluruh chip Apple dan jika semuanya ditata rapi bisa menutupi sembilan lapangan sepakbola.

A5 pertama kali dikenal saat perangkat iPad 2 dilaunching, sebuah chip milik Apple berukuran 120mm yang telah mendapatkan lisensi ARM. Agustus lalu Apple pernah menjanjaki kerjasama dengan produsen semikonduktor asal Taiwan, karena pada saat itu patent war sedang memanas. Sayang TSMC mematok harga terlalu tinggi sehingga tidak ada pilihan lain untuk mempertahankan hubungannya dengan Samsung. Sepertinya bukan cuma chip A5 saja akan dibuat di pabrik milik Samsung, sang penerus yang gosipnya digunakan oleh iPad 3 kemungkinan besar juga akan diproduksi disana.