Proposal PKM

08 March 2015 08:40:00 Dibaca : 354 Kategori : COURSE


PROPOSAL
PERMOHONAN MODAL USAHA
PENGEMBANGAN BUDIDAYA IKAN LELE DUMBO

 



OLEH
Kelompok 98 :
1.    Adhan Wiranto Makmur     
2.    Moh. Arief Adriansyah   
3.    Febriani Fauzi Halalutu     
4.    Lisna H. Polutu             


UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
 2012

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami pajatkan ke hadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya, alhamdulilah kami dapat menyelesaikan proposal ini.
Salah satu usaha untuk mendukung kegiatan dimaksud dengan cara mengembangkan usaha kelompok budidaya ikan lele dumbo yang berorientasi kepada pemberdayaan ekonomi yang berdampak positif pada optimalisasi potensi sumberdaya perikanan dan peningkatan kesejahteraan pelaku usaha budidaya ikan dimaksud.
Kegiatan usaha kelompok budidaya ikan ini berjalan sebagai bentuk usaha bersama yang mampu memberi dampak positif pada peningkatan ekonomi, namun  untuk mengembangkan serta meningkatkan produksi ikan tersebut perlu bantuan dana dan dukungan yang memadai dari Rektor Universitas Negeri Gorontalo, berupa bantuan sarana dan prasarana untuk pengembangan dan peningkatan produksi komoditas ikan lele dumbo.
Besar harapan kami untuk mendapat bantuan keuangan sebagai modal usaha dan dukungan serta kemudahan lainnya dari Rektor Universitas Negeri Gorontalo sehinggga program-program pembangunan perikanan dapat berjalan berkesinambungan untuk meningkatkan kesejahteraan.



Gorontalo, 18 Desember 2012
Kelompok 98
Ketua


(Adhan Wiranto Makmur)



1.    PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
Ikan Lele dumbo merupakan keluarga Catfish yang memiliki jenis yang sangat banyak, diantaranya Lele dumbo Dumbo, Lele dumbo Lokal, Lele dumbo Phyton, Lele dumbo Sangkuriang dan lain-lain. Budidaya Ikan Lele dumbo dumbo relatif lebih mudah dan sederhana jika dibandingkan dengan yang lain. Pada dasarnya metode Budidaya ini adalah solusi untuk beberapa kondisi antara lain lahan yang sempit, modal yang tidak terlalu besar dan solusi untuk daerah yang minim air. Lele dumbo Dumbo merupakan ikan yang memiliki beberapa keistimewaan dan banyak diminati orang.
Aneka masakan dari lele dumbo bisa diperoleh dengan mudah, rasa daging yang lezat dan gurih membuat bisnis budi daya lele dumbo menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan keuntungan. Selain itu Lele dumbo dumbo lebih mudah dipelihara dan cepat dalam pertumbuhannya. Dengan kondisi air yang “buruk” Lele dumbo bisa bertahan hidup dan berkembang dengan baik, dengan demikian solusi pemeliharaan lele dumbo dumbo dengan terpal menjadi alternatif yang perlu dicoba. Budidaya Ikan Lele dumbo dengan mendatangkan peluang usaha yang cukup menjanjikan dan tidak memerlukan modal usaha yang besar. Analisis budidaya Lele dumbo Dumbo dapa dilakukan dalam berbagai model untuk konsumsi dan pembibitan.
    Sebagai salah satu komoditas pengembangan usaha budidaya ikan, budidaya ikan lele dumbo telah memberikan dampak pada peningkatan produksi perikanan. Selain itu, usaha budidaya ikan lele dumbo telah menjadi salah satu faktor dalam usaha pemanfaatan lahan marjinal.
    Potensi pengembangan usaha budidaya ikan lele dumbo perlu didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai, sehingga mampu memenuhi kebutuhan pasar ikan lele dumbo secara kuantitas, kualitas dan kontinuitas.
    Sehubungan dengan hal tersebut, dan untuk mewujudkan maka kami mengajukan permohonan Proposal Permohonan Dana Usaha Pengembangan Budidaya Ikan Lele Dumbo, dengan harapan dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan bagi pihak terkait untuk ikut serta mengembangkan usaha budidaya ikan lele dumbo tersebut.

1.2    Tujuan
    Tujuan pengajuan Proposal Pengembangan Budidaya Ikan Lele Dumbo adalah:
a.    Meningkatkan produksi perikanan budidaya komoditas ikan lele dumbo dan optimalisasi potensi sumberdaya perikanan;
b.    Meningkatkan penyerapan tenaga kerja dan mengurangi angka pengangguran;
c.    Meningkatkan pendapatan pelaku usaha budidaya.

2.    Aspek Teknis
    Kelompok usaha budidaya ikan lele dumbo dalam hal ini kelompok 98 berfokus pada usaha budidaya pembesaran (pedaging) ikan lele dumbo di kolam dengan berorientasi pada ukuran konsumsi. Secara garis besar kegiatannya dilakukan dengan cara sebagai berikut:
a.    Penyiapan Kolam
    Kolam yang digunakan untuk pembesaran ikan lele dumbo adalah dengan ukuran 25 m2, dengan dasar dan tanggul kolam tanah (tidak mempersyaratkan kontruksi yang khusus). Pada tanggul dipasang gedeg dari bambu untuk menghindari kebocoran, terutama pada lahan yang memiliki tingkat penyerapan tinggi dan untuk menghindari kebocoran karena sifat alamiyah lele dumbo.

    Air yang dipergunakan diperoleh dengan cara dipompa karena tidak memiliki sumber air (irigasi teknis), dengan ketinggian maksimal 1 (satu) meter dan jarak permukaan air dari tanggul 25-30 cm untuk menghindari melompatnya lele dumbo dari kolam.

b.    Penanaman  Benih
    Benih yang ditamam adalah benih ukuran 5-8 cm sebanyak 3.000 ekor per kolam dengan kualitas tinggi yang terjamin. Untuk menjamin ketersediaan dan kontinuitas.

c.    Pemeliharaan / Pembesaran
    Untuk mencapai ukuran konsumsi (super) dengan ukuran 8-12 ekor per kilogram, pemeliharaan atau pembesaran lele dumbo dilakukan selama 50 (lima puluh) atau 60 (enam puluh) hari. Selama pemeliharaan, pemberian pakan dilakukan dengan frekuesi 4 (empat) kali sehari dengan formula yang telah terjadwal. Dengan formula dan dosis yang terjadwal, dari 3.000 ekor per kolam benih yang ditanam, akan dihasilkan ikan lele dumbo sebanyak 600 kg. pengamatan dan penanganan dilakukan selama pembesaran apabila ikan lele dumbo terserang hama atau penyakit.

d.    Pemanenan dan pemasaran
    Pemanenan dilakukan setelalh ikan mencapai ukuran konsumsi (ukuran super) 8-12 ekor per kilogram dengan system panen sekaligus. Penyortiran dilakukan untuk memisahkan ikan lele dumbo yang tidak masuk pada ukuran super (terlalu kecil atau terlalu besar). Untuk ikan lele dumbo yang tidak termasuk pada ukuran super dilakukan penanganan lebih lanjut.

3.    Estimasi Anggaran
Kebutuhan biaya yang diperlukan dalam rangka ekstensifikasi dan intensifikasi adalah sebagai berikut:
Biaya operasional per 1 buah kolam
No    Uraian    Kuantitas    Harga satuan (Rp)    Jumlah (Rp)
1    Benih Ikan Lele    3.000 ekor    250    750.000
2    Pakan    500 kg    7.000    3.500.000
3    Operasional per/hari    60 hari    25.000    1.500.000
4    Perbaikan kolam    1 kolam    250.000    250.000
Total biaya yang diperlukan untuk 1 kolam    6.000.000
Jumlah kolam = 2 kolam x Rp. 6.000.000 = Rp. 12.000.000
Terbilang: Dua Belas Juta Rupiah

Catatan     : Jumlah panen/kolam    x     Harga Jual ikan     = Target panen
    : 600 kg     x     Rp. 15.000,-     = Rp. 9.000.000,-


4.    PENUTUP
Demikian, Proposal Pengembangan Budidaya Ikan Lele Dumbo Budidaya ini kami sampaikan. Besar harapan kami, proposal yang kami ajukan dapat menjadi gambaran dan bahan pertimbangan pihak yang berkepentingan untuk memfasilitasi sarana dan prasarana usaha budidaya perikanan. Atas kebijakan dan kerjasamanya kami mengucapkan terima kasih.

            Gorontalo, 18 Desember 2012






Adhan Wiranto Makmur
Ketua




Febriani Fauzi Halalutu
Sekertaris        Kelompok 98





Moh. Arief Adriansyah
Wakil Ketua




Lisna H. Polutu
Bendahara