ARSIP BULANAN : March 2013

Sistem Operasi

21 March 2013 16:28:05 Dibaca : 141

Pengertian Sistem Operasi

engertian Sistem Operasi

Pengertian Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.

 

Jenis Sistem Operasi

 

1. Sistem Operasi BeOS : Sistem Operasi Multimedia.
Sejak versi pertamanya tahun 1997, salah satu tujuan utama BeOS, adalah mengelola jumlah data yang besar secara optimal. Sistem operasi ini dapat memenuhi tuntutan aplikasi-aplikasi multimedia dengan dukungan multi processor, sistem file 64 bit, dan multithreading.

2. OS/2 Warp : Server Bisnis yang mahal.
Sistem operasi OS/2 Warp dikembangkan oleh IBM. Inovasi yang terpenting pada versi 5 adalah “Journaling File System” (JFS). Strukturnya lebih menyerupai database daripada sistem file.

3. MacOS : Standar bagi graphic designer.
MacOS ditemukan pada tahun 1984 oleh peneliti Xerox PARC. Tetapi Applelah yang mempopulerkan dan belakangan diikuti oleh Microsoft.
Platform untuk DTP, graphic design, web-design dan aplikasi bisnis.

4. JavaOS : Tak tergantung platform
Pencipta Java, Sun Microsystems juga membuat sistem operasi Java yang disebut JavaOS. Jalur pengembangan JavaOS terbagi dalam beberapa cabang : Ada JavaOS untuk customer, yaitu sebuah sistem operasi untuk televisi, Web-Phones, dan komputer saku (palmtop). Di sisi lain Sun mengembangkan dan memasarkan JavaOS for Business bersama IBM. JavaOS bukan pengganti sistem operasi biasa utuh, melainkan lebih tepat disebut sebagai sebuah lingkungan (pengembangan) bagi perusahaan.

5. Sistem UNIX Komersial : Database Profesional.
Dapat diandalkan, aman, mahal dan terikat pada hardware tertentu, merupakan atribut sistem operasi Unix komersial seperti Solaris dan SCO-Unix. Unix komersial untuk PC ini hanya terdapat pada Solaris dari Sun dan UnixWare dari SCO (Santa Cruz Operation, Inc.). Bidang aplikasi utama adalah server Intranet dan database.

6. FreeBSD dan NetBSD : Unix “Gratis” untuk Favorit ISP
Konsep awal sistem operasi Unix yang dikembangkan 1968 masih ditemukan dalam banyak versi modern, misalnya FreeBSD dan NetBSD. Sebagian besar kernel Unix ditulis dalam bahasa pemrograman C dan karenanya dapat dipindahkan ke platform hardware lainnya dengan sedikit upaya. Sistem file disusun secara hirarkis dengan direktori, sedang hardware dikontak melalui interface simbolik.

7. LINUX: Sistem Operasi semua
Pada tahun 1991 seorang hacker handal berkebangsaan Finlandia yang bernama Linus Benedict Torvalds mengembangkan sebuah sistem UNIX yang bisa diimplementasikan di komputer setingkat PC yang dikenal dengan nama Linux dengan tujuan memasyarakatkan UNIX. Linux adalah open source OS berlisensi GPL (GNU General Public Lisence) yang mana pendistribusian dan pengembangannya bisa dilakukan secara bebas dengan mengikutkan kode program asal sebagai turunannya. Linux sangat cocok sebagai sistem operasi untuk server. Selain itu juga sangat murah. Selain murah, distribusi Linux juga dapat digunakan pada beberapa server sekaligus tanpa melanggar aturan lisensi.
Distribusi Linux adalah paket SO dan aplikasi Linux yang dikembangkan oleh seseorang atau lembaga berdasarkan kode program terbuka (open source code) linux yang asli. Paket distribusi linux ini kemudian dapat bersifat komersial atau tidak tergantung kebijakan si pengembang. Beberapa distribusi Linux terkenal : Red Hat, Suse, Mandrake, Mandriva, Fedora, Slackware, Ubuntu, K-Ubuntu, Centoss, Trustix, Merdeka, dll.

8. Windows: Sistem Operasi Populer
Microsoft memulai penelitian mengenai Interface Manager pada september 1981. MS akhirnya mengumumkannya dengan nama WINDOWS pada November 1983. Windows dikenal luas karena menyediakan antarmuka berbasis grafis yang mudah digunakan (graphical interface) , device independent graphics dan penggunaan “multitasking”. Saat ini Versi windows telah mencapai kernel 32 bit yang dikenal sebagai Windows XP, dan telah keluar Windows Vista yang berbasis kernel 64 bit. Sebenarnya produk microsoft yang membuatnya sangat dominan bukan hanya sistem operasi windows saja, tetapi juga aplikasi office yaitu Microsoft office, yang terdiri dari Ms Word, Ms Excel, Ms powerpoint, dan software pemrograman berbasis obyek yaitu visual basic.

 

Fungsi-fungsi Sistem Operasi pada Komputer meliputi:


• Pengaturan Processor, yaitu mengatur processor untuk dapat dijalankan oleh sistem komputer.
• Pengaturan Memori, yaitu mengatur pembagian dan mengirimkan instruksi dari memori utama dan tempat penyimpanan lain ke sistem komputer.
• Pengaturan Input/Output, yaitu koordinasi dan penugasan dari berbagai perangkat input/output ketika satu atau lebih program sedang dieksekusi atau dijalankan.
• Pengaturan File, yaitu mengatur penyimpanan file dari berbagai tempat ke perangkat penyimpanan lainnya. Juga memungkinkan semua file dapat dengan mudah diubah dan dimodifikasi dengan menggunakan text editor atau dengan lainnya.
• Menjalankan sistem prioritas, yaitu menentukan urutan pekerjaan yang harus dilaksanakan dalam sistem komputer, mulai dari yang paling utama, lalu yang kedua, dan seterusnya.
• Interpretasi atau penerjemahan perintah-perintah dan instruksi-instruksi.
• Sebagai fasilitas komunikasi yang mudah antara sistem komputer dan komputer operator (manusia).
Bertanggung jawab atas keamanan data dan integritas

Rinduku

19 March 2013 08:45:56 Dibaca : 103

Ketika pertama kali aku lahir ke dunia, mungkin tangisku adalah irama indah yang hiasi malamnya. Rasanya ketika melihatku seperti ada keajaiban yang ada dalam hidupnya, yang selama ini ia nantikan. Sentuhan kasihnya tiada henti menghangatkan jiwaku yang masih enggan menyesuaikan dengan suasana baru. Tapi dalam dekapnya aku selalu merasa tenang, aku tak perlu merasa takut dengan semua yang akan aku hadapi kedepannya. Dalam dekapnya pula aku terlelap melewati malam-malam yang indah menurutnya. Lelah jiwanya sirna ketika memandangi wajahku yang menggambarkan kebahagiaan. Senyumanku adalah kebahagiaan tersendiri baginya. Ketika aku pertama kali mencoba untuk melangkah dihadapannya, kugenggam tangannya dan kuraih peluknya, dan saat itu sebuah kata terucap dari bibirku, dengan menyebut namanya “Mama”. Itulah kata yang pertama kali terucap olehku.

Pagi menyambut jiwa senyum itu telah menemaniku, yang kurasa menghiasi hatinya.sungguh hanya aku dan sentuhmu.ketika itu, seakan dunia ini adalah milikmu, hingga enggan melepaskanku dalam dekapmu. Kini ketika aku sudah bisa melangkahkan kaki dengan baik, dan semua yang kudapat dapat tersusun dengan indah. Kemanakah irama itu? Rindukah aku dengan hal itu? Kemanakah aku melangkahkan kaki ketika semuanya telah kudapati, ketika kebahagiaan menghampiriku? Adakah aku memperdulikannya, dan membalas apa yang dia berikan selama ini. Semuanya seakan terkikis oleh waktu, tak pernah terbayangkan untuk membalas kasihnya, namun bagaimanpun keadaannya aku tetap merindukan kasihmu, dekapmu, dan sentuh jiwamu. Hal itu membuat aku tak henti-hentinya menyebut namamu “Mama ! aku sangat merindukanmu. Merindukan apa yang pernah kau berikan padaku.

Ketika waktu itu tiba, dimana itu adalah akhir dari seluruh kasihmu. Saat itu ketika kata maaf belum sempat terucap olehku, cinta dan kasihnya belum terbalaskan dan ketika itu pula jiwa ini seakan mati bagaikan tak bernyawa lagi, jika itu terjadi akankah aku akan menyesalinya? Walaupun demikian, itu semua sudah terlambat, waktu tak bisa diulang kembali. Yang perlu aku lakukan agar itu tak terjadi adalah membahagiakanmu, walaupun kebahagiaan yang ku berikan tidak sesempuna kasihmu, Mama !.

sekian

cara berkomunikasi

14 March 2013 15:56:36 Dibaca : 100

cara berkomunikasi di bagi menjadi dua yaitu sebagai berikut :

1. Lisan

suatu cara untuk menyampaikan informasi secara langsung.

keunggulan berkomunikasi secara lisan:

1). berlangsung cepat

2). tanpa alat bantu

3). kesalahan dapat di koreksi

4). dapat dibantu dengan gerak tubuh,mimik, ekspresi dan lain-lain.

kelemahan berkomunikasi secara Lisan:

1). tidak ada bukti tertulis

2). dasar hukumnya lemah

3). sulit disajikan secara matang

4). sulit disimpan sebagai bukti dokumentasi

1. Tulisan

suatu cara menyampaikan informasi dalam bentuk tertulis

keunggulan berkomunikasi secara tulisan :

1). ada bukti tertulis

2). dasar hukumnya kuat

3). dapat disajikan lebih matang

4). dapat disimpan sebagai bukti dokumen

kelemahan berkomunikasi secara tulisan:

1). berlangsung lama

2). menggunakan alat bantu

3). kesalahan tidak dapat langsung dikoreksi

4). tidak dapat dibantu dengan gerak tubuh,mimik dan lain-lain.

 

jangan membatasi diri dengan keahlian kita !

01 March 2013 09:11:54 Dibaca : 102

Terkadang sesuatu yang menjadi bidang dan keahlian kita sendiri , membuat kita merasa bosan untuk menekuni hal tersebut. Jika demikian kita tidak harus membatasi diri pada keahlian dan bidang kita sendiri. Justru hal tersebut yang akan membuat kita bisa mengetahui potensi yang ada dalam diri kita. Jika kita mengetahui apa yang ada dalam diri kita, Insya Allah kita akan merasa senang dengan apa yang kita dapat. Dan untuk meraih hal tersebut kita perlu optimis karena dengan optimis kita bisa memicu diri kita agar bisa meraih apa yang kita cari.

Disamping kita memiliki intelegensi kita juga harus memiliki jiwa kreatif, tanpa itu kita tidak bisa menjalankan usaha atau sesuatu yang akan kita tekuni.yang dimaksudkan Kreatif disini adalah kita menambahkan sesuatu yang sudah ada, dan mengurangi apa yang sudah ada.orang-orang kreatif adalah orang-orang yang keluar dari kemapanan. Kemapanan yang dimaksudkan adalah orang yang sudah nyaman dengan apa yang dimilikinya.

Orang sukses selalu memprioritaskan apa yang menurut ia lebih penting dan bukan apa yang dia inginkan. Karena orang sukses adalah orang yang mampu menunda kesenangannya, disamping itu ia bisa bermanfaat bagi orang banyak.

Gambaran Seni

01 March 2013 09:09:33 Dibaca : 167

Seni adalah segala sesuatu atau ide, gagasan dan ungkapan manusia yang bersifat keindahan.

Unsur-unsur Seni

Seni Tari

Suatu ungkapan gagasan atau perasaan manusia yang berhubungan dengan gerakan.

Seni Musik

Suatu ungkapan gagasan atau perasaan manusia yang diwujudkan dalam bunyi atau alunan suara manusia.

Seni Lukis

Suatu ungkapan gagasan atau perasaan manusia yang diwujudkan dalam gambar.

Seni Drama

Suatu ungkapan gagasan atau perasaan manusia yang Berupa pertunjukan atau akting.

Tujuan Seni adalah untuk memperlihatkan keindahan suatu karya cipta manusiayang diwujudkan dalam gerakan,alunan suara,gambar dan pertunjukkan.

Manfaat Seni

Mengekspresikan suatu karya manusia.Sebagai penghibur dalam suka maupun duka.Menggali potensi yang ada dalam diri seseorang

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong