ARSIP BULANAN : March 2021

5 POKOK MEMINIMALISIR STRES PADA REMAJA

27 March 2021 09:31:37 Dibaca : 25

Nama : Mutiara Damayanti Doloan

NIM / Kelas : 151420051 / 2B

Ada lima inti pokok ,  sebagai berikut:

1.      Pendidikan adalah kegiatan belajar  yang bertujuan untuk mennyalur atau mentransfer sebuah ilmu kepada peserta  didik.

2.      Dalam belajar terdapat keberhasilan suatu proses belajar dapat dilihat dari hasil belajarnya yaitu dari nilai rapor siswa.

3.      terdapat hambatan-hambatan Siswa yang kurang berhaasil dalam proses pembelajaranya sehingga yang capai berada di bawah dan tidak sesuai yang di harapkan semestinya oleh siswa.

4.      Dan penyebab kesulitan siswa adalah siswa yang mengalami stress dan tekanan yang berlebihan pada dirinya yang menimbulkan penyakit fisik dan kejiwaan.

5.      Stres yang dialami siswa di sekolah perlu mendapat perhatian dan penanganan yang serius dari berbagai pihak agar dapat mengelolah dengan baik.

Jika stress dibiarkan akan kemungkinan siswa akan mengalami hambatan dalam kelanjutan studinya, hambatan itu biasa berbentuk prestasi belajar rendah, tinggal kelas maupun drop out (DO). Stres hadir karena berbagai macam penyebab yaitu ketidak mampuan siswa beradaptasi dengan keadaan lingkungannya terutama lingkungan sekolah, juga biasanya karena faktor keluarga, membuat keputusan dan masih banyak yang lainnya.

STRES DAN DEPRESI PADA ANAK REMAJA

17 March 2021 21:37:25 Dibaca : 32

Anda dan kita semua pasti pernah atau bahkan sering mendengar kata stres ini, stres itu seperti sesuatu yang datang baik masalah atau apapun itu, baik banyak atauoun sedikit, dan kita tidak bisa atau tidak mampu mengatasinya dengan sendiri mungkin bisa kita atasi sendiri tetapi tidak baik pada diri kita, ini stress menurut saya. Menurut “WHO (2003) stress adalah  reaksi atau respon tubuh terhadap stressor psikososial (gangguan pada mental/beban kehidupan)”. Dan stres ini terbagi  menjadi beberapa tigkat menurut para medis  tingkat ke-1 di tingkat ini masih di anggap normal dan masih bisa di anggap tidak perlu di khawatirkan dan masih bisa dengan tenang untuk mengatasi maslahnya, tingkat ke-2 pada tingkat ini stres sudah bisa menggaggu aktivitas kehidupan sehari-hari kita dan diri kita merasa sudah tidak mampu lagi untuk menahannya lagi sehingga bisa menyebabkan tubuh menjadi lesu dan jantung berdebar, tingkat ke-3 pada tingkat ini bisa menyebabkan orang-orang sering mengalami susah tidur (insomnia).

Nah, seperti yang saya bilang di atas kita semua pasti sering mengalami stres ini dan itu berlaku bagi siswa-siswa mungkin tidak berat tapi mungkin saja jika lama-kelamaan sering mengalami stres dan tidak bisa diatasi oleh diri sendiri akan menyebabkan bahaya juga. Karna pada dasarnya siswa belum dapat mengelolah stresnya menjadi positif dan itu jika di biarkan akan merugikann dirinya. Siswa dapat mengalami tekanan psikologi yang dapat menimbulkan penyakit fisik dan kejiwaan seperti gelisah, depresi, sulit tidur, mudah lelah, perubahan kepribadian serta hilangnya konsentrasi. Kenapa bisa demikian? Karena mereka merasa keluar dari  zona nyamannya mereka dan langsung mengalami hal yang tidak biasa mereka rasakan pada sebelumnya jadi tubuh mereka merespon dan terjadilah stres ringan dan mungkin langsung ke stres yang berat pada mentalnya dan itu sangat merugikan tubuhnya dan lingkungn di sekitarnya.

Contohnya stres untuk sekarang adalah karna tidak bisa membeli kuota untuk ikut kelas online seorang remaja akhirnya bunuh diri, karena dia tidak bisa ikut kelas online dan menyebabkan depresi , apa lagi sekarang terjadi pandemic virus covid-19 yang membuat ekonomi masyarakat menurun karena harus di rumah dan tidak boleh berkumpul membuat orang tua dirumah saja dan tidak bisa bekerja untuk memenuhi kebutuhan anak dan keluarganya. Dan adapun kasus problem belajar daring, Karena tugas  sekolah yang banyak setiap  hari sekitar 4-5 tugas dan minimnya penjelasan, beban tugas sekolah yang menumpuk dan harus cepat dikerjakan sempat membuat siswa drop  dan sampai jatuh sakit di bawa kerumah sakit.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong