ARSIP BULANAN : March 2021
  • Kewirausahaan merupakan kemampuan kreatif dan inovatif, jeli melihat peluang dan selalu terbuka untuk setiap masukan dan perubahan yang positif yang mampu membawa bisnis terus bertumbuh serta memiliki nilai.
  • Bisnis sebaiknya memiliki nilai dan bermanfaat. Hal ini bisa dicapai melalui kegiatan bisnis yang  dilakukan dengan menerapkan konsep kewirausahaan sosial.
  • Berbagai kalangan mulai memperbincangkan konsep kewirausahaan sebagai solusi inovatif dalam menyelesaikan permasalahan sosial.
  • Di Indonesia sendiri, pemerintah telah menghabiskan banyak sumber daya untuk menangani masalah sosial dan bekerja sama dengan berbagai Negara asing di seluruh dunia. Tetapi ternyata hal ini tidaklah cukup, oleh karena itu dibutuhkan individu-individu atau lembaga-lembaga yang dapat melihat peluang dan mengeluarkan ide-ide inovatif untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan sosial tersebut.
  • Dimana tujuan kewirausahaan sosial adalah terwujudnya perubahan sosial ke arah yang lebih baik atau positif dan memecahkan masalah sosial untuk kepentingan masyarakat.

PENTINGNYA KEWIRAUSAHAAN SOSIAL BAGI PEREKONOMIAN

18 March 2021 10:18:45 Dibaca : 961

Berbagai kalangan mulai memperbincangkan konsep kewirausahaan sosial sebagai solusi inovatif dalam menyelesaikan permasalahan sosial. Di Indonesia sendiri, pemerintah telah banyak menghabiskan banyak sumber daya untuk menangani masalah sosial dan bekerja sama dengan berbagai Negara asing di seluruh dunia. Tetapi ternyata hal ini tidaklah cukup, oleh karena itu dibutuhkan individu-individu yang dapat melihat peluang dan mengeluarkan ide-ide inovatif untuk menyelesaikan permasalahan sosial tersebut.

Pengertian kewirausahaan sosial sendiri adalah tentang bagaimana menerapkan pendekatan yang praktis, inovatif, dan berkelanjutan untuk memberikan dampak positif pada masyarakat, khususnya masyarakat kelas ekonomi bawah dan yang terpinggirkan.

Seperti yang kita ketahui bersama, di Indonesia masih memiliki banyak pengangguran yang disebabkan oleh perekonomian mereka. Nah, kewirausahaan sosial bisa menjadi solusi bagi mereka karena dapat menyerap banyak tenaga kerja dan dapat memanfaatkan sumber daya alam dan manusia yang berkualitas yang tidak dapat peluang di sektor formal.

Tujuan kewirausahaan sosial adalah terwujudnya perubahan sosial ke arah yang lebih baik atau positif dan memecahkan masalah untuk kepentingan masyarakat.

Seorang wirausaha sosial berperan dalam menyediakan lapangan kerja bagi para pencari kerja. Dengan terserapnya tenaga kerja diharapkan mampu mengurangi tingkat pengangguran serta memberikan pengaruh positif pada peningkatan pendapatan perkapita.