CARA MEMBUAT KUIS ONLINE BERBASIS GAME MENGGUNAKAN WORDWALL

19 November 2022 20:39:45 Dibaca : 50

Wordwall adalah sebuah media pembelajaran yang harus digunakan bukan hanya ditampilkan atau dilihat. Media ini dapat didesain untuk meningkatkan kegiatan kelompok belajar dan juga dapat melibatkan siswa dalam pembuatannya secara aktif.

Rendahnya minat dan motivasi pada diri siswa akan sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, untuk itu perlu adanya inovasi yang dilakukan guru dalam pembuatan media pembelajaran, sehingga masalah dan kesulitan yang dialami saat ini dapat segera diatasi.

Wordwall adalah salah satu media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan. Wordwall mampu menciptakan interaksi yang menguntungkan bagi siswa. merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan sebagai media belajar maupun alat penilaian yang menarik bagi siswa.

Software ini menawarkan banyak jenis permainan seperti, crossword, quiz, random cards (kartu acak) dan masih banyak lainnya. Kelebihan lainnya yaitu, permainan yang telah dibuat bisa dicetak dalam bentuk PDF, jadi akan memudahkan bagi siswa yang mempunyai kendala pada jaringan.

Berikut saya akan menyajikan cara membuat kuis online menggunakan wordwall.

  • Pertama-tama kita search/cari "Wordwall" pada google chrome kita.

 

  • Kemudian kita klik saja yang paling atas seperti pada gambar berikut ini.

 

  • Setelah itu kita klik "Daftarlah Untuk Mulai Membuat"

 

  • Nah kemudian klik "sign in with google" untuk kita dapat langsung mendaftar menggunakan email kita.

 

  • Setelah muncul tampilan berikut kita klik saja seperti yang diarahkan pada gambar dibawah ini.

 

  • Untuk membuat kuis maka klik saja bagian "kuis"

 

  • Kemudian akan muncul tampilan berikut, nah yang bagian belum ada judul ini kita ganti dengan judul kuis yang ingin kita buat.

 

  • Kemudian kita buat soal kuisnya dan jawaban pilihan gandanya. Untuk jawaban yang benar kita centang.

 

  • Jika ingin menambah pertanyaan kita klik saja bagian "menambahkan pertanyaan". Pertanyaannya minimal 1 dan maksimal 100.

 

  • Jika ingin memasukkan gambar pada soal yang kita buat maka klik saja icon gambar seperti pada tampilan berikut.

 

  • Kita tinggal mencari gambar yang kita inginkan seperti pada gambar berikut.

 

  • Untuk opsi jawaban pilihan gandanya kita juga dapat menambahkan gambar. Lakukan seperti arahan sebelumnya.

 

  • Kemudian jika telah selesai membuat pertanyaannya maka kita klik "Selesai"

 

  • Beginilah tampilan kuis kita yang telah selesai kita buat.

 

  • Kita juga dapat mengganti templatenya. Pada kuis saya ini saya mengganti template menjadi pengejaran dalam labirin.

 

  • Geser ke bawah untuk kalian dapat mengatur tema dan fontnya.

 

  • Nah pada bagian pilihan ini kita dapat mengatur waktunya ada bagian timer, kemudian mengatur nyawanya dan juga tingkat kesulitannya. jika kalian ingin pertanyaannya di acak dan menampilkan jawaban di akhie permainan maka kalian centang pada bagian tersebut. Setelah semua di atur maka klik terapkan pada aktivitas ini.

 

  • Kemudian untuk mengatur papan peringkatnya kita klik pada bagian pilihan ini.

 

  • Untuk papan peringkat ini di nyalakan, dan kalian dapat mengatur untuk menampilkan berapa terbaik. Untuk bagian lainnya silahkan kalian atur sesuai dengan yang kalian inginkan.

 

  • Setelah semuanya telah diatur maka kalian geser kembali keatas dan klik bagikan untuk dapat membagikan kuisnya kepada para siswa.

 

  • Nah pada bagian ini kalian dapat mengatur rentang usia untuk kuis yang telah kalian buat. Serta menandai topik yang sesuai dengan kuis kalian. Setelah selesai kalian klik publikasikan.

 

  • Kemudian akan muncul link dari kuis yang telah kalian buat tersebut untuk dibagikan kepada siswa. Kalian tinggal klik salin.

 

Untuk contoh kuis yang telah saya buat silahkan Klik Disini

CARA PEMBUATAN KUIS ONLINE MENGGUNAKAN KAHOOT

06 November 2022 21:40:03 Dibaca : 1122

Kahoot! adalah sebuah platform pembelajaran berbasis permainan, digunakan sebagai teknologi pendidikan di sekolah dan lembaga pendidikan lainnya. Platform ini adalah permainan pembelajaran, "Kahoots", adalah kuis pilihan ganda yang dibuat oleh pengguna yang dapat diakses melalui penjelajah web atau aplikasi Kahoot.

Nah berikut tutorial atau cara pembuatan kuis online menggunakan kahoot:

Pertama-tama kita buka google chrome di laptop kemudian ketik "Create Kahoot" seperti pada gambar berikut ini.

Setelah itu akan muncul tampilan seperti pada gambar berikut lalu kita klik "Create Kahoot"

Jika kalian belum memiliki akun maka klik "Sign up/daftar"

 

 Kemudian klik "Continue with Google" untuk melanjutkan pendaftaran menggunakan akun google anda.

 Nah setelah itu muncul tampilan berikut, jika kita sebagai guru maka kita klik "Teacher"

Lalu kita pilih "Schoool" jika anda bekerja sebagai guru di sebuah sekolah.

 Kemudian untuk membuat kuisnya kita klik "Create" yang ada di atas atau boleh juga klik pada "Create a Kahoot"

Nah pada tampilan ini kita dapat memilih template yang akan kita gunakan. Untuk yang tertanda bintang tersebut berarti templatenya berbayar dan untuk yang tidak tertanda bintang berarti gratis untuk kita gunakan templatenya.

 Setelah itu untuk mengganti nama templatenya kita klik pada bagian nama templatenya tersebut.

 Nah setelah itu kita ubah nama dan deskripsinya seperti pada tampilan berikut ini.

Kita juga dapat mengganti bahasanya ke bahasa Indonesia pada bagian language seperti pada gambar berikut.

Setelah selesai kita klik "Done"

Nah setelah itu kita dapat membuat soal kuis dan juga pilihan jawabannya. Untuk jawaban yang benar kita klik jawabannya untuk ditandai dengan tanda centang seperti tampilan berikut. Jangan lupa untuk menghapus gambar bawaan template jika kita tidak membutuhkan gambar untuk soal kita dengan mengklik "Remove"

Kita juga bisa mengatur untuk waktu mereka saat menjawab soal pada bagian "Time limit" disini saya menggantinya menjadi 20 seconds (20 detik)

Dapat anda lihat pada tampilan berikut setelah saya ubah menjadi 20 seconds. Untuk kuis nomor 1,2,9 dan 10 points nya standard karena untuk bagian awal dan akhir soal sebaiknya soalnya yang mudah agar siswa semangat untuk mengisinya.

Nah untuk soal nomor 3 sampai dengan 8 kita ubah points nya menjadi "Double points" karena merupakan soal inti dari kuis yang kita berikan. Bisa kalian lihat seperti pada gambar berikut ini. Untuk soal berikutnya lakukanlah seperti cara sebelumnya.

Jika slidenya kurang maka kita klik "Add slide"

 Nah untuk soal yang memerlukan gambar maka kita klik pada "Find and insert media". Kita juga dapat menambahkan media lain sesuai yang kita inginkan.

Kalian juga dapat menambahkan media video dari YouTube dan lain-lain, juga menambahkan media audio. Nah untuk media gambar kita bisa menggunakan gambar dari kahoot tetapi jika terdapat tanda bintang maka gambar tersebut berbayar. Kita juga dapat mengupload gambar dari penyimpanan kita dengan mengklik "Upload image"

 Setelah kita memilih gambar untuk soal yang kita berikan maka tampilannya seperti berikut ini.

 

 Setelah semua soal yang kita buat telah selesai maka kita dapat mengganti tema untuk kuis yang kita buat dengan mengklik "Themes"

Setelah kita memilih tema yang kita inginkan maka kita klik "Save" seperti pada gambar berikut.

 Nah selanjutnya untuk dapat memberikan kuis online yang telah kita buat tersebut kepada siswa maka kita klik "Host Kahoot"

 Nah setelah muncul tampilan berikut kita klik kuis yang telah kita buat tersebut.

 Jika kita ingin memberikan kuisnya secara langsung atau dalam keadaan kita online memantau mereka mengerjakannya maka kita klik "Start", namun jika kita ingin mereka yang mengerjakannya sendiri maka kita klik "Assign".

Jika kita memilih Start maka akan muncul tampilan berikut. Setelah semua siswa masuk dengan menggunakan tautan, aplikasi maupun barcode maka kita klik Start.

Nah setelah mereka semua mengisi soal pada kuis maka kita dapat melihat podium dari peringkat pertama dan seterusnya.

Jika kita memilih Assign atau siswa yang mengerjakannya sendiri maka akan muncul tampilan seperti pada gambar berikut. Kita klik saja untuk "Copy URL" dan mengirimkan linknya kepada para siswa. Namun mereka perlu memperhatikan batas waktu yang telah kita tentukan.

Klik disini  untuk contoh kuis kahoot yang telah saya buat.

 

Cara Membuat LKPD Menggunakan Google Form

09 October 2022 21:48:29 Dibaca : 125

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Pada blog kali ini saya akan membagikan tutorial atau cara Membuat LKPD Berbasis TIK Menggunakan Google Form.

Google Forms sendiri merupakan layanan dari Google yang memudahkan penggunanya dalam membuat survei kuesioner, formulir, atau semacamnya dengan basis online atau digital. Dengan fungsinya tersebut, tak mengherankan jika banyak individu maupun perusahaan yang memanfaatkan layanan ini untuk berbagai keperluan salah satunya untuk membuat LKPD.

Nah berikut link YouTube dan link LKPD nya

Link YouTube nya bisa klik disini

Link LKPD bisa klik Disini (Password 123)

 

Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua

Cara Membuat Absensi Online Menggunakan Zoho Form

01 October 2022 18:00:22 Dibaca : 3171

Zoho merupakan penyedia aplikasi secara online. Di dalam Zoho terdapat berbagai macam aplikasi yang dapat kita manfaatkan secara online, diantaranya seperti sosial network, pembuatan dokumen, blog, spredsheet, presentation dan lain sebagainya. Selain itu Zoho juga menawarkan berbagai fitur yang sangat bermanfaat.

Cara menggunakan Zoho Form untuk membuat absen terbilang sangat mudah. Bagi yang belum tahu caranya, berikut akan disajikan tata caranya.

  • Pertama-tama anda klik google chrome atau klik google jika menggunakan  ponsel kemudian kita cari "Zoho Form"  setelah itu kita klik penyusun formulir seperti yang terlihat pada gambar.

 

  • Setelah itu akan muncul tampilan berikut. Jika anda belum memiliki akun silahkan melakukan pendaftaran terlebih dahulu dan bagi yang telah memiliki akun silahkan klik masuk.

 

  • Bagi yang telah mendaftar dan telah memiliki akun akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini. Untuk membuat absensi silahkan klik Forms.

  • Selanjutnya akan muncul tampilan berikut. Nah, untuk membuat absensi pada bagian My Forms silahkan klik New Form

  • Setelah itu pada Blank Form silahkan mengisi Form Name (nama formulir) dan Description (keterangan) sesuai keinginan anda. Misalnya seperti pada gambar berikut saya membuat absensi kelas 6. Kemudian setelah selesai silahkan klik Create.

  • Jika anda menggunakan laptop silahkan klik Single Line kemudian seret ke sebelah kanan dimana kalian membuat absensi tersebut, dan jika anda menggunakan ponsel silahkan klik saja pada panel Single Line. Kemudian tekan Single Line pada bagian dimana anda membuat absensi tersebut untuk mengedit dan mengganti Field Label dengan Nama Lengkap.

  • Pada saat mengedit Field Label jangan lupa untuk selalu mencentang Mandatory untuk Validation (Validasi) seperti pada gambar berikut kemudian klik save. Mandatory ini wajib untuk selalu di centang pada setiap step pembuatan absensi.

  • Selanjutnya disini saya menambahkan NISN untuk Absensi yang saya buat, NISN sendiri diambil dari panel Number, setiap panel yang digunakan cukup di klik lalu di seret ke bagian Absensi yang anda buat. Untuk mengganti Field Label lakukan seperti arahan  sebelumnya.

  • Berikutnya yaitu klik Dropdown kemudian seret ke tempat anda membuat absensi dan ganti Field Labelnya menjadi Kelas.

  • Selanjutnya pada saat mengganti Field Label kita juga perlu mengganti beberapa hal pada bagian Choices seperti pada gambar berikut. Jika kolomnya kurang silahkan di klik pada bagian (+).

  • Setelah itu jika anda perlu menambahkan  semester pada absensi anda silahkan ditambahkan dengan menyeret panel Radio dan mengganti Field Labelnya dengan Semester. Seperti pada gambar dibawah ini.

  • Tak jauh beda dengan bagian Kelas, pada panel Semester juga perlu mengedit Choices (pilihan) dan menggantinya menjadi ganjil dan genap seperti pada gambar berikut.

 

  • Selanjutnya untuk menambahkan tanda tangan siswa silahkan klik pada Advanced Fields kemudian klik Signature dan seret ke bagian absensi yang kita buat.

  • Nah, pada bagian terakhir tambahkan pula tempat untuk siswa mengupload foto kegiatan pembelajaran dengan cara mengklik Image Upload pada bagian Basic Fields.

  • Untuk mengganti tema absensi yang anda buat silahkan klik Themes dan anda tinggal memilih tema apa yang anda sukai untuk absensi anda tersebut. Setelah anda memilih tema yang cocok silahkan klik apply. Nah pada bagian teratas akan muncul tema yang anda pilih seperti pada gambar berikut.

  • Berikutnya anda perlu mengatur Time Zone (zona waktu) pada Date and Time (Tanggal dan waktu). Jika sudah sesuai dengan waktu di daerah anda maka tidak perlu menggantinya. Kemudian untuk bagian Submit Button Label anda bisa mengganti atau menambahkan kata kirimkan. Setelah selesai silahkan klik save untuk menyimpan.

  • Nah, untuk mendapatkan linknya silahkan klik pada bagian Share dan akan muncul link absensi anda, silahkan anda copy/salin linknya dan dibagikan kepada yang bersangkutan. Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

 

Sebagai contoh berikut link absensi yang telah saya buat:

 https://forms.zohopublic.com/widyastutiahmad/form/ABSENSIKELAS61/formperma/5VCgsoTJIs8cvI-Ot-KqYuDYoYoR0Qx0RTKhwZGq0HA

PERAN KEWIRAUSAHAAN SOSIAL DALAM MENGATASI KEMISKINAN

09 April 2021 11:22:27 Dibaca : 937

Nama: Widyastuti Ahmad

NIM: 151420064

Kelas: 2B PGSD

Mata Kuliah: Penulisan Karya Ilmiah

Dosen Pengampuh: Bapak. Muhammad Sarlin S.Pd,. M.Pd

 

A. Latar Belakang

 

Kewirausahaan merupakan kemampuan kreatif dan inovatif, jeli melihat peluang dan selalu terbuka untuk setiap masukan dan perubahan yang positif yang mampu membawa bisnis terus bertumbuh serta memiliki nilai. Sementara kewirausahaan sosial adalah tentang bagaimana menerapkan pendekatan yang praktis, inovatif, dan berkelanjutan untuk memberikan dampak positif pada masyarakat, khususnya masyarakat kelas ekonomi bawah dan yang terpinggirkan. Kewirausahaan sosial biasanya bertujuan untuk mengatasi masalah-masalah ekonomi atau sosial. Tentu saja kewirausahaan sosial ini sangat bermanfaat bagi banyak kalangan masyarakat yang memiliki masalah sosial terutama dalam perekonomiannya.

Bisnis sebaiknya memiliki nilai dan bermanfaat. Hal ini bisa dicapai melalui kegiatan bisnis yang dilakukan dengan menerapkan konsep kewirausahaan sosial. Dalam konsep kewirausahaan sosial suatu bisnis selain memiliki nilai jual tinggi untuk mendapatkan keuntungan yang besar tetapi juga dapat bermanfaat bagi masyarakat bukan hanya bagi seorang pebisnis itu sendiri. Hal ini tentu merupakan usaha yang positif yang perlu untuk kita terapkan, apalagi jika usaha tersebut berhasil maka tentu masalah sosial dari berbagai masyarakat dapat teratasi.

Berbagai kalangan mulai memperbincangkan konsep kewirausahaan sebagai solusi inovatif dalam menyelesaikan permasalahan sosial. Sebagaimana yang pernah dikatakan oleh seorang pengusaha muda Sandiaga Uno saat acara d’Preneur, bos Recapital ini mengatakan solusi yang tepat mengatasi persoalan sosial adalah baaimana para pengusaha bisa berbagi dengan sebuah bisnis. Hal itu bisa dilakukan hanya dengan menggerakkan program wirausaha sosial atau social entrepreneurs atau kewirausahaan sosial. 

Di Indonesia sendiri, pemerintah telah menghabiskan banyak sumber daya untuk menangani masalah sosial dan bekerja sama dengan berbagai Negara asing di seluruh dunia. Tetapi ternyata hal ini tidaklah cukup, oleh karena itu dibutuhkan individu-individu atau lembaga-lembaga yang dapat melihat peluang dan mengeluarkan ide-ide inovatif untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan sosial tersebut.

Berikut adalah penjelasan Hardi Utomo dalam Jurnal Menumbuhkan Minat Kewirausahaan Sosial (2014:8) “Dalam bangunan perekonomian Indonesia saat ini, tingkat pengangguran pemuda masih cukup tinggi, sehingga akan mengakibatkan masalah sosial yang cukup tinggi pula apabila tidak memperoleh perhatian yang serius. Beberapa sosial yang dipengaruhi oleh tingginya pengangguran diantaranya kemiskinan, penyalahgunaan narkoba, kriminalitas, pergaulan bebas, premanisme, jual beli manusia (human trafficking), dan lain sebagainya. Kondisi tersebut akan mengganggu pembangunan di segala bidang dan stabilitas nasional. Oleh karena itu, yang dibutuhkan saat ini adalah suatu solusi nyata yang dapat membantu mengatasi permasalahan di atas. Salah satu solusi tersebut adalah dengan meningkatkan semangat kewirausahaan sosial pada setiap individu yang ada di masyarakat, terutama kaum muda sebagai tulang punggung bangsa.”

 Pengangguran dapat terjadi karena tidak adanya lapangan kerja. Jika seseorang tidak bekerja maka tentu tidak berpenghasilan, hal ini berakibat pada kemiskinan dan hanya bisa mengharapkan bantuan dari pemerintah. Pemerintah sendiri tidak selamanya memberikan bantuan sosial kepada masyarakat, karenanya dibutuhkan suatu usaha yang dapat mengatasi masalah sosial tersebut. Jika seorang pengangguran ini dapat melihat masalah sosial sebagai sebuah solusi untuk mendirikan sebuah bisnis dia dapat memanfaatkan bantuan biaya dari pemerintah untuk dapat mendirikan sebuah usaha yang dapat mengatasi masalah sosial dan tentu dia juga dapat membantu orang-orang yang sebelumnya bernasib sama sepertinya bahkan dapat mengajak mereka untuk sama-sama membangun usaha tersebut.

Dimana tujuan kewirausahaan sosial adalah terwujudnya perubahan sosial kearah yang lebih baik atau positif dan memecahkan masalah sosial untuk kepentingan masyarakat. Hal ini membutuhkan perhatian kita bersama untuk dapat melihat peluang untuk mendirikan suatu usaha yang peka terhadap masalah sosial masyarakat. Saat ini angka kemiskinan masih cukup tinggi baik di daerah perkotaan maupun perdesaan.

Menurut (Nur Firdaus:2014), kemiskinan merupakan masalah sosial yang harus diselesaikan dan ini menjadi tanggung jawab bersama, baik pemerintah, swasta, dan organisasi masyarakat sipil. Dari sisi peran pemerintah, berbagai program dan kebijakan pembagunan telah dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, namun ini tidak serta merta dapat menyelesaikan masalah sosial secara komperhensif.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apa itu kewirausahaan sosial?
  2. Apa bedanya kewirausahaan sosial dengan kewirausahaan bisnis?
  3. Bagaimana karakteristik seorang wirausaha sosial?
  4. Apa yang menyebabkan terjadinya kemiskinan?
  5. Bagaimana peran kewirausahaan sosial dalam Mengatasi kemiskinan?
  6. Bagaimana tantangan wirausaha sosial dalam mengatasi kemiskinan?

 

C. Tujuan Penulisan

  1. Memahami kewirausahaan sosial
  2. Mengetahui perbedaan kewirausahaan sosial dengan kewirausahaan bisnis
  3. Memahami karakteristik dari seorang wirausaha sosial
  4. Mengetahui apa yang menyebabkan terjadinya kemiskinan
  5. Memahami peran kewirausahaan sosial dalam mengatasi kemiskinan
  6. Mengetahui tantangan yang di hadapi wirausaha sosial dalam mengatasi kemiskinan

 

DAFTAR PUSTAKA

Firdaus, Nur. 2014. Pengentasan Kemiskinan Melalui Pendekatan Kewirausahaan Sosial. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan, Vol.22(1), 55-67

Utomo, Hardi. 2014. Menumbuhkan Minat Kewirausahaan Sosial. Among Makarti, Vol.7(14), 1-16

Usahasosial.com. 2021. “Apa Kewirausahaan Sosial Itu?”. https://usahasosial.com/id/learn/apakah-kewirausahaan-sosial-itu/ diakses pada tanggal 8 April 2021

Finance.detik.com. 2012. “Sandiaga Uno: Kewirausahaan Bisa Mengatasi Masalah Sosial” 

https://finance.detik.com/solusiukm/d-2086551/sandiaga-uno-kewirausahaan-bisa-mengatasi-masalah-sosial diakses pada tanggal 9 April 2021