Resume sosiologi pendidikan: Anak Didik Dan Kontak Sosial

14 April 2021 12:43:43 Dibaca : 789

Nama : Nurhayati Eka SaputriNim : 151420168Kelas : 2F PGSD

 

ANAK DIDIK DAN KONTAK SOSIAL

A. Interaksi sosialInteraksi sosial adalah hubungan sosial yang dinamis antara individu dengan individu lain atau dengan kelompok atau hubungan antarkelompok. Hubungan ini tercipta karena pada dasarnya manusia tidak bisa hidup tanpa orang lain.Menurut Kimball Young dan Raymond W. Mack, interaksi sosial adalah hubungan sosial yang dinamis dan menyangkut hubungan antar individu, antara individu dengan kelompok maupun antara kelompok dengan kelompok lainnya.interaksi sosial dibedakan menjadi dua jenis, yakni interaksi sosial asosiatif dan disosiatif.Interaksi sosial asosiatif adalah bentuk interaksi sosial positif, yang mengarah pada kesatuan dan kerja sama. Interaksi sosial disosiatif adalah bentuk interaksi sosial yang lebih mengarah kepada konflik dan perpecahan, baik individu maupun kelompok.B. Jenis-jenis kontak sosialKata “kontak” berasal dari bahasa Latin con atau cum yang artinya bersama-sama dan tangere yang artinya menyentuh. Jadi, kontak berarti bersama-sama menyentuh. Dalam pengertian sosiologi, kontak sosial tidak selalu terjadi melalui interaksi atau hubungan fisik, sebab orang bisa melakukan kontak sosial dengan pihak lain tanpa menyentuhnya, misalnya bicara melalui telepon, radio, atau surat elektronik. Oleh karena itu, hubungan fisik tidak menjadi syarat utama terjadinya kontak.Kontak sosial adalah hubungan yang terjadi antara individu dengan individu lain yang merupakan syarat dari sebuah interaksi. Kontak sosial yang terjadi dapat berupa sebuah percakapan, tatap muka, berjabat tangan, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, kontak sosial adalah awal dari adanya sebuah interaksi. Tanpa adanya kontak sosial atau hubungan antara individu maka interaksi tidak akan pernah terjadi. Kontak sosial hanya akan dapat terjadi jika terdapat kesadaran untuk saling berhubungan di antara individu dengan individu yang lain. Kesadaran adalah faktor pendukung utama terjadinya sebuah kontak sosial. Oleh karena itu, diperlukan adanya sebuah kesadaran untuk bekerja sama antara kedua belah pihak dalam hubungan tersebut.a. Jenis kontak sosialJenis dari kontak sosial terdiri atas tiga macam yaitu :1. KeluargaYang didalamnya terdapat ayah, ibu, dan anak yang masing-masing saling mempengaruhi, saling membutuhkan, dan di dalamnya terjadinya suatu interaksi satu sama lain. Keluarga adalah wadah yang sangat penting di antara individu dan group, dan merupakan kelompok sosial yang pertama dimana anak-anak menjadi anggotanya, dan keluargalah sudah barang tentu yang pertama-tama pula menjadi tempat untuk mengadakan sosialisasi kehidupan anak-anak, mengadakan kontak dengan saudara-saudaranya. Sampai anak memasuki sekolah. Menurut Oqbum, keluarga memiliki beberapa fungsi antara lain :a. Fungsi kasih sayangb. Fungsi ekonomic. Fungsi pendidikand. Fungsi perlindungan / penjagaane. Fungsi rekreasif. Fungsi status keluargag. Fungsi agama

2. SekolahYang merupakan lembaga pendidikan formal, terdiri dari guru(pendidik) dan murid-murid(anak didik), yang didalamnya terdapat interaksi antara pendidik dengan anak didik, begitu juga sebaliknya. Namun sebagai tenaga pendidik haruslah memiliki kewibawaan untuk mengarahkan anak didik menuju kedewasaan. Pada umumnya fungsi daripada sistem pendidikan ada 2 yaitu :a. Bersifat stabilisasi/stabilitas, yaitu suatu hal yang sifatnya stabil, tidak memungkinkan adanya perubahan. Misalnya: dengan majunya ekselarasi pembangunan dan modernisasi di butuhkan stabilisasi yaitu ekonomi dan politik harus stabil.b. Bersifat fluidity/fluiditas, bahwa pendidikan itu dimungkinkan adanya perubahan, baik mengenai stabilitas atau riilnya, maupun fluiditas atau idealnya. Keadaan apa saja yang kurang baik harus kita rubah. Jadi fungsi pendidikan adalah mengeseimbangkan antara stabilitas dan fluiditas.Menurut M.J. Langeveld mengatakan pendidikan adalah usaha dari pihak orang dewasa untuk membantu mendewasakan anak-anak yang belum dewasa.Menurut Ngalim Purwanto, pendidikan adalah segala usaha orang dewasa dalam pergaulannya dengan anak-anak untuk memimpin perkembangan jasmaninya ke arah kedewasaan.

3. MasyarakatMasyarakat merupakan tempat pergaulan sesama manusia dan merupakan lapangan pendidikan yang luasdan meluas, yaitu ada hubungan antara dua orang atau lebih atau tak terbatas. Tonnis membedakan pergaulan dalam :a. Gemeinschaft(persekutuan), yaitu hubungan yang dibentuk oleh kodrat seperti hubungan antara seeorang dengan orang tua, dengan tokoh masyarakat, dengan pejabat, dengan tokoh agama, dan sebagainya.b. Gesselschaft(perbuatan), yaitu hubungan yang dibentuk oleh ikatan organisasi seperti hubungan seorang dengan pimpinan organisasi massa, organisasi kelembagaan, organisasi politik, organisasi koperasi, dan sebagainya.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong