Rangkuman sosialisasi anak didik

21 April 2021 15:20:52 Dibaca : 691

Nama: Nurhayati Eka Saputri

Nim: 151420168

Kelas: 2F PGSD

SOSIALISASI ANAK DIDIKSosialisasi adalah proses membimbing individu kedalam dunia sosial yang berlangsung dalam interaksi individu dengan lingkungannya.1. Aspek perkembangan sosialAspek perkembangan sosial manusia mempengaruhi sosiasilasi anak didik. Adapun perkembangan manusia tampak dalam dua aspek, yaitu :a) Aspek biologik :perlindungan telah mengubah bayi menjadi manusia yang dewasa jasmaninya.b) Aspek personal-sosial :pengalaman dan pengaruh manusia lain mengubah anak menjadi pribadi sosial, warga masyarakat bertanggung jawab.

2. Factor-faktor sosialisasia) Sifat dasar : Merupakan keseluruhan potensi-potensi yang diwarisi dari orang tua.b) Lingkungan prenatal : Kondisi di dalam kandungan, dalam periode ini individu mendapatkan pengaruh tidak langsung dari ibu. c) Perbedaan individu : Perbedaan individu, fisiologis berhubungan dengan mental dan emosional, ciri personal, dan sosiald) Lingkungan

Kebudayaan, teknologi, aspek nilai-nilai, pandangan hidup, adat istiadat, dan sebagainya

a) Motivasi : Motivasi adalah dorongan / kekuatan-kekuatan untuk menggerakkan individu berbuat, baik motivasi dari individu atau orang lain.

3. Metode-metode sosialisasia.  Metode ganjaran dan hukuman : tingkah laku yang salah, tidak baik, tercela, kurang pantas, tidak diterima oleh masyarakat mendapatkan hukuman, baik berupa pukulan, hukuman sosial (diasingkan, dikucilkan, dan sebagainya). Sedangkan ganjaran bisa berupa non-material (uang, dan sebagainya), material (pujian, ciuman, hak-hak khusus, dan sebagainya).b. Metode didactic teaching : anak diajarkan berbagai macam pengetahuan dan keterampilan melalui pemberian informasi, cerama, penjelasan (metode ini digunakan dalam pendidikan sekolah, agama, kepramukaan, dan lain sebagainya).c. Metode pemberian contoh : Dengan adanya contoh, akan timbul imitasi (peniruan) tingkah laku dan sifat-sifat (dapat terjadi secara sajar atau tidak disadari).

4. Sosialisasi Anak Didik Dalam Trinitas Pendidikanpendidikan pada hakekatnya adalah ikhtisar manusia untuk membantu dan mengarahkan fitrah manusia supaya berkembang sampai pada titik maksimal yang dapat dicapai.Dalam interaksinya, sosialisasi anak didik berkaitan dengan pendidikan keluarga (informal), Sekolah (formal), dan masyarakat (non-formal).1) Sosialisasi Orang Tua kepada Anak didikSosialisasi pertama yang dilakukan anak didik adalah dengan orang tuanya, dimana sosialisasi ini akan menimbulkan efek akan pertumbuhan dan perkembangan anak didik, baik menyangkut pendidikan awal yang disengaja, atau tidak disengaja seperti dengan melihat, mendengar, perabaan, pembauan, dan lain sebagainya.2) Sosialisasi di SekolahDalam jenjang kedua, sekolah pun memegang peranan penting dalam proses sosialisasi anak. Anak akan mengalami perubahan dalam kelakuan sosial setelah ia masuk ke dalam sekolaha) Sosialisai Guru dengan Anak Didik3) Dalam hal ini Guru bersosialisasi dengan anak didik berkaitan dengan Pengajaran. Pengajaran adalah suatu aktivitas (proses) belajar-mengajar. Di dalamnya ada dua subjek yaitu guru dan peserta didik . Tugas dan tanggung jawab utama seorang guru/ pengajar adalah mengelolah pengajaran dengan lebih efektif, dinamis, efesien, dan positif yang diandai dengan adanya kesadaran dan keterlibatan aktif di antara dua subjek pengajaran.4) Sosialisasi Anak didik dengan Anak didik LainnyaDi sekolah, dalam banyak hal murid harus bersaing dengan murid lainnya, baik di kelas atau diluar kelas. Dikelas

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong