RESENSI BUKU FILSAFAT KOMUNIKASI

29 April 2014 15:59:22 Dibaca : 238

ETIKA FILSFAT KOMUNIKASI

NAMA : Mifta Fazil Salaula

NIM : 291413033

RESENSI BUKU FILSAFAT ILMU KOMUNIKASI

BAB I PENDAHULUAN

Segala puji hanyalah milik Allah Rabbi semesta alam yang telah memberikan berbagai nikmatnya. Shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada Ushwah kita yakni Nabi Muhamad SAW. Beserta kaluarganya, shahabat dan ummatnya yang setia mengikuti jejak langkahnya hingga akhir zaman. Selanjutnya, ucapan alhamdulillah kembali penulis haturkan kepada-NYA, karena penulis dapat menyelesaikan makalah ini untuk memenuhi tugas makalah tentang RESENSI BUKU FILSAFAT ILMU KOMUNIKASI. dengan harapan dapat bermanfaat bagi penulis dan juga pembaca sekaliaan.

Filsafat telah berhasil mengubah pola pemikiran bangsa Yunani dan umat manusia dari pandangan mitosentris menjadi logo sentries. Awalnya bangsa yunani dan bangsa lain didunia beanggapan bahwa semua keajaiban di ala mini dipengaruhi oleh dewa. Karenanya para dewa harus di hormati dan sekaligus ditakuti dan disembah. Dengan filsafat, pola piker yang selalu bergantung pada dewa di ubah menjadi pola piker yn bergantung pada rasio. Kejadian alam seperti gerhana tidak lagi dianggap kegiatan dewa yang tertidur, tetapi merupaka kejadian alam yang disebakan oleh matahari, bulan, dan bumi berada pada garis yang sejajar, sehingga baying-bayang bulan, menimpa sebagian permukaan bumi.

BAB IIPEMBAHASAN

Bab ke-4

membahas tentang perspektif teori-teori komunikasi dimana perspektif ini selain menurunkan teori komunikasi juga menurunkan teori khas, teori ini menggambarkan proses munculnya pemahaman dari kehidupan social,memisahkan bahasa dan symbol dari pemikiran dan dari objek yang disimbolisasikan,perspektif ini juga berhubungan dengan ontology dan epistimologi saja.Bab ke-5 membahas tentang perspektif positivisme dapat saya katakan hanya mengamati efeknya saja seperti tukang foto hanya memotret panggalan suatu peristiwa, juga di bahas komunikasi manusia menekan pada unsure fisik komunikasi dan memberikan penjelasan terhadap bahasa dn pikiran.dalam positivisme ini komunikasi dianggap sebagai jembatan manusia dengan suatu objek di luar dirinya, pengalaman-pengalaman manusia dianggap dapat secara langsung diekpresikan melalui penggunaan komunikasi tanpa ada kendali.Bab ke-6 membahas tentang perspektif post positivisme: kritik terhadap positivisme sangat mengacu pada kita sendiri sebagai manusia social yang dapat berbuat apa saja untuk melakukan penelitian terhadap suatu objek apa saja dan harus dilakukan dengan suatu pemikiran yang dimana pemikran post positivism tersebut membicarkan tentang perolan yang merangsang para ilmuwan untuk mencari pemecahannya, mengandung sifat kebal terhadap falsifikasi.kekebalan falsifikasi ini disebabkan karena setiap teori mengandung unsur.Bab ke-7 membahas tentang perspektif interpretif meliputi suatu cara bagaimana manusia itu saling berinteraksi dimana saja dan tidak saling mengenal satu sama lain. Penulis juga menulis bagaimana cara kita merancang untuk membuka suatu proses-proses social dan menunjukan bagaimana perilaku itu.Teori ini juga menunjukan bagaimana komunikasi dapat mengubah konvensi social,menjelaskan bagaimana dinamika dan hubungan interpersonal, dan pengungkapan cara-cara perubahan individu atau kelompok dari satu situasi ke situasi yang lain dan kelemahannya terletak pada ketidakmampuan menemukan struktur kehidupan manusia yang tetap ada pada seluruh situasi, di bab ini juga dituliskan bahwa dalam melakukan konstruksi harus ada kemampuan untuk mengingat dan mengungkapkan kembali pengalaman mampu membandingkan, mengambil keputusan mengenai persamaan dan perbedaan dan kemampuan untuk lebih menyukai pengalaman dari yang satu dengan yang lain.

Bab ke-8

membahas tentang perspektif konstruktivisme, konstruktivisme disini mengatakan bahwa kita tidak pernah dapat mengerti realitas yang sesungguhnya secara ontologis. Konstruktivisme tidak bertujuan mengerti realitas tetapi lebih hendak melihat bagaimana kita mkenjadi tahu akan sesuatu. Boleh juga dikatakan bahwa realitas bagi konstruktivisme tidak pernah ada secara terpisah dari pengamatBab ke-9 membahas tentang perspektif teori kritis, teori ini makna serta menolak bebas nilai, untuk pendekatan teori ini mempunyai komitmen yang tinggi kepada tata social yang lebig adil. Teori kritis ini mencoba membongkar kepentingan atau ideologi yang berdiri dibalik fenomena social, oleh karena itu teori ini tidak sekedar melakukan observasi melainkan juga memberikan kritik terhadap fenomena social.Kelebihan buku ini adalah memuat berbagai pendapat mengenai seluruh pembahasan buku ini. Selain itu juga disertai indeks.Kekurangan buku ini adalah sedikit sekali contoh-contoh dalam setiap pembahasannya. Selain itu, pembaca sering kesulitan menarik kesimpulan dari setiap bab dalam buku ini karena di dalamnya memuat berbagai pendapat dari para ahli dibidang filsafat.

Fotografi dan Jenis-Jenis Foto

14 April 2014 10:47:17 Dibaca : 897

Makalah :

Fotografi dan Jenis-Jenis Foto

Nama: Mifta Fazil Salaula

Nim:291413033

Bab 1

Pendahuluan

A. Latar Belakang

Karya foto pertama di dunia ini adalah foto sebuah pemandangan yang tampak dari jendela sebuah ruang kerja. Ini adalah sebuah awal, sebuah titik dimana era fotografi yang sekarang begitu luas dimulai. Setelah foto pertama yang yang dapat digolongkan ke fotografi panorama atau pemandangan, fotografi berkembang sebagai media dokumentasi. Lebih dari itu, fotografi berkembang lebih pesat lagi. Hingga saat ini, kita ketahui bahwa jenis-jenis foto sangat beragam.

Saat ini, peminat fotografi panorama tetap ada walaupun mungkin tidak banyak. Karena saat ini, kebanyakan orang yang berkecipung di dunia fotografi lebih memilih kategori foto yang banyak dibutuhkan dan dapat menghasilkan, hal ini tidak salah. Saat ini, foto panorama tetap memiliki penikmat yang cukup banyak, tapi sepertinya secara materi, foto panorama kalah pamor dibanding kategori foto lain yang lebih menghasilkan.

Walaupun seperti itu, foto pemandangan atau panorama ini tetap menyenangkan untuk dipelajari. Karena di dalam foto panorama kita bisa menikmati sekaligus mengagumi keindahan dari apa-apa saja yang ada di sekitar kita. Oleh karena itu, saya sebagai penyusun tertarik untuk membahas lebih lanjut tentang “Fotografi Panorama“ dan menggunakannya sebagai topik dalam penyusunan makalah ini.

B. Maksud dan Tujuan

a. Untuk membahas tentang Jenis-Jenis Foto

c. Untuk membahas tentang cara atau teknik membuat foto yang baik.

Bab 2

Pembahasan

A. Jenis-Jenis Foto

1. Foto Potrain

Foto Potrait Atau Foto wajah, sringkali kita hasilkan. Biasanya foto Jenis ini paling sering kita dapatkan dan mudah tersedia. Biasanya obyek foto Potret yaitu Foto Keluarga, Teman, Pacar dll. Misalnya foto keluarga misal di rumah saat membaca koran, dikantor saat bekerja dan saat santai, foto denga mesejajarkan lensa dengan mata mereka.

Tidak masalah jika kita tidak memiliki flash eksternal atau lighting yang canggih, jutsru kita bisa memaksimalkan pencahayaan alami, gunakan cahaya yang melewati jendela anda. Posisikan obyek foto disamping jendela sehingga cahaya dari jendela menerpa wajah darri arah samping, bukan tegak lurus ke wajah.

FotoPotrait

2. Human Interes

Kehidupan manusia dengan segala bentuk aktivitas keseharian dan kehidupan yang dilakukannya memang selalu menarik untuk dijadikan objek dalam foto. momen yang menarik tersebut bisa muncul karena dipicu oleh kegiatannya yang terasa unik dan tidak biasa. Baik itu aktivitas didalam adat budaya maupun aktivitas dalam kehidupan sehari-hari yang biasanya sangat berbeda dari kehidupan masyarakat Kota besar.

Human Interest dalam karya fotografi sendiri kalau dijabarkan adalah menggambarkan kehidupan pribadi manusia atau interaksi manusia serta ekspresi emosional yang memperlihatkan manusia dengan kehidupannya, kesemuanya itu membawa rasa ketertarikan dan rasa simpati bagi para orang yang foto tersebut.

Fotografi Human Interest mungkin sedikit berbeda dengan Jurnalistik, walaupun Foto human interest bisa dimasukan kedalam kategori jurnalistik juga. Foto Human Interest lebih banyak merekam suasana dan momen yang tidak biasa, semakin dramatis momen yang didapat semakin

sukses foto human interest tersebut. untuk fotografer yang sudah terbiasa memotret dan mengamati masalah-masalah sosial, maka objek yang berlatar belakang aktifitas manusia ini akan menjadi sebuah karya foto yang begitu menarik untuk dilihat dan tentunya tidak akan sulit untuk dilakukan. Namun masalahnya bagaimana sih memotret humant interest ini dengan baik apalagi buat kita yang baru belajar fotografi, memang memotret Human Interest terkadang tidak semudah yang kita bayangkan. Banyak problematika yang terjadi di lapangan seperti ada yang malu difoto, larangan, ataupun susah dalam mencari objek foto yang bagus.

Foto Human Interest

3. Foto Panggung

Foto panggug biasanya seperti pada saat acara Pernikahan, Pidato, Konser Musik, dll. Konser musik adalah obyek menarik untuk mengasah kemampuan fotografi kita, dari sifatnya yang dinamis sehingga memaksa kita harus cepat beradaptasi dalam membaca perubahan moodsampai dengan sifat pencahayaan yang menantang yang harus kita hadapi saat mengatur setting di kamera.

Foto Panggung, Konser Musik

4. Foto Alam

Memotret di alam bebas, adalah bentuk kegiatan positif yang memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Khususnya jika kita memotret wilayah hutan rimba ataupun gunung. Cuaca yang tak mudah di tebak dan medan yang di lalui juga tak mudah adalah kesulitan pertama bagi pecinta fotografi di alam bebas. Lalu, kita masih memikirkan perbekalan selama berkegiatan dan tehnik membawanya, tentu karena perjalanan yang tidak sebentar dan jauh, akan menimbulkan kelelahan tersendiri. Hasilnya, karena lelah maka saat kita memotret, hasilnya pun tak akan sempurna. Faktor ini juga yang membuat kita malas memotret, bahkan juga malas mengeluarkan kamera. Berikut adalah tips memotret di daerah gunung hutan rimba.

Perlu diketahui juga bahwa foto tentang alam bebas itu tidak selalu identik dengan foto yang harus diambil dengan menggunakan lensa sudut lebar untuk menangkap area yang luas. Melainkan bisa juga dengan lensa tele untuk detail dan sesuatu yang lebih khas. Bedanya, bila menggunakan lensa sudut lebar, pemotret harus bisa memastikan bahwa pemandangan alam bebas yang akan "dibingkainya" memiliki latar depan ( foreground ) yang menarik. Misalnya seperti ada bunga - bunga, bebatuan yang artistik, siluet sebuah benda ( refleksi ), bayangan pepohonan atau dedaunan untuk menciptakan kesan tiga dimensi yang kuat.

Foto Alam, Sungai kecil

5. Foto Landscape

Teknik foto landscape atau pemandangan adalah hobi dari banyak fotografer. Dengan dilengkapi dengan kamera digital SLR, kita dapat merekam keindahan ciptaan Tuhan dalam sekejab. Misalkan foto Sanset atau matahari terbenam mempunyai konotasi yang dalam dan romantis. Jika menambahkannya ke dalam foto pemandangan, maka pasti foto anda akan jauh berkesan di mata orang lain. Dan juga, beberapa saat sebelum dan sesudah sunset, matahari akan membiasi pemandangan anda dengan cahaya kuningnya yang hangat sehingga anda pasti akan menciptakan sebuah foto yang penuh dengan warna dan nuansa yang menarik. Cahaya matahari juga lebih soft/lembut pada saat “Golden Hour” ini, dan akan mempermudah mendapatkan exposure yang tepat di keseluruhan pemandangan tersebut.

Foto Landscape, Matahari Terbenam

6. Foto Still Life

Foto still life adalah menciptakan sebuah gambar dari benda atau obyek mati. Membuat gambar dari benda mati menjadi hal yang menarik dan tampak “hidup”, komunikatif, ekspresif dan mengandung pesan yang akan disampaikan merupakan bagian yang paling penting dalam penciptaan karya foto ini. subjek untuk fotografi still life tidak terbatas. Meskipun kepercayaan umum, fotografi still life tidak terbatas pada gambar hanya apel dan anggur. Bahkan sesuatu seperti gulungan benang dapat menarik dan menarik secara visual. Situs microstock seperti Shutterstock dan iStock yang melayani pengguna komersial memiliki permintaan yang tinggi untuk segala macam still life , sering benda yang sangat sederhana, seperti secangkir teh atau kunci.

Orang sering kali berpikir still life fotografi sebagai jauh lebih mudah daripada jenis lain fotografi seperti olahraga atau fotografi landscape. Dengan still life Anda memiliki kontrol penuh atas komposisi dan dapat mengatur benda mati persis bagaimana Anda inginkan mereka.Dan kadang-kadang, kualitas gambar still life yang baik bisa menjadi lebih menantang untuk foto. Itu karena mereka dekat sehingga mudah untuk melihat ketidaksempurnaan seperti noda pada sepotong buah yang biasanya akan berlalu tanpa diketahui.

Saat membuat foto still life , Anda perlu mengatur objek dalam komposisi menyenangkan. Anda harus mempertimbangkan menggunakan teknik komposisi klasik seperti "Rule of Thirds," "leading lines" atau "framing" untuk ide-ide tentang bagaimana menyusun terbaik gambar Anda. seni mengatur objek, dan gunakan imajinasi Anda. Misalnya, jika Anda mengambil gambar apel mencoba mengambil atau menggigit itu untuk memberikan beberapa bunga yang ditambahkan.

Foto Still Life, Bible

7. Foto Fauna

Foto fauna adalah jenis foto dengan berbagai jenis binatang sebagai obyek utama. Foto ini menampilkan daya tarik dunia binatang dalam aktifitas dan interaksinya. Memotret hewan merupakan Mahluk Hidup yang memiliki ekspresi dan keunikan tersendiri Sifat alami yang unik memmanjakan mata untuk dilihat. Memotret hewan memang umumnya diperlukan lensa tele (tele lens), terutama jika anda berada di alam liar. Begitu pula dengan di kebun binatang. Karena jika tidak, point of interest dan detail dari hewan tersebut tentunya tidak akan terlihat jelas. Kecuali jika anda memang niat untuk mengkomposisikan dengan alam naturalnya. Tebing, pohon, matahari tenggelam, bisa menjadi elemen yang menarik disamping hanya sekedar foto hewan ditengah-tengah frame.

Memotret hewan bukanlah hanya sekedar teknis. Hewan adalah makhluk hidup yang memiliki ekspresi dan keunikan tersendiri. Temukan sifat-sifat alami mereka yang unik. Foto singa mengaum garang, tentu lebih menarik ketimbang yang tengah terkantuk-kantuk dibawah pohon. Anjing yang tengah melompat menangkap frisbee, jauh lebih menarik ketimbang yang tengah melamun di depan kandangnya. Photography is a waiting game. Adakalanya seorang wildlife photographer harus menunggu berjam-jam atau berhari-hari untuk menunggu momen tertentu.

Pada saat Anda memotret Gunakan High Continuous Mode. Kita tidak akan pernah tau kapan momen terbaik dari hewan in motion akan kita dapatkan. Resikonya memang memory card akan cepat penuh, apalagi jika anda memakai format RAW.

Foto Fauna, Capung

8. Foto Arsitektur

Dalam memotret Arsitektur harus cukup cepat dalam menilai suatu kesempatan untuk memotret, artinya, jika melihat suatu moment, JEPRETLAH.. baik itu moment kegiatan manusia, apalagi dalam bidang arsitektur. Harus cukup tajam melihat Objek bangunan maupun abstrak bangunan untuk dijepret, karena dengan tajamnya penglihatan melihat moment tersebut, maka secara tidak langsung ide kreasi dalam foto akan muncul.

Cahaya sangat penting dalam foto arsitektur. Cahaya matahari maupun cahaya buatan (misalnya memakai flash, maupun senter) sangat menunjang efek shadow maupun arsitektural dari foto. Pada foto bangunan maupun cityscape kalian bisa menggunakan cahaya alami (matahari). Cahaya matahari yang baik digunakan dalam teknik lighting fotografi adalah pada jam 6-9 pagi dan jam 3-6 sore.

Pada foto arsitektur interior, biasanya menggunakan cahaya buatan, baik cahaya dari flash maupun cahaya yang berasal dari bangunan itu sendiri.

Penggunaan komposisi dan detail sangat penting di dalam bidang fotografi ini. Kalian dapat menggabungkan beberapa bentuk untuk lebih menonjolkan detail dari suatu abstrak bangunan. Sebaiknya foto jangan Over exposure, karena hal tersebut dapat menghilangkan detail bangunan dari foto.

Selain dari kesan warna-warninya, untuk lebih memberikan kesan dramatis pada foto, kalian bisa juga menggunakan multiple shoot penggabungan foto, memberikan efek mirror agar abstrak dari detail arsitektur terlihat, dan tentu saja dengan teknik pencahayaan yang tepat.Foto Arsitektur erat hubungannya dengan foto abstrak. Kalian dapat menciptakan imajinasi kalian hanya dengan melihat, mengamati objek dari arsitekur tersebut. Umumnya pada foto abstrak, sering dikaitkan dengan foto architecture details. Jadi, kalian dapat menciptakan dari foto sederhana menjadi FANTASTIC.

Foto Arsitektur, Menara Limboto

9. Foto Jurnalistik

Foto jurnalistik adalah foto yang digunakan untuk kepentingan pers atau kepentingan informasi. Dalam penyampaian pesannya, harus terdapat caption (tulisan yang menerangkan isi foto) sebagai bagian dari penyajian jenis foto ini. Jenis foto ini sering kita jumpai dalam media massa (Koran, majalah, bulletin, dll).

Dalam foto jurnalistik dikenal metde EDFAT (Entire, Details, Frem, Angle, Time). Metode EDFAD yai sebagai berikut:

a. Entrie (Keseluruhan), Ambil gambar keseluruhan lingkungan termasuk Manusianya. Cara ini dianggab banyak Fotogerafe Jurnalistik baik untuk mengenal subyek foto dan lingkungannya kepada Pembaca.

b. Detail (Kerincian), Bergeraklah maju mendekati Obyek untuk melihat lebih Detail. ajak Subyek untuk Berinteraksi, perhatikan, mata, rambut, apa yang dia pakai. ambil virsual yg kuat sebagai ciri khusus dari suyek ndan atur komposisi yang bagus.

c. frem (Bingkai), Atur mulai Viewfinder komposisi yang enak dilihat dengan memperhatikan elemen disekeliling subyek baik backgraund maupun foregraund.

d. Angle (Sudut pengambilan), Atur sudut pengambilan Gambir bar Dari bebagai sudut, biasa dari atas, bawah, dekat atau jauh, samping kiri atau kanan subyek.

e. Time (Waktu), Ambil ksempatan secepatnya jangan menunda waktu karena bisa saja peristiwa tersebut tidak terulang kembali, atau kesempatan ini akan diambil orang lain. dalam bahasa fotografi momen in time yang tepat.

Dilihat dari beberapa as[ek di atas maka foto jurnalistik dapat disebut sebagai suatu sajian dalam bentuk foto akan sebuah peristiwa yang terjadi, di mana peristiea tersebut berkaitan dendan aspek kehidupan manusia dan disampaikan guna kepentingan manusia itu sendiri. Kepentingan manusia dalam hal ini berupa kebutuhan akan informasi atau juga beita yang terjadi di seluruh belahan bumi ini.

Syarat umum untuk membuat foto berita dengan baik adalah:

-Memiliki pengetahuan konspesional;mempersoalkan isi (picture content, news content)

-Memiliki keterampilan teknis: mempersoalkan penyajian teknis yang matang secara fotografi.

Foto Jurnalisti

10. Foto sport

Menangkap atau merekam gerakan dalam sebuah gambar merupakan satu hal yang menjadi pemikiran banyak fotografer ketika mereka memotret event olah raga atau obyek gerak cepat yang lain. Sport Photography memang menawarkan peluang untuk memotret gerakan dari pesertanya, dan hampir dari semua tipe fotografi bisa memanfaatkan keuntungan dari penekanan gerakan dalam sebuah foto, bahkan ketika gerakan tersebut sangat kecil ataupun lambat.

Ada Dua cara untuk mendapatkan gerakan blur di dalam foto kalian, membuat subyek Sobat bergerak atau kamera kalian yang bergerak (atau keduanya). Pada pembahasan tentang Shutter Speed yang lalu kita sudah banyak membahas tentang obyek gerak.

Pada tipe pemotretan seperti ini, sebisa mungkin menjaga kamera tetap diam, jika tidak maka akan terlihat seperti semua yang ada di dalam frame tampak bergerak yang diakibatkan oleh penggunaan shutter speed yang lama. Pastikan kamera kalian jauh dari potensi guncangan, entah itu dengan menggunakan Tripod atau meletakkannya di atas benda yang kokoh.

Salah satu pengaturan yang paling penting dalam dunia fotografi yang menekankan pada gerakan adalah Shutter Speed. Perubahan sekecil apapun akan memberikan dampak yang besar pada hasil foto kalian, jadi setidaknya Sobat harus memilih mode pemotretan yang memberikan kalian kendali penuh.

Pernyataan diatas berarti menggunakan pengaturan kamera pada mode Manual atau Shutter Priority. Mode Shutter Priority merupakan pengaturan yang memperbolehkan kalian untuk mengatur Shutter Speed dan kamera memilih pengaturan yang lain secara otomatis seperti Aperture guna mendapatkan Exposure yang pas. Mode pemotretan ini akan sangat mempermudah kalian untuk mendapatkan efek gerakan yang ingin didapatkan, dan tentunya dengan hasil eksposure yang tepat. Alternatif lain adalah dengan menggunakan mode pangaturan kamera secara Manual. Sobat bisa memilih mode Manual jika kalian yakin bisa mengatur keseimbangan Apertura atau Shutter Speed.

Foto Sport, Skatebord

Bab 3

Penutup

1. Kesimpulan

Jenis-jenis Foto merupakan kategori foto yang menunjukkan keindahan foto. Cara dalam pengambilan foto. Ada beberapa jenis Foto yang Saya Bahas Dalam Makala ini, antara lain:

a. Fotografi Potrait

b. Fotografi Human Interes

c. Fotografi Panggung

d. Fotografi Sport

e. Fotografi Alam

f. Fotografi Fauna

g. Fotografi Landscape

h. Fotografi Arsitektur

i. Fotografi Still Life

j. Fotografi Jurnalistik

Sebelum melakukan pengambilan gambar alangkah baiknya jika direncanakan terlebih dahulu. Sehingga dapat dihasilkan foto yang baik sesuai keinginan.

Daftar Pustaka

A. Hamann, Horst. 2005. Paris Vertical. New York : TeNeues.B. 20Teknik%20Simpel%20untuk%20Foto%20Landscape%20_%20Teknik%20fotografi%20menggunakan%20Kamera%20Digital.htmC. Fotografi/leave a comment _ Thank you_ ---_.htmD. Teknik Fotografi Cara Membuat Foto Blur Pada Obyek Gerak.htm

Makalah Etika Filsafat dan Komunikasi

01 April 2014 08:47:15 Dibaca : 149

Nama: Mifta Fazil Salaula

NIM: 291413033

Jurusan: Ilmu Komunikasi

Abstrak

Filsafat identik dengan Yunani dan Romawi Kuno. Kita tanpa sadar atau tidak bersama orang barat berada pada nuansa penuh hormat pada filosof Yunani, Plato, Aristoteles, Socrates, Thales, dan kawan-kawan. Sehingga setiap kali para kritikus muda muslim memulai kajian, akan pura-pura kaget melihat tidak ada satupun karya dari Filsuf kita (muslim) sendiri yang tertera di catatan kaki karya ilmiah kita. Yang ada hanya Aristoteles CS. Adalah ironis kalau pembodohan sejarah seperti ini masih mengakar dikalangan terpelajar (baca: civitas akademik). Padahal dalam satu pengantar dari UNESCO di buku “Teknologi dalam Sejarah Islam” (Ahmad Y. Al-Hassan dan Donald R. Hill, Penerbit MIZAN, 1993) mengakui dengan mantap bahwa dunia Islam pada abad pertengahan banyak melahirkan pemikir luar biasa yang secara konteks keilmuan sama pentingnya dengan filsuf Yunani Kuno. Maka kita seharusnya sedari dulu tetap menghadap kiblat kita, bukan kiblat orang barat yang parsial.

BAB I

PENDAHULUAN

Kata Pengantar

Sebagaimana yang ramai dibahas sekarang dalam forum keislaman, karya-karya ilmiah mahasiswa muslim, dan penelitian para ilmuwan organisasi islam untuk memunculkan kembali ke permukaan nama dan karya tokoh muslim yang semakin dilupakan oleh dunia. Terkhusus untuk kita mahasiswa yang studi di tengah-tengah westernisasi yang bakal menjadi bibit keraguan dalam konsep keislaman generasi selanjutnya. Maka makalah ini adalah untuk mempertegas kepada para pembaca untuk mengisi ingatan akan kayanya produk peradaban islam khususnya di bidang filsafat.

Juga penulis memohonkan maaf apabila ada kesalahan dalam redaksi kalimat dan sistematika penulisannya. Semoga bermanfaat.

Rumusan MasalahApa saja karya dari 6[1] Filsuf Muslim?Bagaimana latar belakang dari 6 Filsuf ini?Tujuan MasalahMengetahui karya dari ke-6 Filsuf MuslimMengetahui latar belakang dari ke-6 Filsuf Muslim

BAB II

PEMBAHASAN

Ibnu Sina

Avicenna, begitulah sebutan orang Barat untuk Ibnu Sina. Beliau adalah cendekiawan muslim yang hidup pada abad ke-6 H atau ke-12 M, karyanya oleh orang Barat dianggap semenarik karya aristoteles dengan adanya penerjemahan karya-karyanya ke bahasa Latin yang menjadi indikasi kredibilitas seorang Avicenna.

Karya-karya Ibnu Sina Kitab An-Najat, membuktikan bahwa Ibnu Sina juga dikenal sebagai salah seorang yang bersikeras bahwa teknologi adalah salah satu dari cabang ilmu pengetahuan.Buku mengenai politik seperti: Risalah As-Siyasah, Fi Isbati an-Nubuwah, Al-Arzaq.Buku mengenai Tafsir seperti: Surah al-Ikhlas, Surah al-Falaq, Surah an-Nas, Surah al-Mu’awizataini, Surah al-A’la.Buku ilmu kedokteran seperti: Al-Qanun fi al-Thibb, al-Urjuzah fi At-Tibi, al-Adwiyah al-Qolbiyah, Kitabuhu al-Qoulani, Majmu’ah Ibn Sina al-Kubra, Sadidiyya.Logika: Al-Isyarat wat Tanbihat, al-Isyaquji, Mujiz, Kabir wa Shaghir, Al-Mantiq.Ilmu Fisika: fi Aqsami al-Ulumi al-Aqliyah Qamus el Arabi.Membahas tentang Filsafat: As-Syifa’, Hikmah al-Masyiriqiyyin, Kitabu al-Insyaf, Danesh Nameh, Kitabu al-Huduz, Uyun-ul Hikmah.

Ibnu Miskawayh

Sejarahwan, dokter, dan tentunya filosof adalah gelar yang disandang olehnya. Ibnu Miskawayh lahir di kota Ray (Iran) pada 320 H (932 M) dengan nama lengkap Abu Ali Ahmad bin Muhammad bin Yaqub ibnu Miskawayh dan wafat di Asfahan 9 Safar 421 H (16 Februari 1030 M). Beliau adalah seorang pelajar yang meminati sejarah dan filsafat, sehingga mendapat kesempatan istimewa menjadi pustakawan Ibn al-‘Abid dimana beliau dapat bergumul dengan ilmu pengetahuan serta mendapat akses lebih karena banyak bergaul dengan kaum elit. Setelah berangsur beberapa tahun sesudahnya Ibnu Miskawaih meninggalkan Ray pergi ke Baghdad untuk mengabdi di istana Pangeran Buwaihi sebagai bendaharawan dan beberapa jabatan lain. Masa tua beliau manfaatkan untuk belajar dan berkarya di bidang penulisan.

Karya-karya Ibnu Miskawayhas-Syiar (hukum)Tajarib al-Umam (sejarah)al-Musthafa (syair)kitab al-Asyribah (air untuk minum)Thaharat al-Nafs (sebuah naskah)Jawidan Khirad (motivasi)Ajwibah wa As’ilah fi al-Nafs wal-Aql (dalam majmu’ah tersebut diatas dalam raghib majmu’ah di Istanbul)al-Fauz al-AkbarTahzib al-Akhlaq (akhlak)Risalah fi al-Ladzdzat wa-Alam fi Jauhar al- Nafs (sebuah naskah)Al-Fauz al-Asgharal-Jawab fi al-Masa’il al-Tsalats (sebuah naskah)Usn al-Farid (motivasi)Tartib al-Sa’adah (tentang akhlak dan politik)Risalah fi Jawab fi su’al Ali bin Muhammad Abu Hayyan al-Shufi fi Haqiqat al-Aql (perpustakaan)al-jami’

Ar-Razi

Shaikh Al-Islam Muhammad bin Umar bin bin Al-Hasan At-Tamimy Al-Bakry Al-Qurasyi At-Tibristani Ar-Razi Asy-Syafi’i Al-Asy’ari, adalah nama lengkap Ar-Razi. Beliau lahir pada tanggal 25 Ramadhan 543 H di Ray (Iran) dan meninggal pada tahun 606 H. Ar-Razi dikenal sebagai pakar Ilmu Kalam atau Teologi, mufassir atau ahli tafsir, mantik atau ahli logika dan filosof. Dalam bidang agama beliau mempunyai posisi kehormatan dalam bidang Ushul Fiqh.

Karya-karya Ar-RaziKitab Tafsir Al-KabirKitab Tafsir Al-FatihahKitab Tafsir As-ShaghirKitab Nihayah Al-‘UkulKitab Al-Mahshul fi Ilmi Usul FiqhKitab Al-Mabahasul MasyriqiyahKitab Lubab Al-IsyaratKitab Al-Matholib Al-‘Aliyah fi HikmahKitab Al-Mu’alim fi Ushul FiqhKitab Al-Mu’alim fi Ushul Ad-DinKitab Al-Tanbihul Isyarah fi UshulKitab Al-Arbain fi Ushul Ad-DinKitab Siraj Al-QulubKitab Zubdatul Afkar wa Umdatul NizharKitab Sharh Al-IsyaratKitab Manakib Al-Imam Asy-Syafi’iKitab Tafsir Asma’ Al-HusnaKitab Ta’sis Al-TaqdisKitab Al-Thariqah Fi Al-JidalKitab Risalah fi Al-SoalKitab Muntakhib TankalusyaKitab Mabahas Al-wujub wa AdamKitab Mabahas Al-JidlKitab An-NabdhiKitab Al-‘Ala iyyah fi KhilafKitab Lawami ul Bayyinat fi Syarh Asma’ Al-Allah was-SifatKitab Fadhail As-Shahabat Ar-Rasyidin 28. Kitab Qhada’i wal QadriKitab Risalah Fi HuduthKitab Kitab Al-Lathai tu Al-Ghayaiyyah

dd. Kitab Syahu ‘Uyunul Hikmah

Kitab Syifa u Al-‘Uyyi minal KhilafKitab Al-Qhalqi wal Bi’siKitab Al-AkhlakKitab Ar-Risalah As-ShohibiyyahIbnu Rusyd

Nama lengkap, Abu al-Walid Muhammad bin Ahmad bin Muhammad bin Rusyd. Asalnya dari keturunan Andalusia, Ibnu Rusyd lahir di Cordova tahun 526-595 H atau 1126-1198 M. Ia lahir dan dibesarkan dalam keluarga ahli fiqh. Ayahnya seorang hakim, kakeknya juga seorang ahli Fiqh yang terkenal. Karena tinggal di tengah-tengah ahli fiqh, beliau sejak kecil sudah belajar fiqh di Sevilla. Beliau juga sempat belajar since dan ilmu kedokteran. Setelah belajar di Sevilla, beliau balik ke Cordova untuk melanjutkan studi, dan banyak membaca dan menulis buku-buku. Ibnu Rusyd dikenal sebagai filosof muslim besar pada periode terakhir dalam dunia filsafat Islam.

Karya-karya Ibnu RusydTahafut al-Tahafut. Buku ini membahas ruang lingkup ilmu kalam dan filsafat, sehingga sangat dikenal di kedua bidang tersebut. Lebih khusus lagi buku ini adalah argumen Ibnu Rusyd yang mendukung buku sebelumnya, yaitu Tahafut al-Falasifah.Al-Kasyf ‘an Manahij al-‘Adillah fi ‘Aqaid ahl al-Millah.Bidayah al-Mujtahid wa Nihayah al-Muqtashid. Buku perbandingan mazhab.Fashl al-Maqal Fi Ma Baina al-Himah Wa asy-Syirah Min al-Ittishal. Buku yang menjelaskan adanya persamaan antara filsafat dan syari’at.Al-Mukhtashar al-Mustashfa fi Ushul al-Ghazali.Risalah al-Kharaj. Buku tentang perpajakanKitab al-Kulliyah fi al-Thibb. Ensiklopedia kedokteranDhaminah li Mas’alah al-‘Ilm al-Qadim. Buku apendiks mengenai ilmu qadimnya Tuhan yang terdapat dalam buku Fashl al-MaqalAl-Da’awi. Buku tentang hukum acara di pengadilanMakasih al-Mulk wa al-Murbin al-Muharramah. Buku yang berisi tentang perusahaan-perusahaan negara dan sistem-sistem ekonomi yang terlarangDurusun fi al-Fiqh. Buku yang membahas beberapa masalah fiqh.

Muhammad Iqbal

Salah satu orang asing di Inggris yang dapat hak istimewa dengan diberinya gelar ‘Sir’ oleh Raja George V. Beliau lahir di Punjab pada tanggal 24 DzulHijjah 1289 H/ 22 Februari 1873 M. Pada abad pertengahan itu beliu hidup sebagai seorang pujangga terkenal berkat kontribusi pemikirannya yang banyak berpengaruh pada ummat muslim kala itu. Ayahnya adalah seorang sufi dan Ibunya sangat meninggikan nilai religius pada zaman yang saat itu krisis akan literasi ilmu agama Islam. Hingga beliau besar dengan status sufi, politisi, dan sastrawan.

Karya-karya Muhammad IqbalIlm al-IqtishadAsrar-i KhudiPayam-i MasyriqRumuz-i-BekhudiZabur-i-AjamBang-i-DaraBal-i-JibrilZarb-i Kalim dan bagian dariArmughan-e-HijazThe Development of Metaphysic in PersiaJavid NamaThe Reconstruction or Religious Thought in IslamMusafirZarb-I KalimBal-I JibrilLetters and Writings of Iqbal

Muhammad Arkoun

Bias dibilang Muhammad Arkoun adalah tokoh legendaris yang terdekat dengan kita karena beliau lahir pada abad ke-19 atau tepatnya 12 Januari 1928 M di Timur Tengah yakni, Aljazair. wilayah Berber di Taurit-Mimoun, Kabila, AlJazair. Arkoun menyelesaikan pendidikan dasar di desa asalnya, pendidikan menengah dan pendidikan tingginya di tempuh di kota pelabuhan Oran, sebuah kota utama di Aljazair bagian barat. Dia kemudian melanjutkan ke Universitas Sorbonne pada tahun 1969 M. Beliau adalah seorang pelajar aktif bahasa dan kesusasteraan Arab. Pada November 1992 di Yogyakarta. Ia sempat memberikan ceramah di UIN Yogyakarta dan Jakarta di depan forum LKiS dan beberapa lembaga lain.[2]

Karya-karya Muhammad ArkounRethinking Islam TodayMapping Islamic StudiesGenealogy, and ChangeThe Untought in Contemporary Islamic Thoughtal-Turath: Muhtawahu wa Huwiyyatuhu –sijjabiyatuhu wa salbiyatuhuMin al-Ijtihad ilal al-Naqd al-‘Aql al-Islamial-Fikr al-Ushuli wa Istihalat al-Ta’shil: Nahwa Tarikhin Akhbar li al-Fikr al-Islamial-Quran min al-Tafsir bil MauruthLectures de CoranMin Faysal al-Tafriqah ila Fasl al-Maqail: Aina huwa al-Fikr al-Islami al-Mu’ashirThe Concept of Authorithy in Islamic Thought,dan Religion and Society

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Ternyata banyak dari ke-6 Filsuf Muslim di atas adalah orang-orang terpandang oleh keilmuan mereka masing-masing. Kehormatan yang tentunya buat dunia islam, memperbanyak literasi keilmuan di khazanah perbendaharaan ummat muslim se-dunia, dan yang paling penting sebagai wujud kebanggan, maka marilah kita selalu ingat dan terus melanjutkan karya mereka di bidang ilmu pengetahuan.

Daftar Pustaka

Ahmad Y. Al-Hassan dan Donald R. Hill, Teknologi dalam Sejarah Islam, Bandung: MIZAN, 1993

Prof. Dr. H. Sirajuddin Zar, M.A., filsafat islam, filosof dan filsafatnya, Jakarta: Rajawali Pers, 2004

Drs. Sudarsono.SH., Filsafat Islam, Jakarta: PT. Rieneka Cipta, 1996

Anas Salahudin, Filsafat Pendidikan (Bandung : CV Pustaka Setia, 2011)

Karim, M. Abdul., Sejarah Pemikiran dan Peradaban Isla,. Yogyakarta: Bagaskara, 2011

[1] Ibnu Sina, Ibnu Rusyd, Ibnu Miskawayh, Ar-Razi, Muh. Iqbal, dan Muh. Arkoun

[2] http://ahmadbinhanbal.wordpress.com/2010/07/27/pemikiran-mohammed-arkoun-2/#_ftn1

asal usul bahasa

30 January 2014 14:56:42 Dibaca : 405

Resume

NAMA : Mifta Fazil Salaula

NIM :291413033

ü ASAL USUL BAHASA

Hingga kini belum ada suatu teori pun yang d terima luas mengenai bagaimana bahasa itu muncul di permukaan bumi. Ada dugaan kuat bahasa nonverbal muncul sebelum bahasa verbal. Teoretikus kontemporer mengatakan bahwa bahasa adalah ekstensi perilaku sosial. Lebih dari itu, bahasa ucap bergantung pada perkembangan kemampuan untuk menempatkanlida secara cepat di berbagai lokasi dalam sistem milik manusia yang memungkinkanya membuat berbagai suara kontras yang di prlukan untuk menghasilkan ucapan. Kemampun ini mungkin berhubungan dengan keamam0uan bmanusia lebih awal untuk mengartikulasikan isyarat-isyarat jari jemari dan tangan yang memudahkan komunikasi nonverbal. Konon , hewan primata (kera, monyet, gorila, dan sejenisnya) berevolusi sejak kira-kira 70 juta tahun lalu, di mulai dengan hewan mirip tikus kecil yang hidup sezaman dinosaurus. Jutaan tahun berlalu sebelum hewan yang mirip monyet muncul pertama kalinya di Afrika, yang salah satu spesinya kemudian berkembang menjadi makhluk yang mirip manusia (Hominid) dengan otaknya yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan ukuran otak yang kita miliki. Hominit ini hidup anatara 5,5 juta dan satu juta tahun yang lalu.

ü FUNGSI BAHASA DALAM KEHIDUPAN MANUSIA

Mengapa manusia berbahasa dan mengapa terdapat banyak bahasa di dunia? Kemampuan berbahasa manusia yang mendadaknya dari hewan lain yang lebih rendah , merupkan akibat dari pembesaran dan perkembangan otakmanusia. Salah satu pandangan mengatakan bahwa orang-orang yang hidup di bebagai bagian dunia merasa perlu merancang solusi untuk memecahkan masala yang mereka hadapi. Dalam hal ini, mereka menciptakan berbagai cara hidup, dan bersama hal itu, bahasa-bahasa berlainan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Misalnya, cara hidup orang eskimo yang unik harus menawarkan cara-cara bagi orang-orang ini untuk mengatasi lingkungan mereka. Ini mungkin bisa ,menjelaskan mengapa terdapat banyak dalam kosa kata eskimo yang merujuk pada salju.

Kita sering tidak menyaadari pentingnya bahasa, karena kita sepanjang hidup menggunakanya. Kita baru sadar bahasa itu penting ketika kita menemui jalan buntu dalam menggunakan bahsa, misalnya ketika kita berupaya berkomunikasi dengan orang yang sama sekali tidak memahami bahasa kita yang membuat kita frustasi; ketika kita sulit menerjemahkan suatu kata,frase, atau kalmiat dari suatu bahasa ke bahasa lain; ketika kita menulis lamaran pekerjaan atau di wawancarai dalam bahasa inggris untuk memperoleh pekerjaan yanag bagus.

ü Kata-kata yang bersifat ambigu kontekstual

Berbicara tentang komunikasi verbal yang porsinya hanya angka 35% dari keseluruhan komunikasi kita,banyak orang tidak sadar bahwa bahasa itu terbatas. Keterbatasan bahasa tersebut dapat kita uraikan sebagai berikut.

Keterbatasan Jumlah Kata Yang Tersediah Untuk Mewakili Objek.

Kata-kata adalah kategori-kategori untuk merujuk pada objek tertentu: oran, benda, peristiwa, perasaan, dan sebagainya. Tidak semua kata tersedia untuk merujuk pada objek. Suatu kata hanya mewakili realitas, tetapi bukan realitas itu sendiri. Dengan demikian,kata-kata pada dasarnya bersifat persial, tidak melukiskan sesuatu secara eksak. Oleh karena itu,ada kalnya kita sulit menamai suatu objek. Mesalnya, nama apa yang harus kita berikan pada sebuah benda yang bentuknya mirip pintu, tetapi berukuran kecil, misalnya 50 cm x 20 cm: pintu, pintu kecil, jendela, jendela kecil, lubang angin, atau apa? Contoh lain, apakah universitas itu? Haruskah suatu universitas memiliki gedung? Haruskah suatu universitas memiliki sejumlah profesor, juga perpustakaanya dan tim olahragahnya? Dapatkah kita menamakan lembaga penjual gelar yang merak di negara kita, atau lembaga di luar negeri yang mereka wakili,sebagai universitas? Kalau tidak, mengapa mereka menawarkan gelar yang lasim di tawarkan universitas?

Kata-kata bersifat ambigu dan kontekstual

Kata-kata bersifat ambigu, karena kata-kata merepresentasikan persepsi dan interpretasi orang-orang, yang menganut latar blakang sosial budaya yang berbeda-beda. Oleh karena itu, terdapat bebagai kemungkinan untuk memaknai kata-kata tersebut. Konsep dan lain-lain (dll.), dan sebagainya (dsb.), dan seterusnya (dst.), yang semacamnya , sedemikian rupa, hingga drajat tertentu, kira-kira, dan lebih kurang, sebenarnya menunjuhkan bahwa tidak ada pernyataan yang dapat mewakili dunia nyata. Meskipun terdapat pengetahuan yang komprehensif mengenai suatu subjek, akan selalu ada hal lain atau hal baru untuk di pertimbangkan. Juga suatu wawasan dalam tanda petik (“...”) menunjukan bahwa gagasan tersebut masih di ragukan, atau tidak di anggap kebenararn mutlak. Kata-kata selalu, sering, setiap orang, semua orangdan dengan terartur, sebenarnya bersifat ambigu. Kata berat mempunyai makna yang nuansanya beraneka ragam, misalnya: Tubuh orang itu berat;kepala saya berat; ujian itu berat; dosen itu memberikn sanksi yang berat kepada mahasiswa yang nyontek; awan berat menggantung di langit; saya belum makan makanan berat hari ini; sore ini ada pertandingan tinju kelas berat, dan sebagainya. Begitu juga kata panas, seperti dalam kalimat atau farse, “Hari ini panas,” “Kopi panas,” “Adik sakit panas,” “Adegan panas dan sebagainya.

ü Kata-kata yang menmgandung bias budaya

Bahasa terkait dengan konteks budaya. Dengan ungkapan lain,bahasa dapat di pandang sebagai perluasan budaya. Menurut Hipotetis Sapirwhorf, sering juga Teori Relativitas Linguistik, sebenarnya setiap bahasa suatu dunia simbolik yang khas, yang melukiskan realitas pikiran, pengalaman batin, dan kebutuhan pemakainya. Jadi bahasa yang berbeda sebenarnya mempengaruhi pemakainya untuk berpikir, melihat lingkungan, dan alam semesta di sekitarnya dengan cara yang berbeda, dan karenanya berperilaku secara berbeda pula. Hipotetis yang dikemukakan Benjami Lee Whorf dan mempopulerkan serta menegaskan pandangan gurunya Edward Sapir ini menyatakan bahwa (1) Tanpa bahasa kita tidak dapat berpikir; (2) Bahasa mempengaruhi persepsi; dan (3) Bahasa mempengaruhi pola berpikir. Hipotetis Sapir Whor ini tampaknya sulit di uji. Sebabnya,pertama, kita sulit mendefinisikan berpikir; kedua, kita lebih sulit lagi menemukan orang yang tidak berbahasa, sebagai pembandinganya. Dengan kata lain, kita tidak punya cara menafsirkan realitas tanpa menggunakan bahasa.

ü Keterbatasan bahasa tersebut dapat kita uraikan sebagai berikut:

Keterbatasan jumlah kata yang tersedia untuk mewakili objek yaitu kata-kata adalah kategori-kategori untuk merujuk pada objek tertentu.kata-kata sifat dalam bahasa cenderung dikotomis (oposisibiner),misalnya baik buruk.keterbatasan jumlah Kategori untuk menamai objek sebenrnya berfungsi untuk mengendalikn lingkungan kita,dan memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan orang lain dan berbagai pengalaman serta pengetahuan dengan mereka.Kata-kata bersifat ambigu dan kontekstual rtinya kata-kata bersifat ambigu,karena karena merepresentasikan persepsi dan interprestasi orang-orang,yang menganut ltar belakang social budaya yang berbeda-beda.oleh karena itu,terdapat berbagai kemungkinan untuk memaknai kata-kata tersebut.meskipun terdapat pengetahuan yang komprehensip mengenai suatu objek,akan ada suatu hal lain atau hal baru untuk di pertimbangkan.

Kata budayawan sangat ambigu,bias di artikan cendekiawan (yang juga masih ambigu) atau seniman.para politisi dalah kelompok orang yang paling senang mengunakan kata-kata ambigu,untuk mengatakan segalanya atau tidak mengatakan apapun,karena mereka khawatir komentar yang konkret dan spesifik vakan menyinggung perasaan suatu kelompok.Oleh karena kata-kata bersifat kontekstual,terkadn kita sulit mencari padanan suatu dalam bahasa lain.contohnya kata amis dalam bahasa sunda berarti “manis”dlam bahasa Indonesia,namun manis di sana merujuk pada manis menurut lidah,bukan manis menurut pandangan mata.

Menurut Hubert Al-exander,makna harus di anggap sebagai proses ketimbang sesuatu yang statis.kata-kata baru muncul,sementara kata-kata lam pelan-pelan menghilang,satu demi satu.gaya bahasa yang dulu popular kini menjdi klise.Prinsip bahwa kata-kata bersifat kontekstual sebenarnya mengisyaratkan bahwa aturan-aturan baku dalm berbahasa tidaklah mutlak.

Kata-kata mengndung bias budaya artinya bahasa terikat oleh konteks budaya.dengan ungkapan lain,bahasa di pandang sebagai perluasan budaya.Menurut Hipotesis Sapir-whorf,sering juga di sebut teori Relativitas linguistic,sebenarnya setiap bahasa menunjukan suatu dunia simbolik yang khas,yang melukiskan realitas pikiran,pengalam batin,dan kebutuhan pemakainya.jadi bahasa yang berbeda sebenarnya mempengaruhi pemakaianya untuk berfikir,melihat lingkungan dan alam semesta di sekitar dengan cara yang berbeda,dan karenanya berperilaku secara berbeda pula.hipotesis Sapir-Whorf ini tampaknya sulit di uji.sebabnya,pertam,kita sulit mendefinisikan berfikir;kedua,kita lebih sulit lagi menemukan orang yang tidak berbahasa,sebagai pembadinganya.Dengan kata lain,kita tidak punya cara menafsirkan realitas tanpa mengunakan bahasa.Percampuradukan fakta,penafsiran,an penilaian artinya dalam berbahasa kita sering mencampuradukan fakta (uraian),penafsiran (dugaan) ,dan penilaian.

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mencampuradukan fakta dan dugaan.bnyak peristiwa yang kita anggap fakta sebenarnya merupakan dugaan yang berdasarkan kemungkinan.

ü KERUMITAN MAKNA KATA

Lewis Caroll adalah ahli matematika dan logika inggris yang nama aslinya adalah Charles Lutwidge Dodgson. Ia diknal bukan karena adlinya bagi matematika atau logika, melainkan sebgai pengarang Alice’s Adventures in Wonderland dan trouhg the Looking-Glass. Karya-karyanya besar ini terkadang di sebut sastra “omong-kosong” (“nonsense” literature). Caroll sangat memperhatikan logika kata-kata dan bagaimana kata-kata merepresentikan realitas, seperti dalam suatu petikan dari karyanya Trouhg the Looking-Glass:

Humpty-Dumpty berkata: “Ada kegemilangan buat kamu.”

“Aku tidak tahu apa yang kamu maksudkana dengan kegemilangan’,”kata Alice.

Humpty-Dumpty tersenyum meremehkan. “Tentu saja kamu tidak tahu –hingga kukatakan kepadamu. Maksudku, ‘ada sebuah argumen yang mudah dibongkar –psang bagi kamu’.”

”Tetapi ‘kegemilngan’ tidak berarti argumen yang muda di bongkar pasang,” Alice menyanggah.

“Ketika aku menggunakan suatu kata ,” Humpty-Dumpty berkata dengan nada yang agak mencemoh, “Makna kata itu kupilih sendiri-tidak lebih tidak kurang.”

“Persoalannya adalah,”Kata Humpty Dumpty siapa yang menjadi Tuan-itu saja.”

Makna dapat pula di golongkan ke dalam makn:makna denotatif dan makn konotatif.mkna denotative adalah makna yang sebenarnya (factual),seperti yang kita temukan dalam kamus.karena itu.makna denotatif lebih bersifat public.sejumlah kata bermakna denotative,namun banyak kata juga bermakna konotatif,lebih bersifat pribadi,yakni makna di luar rujukan objektifnya.dengan kata lain,makna konotatif lebih bersifat subjektif dan emosional dari pada makna denotative.Sebagai contoh secara denotatif,mobil adalah kenderaan beroda empat.Namun mobil mungkin memberi makna khusus bagi seseorang.misalnya kemarahan seseorang yang baru di pecat dari sebuah pabrik mobil.

ü NAMA SEBAGAI SIMBOL

Seperti yang kita bahas di muka,dimensi pertama atau fungsi pertama bahasa adalah penaman.nama diri sendiri adalah symbol pertama dan utama bagi seseorang.Namun dapt melambangkan status,cita-rasa budayauntuk memperoleh citra tertentu (pengolaan pesan) atau sebagai nama hoki.Nama pribadi adalah unsurpenting identitas seseorang dalam masyarakat,karena interaksi di mulai dengan nama dan baru kemudian di ikuti dengn atribut-atribut lainya.

Nama adalah bagian dari konsep-diri yang sangat penting bahkan nama juga menunjukan kesadaran seseorang.Perubahan nama orang yang tadinya non-Muslim menjadi muslim adalah salah satu pertanda perubahan jati dirinya dan hubunganya dengan lam semesta.maka Margaret marcus menjadi Maryam jamilah.Nama dan artinya begitu penting hingga pernah masyarakat jepang rebut gara-gara seorang anak dinamai dengan nama yang berarti setan atau iblis.

Nama jelas bersifat simbolik.Nama yang di anggap bagus atau keren menimbulkan kesan yang positif pada pendegar atau pembaca nama itu.Terdapat bukti bahwa nama-nama yang lazim memberi kesan lebih baik dari pada nama-nama kurang lazim.suatu penelitian menemukan bahwa penyandang nama-nama seperti David.bahkan anak-anak pun punya stereotip mengenai nama,dan stereotip ini mempengaruhi interaksi mereka dengan teman sebaya.Nama-nama yang agak lazim cenderung lebih popular dari pada nama-nama yang tidak lazim.

ü BAHASA GAUL

Orang-orang yang punya latar belakang social budaya berbeda lazimnya berbicara dengan cara berbeda.perbedaan ini boleh jadi menyangkut di alek,intonasi,kecepatan,volume (keras atau lemahnya),dan yang pati adalah kosakatanya.cara bicara danv pilihan kata ilmuwan berbeda dengan cara bicara orang batak.bahasa yang di gunkan dalam suatu lingkungan sering tidak berfungsi bila di gunakan dalam lingkungan lain.

Sejumlah kata atau istilah punya arti khusus,unik,menyipang,atau bahkan bertentangan dengan arti yang lazim ketika di gunakan oleh orang-orang dari subkultur tertentu.bahasa subkultur ini di sebut bahasa khusus (special language),bahasa gaul atau orgot meskipun orgot sebenarnya merujuk pada bahasa khas yang digunakan setiap komunitas atau subkultur apa saja (termaksud kelompok seniman),orgot lebih sering merujuk pada bahasa rahasia yang di gunakan kelompok (deviant group),seperti kelompok preman,dan lain sebagainya.Kata monster berarti sukses besar (bukan raksasa) dalam subkultur music cadas (rock) di amerika.Dalam bahasa khusus subkultur kulit hitam di amerika (disebut ebonics),bad berarti sangat bagusV (bukan jelek).

Penciptan bahasa khusus ini memiliki fungsi tertentu bagi kelompk penggunanya.pertama,sebagai kontrabudaya dan sarana pertahanan diri,terutama bagi kelompok yang hidup di lingkungan yang memusuhi mereka.mereka berkomunikasi dengan bahsa gaul mereka yang tidak dapat di pahami kelompok luar.kedua,orgot berfungsi sebagai sarana kebencian kelompk tersebut terhadap budaya dominan,tanpa di ketahui kelompok dominan dan di hokumoleh mereka.ketiga,orgot berfungsi sebagai sarana memelihara identitas dan solidaritas kelompok.Argot memungkinkan mereka mengenal orang dalam dan membedakan mereka dengan orang luar.

Bahasa kaum selebriti kalangan selebriti kita pun memiliki bahasa gaul.contohnya baronang=baru.Bahasa gay dan bahasa waria di Negara kita bahasa gaul kaum selebriti teryata mirip dengan bahasa gaul kaum gay (homoseksual) dan vjuga bahasa gaul kaum waria atau banci.Bahasa kaum waria adalah sebagaimana dari bahasa gaul yang di anut sebuah komunitas banci (waria) di pekanbaru.

ü BAHASA WANITA VS BAHASA PRIA

Tampaknya wanita dan pria pun mempunyai kosakat berlainan,Sebagaiman di tunjukan berbagai penelitian.salah satu seabnya adalah sosialisasi mereka yng betbeda,khususnya minat mereka yang berlainan terhadap berbagai aspek kehidupan.teryata wanita juga kurang rasa humor,mereka kurang pandai menyampaikan lelucon dan sering tidak paham arti lelucon yang di sampaikan pria.di samping itu,wanita lebih enggan menyumpah dan memaki.

Wanita menggunakan lebih banyak pertayaan dari pada pria dan mereka menggunakanya sebagai strategi pemeliharaan percakapan.pria cenderung tidak mengakui apa yang di katakan sebelumnya,melainkan menyatakan pendapatnya.karena perbedaan gaya ini,wanita mungkin merasa bahwa komentrar mereka di abaikan sementara pria merasa bahwa mengubah topic secara implisit menyatakan persetujuan.pria cenderung mengubah topic secara tiba-tiba,sementara wanita mengubah topic secara bertahap.Deborah Tannen (1990) mengatakan bahwa wanita cenderung menata pembicaraan secara kooperatif,sedangkan pria cenderung menantanya secara kompetitif.Tannen (1990) juga berpendapat bahwa wanita cemderung terlibt dalam “pembicaran hubungan”sedangkan pria cenderung terlibat dalam “pembicaraan laporan”.pembicaraan hubungan berpusat pada perasaaan atau memelihara hubungan dengan orang lain,sedangkan pembicraan hubungan berpusat pada informasi factual tentang pa yang sedang berlangsun,misalnya dunia olahraga.

Terdapat juga perbedaan pragamatik antara bahasa waita dengan bahasa pria.wanita menggunakan lebih banyak pembicaraan ekspesif(untuk menyatakan emosi “saya khawatir apakah laporan itu bias selesai hari ini.” “saya senang setiap orang mempunyai kesempatann berbicara”).

ü RAGAM BAHASA INGGRIS

Bahasa inggris yang lebih universal pun teryata tidak konsisten dalam ejaannya,pengucapannya,Pilihan kata dan juga maknanya.bahasa inggris telah berkembang menjadi beberapa ragam antara lain:inggris-inggris,(british English) ,inggris-amerika,inggris-australia,inggris-filipina,dan inggris-singapura.

Orang amerika mengucapkan kata-kata class,fastglass,grass,dan broadcast menjadi kles.,fes,gles,gres.,dan brodkes.sedangkan orang inggris akan menggucapkan kata-kata itu menjadi klas,fas,glas,dan brodkas.

ü PENGALIHAN BAHASA

Komunikasi dalam bahasa yang sama dapat menimbuulkan salah pengertian,apalagi bila kita ridak menguasai bahasa lawan bicara kita.untuk melkukan komunikasi yang efektif,kita harus menguasai bahasa mitra komunikasi kita.dalam konteks inilah kita setidaknya perlu menguasai bahasa inggris (sebagai bahas internsional)vuntuk menjadi seorang komunikator) yang efektif.

Perbedaan bahasa dapat menimbulkan kesulitan lebih jauh dari pada sekadar kekeliruan penerjemaan.kita sering sulit menerjemahkan sebuah kata ke bahasa lain itu,meskipun kita bias mengira-gira artinya.bahkan kita mampu menerjemahkan satu bahasa ke bahasa laindengan kecermatan yang harfiah,maknanya yang dalam sering hilang karena makna tersebut berakar dalam budaya bahasa tersebut.

Berdasarkan asumsi bhwa bhasa adlah cermin suatu alam pikiran,dapat di mengerti bias istilah-istilah yang berkaitan dengan teknologi canggih dari Negara asing seperti computer misalnya drive,monitor,keyboard,mouse,file,dan printer.tetap di biarkan dalam bahasa aslinya,karena sulut di carikan padanannya,dan kalaupun ada padanannya,terkesa ganjil.

Sebaliknya,frase atau kalimat dalam bahasa Indonesia tidak bias di terjemahkan begitu saja,secara kata per kata,ke dalam bahasa inggris,seperti contoh: air putih menjadi white water.

ü KOMUNIKASI KONTEKS-TINGGI VS KOMUNIKASI KONTEKS-RENDAH

Setiap orang secara pribadi punya gaya khas dalam berbicara,bukan hanya caranya tetapi juga topik-topik yang di bicarakan.kekhasan ini umunya di warisi seseorang dari budayanya.Edward T.Hall (1973) membedakan budaya konteks-tinggi (high-conteks culture) dengan budaya konteks-rendah (low-context culture).yang mempunyai beberapa perbedaan penting dalam cara penyadian pesanya.budayakonteks-rendah di tandai dengan komumikasi konteks-rendah:pesan verbal dan ekplisit,gaya bicara langsung,lugas ,dan berterus terang.para penganut budaya konteks-rendah ini mengatakan apa yang mereka maksudkan (they say what they mean) dan memaksudkan apa yang mereka katakana (they mean what they say).sebaliknya budaya konteks-tinggi di tandai dengan komunikasi konteks-tinggi:kebanyakan pesan bersifat implisit,tidak langsung,dan tidak terus terang.pesan yang sebenarnya mungkin tersembunyi dalam perilaku nonverbal pembicara:intonasi suara,gerakan tangga,postur badn,ekspresi wajah,tatapan mata atau bahkan konteks fisik (dandanan,penatan ruangan,bendah-bendah,dan sebagainya).

ü KOMUNIKASI NONVERBAL

Secara sederhana,pesan nonverbal adalah semua isyarat yang bukan kata-kata.Menurut Larry A.Samovar dan Richard E.Porter,komuniasi nonverbal mencakup semua rangsangan (kecuali rangsangan verbal) dalam suatu setting komunikasi,yan di hasilkan oleh individu,yang mempunyanilai potensial bagi pengirim atau penerimah:jadi defenisi ini mencakup perilaku yang di segaja juga tidak di segaja sebagai bagian dari peristiwa komunikasi secara keseluruhan;kita mengirim banyak pesan nonverbal tanpa menyadari bahwa pesan-pesan tersebut bermakna bagi orang lain.Pesan-pesan nonverbal sangat berpengaruh dalam komunikasi.

Sebagaiman budaya,subkultur pun sering memiliki bahasa nonverbal yang khas.dalam suatu budaya boleh jadi terdapat variasi bahasa nonverbal,misalnya bahasa tubuh,bergantungan pada jenis kelami,agama,usia,pekerjaan,pendidikan kelas social,tingkat ekonomi lokasi geografis,dan sebagainya.B.J Habibie menjadi presiden (dalam era reformasi),ia berprinsip,menumbuhkn tradisi baru,yakni saling menempelkan pipi,ketika ia bertemu dengan pejabat bawahanya dan tokoh lain.akan tetapi,begitu habibie turun dari jabatnya,di gantikan Abdurrahman Wahid,kebiasan baru elite politik ini redup kembali,berganti dengan sesekali cium tangan.

Dibamdingkan dengan studi komuniksi vetbal,studi komunikasi nonverbal sebenarnya masih relative baru.bila bidang pertama di ajarkan pda zaman yunani kuno,yakni studi tentang persuasi,khususnya pidato,studi paling awal bidang kedua mungkin naru di muli pada tahun 1873 oleh Charles Darwin yang menulis tentang ekspresi wajah.sejak itu banyak orang mengkaji pentingnya komunikasi nonverbal demi keberhasilan komunikasi,bukan hanya ahli-ahli komunikasi ,tetapi jug antropolog,psikolog,dan sosiolog.simbol-simbol nonverbal lbih sulit di tafsirkan dari pada simbol-simbol verbal.tidak ada satupun kamus andal yang dapat membantu penerjemahan symbol nonverbal.

Ada dugaan bahwa bahasa nonverbal sebangun dengan bahasa verbalnya.artiny pada dasarnya suatu kelompok yang punya bahasa verbal khas juga di lengkapi dengan bahasa nonverbal khas yang sejajar dengan bahasa verbal tersebut.

Salah seorang pengagas bahwa gerakan nonverbalbitu sinkron dengan bahasa verbalnya.artinya,pada dasarnya suatu kelompok yang punya bahasa verbal William condon,setelah ia menganalisis ucapan dan gerakan tubuh secara terperinci,dengan menggunakan kamera film berkecepatan tinggi di lengkapi suara.condon menduga bahwa tidak ada isyarat,bahkan tidak ada kedipan mata,yang bersifat acak.

Sebagai ilustrasi terdapat perbedaan dalam perilaku nonverbal-seperti juga dalam perilaku verbal-antarav pria dan wanita.wanitab lebih unggul dari pada pria dalam mengekspresikan,ketakutn,cinta,kemarahan,dan kebahagiaan.wanita lebih banyak tersenyum,dan lebih sering membalas senyuman orang lain.

ü FUNGSI KOMUNIKASI NONVERBAL

Meskipun secara teoriitis komunikasi nonverbal dapat di pisahkan dari komunikasi verbal,dalam kenyatan kedua jenis komunikasi itu menjalin dalam komunikasi tatap muka sehari-hari.

Istilah nonverbal biasanya di gunakan untuk melukiskan semua peristiwa komunikasi di luar kata terucap dan tertulis.pada saat yang sama kita harus menyadari bahwa banyak perisitwa dan perilaku nonverbal ini di tafsirkan melalui symbol-simbol verbal.dalam pengertian ini,perisitwa dan perilaku nonverbal ini tidak sungguh-sungguh bersifat nonverbal.

Tidak ada struktur yng pasti,tetap dan dapat di ramalkan mengenai hubungan antara komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal.akan tetapi kita dapat menemukan setidaknya tiga perbedaaan pokok antara komunikasi verbal dan komuniaksi nonverbal.

Pertama, sementara perilaku verbal adalah saluran tunggal,perilaku nonverbal bersifat multisaluran.Kedua,pesan verbal terpisah-pisah,sedangkan pesan nonverbal sinambung.artinya,

Orang dapat mengawali dan mengakhiri pesan verbal kapanpun ia menghendakinya, sedangkan pesan nonverbal tetap “mengalir” epanjang ada orang yang hadir di dekatnya.

Ketiga,komunikasi nonverbal mengandung lebih banyak muatan emosional dari pada komunikasi verbal.semmentara kat-kata umumnya di gunakan untuk menyampaikan fakta,pengetahuan,atau keadaan,pesan nonverbal lebih potensial untuk menyatakan perasaan seseorang,yang terdalam sekalipun,seperti rasa saying atau sedih.

Menurut Paul Ekman ada lima fungsi pesan nonverbal seperti yang dapat di lukiskan dengan mata,yakni sebagai.

Emblem gerakan mata tertentu merupakan symbol yang memiliki kesetaraan dengan symbol verbal.kedipan mata dapat mengatakan “saya tidak sungguh-sungguh”Illustrator,pandangan ke bawah dapat menunjukan depresi atau kesedihanRegulator,kontak mata berarti saluran percakapan terbuka.memalingkan muka menandakan ketidaksedihan berkomunikasi.Penyesuai,kedipan mata yang cepat meningkat ketika orang berada dalam tekanan.itu merupakan respon tidak di sadari yang merupakan upaya tubuh untuk mengurangi kecemasan.Affect Display,pebesar manik mata (pupil dilation) menunjukan peningkatan emosi,isyarat wajah lainya menunjukan perasaan takut,terkejut,atau senang.

ü KLASIFIKASI PESAN NONVERBAL

Menurut Ray L.Birdwhistell 65% dari komunikasi tatap muka adalah nonverbal,sementara menurut Albert Mehrabian,93% dari semuia makan social dalam komunikasi tatap muka di peroleh dari isyarat-isyarat nonverbal.

Kita dapat mengklasifikasikan pesan-pesan nonverbal ini dengan berbagai cara.Jurgen Ruesch mengklasfikasikan isyarat nonverbal menjadi tiga bagiaan:

Pertama bahasa tanda (sign language)Kedua bahasa tindakan (action language)Ketiga bahasa objek (objek language)

ü BAHASATUBUH

Bidang yang menelah bahasa tubuh adalah kinesika (kinesics), suatu istilah yang seorng perintis tudi bahasa non verbal, Ray L. Bird whisttel.

Isarat tangan
pengunaan isarat tangan dan maknanya jelas berlainan dari budya ke budaya. Meskipun di beberapa Negara, telunjuk di gunakan untuk menujauk sesuwatu,halite tdk sopan di Indonesia, seperti juga di Negri timur tegah dan timur jauh, tentu saja selalu ada kekecuwalia.Gerakankepala
di beberapa Negara, angukan kepalah malah berarti “tidak”, seperti di Bulgaria,sementara isarat utntuk “ya” di Negara itu adalah mengelengkan kepalaPostur tubuh dan posisi kaki
postur tubuh sering bersifat simbolik. Beberapa postur tubuh tertentu di asiosasikan dengan status social dan agama tertentu.

Postur tubuh mempengaruhi citra diri,beberapa penelitian di lakukan untuk di ketahui hubungan antara fisik dan karakter ataw temperamen. Klasifikasi bentuk tubuh yang di lakukan William Sheldon misalnya menunjukan hubungan antara bentuk tubuh dan temperamen.

Expresi wajah dan tatapan mata
kontak mata punya dua fungsi dalam kominikasi antar pribadi. Pertama,funsi pegatur, untuk memberi tau orang lain apakah andaakan melakukan hubungan dengan orang itu ataw mengindarinya. Kedua,fungsi expresif,ingin beri tau orang lain bagimana perasaan anda terhadapnya.

ü SENTUHAN

Studii tentang sentuh-menyentuhdisebut haptika (haptics).menurut heslin,terdapat lima kategori sentuhan,yang merupakan suatu rentang dri yng sangat impersonal hingga yang sangat personal.kategori-kategori tersebut adalah sebagai berikut.

Fungsional-profesional di sini sentuhsn betsifat dinding dsn beriorentasiv-bisnis.misalnya pelayan took membantu pelangan memilih pakaian.Social-sopan.perilaku dalam situasi ini membangun dan memperteguh penghrapn,aturan dan praktik social yang berlaku,mislanya berjabat tanggan.Persahabatan-kehangatan kategoori ini meliputi setip sentuhan yng menandakan afeksi atu hubungan yang akrab,misalnya dua orang yang saling merangkul setelah mereka lama berpisah.Cinta-keintiman ktegori ini merujuk pada sentuhan yang menyatakan keteriktan emosinal tau ketertarikan.mislanya mencium pipi orangtua dengan lembut.

ü PENAMPILAN FISIK

Perhatian pada penampilan fisik tampaknya universal.sekitar 40000 tahun lalu orang-orang purba menggunakan tulang untuk menjadikan kalung dan hisan untuk kegiatan bisnis danya.Setiap orang punya persepsi mengenai penampilan fisik seseorang, baik itu busananya dan juga ornamen lain yng di pakainya, seperti kacamata, sepatu, tas, dan sebagainya.

ü BUSANA

Nilai-nilai agama,kebiasaan, tuntutan lingkungan, nilai kenyamanan, dan tujuan pencitraan, semua itu mempengaruhi cara kita berdandan.Di amerika, busana berwarna teduh di kenakan untuk kegiatan bisnis dan sosial.Banyak subkultur atau komunitas mengenakan busana yang khas sebagai symbol keanggotaan mereka dalm kelompok tersebut.

ü KARAKTERISTIK FISIK

Seoarang pria berwaja klinis boleh jadi bertanya kepada pria lain yang berjenggot, “mengapa anda berjenggot?” Padahal pertanyaan “mengapa anda berwajah klinis?” sama sah nya untuk di ajukan kepadanya.Di beberapa daerah di Indonesia timur, kumis dapat di anggap ciri kedewasaan.

ü BAU-BAUAN

Bau-bauan, teeutama yang menyenangkan telah ber abad-abad di gunkan orang, juga untuk menyampaikan pesan, mirip dengan cara yang juga di lakukan oleh hewan.Konon para ahli, setiap orang memiliki bau yang khas, berkah zat khas yang dari tubuhnya, meskipun ia tidak memakai minyak wangi apapun.Kita dapat menduga bagaimana sifat seseorang dan selerah makanya atau kepercayaannya berdasarkan bau yang berasal dari tubuhnya dan dari rumahnya.Berbeda persepsi atas bau-bauan dapat menimbulkan kesalah pahaman ketika orang-orang berbeda budaya berkomunikasi.

ü ORIENTASI RUANG DAN JARAK PRIBADI

Bagaimanakah hewan mempertahankan wilayah mereka? Sebagaimana burung bernyanyi selama masa perjodohan untuk memberitahu burung lain agar menjauh, seekor beruang akan mencakar kulit kayuh batang pohon, seekor srigala akan kencing di pinggir wilayahnya, dan seekor rusa akan mengeluarkan zat berbau dari kelenjar dekat lubang hidungnya.Setiap budaya punya cara khas dalam mengkonseptualisasikan ruang, baik di dalam rumah, di luar rumah ataupun dalam berhubungan dengan orang lain.

ü RUANG PRIBADI VS RUANG PUBLIK

Untuk membuktikan lebih seksama bahwa setiap orang mempunyai ruang pribadi ini – bila anda laki-lakia – hampirilah seorang wanita yang tidak anda kenal (yang biasanya ruang pribadinya lebih besar dari pada ruang pribadi orang yang anda kenal) sedekat mungkin dengan anda.Ruang pribadi kita identik dengan “wilayah tubuh” (body territory), satu dari empat kstegori wilayah yang di gunakan manusia berdasarkan perspektif Lyman dan Scott.Saat kita kuliah atau belajar di perpustakaan, sering kita menaru buku di meja atau meletakan jaket atau tas di kursi, sebagai tanda meja dan kursi itu adalah “milik” kita.

ü POSISI DUDUK DAN PENGATURAN RUANGAN

Setiap budaya mengkonsepsikan pola komunikasi di adik (dua orang) yang berlainan. Secara garis besar, orang barat berbicara berhadapan, sedangkan orang timur senang berbicara berdampingan atau membentuk siku-siku.Secara umum dapat di katakan, semakin formal penataan ruangan, semakin formal pulalah komunikasi yang di kehendaki.Penataan ruangan ini, baik ruang tertutup atau ruang terbuka, boleh jadi berkaitan dengan kepribadian, kebiasan atau dilandasi oleh kepercayaan atau ideology tertentu.Penataan ruangan atau gedung mempengaruhi cara berkomunikasi.

ü KONSEP WAKTU

Waktu menentukan hubungan antar manusia. Pola hidup manusia dalam waktu di pengaruhi oleh budayannya.Edward T. hall membedakan konsep waktu menjadi dua: waktu monokronik (M) dan waktu polikronik( P ).Penganut waktu M cenderung lebih menghargai waktu, tepat waktu, dan membagi-bagi serta menempati jadwal waktu secara ketat, menggunakan bsatu sekmen watu untuk mencapai suatu tujuan.Berdasarkan konsep waktu yang berbeda itulah, sopir bus umum di Negara kita tidak menjadwalkan waktu berangkat mereka, beerbeda dengan bus umum di Australia.

ü DIAM

Ruang dan waktu adalah bagian dari lingkungan kita juga dapat di beri makna. John cage mengatakan, tidak ada sesuatu yang di sebut ruang kosong atau waktu kosong.Dalam beberapa budaya, diam itu kurang di sukai dari pada berbicara. Dalam banyak situasi sosial kita menghargai pembicaraan, seberapa kosong pun pembicaraan itu.Akan tetapi, dalam beberapa budaya lain, diam itu justru menyenangkan.

ü WARNA

di Indonesia, warna merah muda adalah warna peminim (konon juga warna romantis yang di sukai orang jatuh cinta), sedangkan warna biru adalah warna maskulin.Dua warna bertolak belakang yang paling banyak di kupas dalam berbagai wacana, dri wacana keagamaan hingga fiksi adalah putih dan hitam.Oleh karna itu simbolik, warna bias menimbulkan pertikaian. Kita masih ingat, bagaimana golkar melakukan kuningnisasi di wilayah public selama kampanye pemilu 1997.

ü ARTEFAK

Artefak adalah benda apa saja yang di hasilkan kecerdasan manusia. Aspek ini merupakan perluasan lebih jauh dari pakaian dan penampilan yang telah di bahas sebelumnya.Tidak semua orang dapat membeli microwave, TV layar datar raksasa, sepeda balap berharga puluhan juta rupiah, apalagi sepeda motor Harley Davidson yang model terbarunya berharga ratusan juta rupiah.Salah satu benda yang sangat simbolik di kalangan anak muda adalah saputangan.Menlu amerika serikat dan menlu jepang menandatangani persetujuan pengambilan Okinawa pada tahun 1972 dalam suatu upacara yang secara serempak di siarkan di amerika serikat dan jepang.

 

Penegakan Hukum Kaca Mata Kuda

30 January 2014 14:56:12 Dibaca : 184

Nama : Mifta Fazil Salaula

Jurusan : Ilmu komunikasi

Tugas : Pkn

Topik: Penegakan Hukum Kaca Mata Kuda(Video 1)

Dengan realitas saat ini, hukum mudah menjerat rakyat kecil dan sulit menjangkau tingkat elit. Ini bisa di lihat bahwa, aparat negara hukum tidak cermat dalam menegakan hukum itu sendiri.

Contoh kasus seperti yang di muat dalam media, yaitu kasus seorang anak yang berumur 15 tahun yang telah mencuri sandal jepit sorang aparat kepolisian, ini tidak selayaknya di cantumkan atau di fonis dalam UU Hukum pidana BAB 3 pasal 45 menjelaskan bahwa menurut orang yang belum cukup umur (menerjang ) karna melakukan perbuatan sebelum umur 16 tahun, hakim dapat menentukan memerintahkan supaya yang bersalah di kembalikan kepada orang tua dan walinya atau pemeliharaanya tanpa pidana apapun atau memerintahkan supaya yang bersalah di serahkan pada pemerintah tanpa pidana apapun, yaitu : Jika perbuatan merupakan suatu kejahatan atau salah satu pelanggran hukum tersebut pasal 489, 492, 496, 503, 505, 514, 517, 519, 531, 532, dan 540 serta belum lewat belum dua tahun sejak di nyatakan salah satunya pelanggaran tersebut.

Di atas dan keputusanya menjadi tetap atas menjatuhkan pidana. KUHP pasal 489 jika ketika melakukan pelanggaran belum lewat satu tahun sejak adanya pemidanaan yang menjadi tetap karena pelanggaran yang sama denda dapat di ganti dengan kurungan paling lama tiga hari.

Analisis:

Hukum di indonesia sudah menjadi milik orang-orang yang berpangkat,dengan adanya pangkat,mereka memanfaatkan hukum sehingga orang-orang yang lemah slalu di tindas dan hukum selalu di jadikan senjata agar mereka lebih berkuasa. Negara indonesia dikenal oleh masyarakat secara umum sebagai Negara hukum, namun hal itu tidak sesuai lagi dengan realita yang ada. Karena masyarakat banyak menyaksikan penyelewengan hukum yang terjadi di indonesia ini. Sebagian penegak hukum telah buta dengan uang. Uang yang telah membuat buta mata para penegak hukum tertutup dari prinsip keadilan.” Penegak hukum melihat masyarakat indonesia tidak konprehensif. Banyak penegak hukum di indonesia membuat skenario seperti kronologi di atas korban menjadi tersangka, tersangka menjadi kebalikanya dan dalam menelah sebuah kasus, penegak hukum tidak bisa membedakan kesalahn produser dan subtansial dalam penyelidik kasus yang hubunganya dengan anggaran pemerintah. Dan jika di analisa perilaku yang di lakukan para penegakan hukum. Negara ini adalah kebutuhan yang menyudutkan,biasanya sering dilakukan penega hukum tanpa pemikiran yang sehat.

Solusi:

Pemerintahan indonesia semestinya lebih memperhatikan paragak hukum, agar aparat hukum bisa bersikap adil dalam menegakan hukum di Negara ini. Aparat hukum jangan hanya memberi keadilan pada kasus-kasus orang yang berduit.

Penjara Bagi Yang Berduit(Video 2)

Fikran Malik yang terpidanah kasus pembunuhan adik kelasnya di Universitas Al-Zhar yang hari ini mendapatkan fasilitas istimewa di lapas MK Cipinang.

Pasal 338 menyatakan bahwa, barang yang siapa merampas barang orang lain di ancam karena pembunuhan dengan pidana selama 15 tahun. Ironisnya bahwa tersangka memiliki fasilitas yang mewah di dalam penjara.

UU pemerintah NO 32 tahun 1994 pasal 28 ayat 3, Penghuni rumah tahanan atau lembaga pemesyarakatan tidak di perkenankan membawah pesawat, televisi, dan radio serta alat elektronik untuk kepentingan pribadi.

Pernyataan wakil mentri Hukum dan HAM, bahwa hal ini terjadi karena terdapat parah aparat yang bersekongkol dengan narapidana , pihaknya menyatakan akan ada yang namanya pembenahan terhadap kasus seperti itu.

Bahkan dunia Hukum ada yang menimbang,mendapatkan dan memutuskan maka seandainya saya katakan hukum hari ini dengan menimbang maka saya memutuskan bahwa para aparat hukum harus mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah di indonesia tidak spesifik lagi dengan peraturan yang sudah di tetapkan.

Analisis:

Penegak hukum di indonesia boleh di bilang sangat tidak adil para penegak hukum yang tidak konsisten dan juga para penega hukum yang terlihat memainkan skenarionya menutu-nutupi keslahan orang yang berduit,dan berita di atas memperjelas tidak keadilan para penegak hukum kepada perekonomianya rendah,hukum di indonesia ini dapat di beli bagi orang yang berduit.

Solusi:

Seharusnya pemerintah lebih memperhatikan penegak hukum di indonesia agar supaya penegak hukum lebih adil dan tanpa memandang yang berduit di beri fasilitas yang mewah. Karenanya agar masyarakat tidak melihat aparat hukum di indonesia adalah aparat hukum yang rakus dan aparat hukum yang hanya mementingkan diri mereka sendiri.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong