ARSIP BULANAN : June 2015

Tugas Komunikasi Gender

17 June 2015 16:35:38 Dibaca : 119

Nama : Delvita Hardianty Moo
NIM    : 291 414 062
M.K     : Komunikasi Gender

“BERJUANG SENDIRI”

          Gorntalo (1/6/2015) – Seorang wanita berumur 49 tahun harus rela untuk merantau ke wilayah orang lain untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Ia melakukan hal tersebut bukan tanpa alasan. Sejak ditinggal oleh suaminya pada tahun 2010, ibu Dian harus menghidupi kelima anaknya dengan usahanya sendiri. Segala cara ia lakukan selagi hal tersebut mendatangkan rezeki yang halal.
          Pada tahun 2011, ia mulai merantau ke Ternate. Disana ia berdagang pakaian. Sementara anak-anaknya masih menetap di Gorontalo. Ibu Dian merupakan contoh wanita yang tegar karena ia bisa melalui segala tantangan hidup seorang diri tanpa ada sosok suami yang mendampingi.
         Setiap hari ia mulai berjualan dari pukul 10.00 sampai pukul 23.00. Namun, usaha yang ia lakukan tak sebanding dengan hasil yang ia dapatkan. Pendapatannya masih belum mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari.
          Kelima anaknya harus rela pula untuk tinggal secara terpisah. Anak pertamanya tinggal di   Paguyaman bersama anak dan istrinya. Anak keduanya kuliah di Kota Ternate. Anak ketiganya kuliah di Universitas Negeri Gorontalo. Anak keempatnya putus sekolah dan saat ini berada di Kota Manado. Sementara anak kelimanya masih menempuh pendidikan sekolah dasar.
Setahun sekali ibu Dian pulang ke kampung halaman. Yakni pada saat menjelang lebaran. Disela – sela kesibukannya ia tetap menyempatkan waktu untuk berkumpul dengan keluarganya.