Perbedaan Bahasa Pria dan Bahasa Wanita

20 March 2017 11:45:50 Dibaca : 585

 


Ada pertanyaan mengenai mengapa bahasa pria berbeda dengan bahasa wanita? Pertanyaan ini menjurus kepada para wanita yang biasanya lebih suka menggunakan bahasa yang standar dibanding pria. Dalam kehidupan sosial, wanita cenderung lebih sopan dalam bertutur kata, jarang ada seorang wanita yang mengucapkan kata-kata kasar bahkan ada yang tak pernah melakukannya. Hal ini berbeda dengan pria yang menganggap hal itu biasa-biasa saja. Bahkan dikalangan pria, mereka cenderung bertegur sapa dengan kata-kata kasar. Alasannya karena mereka telah berteman dekat. Yang lebih parah dari itu adalah ada sebagian pria yang beranggapan bahwa jika ada teman prianya yang tidak pernah atau jarang mengucap kata kasar maka orang itu dianggap cupu, katro, kampungan dan lain sebagainya.

Begitu pula dengan panggilan dikalangan pria dan wanita. Para wanita lebih senang bila bertegur sapa menggunakan kata say, sayang, babe (baby). Begitupun seputar isi pembicaraan, wanita lebih senang membicarakan hal-hal ringan seputar gaya hidup, makanan, selebriti idola, kekasih masing-masing dan lain sebaginya. Sedang pria lebih suka membicarakan mengenai olahraga, bisnis, politik, dan hal-hal yang formal.

Hal ini yang kadang membuat status sosial wanita dimasyarakat lebih rendah dari pada laki-laki. Begitu pula dalam bidang pekerjaan, wanita cenderung menempati posisi kedua sangat jarang menempati posisi pertama, seperti menjadi sekretaris, karyawan biasa dan lain-lain.