Jembatan Pulubala ancam Keselamatan

16 May 2017 17:02:53 Dibaca : 32

PULUBALA – Sudah sekitar 2 bulan rusak parah, jembatan Pulubala yang menghubungkan dengan Kecamatan Bongomeme hingga kini belum juga mendapat perbaikan. Padahal, jembatan yang terletak di Desa Pulubala Kecamatan Pulubala ini merupakan salah satu akses penting.
Buktinya, masih banyak kendaraan yang terlihat melintasi jembatan ini. Meski terlihat sangat berbahaya, para pengendara dengan hati-hati melewati jembatan yang sebagiannya sudah hancur dihantam banjir bandang ini.
Anton (32), warga setempat mengatakan, kondisi ini sudah berlangsung sekitar bahkan lebih dari 2 bulan lamanya. Untuk itu pihaknya meminta agar pemerintah segera bertindak memperbaiki jembatan tersebut sebelum menelan korban jiwa. “Waktu air naik dia bage boronjong dan sebagian jembatan sampe ancor bagini, tapi sampe skarang tidak ada perbaikan,” keluhnya.
Sayangnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU), Sunarto Tangahu saat dikonfirmasi tak berada ditempat. Hanya saja salah seorang pegawai PU mengatakan bahwa mengenai jembatan tersebut merupakan kewenangan dari pihak BPBD. “Rusaknya jembatan itu disebabkan oleh bencana alam, jadi konfirmasi ke BPBD saja,” kata salah satu pegawai PU.
Terpisah, Kepala BPBD Kabupaten Gorontalo, saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya telah melakukan survey ke lokasi jembatan Pulubala tersebut dan diupayakan tahun ini untuk perbaikannya. “Kami sudah mengajukan telaahnya kepada Bupati, namun kami masih harus menunggu pelaksanaannya karena penanggulangan bencana ini merupakan kegiatan yang tidak direncanakan, namun kami tetap berupaya bisa terealisasi pada tahun ini,” pungkasnya.