STRATEGIS-STRATEGIS KENDALI KOMUNIKASI

19 September 2017 14:51:50 Dibaca : 1505

STRATEGIS-STRATEGIS KENDALI KOMUNIKASI  

Oleh: Ummu K. Sya Butolo Dan Moh. Rivaldo Mohi

Sebelum kita membahas tentang strategis-strategis komunikasi, Apahak kalian sudah mengetahui apa strategis komunikasi? Strategi-strategi komunikasi yaitu pola-pola kendali komunikasi atau biasa di sebut PKK yang terdiri dari banyak strategi kendali komunikasi. Strategi-strategi tersebut mengalami proses uji coba yang sederhana. Kebanyakan komunikator mengubah PKK mereka dari waktu ke waktu. Strategi yang berhasil di terapkan di suatu lingkungan, menjadi tidak cocok bila di terapkan pada lingkungan yang berbeda. Oleh karena itu, komunikator bias asaja meninggalkannya atau di simpan untuk digunakan di kesempatan yang lain.
Setelah kita mengetahui apa arti dari strategi komunikasi, sekarang kita akan membahas macam-macam strategis komunikasi. Pertama yaitu strategis wortel teruntai yaitu berasumsikan bahwa komunikator dapat meningkatkan probabilitas untuk memperoleh respon yang diinginkan apabila komunikator memberikan kepada seseorang imbalan. Imbalan tersebut dapat berupa objek yang nyata seperti perhiasan, uang, DVD, piala, makanan, dan sebagainya. Tetapi banyak sekali bentuk strategi ini dalam bentuk kiasan berupa pesan-pesan simbolik seperti: “ hebattt kau,” “anda orang paling bahagia di duniaaa,” atau “ wahhhh, mobilnya luar biasa bagus dan mahal”
Kedua yaitu strategi pedang tergantung atauhanging sword strategies karena ada kaitannya dengan cerita di zaman kolonial Belanda yang pada waktu itu polisi kalau patroli keluar masuk kampung membawa pedang panjang tergantung di pinggangnya. Melihat polisi dengan padang tergantung itu rakyat sangat takut. Dalam strategi pedang tergantung terdapat 3 tipe yaitu: tipe pertama, dengan memberikan komunikator berupa rangsangan yang di benci atau tidak disukai. Tipe kedua , strategi ini ialah berupa pembantalan imbalan atau withdrawal of reward. Sementara komunikator tidak menganggap perilaku ini sebagai hukuman. Tipe ketiga strategi pedang tergantung yang dinamakan profit loss yang dalam bahasa Indonesia kurang lebih artinya kehilangan keuntungan.
Ketiga yaitu strategi katalisator. Strategi kalisator juga terbagi atas dua macam, yaitu yang pertama komunikator bias mengajak atau mendorong pendengarnya menyatakan secara tidak langsung bahwa komunikator mengetahui pendengarnya sudah siap bertindak dengan cara tertentu dan memberikan kesan bahwa saat ini merupakan waktu yang tepat. Kedua yaitu meliputi memberikan pendengarnya dengan informasi baru yang menimbulkan respons yang anda inginkan yang agaknya lebih menguntungkan bagi pendengarnya. Salesmen menginformasikan caln pembelinya mengenai kelebihan-kelebihan produk yang di tawarkan.
Keempat yaitu strategi kembar siam. Strategi ini terdapat beberapa macam hubungan yang spesifik. Salah satu hubungan semacam itu terutama di negara-negara maju ialah antara perusahaan dan serikat pekerja. Strategi keempat ini mengenai kendali, bukan untuk menciptakan hubungan yang di inginkan melainkan merupakan hasil dari semacam hubungan yang sudah ada atau sudah terbentuk. Strategi ini dinamakan Siamese twin strategies, dan hanya dapat diimplemantasikan setelah hubungan terbentuk. Dalam hal ini, kembar siam adalah orang-orang yang menempatkan sangat pentingnya pada pemeliharaan hubungan timbale balik mereka.
Kelima yaitu strategi dunia khayal stragetegi ini biasa di sebut fairyland strategies mengandalkan pada ilusi atau khayalan pada perasaan-perasaan yang di timbulkan sendiri mengenai kendali.khayalan-khayalan ini dapat memberikan semacm ketenangan dari perasaan cemas, tetapi memiliki dasar realitas yang tidak seberapa dan tidak cukup untuk menggantikan kendali yang sebenarnya. Beberapa strategis khayalan tidak mampu untuk menerima batas-batas kemampuannya sendiri untuk memperoleh respons yang diinginkan. Orang-orang seperti itu hidup sebagai pengkhayal total lari dari kenyataan.
Dari penjelasan artikel diatas kita dapat menyimpulkan bahwa Strategi-strategi komunikasi yaitu pola-pola kendali komunikasi atau biasa di sebut PKK yang terdiri dari banyak strategi kendali komunikasi. Strategi-strategi tersebut mengalami proses uji coba yang sederhana. Kebanyakan komunikator mengubah PKK mereka dari waktu ke waktu.
Sumber: Buku Teori AntarPribadi,
Prof. Dr. Muhammad Budyatna,
Dr. Leila Mona Ganiem, M.Si.

PENULISAN UNTUK INFORMATION KIT

19 September 2017 14:08:39 Dibaca : 194

PENULISAN UNTUK INFORMATION KIT

Oleh: Ummu K. Sya Butolo Dan Moh Rivaldo Mohi

Apakah kalian pernah mendengar information kit? Atau, apakakah kalian tau apa itu information kit? Kali ini kami akan menjelaskan tentang apa itu information kit. Information kit merupakan seperangkat berkas yang berisi informasi tertulis dan dirancang untuk publik tertentu disediakan untuk memberikan dukungan layanan informasi kepada publik atau sengaja dibuat dalam menghadapi suatu acara tertentu. dalam hal ini ragam penulisan information kit di bagi dalam beberapa bagian, yaitu siaran pers, lembaran fakta, pernyataan berita atau laporan media, backgrounders, biografi atau pofil tokoh, profil organisasi.

Siaran pers di dalam information kit diberikan kepada wartawan saat konferensi pers atau di sela-sela wawancara, siaran pers selalu dipersiapkan karena termaksud bahan informasi isinya menyajikan informasi sesuai yang ingin disampaikan. Lembar fakta (fact sheets) suatu lembar kertas berisi daftar fakta penting tentang suatu isu. Penulisan lembar fakta dapat disusun dengan cara apa saja selama fakta-fakta yang disampaikan dapat memudahkan pemahaman pembaca. Pernyataan berita atau laporan media (news statemens) pernyataan atau laporan yang disampaikan oleh pihak organisasi tentang suatu yang bernilai berita. Backgrounder (latar belakang) tulisan latar belakang yang disususn secara ringkas namun padat informasi. Backgrounders dipersiapkan khusus sebagai informasi tambahan untuk mendukung siaran pers. Biografi atau profil tokoh adalah tulisan kisah hidup seseorang. Biografi tidak selalu diperlukan dalam setiap information kit atau media kit, bergantung tingkat relevanya dengan isu yang diangkat dalam konferensi pers. Profil organisasi (Perusahaan) atau corporate image menurut profil perusahaan kennedy bertujuan untuk menyampaikan informasi mengenai kekuatan perusahaan atau organisasi sekaligus meyakini kepada public mengenai layanan.

Dari penjelasan diatas kita dapat menyimpulan bahwa information kit khusus diperuntukan bagi para wartawan saat menyelenggaran konferensi pers lebih tepat disebut sebagai press kit atau media kit. Penggunaan information kit bertujuan menciptakan kesadaran publik terhadap diselenggarakan suatu acara/program. Information kit juga sering ditujukan untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi untuk mengarahkan publik agar bertindak seperti yang diharapkan information.
Sumber: Sopian , S.Sos., M.I.K.
Public Relations Writig. (PT Grasindo, Jakarta, 2016)

Laptop

01 April 2017 03:04:42 Dibaca : 41

MACAM-MACAM KOUNIKASI

31 March 2017 10:31:20 Dibaca : 62

MACAM-MACAM KOMUNIKASI

Oleh: Siti Marsita Adjudju, Ummu K. S. Butolo, Denada F. Mokodompit

Apa sih itu komunikasi? Kata komunikasi atau communication menurut Deddy Mulyana dalam bukunya Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar (2000: 46) dalam bahasa Inggris berasal dari kata latin communis yang berarti “sama”, communico, communicatio, atau communicare yang berarti “membuat sama” (to make common). Komunikasi sendiri terdiri atas komunikasi verbal dan komunikasi non verbal.

Komunikasi verbal (verbal communication) adalah bentuk komunikasi yang disampaikan komunikator kepada komunikan dengan cara tertulis (written) atau lisan (oral), dengan harapan komunikasi bisa lebih mudah memahami pesan-pesan yang disampaikan . Komunikasi verbal ini terdiri dari komunikasi satu arah (one way communication) dan komunikasi dua arah (two way communication). Komunikasi satu arah ialah komunikasi yang berlangsung satu pihak saja dan tidak ada umpan balik (feedback.) sedangkan komunikasi dua arah ialah komunikasi yang bersifat timbal balik dan melibatkan dua belah pihak.

Komunikasi non verbal adalah komunikasi dengan menggunakan simbol-simbol non verbal. Bentuk komunikasi non verbal sendiri di antaranya adalah, paralanguage, penampilan, gesture, sentuhan, ruang dan jarak, waktu dan lain sebagainya. Komunikasi non verbal ini sifatnya lebih jujur karena spontan ketimbang dengan komunikasi verbal. Selain itu, komunikasi non verbal ini juga sifatnya selalu ada dan tetap, karena pada kenyataannya kita sering menjumpai orang ketika berkomunikasi, mereka lebih suka menggunakan komunikasi non verbal dalam proses penyampain pesan terhadap komunikan.

Dari penjelasan diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa komunikasi verbal ialah komunikasi yang berupa kata¬-kata baik itu lisan maupun tulisan sedangkan komunikasi non verbal ialah komunikasi yang selalu ada dan sifatnya tetap dengan menggunakan simbol-simbol non verbal. Nah, setelah kita mengetahui apa itu komunikasi dan macam-macam dari komunikasi itu sendiri, yang terdiri atas komunikasi verbal dan non verbal sekarang kita tau, bahwa kita tidak hanya berkomunikasi secara verbal saja atau dengan kata-kata, namun sadar tidak sadar kita juga sering berkomunikasi secara non verbal yang dimana komunikasi juga terdiri atas komunikasi satu arah dan komunikasi dua arah.

Referensi :

Mulyana, Deddy 2000. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
https://wantysastro.wordpress.com/2013/06/01/pengertian-komunikasi-verbal-dan-nonverbal-beserta-contoh-dan-slogan-produk/ diakses 23 februari 2017

Ilham Tulang Punggung Keluarga

11 December 2016 16:00:54 Dibaca : 93

   Terliat dari seorang anak yang wajahnya amat polos, badanya munggil dan tenaganya yang masih terbatas namun semangat hidupya luar biasa. Itulah dia seoarng anak yang bernama ilham usianya 9 tahun dan masih duduk di bangku sekolah dasar harus menjadi tulang punggung keluarga karena ayahnya telah pergi meninggalkan mereka.
  

   Ilham memiliki seorang adik yang usinya 6 tahun yang sedang menempuh pendidikan di sekolah dasar. Sedangkan ibunya hanya menjadi buruh cuci dari rumah satu ke rumah lainya. Dengan keluarga yang amatlah sederhanya ia harus membantu kebutuhan ekonomi keluarganya terutama kelanjutan kebutuhan sekolah adiknya dan dirinya sendiri.
  

   Dimulai dari keseharianya ilham dan adiknya harus berangkat ke sekolah pukul 07.00 pagi untuk menuntut ilmu dengan semangat yang luar biasa. Setelah pukul 12.00 siang sekolahnya pun selesai dan ia bergegas segerah pulang ke rumah untuk membantu ibunya. Ilham bekerja berjualan batata, tetapi batata tersebut bukan miliknya melaikan milik seoarang tetangganya.
  

   ilham berjualan batata tidak hanya sendirian tetapi bersama anak-anak lainya. Mereka berjualan batata tersebut jauh dari sekitaran tempat tinggal mereka yang berada di kecamatan isimu, Melaikan mereka berjualan di kota. Ilham dan teman temanya hanya diantar oleh tetangga pemilik batata tersebut dan di turunkan di telaga, Lalu mereka berpencar untuk menjual batata tersebut.

   Sore itu matahari sudah mulai terbenam menadakan langit akan bergantikan malam. Saat itu saya, keponakan dan ibu saya sedang duduk di teras rumah terlihat seorang anak kecil dengan keranjang di atas kepalanya datang menghampiri kami “Assalamualaikum, tante batata.” Itulah yang diucapkan ilham saat menawarkan daganganya di rumah saya.  

   Saat itu terlihat batata daganganya masih tersisa 3 kantong plastik kecil. Ia menjualnya seharga Rp.5000 1 kantog plastik kecil. Lalu ia menawarkannya seharga Rp.10.000 3 kantong plastiK kecil, ia mengatakan jika daganganya tidak habis terjual ia tidak akan di antar pulang oleh pemilik batata tersebut, sebaliknya jika batata dagangnya telah habis terjual ilham hanya mendapatkan upah Rp15.000 dari 10 kantong kecil batata, ia mengatakan uang yang telah ia dapatkannya akan ditabung di sebuah celengan kecil miliknya
  

   Akhirnya ibu saya membeli daganganya seharga Rp15.000 dan menambahkan uang jajan untuknya Rp. 20.000. setelah mendengan suara adzan magrib ilham permisi untuk segera pulang, tidak lupa untuk mengucapkan terima kasih pada saya dan ibu saya saat itu.
  

   Dari cerita di atas kita bisa simpulkan bahwa perjuangan seorang anak yang usianya masih cukup belia harus menjadi tulang punggung keluarga saat ayahnya memilih untuk pergi meninggalkan mereka. ilham yang seharusnya bermain bersama teman-temanya merelakan semua itu hanya untuk membantu kehidupan keluarga kecilnya.