ARSIP BULANAN : February 2013

KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT)

26 February 2013 14:58:52 Dibaca : 20

Kekerasan rumah tangga merupakan kekerasan yang dilakukan oleh suami maupun istri. Dimana rumah tangga terdiri dari ayah, ibu, anak dan pembantu rumah tangga. Mengenai hukum kekerasan dalam rumah tangga diatur dalam Pasal 1 UU Nomor 23 tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga (UU PKDRT). Kebanyakan kekerasan ini dilakukan oleh suami, istri menjadi korban fisik dan anak menjadi koraban batin. Secara umum bentuk-bentuk KDRT yaitu kekerasan fisik dan kekerasan fsikis.

Kekerasan Fisik

Kekerasan fisik yaitu kekerasan yang dapat menimbulkan luka pada bagian fisik

Kekerasan Fisik Berat, berupa penganiayaan berat seperti menendang; memukul, menyundut; melakukan percobaan pembunuhan atau pembunuhan dan semua perbuatan lain yang dapat mengakibatkan:Kekerasan Fisik Ringan, berupa menampar, menjambak, mendorong, dan perbuatan lainnya yang mengakibatkan:

Cedera beratTidak mampu menjalankan tugas sehari-hariPingsanLuka berat pada tubuh korban dan atau luka yang sulit disembuhkan atau yang menimbulkan bahaya matiKehilangan salah satu panca indera.Mendapat cacat.Menderita sakit lumpuh.Terganggunya daya pikir selama 4 minggu lebihGugurnya atau matinya kandungan seorang perempuanKematian korban.

Cedera ringanRasa sakit dan luka fisik yang tidak masuk dalam kategori beratMelakukan repitisi kekerasan fisik ringan dapat dimasukkan ke dalam jenis kekerasan berat.

Kekerasan Psikis

Kekerasan fsikis yaitu tindakan kekerasan yang bukan pada fisik melainkan luka yang ada di dalam hati.

Kekerasan Psikis Berat, berupa tindakan pengendalian, manipulasi, eksploitasi, kesewenangan, perendahan dan penghinaan, dalam bentuk pelarangan, pemaksaan dan isolasi sosial; tindakan dan atau ucapan yang merendahkan atau menghina; penguntitan; kekerasan dan atau ancaman kekerasan fisik, seksual dan ekonomis; yang masing-masingnya bisa mengakibatkan penderitaan psikis berat berupa salah satu atau beberapa hal berikut:Kekerasan Psikis Ringan, berupa tindakan pengendalian, manipulasi, eksploitasi, kesewenangan, perendahan dan penghinaan, dalam bentuk pelarangan, pemaksaan, dan isolasi sosial; tindakan dan atau ucapan yang merendahkan atau menghina; penguntitan; ancaman kekerasan fisik, seksual dan ekonomis;yang masing-masingnya bisa mengakibatkan penderitaan psikis ringan, berupa salah satu atau beberapa hal di bawah ini:

Gangguan tidur atau gangguan makan atau ketergantungan obat atau disfungsi seksual yang salah satu atau kesemuanya berat dan atau menahun.Gangguan stres pasca trauma.Gangguan fungsi tubuh berat (seperti tiba-tiba lumpuh atau buta tanpa indikasi medis)Depresi berat atau destruksi diriGangguan jiwa dalam bentuk hilangnya kontak dengan realitas seperti skizofrenia dan atau bentuk psikotik lainnyaBunuh diri

Ketakutan dan perasaan terterorRasa tidak berdaya, hilangnya rasa percaya diri, hilangnya kemampuan untuk bertindakGangguan tidur atau gangguan makan atau disfungsi seksualGangguan fungsi tubuh ringan (misalnya, sakit kepala, gangguan pencernaan tanpa indikasi medis)Fobia atau depresi temporer

Sumber : http://id.wikipedia.org

Terima kasih, semoga bermanfaat…^_^V

SENI

26 February 2013 14:34:32 Dibaca : 18

Siapa yang tidak mengenal seni…???

Semua orang pasti mengenal seni baik secara umum maupun khusus. Bagi orang yang tidak pernah duduk di bangku sekolah yang mereka tahu menyanyi, menari, dan yang khusus seperti itu yang mereka anggap. Menyanyi, menari, drama dan sebaginya itu sebenarnya adalah unsur dari seni. Pengertian dari seni itu sendiri adalah suatu ungkapan ekspresi, ide yang diungkapkan dalam bentuk karya yang bersifat keindahan. Tapi kalau menurut saya apa saja yang ada di fikiran kita, apa saja yang dilakukan, semua yang kita rasakan adalah seni. Seperti ungkapan bahagia, sedih, susah, marah, dan sebaginya.

Apa sih tujuan dan manfaat dari seni…???

hhhhmmmm bicara soal manfaat dari seni pasti banyak dan tidak akan ada habisnya. Tujuan dari seni yaitu mempertunjukkan ataupun menampilkan apa saja karya ataupun ide dari kita. Sedangkan beberapa manfaat dari seni yaitu menghilangkan stress, menghibur, pengobat untuk orang sakit, pokoknya banyak. J

Apa saja unsur dari seni…???

Kita semua tahu apa saja itu tapi yang kita tahu pokoknya itu seni tapi yang sebenarnya itu adalah unsur dari seni. 3 pokok unsur dari seni yaitu seni drama, seni tari, dan seni musik. Seni drama yaitu ekspresi yang diungkapkan dalam bentuk akting. Seni tari yaitu ekspresi yang diungkapkan dalam bentuk gerakan tubuh manusia. Seni music yaitu ekspresi yang diungkapkan dengan alat musik.

Terima kasih, semoga bermanfaat…^_^V

10 MANFAAT TERSENYUM

26 February 2013 14:32:53 Dibaca : 34

10 MANFAAT TERSENYUM

Bismillahir-Rahmaanir-Rahim ... Senyum adalah ibadah, menjalani sesuatu dengan senyum selain bermanfaat baik buat hubungan dengan sekitar, karna senyum adalah jarak yang terdekat antara dua manusia. Selain itu senyum berdampak positif juga buat kesehatan tubuh kita.

1. Senyum membuat Anda lebih menarik ...

Orang yg banyak tersenyum memiliki daya tarik.Orang yg suka
tersenyum membuat perasaan orang disekitarnya nyaman dan senang.Orang yg selalu merengut, cemberut, mengerutkan kening, dan menyeringai membuat orang-orang disekeliling tidak nyaman. Dipastikan orang yg banyak tersenyum memiliki banyak teman.

2. Senyum mengubah perasaan ...

Jika Anda sedang sedih, cobalah tersenyum.Senyuman akan membuat perasaan menjadi lebih baik.Menurut penelitian, senyum bisa memperdayai tubuh sehingga perasaan berubah.

3. Senyum bisa menular ...

Ketikan seseorang tersenyum, ia akan membuat suasana menjadi lebih riang. Orang disekitar Anda pasti akan ikut tersenyum dan merasa lebih bahagia

4. Senyum menghilangkan stres ...

Stres bisa terlihat di wajah. Senyuman bisa menghilangkan mimik lelah, bosan, dan sedih.Ketika anda stres,ambil waktu untuk tersenyum. Senyuman akan mengurangi stres dan membuat pikiran lebih jernih.

5. Senyum meningkatkan imunitas ...

Senyum membuat sistem imun bekerja lebih baik.Fungsi imun tubuh bekerja maksimal saat seseorang merasa rileks. Menurut penelitian, flu dan batuk bisa hilang dengan senyum.

6. Senyum menurunkan tekanan darah ...

Tidak percaya? Coba Anda mencatat tekanan darah saat anda tidak tersenyum dan catat lagi tekanan darah saat anda tersenyum saat diperiksa. Tekanan darah saat Anda tersenyum pasti lebih rendah.

7. Senyum melepas endorphin, pemati rasa alamiah, dan serotonin

Senyum ibarat obat alami.Senyum bisa menghasilkan endorphin,pemati rasa alamiah, dan serotonin.Ketiganya adalah hormon yg bisa mengendalikan rasa sakit.

8. Senyum membuat awet muda ...

Senyuman menggerakkan banyak otot .Akibatnya otot wajah terlatih sehingga anda tidak perlu melakukan face lift. Dijamin dengan banyak tersenyum Anda akan terlihat lebih awet muda.

9. Senyum membuat Anda kelihatan sukses ...
Orang yg tersenyum terlihat lebih percaya diri,terkenal, dan bisa diandalkan.Pasang senyum saat rapat atau bertemu dengan klien.Pasti kolega Anda akan melihat Anda lebih baik.

10. Senyum membuat orang berpikir positif ...
Coba lakukan ini : pikirkan hal buruk sambil tersenyum. Pasti susah. Penyebabnya, ketika Anda tersenyum,tubuh mengirim sinyal "hidup adalah baik".Sehingga saat tersenyum, tubuh menerimanya sebagai anugerah.

... TERSENYUMLAH DAN DUNIA AKAN TAMPAK LEBIH INDAH ... Strawberry

Sumber : FP Islamic Motivation

Gimana teman-teman masih tidak mau senyum...???

hehehe Afwan agak lama posting manfaat senyumnya..

Terima kasih, semoga bermanfaat...^_^V

 

TERSENYUM

23 February 2013 09:20:24 Dibaca : 14

Apa susahnya tersenyum…???

Tidak tahukah kalian bahwa senyum dapat meneduhkan hati orang yang melihatnya…???
Eits, dalam artian sesama akwat dan sesama ikhwan, karena senyum kepada lawan jenis akan membuat salah pengertian antara keduanya.

Kebanyakan orang itu senang melihat orang tersenyum, apalagi seperti kepada pembawa bentor, cleaning servis dan sebagainya. Mereka akan merasa sangat dihargai.
Bukankah dalam agama diajarkan untu saling menghargai…???
Bukankah dalam agama tidal mengenal derjat…???

Di mata Allah semua sama tidak ada yang berderajat tinggi ataupun rendah. Ada beberpa orang yang merasa derajatnya di atas tidak mau senyum kepada orang yang dianggap derajatnya rendah apalagi berteman dengan mereka pasti ada yang bilang “sapa ngana sapa kita?”(dalam bahasa Manado, Sulawesi Utara). Mereka tidak mengetahui apa dampak dari perkataan mereka. Karena kesabaran dari orang yang dizalimi pasti aka nada balasan kepada mereka yang menzalimi.

Sadarlah kawan bahwa senyum itu indah dan banyak manfaatnya jadi jangan gengsi untuk tersenyum. Mau tahu manfaat dari tersenyum…??? Lihat pada tulisan saya berikutnya.

Terima kasih, semoga bermanfaat..^_^V

 

BELAJAR

23 February 2013 08:53:52 Dibaca : 18

Secara umum pengertian belajar yang diketahui oleh banyak orang yaitu suatu proses dari tidak tahu menjadi tahu. Dalam tulisan sebelumnya telah diberikan beberapa pengertian belajar menurut beberapa ahli, salah satunya yaitu Irwanto (1997:105) berpendapat bahwa belajar merupakan proses perubahan dari belum mampu menjadi sudah mampu dan terjadi dalam jangka waktu tertentu. Dari pengertian tersebut dapat diartikan bahwa untuk mengetahui sesuatu memerlukan waktu yang artinya kita tidak langsung tahu apa ini atau apa itu tanpa belajar.

Di dunia ini semua orang pasti mengalami yang namanya belajar. Belajar bukan berarti duduk di bangku sekolah menerima berbagai hal yang diberikan oleh guru, tetapi belajar bisa di mana saja. Mulai dari kita lahir sampai sekarang kita tetap belajar. Ketika kita lahir di dunia ini kita mulai belajar apa saja yang ada di dunia ini dan apa saja yang akan dilakukan di dunia ini, mulai dari belajar berjalan, mengetahui mana yang baik dan mana yang tidak baik, sampai hal-hal sekecil apapun kita belajar untuk mengetahuinya.

Belajar bisa dimana saja, mulai dari kita bangun tidur sampai kita tidur lagi pasti terdapat banyak hal yang kita pelajari walaupun hanya sedikit. Pada hakekatnya banyak orang tidak menyadari hal tersebut, mereka hanya berfikir bahwa belajar itu hanya ketika kita duduk di bangku sekolah. Sebenarnya pikiran seperti itu perlu diperbaiki. Jika kita menyadari arti dari kehidupan ini pasti kita akan apa saja yang dapat kita pelajari di dunia.

Nikmatilah hidup ini, teruslah belajar karena belajar bisa dimanapun, kapanpun, bagaimanapun keadaan kita, siapapun itu berhak untuk belajar. Hidup adalah belajar, belajar apa arti hidup ini.

Terima kasih, semoga bermanfaat…^_^V

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong