Mmebuat Rangkaian Tester Arus Dan Tegangan

01 May 2021 16:34:49 Dibaca : 42 Kategori : umum

Rangkaian Tester Arus Dan Tegangan. Tester arus dan tegangan sederhana ini dapat digunakan untuk mengukur naik turun arus dan tegangan melalui dioda semikonduktor seperti LED, dioda infra merah, dioda foto, dioda Silicon dan lain-lain. Ini sangat ideal untuk menilai arus dan tegangan melalui perangkat ini dan menghitung konsumsi daya di bagian tertentu dari rangkaian.

Berbagai jenis LED termasuk LED daya yang sekarang digunakan dalam berbagai aplikasi. Voltase perangkat ini berkisar antara 1,8 sampai 5 volt. Rating saat ini juga bervariasi dari 20 mA sampai 50 mA. Jadi dengan menilai tegangan aktual dan konsumsi saat ini, mudah untuk mendapatkan kecerahan penuh tanpa merusak perangkat. Ini juga akan mencegah pemanasan yang tidak perlu.

Rangkaian Tester Arus Dan Tegangan ini adalah sebuah regulator arus menggunakan PNP Darlington transistor BD 140. Menyediakan 9 volt dan sekitar 50 mA saat ini ke perangkat yang diuji. Saklar S1 digunakan untuk memilih pengukuran tegangan dan arus. Jika S1 ditempatkan di posisi 1, rangkaian mengukur penurunan arus di perangkat yang diuji. Sebuah 100 mA meter itu ditempatkan secara seri dengan garis edar. Sehingga bila perangkat terhubung ke titik A dan B, meter menunjukkan arus yang mengalir melalui perangkat.

Di bawah ini kami sajikan gambar skemanya untuk Anda pelajari.

Ketika S1 ditempatkan di posisi 2 dan perangkat terhubung ke titik A dan B, tegangan menurun dalam perangkat dapat diukur. Meteran Volt 0-30 terhubung paralel ke perangkat yang diuji. Sehingga dapat memberikan turunnya tegangan perangkat.

Karena dioda adalah konduktor satu arah dapat mengamati polaritas saat menyambung ke titik A dan B. Anoda harus pada A dan Katoda pada B. Hubungkan Klip Alligator kecil untuk titik A dan B untuk memegang perangkat yang diuji.

Silakan Anda rakit Rangkaian Tester Arus Dan Tegangan ini dan rasakan manfaatnya he he he

Sumber artikel: Rezekibarokah.com