Peran dan Fungsi Kepemimpinan

20 September 2022 05:59:12 Dibaca : 6

A. Peran Kepemimpinan

Pemimpin dalam suatu organisasi memiliki peranan yang sangat penting, tidak hanya secara internal bagi organisasi itu saja tetapi juga dalam menghadapi berbagai pihak luar yang dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan organisasi dalam mencapai tujuannya.

peranan tersebut antara lain yaitu:

   1. Peranan yang bersifat interpersonal

salah satu tuntutan yang harus dipenuhi oleh seorang pemimpin adalah ketrampilan insani. ketrampilan tersebut mutlak perlu karena pada dasarnya dalam menjalankan kepemimpinannya seorang pemimpin berinteraksi dengan manusia lain, bukan hanya degan para bawahannya, akan tetapi juga berbagai pihak yang berkepentingan, di dalam dan di luar organisasi.

   2. peranan yang bersifat informasional

informasi merupakan aset organisasi yang ktitikal sifatnya. hal ini karena di masa yang akan datang sukar membayangkan adanya kegiatan organisasi yang terlaksana dengan efisien dan efektif tanpa dukungan informasi yang mutakhir, lengkap dan dapat dipercaya karena diolah dengan baik.

   3. peranan pengambilan keputusan,yaitu:

       a. sebagai interprenuer, seorang pemimpin diharapkan mampu mengkaji terus menerus situasi yang dihadapi oleh organisasi

       b. peredam gangguan, kesediaan memikul tanggung jawab untuk mengambil tindakan korektif apabila organisasi menghadapi gangguan serius yang tidak dapat ditangani

       c. pembagi sumber dana dan daya, wewenang atau kekuasaan itu paling sering menampakkan diri pada kekuasaan untuk mengalokasikan dana dan daya.

B. Fungsi Kepemimpinan

Kepemimpinan merupakan salah satu fungsi manajemen untuk mempengaruhi, mengarahkan, memotivasi dan mengawasi orang lain agar dapat melakukan tugas-tugas yang telah direncanakan, sehingga mencapai sasaran dan tujuan organisasinya.

ada lima fungsi yang perlu diketahui:

   1. pemimpin  selaku penentu arah yang akan ditempuh dalam usaha mencapai tujuan.

   2. wakil dan juru bicara organisasi dalam hubungan dengan pihak-pihak luar

   3. pemimpin selaku komunikator yang efektif

   4. mediator yang handal, khususnya dalam hubungan ke dalam untuk menangani situasi konflik internal

   5. pemimpin selaku integrator yang efektif, rasional, objektif dan netral.

Sejarah, Teori dan Filosofi dari Kepemimpinan

09 September 2022 16:53:41 Dibaca : 8

Sejarah Kepemimpinan

     Kepemimpinanatau dalam bahasa lnggris leadership yang berasal dari kata leader. Kata ini muncul pada tahun 1300-an sedangkan kata leadership muncul belakangan sekitar tahun 1700-an.16 Literatur tentang kepemimpinan jumlahnya sangat banyak, beberapa bahkan membingungkan dan bertolak-belakang. Untuk menjelaskan "apa yang membuat pemimpin itu efektif' terclapat beberapa penclekatan. Pertama, pendekatan berdasarkan sifat-sifat kepribadianumum yang dimiliki seorang pemimpin lebih besar daripada yang bukan pemimpin. Kedua, berdasarkan pendekatan tingkah laku pemimpin. Ketiga, berdasarkan pendekatan kemungkinan (situasional). Keempat, pendekatan kembali kepada sifat atau ciri dari suatu persfektif yang berbeda yaitu mencoba mengidentifikasi seperangkat ciri pemimpin yang menjadi acuan orang lain. Hingga tahun 1940-an kajian tentang kepemimpinan didasarkan pada teori sifat. Teori kepemimpinan sifat adalah teori yang mencari sifat-sifat kepribadian, sosial, fisik atau intelektual yang membedakan antara pemimpin dan bukan pemimpin. Berdasarkan teori ini kepemimpinan itu dibawa sejak Jahir atau merupakan bakat bawaan. Misalnya ditemukan adanya enam macam sifat yang membedakan antara pemimpin dan bukan pemimpin yaitu ambisi dan enerji, keinginan untuk memimpin, kejujuran dan integritas, rasa percaya diri, intelejensi, dan pengetahuan yang relevan dengan pekerjaan. Namun demikian teori sifat ini tidak memberikan bukti kesuksesan seorang pemimpin. Antara tahun 1940-an hingga 1960-an berkembangkan teori kepemimpinan tingkah laku. Teori kepemimpinan tingkah laku yang mengusulkan bahwa tingkah laku tertentu membedakan antara pemimpin dan bukan pemimpin. Berdasarkan teori ini kepemimpinan itu dapat diajarkan, maka untuk melahirkan pemimpin yang efektif kita bisa mendesain sebuah program khusus. Selanjutnya antara tahun 1960-an hingga tahun 1970-an berkembang kajian-kajian kepemimpinan yang mendasarkan pada teori kemungkinan. Teori kemungkinan atau situasional mendasarkan bukan pada sifat atau tingkah laku seorang pemimpin, namun efektivitas kepemimpinan dipengaruh oleh situasi tertentu. Dalam situasi tertentu memerlukan gaya kepemimpinan tertentu, demikian pula pada situasi yang lain memerlukan gaya kepemimpinan yang lain.Teori kepemimpinan mutakhir berkembang antara tahun 1970-an hingga tahun 2000-an. Teori yang berkembang selanjutnya tidak didasarkan pada sifat, tingkat laku atau situasi tertentu melainkan didasarkan pada kemampuan lebih pacla seorang pemimpin dibandingkan dengan yang lain. 

Teori-teori Kepemimpinan

      Kepemimpinan merupakan sifat dari pemimpin dalam melaksanakan tugas dan kewajibanya sifat pemimpin dalam memikul tanggung jawabnya secara moral dan legal formal atas seluruh pelaksanaan wewenangnya yang telah didelegasikan kepada orang-orang yang dipimpinnya. Beberapa teori kepemimpinan sebagai berikut: 

a. Teori Genetic

     yaitu Kepemimpinan diartikan sebagai traits withen the individual leader: Seseorang yang dapat menjadi pemimpin karna memang dilahirkan sebagai pemimpin dan bukan karna dibuat atau di didik untuk itu.

b. Teori Sosial

     teori yang memandang Kepemimpinan sebagai fungsi kelompok. Menurut teori ini, sukses tidaknya suatu kepamimpinan tidak hanya dipengaruhi oleh kemampuan atau sifat-sifat yang ada pada seseorang, tetapi justru yang lebih penting adalah dipengaruhi oleh sifat-sifat dan ciri-ciri kelompok yang dipimpinnya.

c. Teori Situasional

     suatu teori yang berpandangan bahwa kepamimpinan sangat bergantung pada situasinya.

d. Teori Ekologis

     suatu teori yang mengatakan bahwa kepamimpinan merupakan penggabungan antara bakat alami yang sudah ada sejak dilahirkan dengan pendidikan dan pelatihan yang intensif.                                                                                                                                                                                                       

e. Teori Sosio-behavioristik

     yaitu teori yang mengatakan bahwa kepemimpina dilahirkan oleh:      a. bakat, turunan,dan kecerdasan yang alamiah      b. pengalaman dalam kepemimpinan

Dari berbagai teori itu dapat di identifikasikan bahwa pada dasarnya, teori kepemimpinan itu ada 3 macam, yaitu; teori sifat, teori perilaku, dan teori lingkungan.

Teori Sifat

      Teori yang berusaha untuk mengidentifikasikan karakteristik khas (fisik, mental, kepribadian) yang diasosiasikan dengan keberhasilan kepemimpinan. Mengandalkan pada penelitian yang menghubungkan berbagai sifat dengan kriteria sukses tertentu. Teori ini menekankan pada atribut-atribut pribadi dari parapemimpin. Dasar dari teori ini adalah asumsi bahwa beberapa orang merupakan pemimpin alamiah dan dianugerahi beberapa ciri yang tidak dipunyai orang lain seperti energi yang tiada habis-habisnya, intuisi yang mendalam, pandangan masa depan yang luar biasa dan kekuatan persuasife yang tidak tertahankan. Teori kepemiminan ini menyatakan bahwa keberhasilan manajerial disebabkan oleh dimilikinya kemampuan ½ Kemampuan luar biasa dari seorang pemimpin.

Teori Pribadi-PerilakuDi akhir tahun 1940-an para peneliti mulai mengeksplorasi pemikiran bahwa bagaimana seseorang berperilaku menentukan keefektifan kepemimpinan seseorang. Dari pada berusaha menemukan sifat-sifat, mereka, meneliti pengaruhnya pada prestasi dan kepuasan dari pengikut-pengikutnya.

Teori Kepemimpinan SituasionalSuatu pendekatan terhadap kepemimpinan yang menyatakan bahwa pemimpin memahami perilakunya, sifat-sifat bawahannya, dan situasi sebelum mengunakan suatu gaya kepemimpinan tertentu. Pendekatan dalam perilaku manusia.

Filosofi jawa (Hasta Brata)

Hastabrata sendir iberasal dari bahasa Sansekerta. Hasta artinya delapan dan Brata yaitu perilaku atau tindakan pengendalian diri. Hastabrata melambangkan kepemimpinan dalam delapan unsur alam yaitu bumi, matahari, api, samudra, langit, angin, bulan, dan bintang. Tiap unsur Hastabrata mengartikan tiap karakteristik ideal dari seorang pemimpin.

Istilah Hastabrata berasal dari kitab Hindu berbahasa Sansekerta, Manawa Dharma Sastra. Konsep Hastabarta dalam kita tersebut bahwa pemimpin kekiasaran bertindak sesuai dengan karakter para dewa. Hastabrata pun menjadi tolok ukur sebuah kepemimpinan dimasa itu. 

Ketika agam Islam memasuki pulai jawa, nilai nilai luhur para dewa sebagai unsur Hastabrata pun disesuaikan dengan prinsip islam. pengaruh islam sebagai agama monoteisme mengubah konsep dewa-dewa di Hastabrata menjadi delapan unsur alam. Keberadaan Hastabrata sebagai kearifan lokal muncul dalam beberapa kitab kuno dan naskah. transformasi sifat-sifat dewa menjadi delapan unsur alam sendiri tercatat dalam naskah Pustakaraja Purwa.

Nilai Luhur Hastabrata bisa dilihat dari berikut ini:

1. Bumi

sebagai tempat kehidupan, bumi menyediakan semua kebutuhan dasar makhluk hidup. bumi merupakan tempat yang kokoh dan senantiasa memberi pada semua makhluk. seperti bumi, pemimpin harus mampu untuk memberi dan kokoh. memberi tanpa pamrih pada masyarakat yang ia ayomi dan menjadi tempat pertama yang bisa diandalkan. 

2. matahari 

lewat cahaya matahari makhluk di bumi mampu hidup dan beraktivitas. senantiana mendapat energi dari matahari, memungkinkan makhluk hidup untuk tumbuh dan berkembang. pemimpin memberi energi berupa visi, tujuan, dan alasan untuk setiap tindak keputusan. memberi seperti matahari adalah memberi dengan terus menerus, hingga ia tidak menyadari bahwa telah berbuat banyak untuk orang lain.

3. Api 

Sifat api bukan lantas seorang pemimpin memiliki karakter keras. Namun makna dari sifat api yakni memiliki hukum yang jelas untuk membakar semua, tanpa pandang bulu. Sifat dari api ini adalah unsur alam paling adil, berani, dan tegas dalam mengambil keputusan.

4. Samudra 

Seorang pemimpin mimiliki sifat samudra yakni menerima semua aliran sungai, bersih atau kotor airnya. Hal ini mengartikan bahwa pemimpin Jawa adalah seseorang yang menerima semua golongan tanpa membeda-bedakan.

5. Langit 

Sifat langit yakni atap bagi bumi. Makna dari unsur langit dalam ilmu hasta brata yakni luasnya ilmu pengetahuan, cakap, memiliki kemampuan untuk mengayomi semua lapisan.

6. Angin 

Bagi seorang pemimpin memiliki sifat angin yakni keberadaan dan pengaruhnya bisa dirasakan bagi sekitarnya. Artinya simbol kekuasaan yang dimiliki bukan sekadar menguasai, akan tetapi pemimpin terjun dari berbagai persoalan yang dihadapi rakyatnya.

7. Bulan 

Seorang pemimpin yang memiliki sifat bulan yakni pemimpin adalah sosok yang memberikan kedamaian bagi sekitarnya atau rakyatnya. Ia senantiasa memiliki keteduhan dan menerangi dalam gelap sertia memberikan harapan baik pada rakyatnya.

8. Bintang

Filosofi kepemimpinan Jawa pada sifat bintang yakni saat malam hari, bintang terlihat memberikan arah mata angin bagi yang membutuhkan. Artinya seorang pemimpin menjadi pengarah dan pedoman bagi rakyatnya.

Kenapa Harus Memilih Universitas Gorontalo?

16 September 2020 23:45:49 Dibaca : 8

Kenapa sih kita harus memilih universitas negeri gorontalo dari pada yang lain?tentu ini adalah pertanyaan yang sederhana namun dari jawaban pertanyaan inilah yang membuat kita harus dan tidak menyesal dengan pilihan masuk ke kampus ini

 

Universitas Negeri Gorontalo, Kampus Bersejarah

Universitas Negeri Gorontalo (UNG) adalah perguruan tinggi negeri di Gorontalo yang berdiri pada 1 September 1963. Awalnya, kampus ini adalah Junior College yang masih menjadi bagian dari FKIP Universitas Sulawesi Utara-Tengah.

Selama lebih dari 50 tahun, universitas ini telah mengalami enam kali perubahan nama dan tujuh kali pergantian pimpinan. Mulai dari berstatus sebagai cabang FKIP IKIP Yogyakarta Cabang Manado sampai diresmikan menjadi Universitas Negeri Gorontalo, oleh Presiden Megawati pada tahun 2004.

Universitas Negeri Gorontalo sebagai Kampus Peradaban

Universitas Negeri Gorontalo mempunyai moto sebagai Kampus Peradaban. Untuk mewujudkannya, kampus ini membuka pintu untuk berbagai upaya pengembangan manusia, termasuk melalui riset dan penelitian.

Rektor Universitas Negeri Gorontalo Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd. mengutamakan program tertentu untuk menghadirkan konsep kampus peradaban. Antara lain dengan mendorong jurusan atau program studi untuk bisa mandiri, kreatif dan inovatif tanpa meninggalkan akar budaya lokal.

Universitas Negeri Gorontalo termasuk 10 Universitas Terbaik di Indonesia Timur

Kamu sudah tahu belum? Menurut Indostudent, pada tahun 2016 Universitas Negeri Gorontalo termasuk 10 universitas terbaik di kawasan Indonesia Timur lho.

Untuk di tingkat nasional, UNG juga tidak kalah bersaing dan masuk dalam kategori 100 universitas terbaik. Berdasarkan data 4International Colleges and Universities, tahun 2016 UNG menempati ranking 72 dari 411 universitas yang terdaftar resmi di Indonesia.

Universitas Negeri Gorontalo di Mata Dunia

Kampus negeri di Provinsi Gorontalo ini juga menempati ranking 1558 di dunia.    Hal tersebut tentunya menjadi kebanggaan, karena universitas lain di wilayah Indonesia Timur seperti Universitas Tadulako, Universitas Hassanudin dan Universitas Sam Ratulangi berada pada peringkat 2000-an di tingkat dunia

Universitas Negeri Gorontalo memiliki 10 fakultas, yaitu:

Fakultas Ilmu PendidikanFakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan AlamFakultas Ilmu SosialFakultas Sastra dan BudayaFakultas TeknikFakultas PertanianFakultas Ilmu Olahraga dan KesehatanFakultas EkonomiFakultas HukumFakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

dan tidak hanya itu saja, kampus kita memiliki pimpinan-pimpinan yang bersejarah

Secara rinci nama pejabat pimpinan sejak tahun 1963 – sampai sekarang sbb:

1.Drs. Idris Djalali - Dekan Koordinator IKIP Yogyakarta Cab. Manado di Gorontalo - 1963-19662 Drs. Ek. M. J. Neno - Dekan Koordinator IKIP Manado Cab. Gorontalo - 1967-19693. Prof. Drs. H. Thahir A. Musa - Dekan Koordinator IKIP Manado Cab. Gorontalo - 1969-19814. Prof. Drs. H. Kadir Abdussamad - Dekan FKIP Unsrat Manado di Gorontalo - 1982-19885. Drs. H. Husain Jusuf, M.Pd - Dekan FKIP Unsrat Manado di Gorontalo - 1989-19926. Prof. Dr. H. Nani Tuloli7. Dekan FKIP Unsrat Manado di Gorontalo - 1992-19938. Ketua STKIP Negeri Gorontalo - 1993 - 20019. Pj. Rektor IKIIP Negeri Gorontalo - 2001 - 200210. Prof. Dr. Ir. H. Nelson Pomalingo, M.Pd11. Rektor IKIP Negeri Gorontalo - 2002-200412. Rektor Universitas Negeri Gorontalo - 2004-201013. Prof. Dr. H. Syamsu Qamar Badu, M.Pd - Rektor Universitas Negeri Gorontalo - 2010 - 201914. Dr. Eduart Wolok, S.T, M.T - Rektor Universitas Negeri Gorontalo - 2019 - sampai sekarang

Program Studi dan Kampus UNG sudah mencapai akreditas A??

16 September 2020 23:33:21 Dibaca : 4

Apakah Kampus UNG sudah mencapai akreditas A? :

Target Universitas Negeri Gorontalo dalam mewujudkan akreditasi institusi terbaik benar-benar terwujud. Berdasarkan hasil visitasi oleh Badan Akreditasi Perguruan Tinggi beberapa waktu lalu, mengukuhkan Universitas Negeri Gorontalo masuk sebagai jajaran Perguruan Tinggi terbaik dengan perolehan akreditasi A.

 “Alhamdulillah informasi hasil penilaian akreditasi melalui Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO), akreditasi UNG yang sebelumnya B naik menjadi terakreditasi A,” ungkap Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, saat diwawancarai via telepon selulernya, Kamis (22/2),.

 Kesuksesan UNG dalam mewujudkan target akreditasi A kata Rektor, merupakan buah kerja keras dari seluruh civitas akademika UNG, yang sangat komitmen dan bahu membahu melakukan berbagai persiapan mulai dari penyiapan borang hingga proses visitasi oleh asesor.

 Pencapaian tersebut bisa dicapai UNG dengan usaha yang tidak gampang, bahkan bisa dikatakan penuh perjuangan dan berdarah-darah. Karena untuk akreditasi tersebut banyak yang dilakukan sejak 2 tahun terakhir untuk menggenjot kualitas UNG, agar bisa layak mengemban akreditasi A tersebut.

 “Ini merupakan pencapaian luar biasa seluruh warga kampus UNG dan patut kita syukuri, karena akreditasi menjadi indikator penting kualitas perguruan tinggi. Dengan perolehan akreditasi A, maka kualitas kita bisa setara dengan Perguruan Tinggi ternama lainnya,” jelasnya.

 Pencapaian akreditasi UNG juga tidak lepas dari dukungan pihak luar kampus, baik itu meliputi masyarakat alumni, Mitra maupun Pemerintah Provinsi serta Kabupaten/Kota. Karena menurut Rektor pencapaian akreditasi merupakan buah karya bersama UNG dengan seluruh pihak yang terlibat didalamnya.

“Tugas selanjutnya adalah menjaga pencapaian akreditasi A UNG, serta mengedepankan pengembangan inovasi, geliat internasionalisasi kampus dengan terus berupaya meningkatkan kualitas agar lebih baik setiap tahunnya. akreditasi ini harus menjadi inspirasi dan motivasi bagi warga kampus untuk lebih berkarya,” pungkasnya. (wahid)

 

Program Studi apa sajakah yang sudah mendapatkan akreditas A? :

Universitas Negeri Gorontalo merupakan PTN yang ada di Gorontalo itu sendiri. UNG dikembangkan atas dasar perluasan mandate (wider mandate) dari IKIP Negeri Gorontalo dan dibangun pada tahun 1963 sehingga bisa menghasilkan program-program studi yang  mampu bersaing dengan universitas negeri lainnya.

Ada apa sajakah  program studi UNG yang sudah terakreditasi A yaitu :

Manajemen pendidikan (MP) PariwisataPendidikan GeografiPendidikan BiologiPendidikan FisikaPendidikan KimiaTeknologi Hasil PerikananManajemen Sumberdaya Itulah beberapa program studi yang sudah terakreditasi A. 

Terimakasih! 

Profil Lengkap dan Sejarah Universitas Gorontalo

16 September 2020 23:06:04 Dibaca : 6

 

 

Nama sebelumnya : IKIP Negeri Gorontalo

Moto                        : Kampus Peradaban 

Jenis                       : Perguruan tinggi negeri 

Didirikan                 : 1 September 1963

Lembaga Induk      : Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia

Rektor                     : Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu

Staf akademik        : 667 (2014)

Staf administrasi   : 555 (2014)

Lokasi                     : Kota Gorontalo, Gorontalo, Indonesia

Situs web               : http://www.ung.ac.id

 

UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO (UNG) merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di kota gorontalo.Universitas negeri gorontalo sendiri didirikan sejak tanggal 1 september 1963 dan beralamat di JL.JENDRAL Sudirman No. 6 kota gorontalo.Selain itu UNG,saat ini terdiri dari 10 fakultas diantaranya:fakultas ilmunpendidikan,fmipa,ilmu sosial,sastra dan budaya,fakultas teknik,ilmu olaraga dan kesehatan,pertanian,hukum,ekonomi serta fakultas perikanan dan ilmu kelautan.

 

Sejarah Kampus :

 Universitas Negeri Gorontalo di singkat UNG adalah perguruan tinggi negeri di Gorontalo , Indonesia , yang berdiri pada tanggal 1 september 1963 . Mulanya Universitas ini diberi nama junior college , dan menjadi bagian dari FKIP IKIP UNSULUTENG. Tahun 1964 statusnya berubah menjadi cabang FKIP Yogyakarta cabang manado , Tahun 1965 bergabung dengan IKIP manado cabang gorontalo.

   Tahun 2001 berdasarkan Keppres RI nomor 19 tahun 2001 tanggal 15 februari 2001 status lembaga ini ditingkatkan menjadi IKIP Negeri Gorontalo dengan 5 fakultas dan 25 program studi.Dan akhirnya, tanggal 23 juni 2004 presiden MEGAWATI meresmikan menjadi Universitas Negeri Gorontalo dengan keputusan presiden RI nomor 54 tahun 2004 , tanggal 23 juni 2004.

  Berdasarkan hasil akreditas institusi oleh badan akreditas perguruan tinggi tahun 2018,mengukuhkan Universitas Negeri Gorontalo masuk sebagai jajaran perguruan tinggi terbaik dengan memperoleh akreditasi A.pada tahun 2017 ,menempatkan Universitas Negeri Gorontalo pada peringkat 50 berdasarkan peringkat 100 besar perguruan tinggi non politeknik oleh kementrian riset , teknologi dan pendidikan tinggi (kemristekdikti) Republik Indonesia.Selain itu berdasarkan data peringkat Universitas di dunia versi webometrics tahun 2018,menempatkan Universitas Negeri Gorontalo pada peringkat 154 (Asia Tenggra) dan 42 ( Indonesia)

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong