Peran dan Fungsi Kepemimpinan

20 September 2022 05:59:12 Dibaca : 6

A. Peran Kepemimpinan

Pemimpin dalam suatu organisasi memiliki peranan yang sangat penting, tidak hanya secara internal bagi organisasi itu saja tetapi juga dalam menghadapi berbagai pihak luar yang dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan organisasi dalam mencapai tujuannya.

peranan tersebut antara lain yaitu:

   1. Peranan yang bersifat interpersonal

salah satu tuntutan yang harus dipenuhi oleh seorang pemimpin adalah ketrampilan insani. ketrampilan tersebut mutlak perlu karena pada dasarnya dalam menjalankan kepemimpinannya seorang pemimpin berinteraksi dengan manusia lain, bukan hanya degan para bawahannya, akan tetapi juga berbagai pihak yang berkepentingan, di dalam dan di luar organisasi.

   2. peranan yang bersifat informasional

informasi merupakan aset organisasi yang ktitikal sifatnya. hal ini karena di masa yang akan datang sukar membayangkan adanya kegiatan organisasi yang terlaksana dengan efisien dan efektif tanpa dukungan informasi yang mutakhir, lengkap dan dapat dipercaya karena diolah dengan baik.

   3. peranan pengambilan keputusan,yaitu:

       a. sebagai interprenuer, seorang pemimpin diharapkan mampu mengkaji terus menerus situasi yang dihadapi oleh organisasi

       b. peredam gangguan, kesediaan memikul tanggung jawab untuk mengambil tindakan korektif apabila organisasi menghadapi gangguan serius yang tidak dapat ditangani

       c. pembagi sumber dana dan daya, wewenang atau kekuasaan itu paling sering menampakkan diri pada kekuasaan untuk mengalokasikan dana dan daya.

B. Fungsi Kepemimpinan

Kepemimpinan merupakan salah satu fungsi manajemen untuk mempengaruhi, mengarahkan, memotivasi dan mengawasi orang lain agar dapat melakukan tugas-tugas yang telah direncanakan, sehingga mencapai sasaran dan tujuan organisasinya.

ada lima fungsi yang perlu diketahui:

   1. pemimpin  selaku penentu arah yang akan ditempuh dalam usaha mencapai tujuan.

   2. wakil dan juru bicara organisasi dalam hubungan dengan pihak-pihak luar

   3. pemimpin selaku komunikator yang efektif

   4. mediator yang handal, khususnya dalam hubungan ke dalam untuk menangani situasi konflik internal

   5. pemimpin selaku integrator yang efektif, rasional, objektif dan netral.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong