ARSIP BULANAN : March 2023

PETA KERJA SETEMPAT

17 March 2023 09:06:52 Dibaca : 129

Peta kerja merupakan suatu alat yang menggambarkan kegiatan kerja secara sistematis dan jelas mulai dari awal sampai akhir proses. Di dalam peta kerja terdapat banyak informasi yang diperlukan untuk memperbaiki suatu metode kerja. Fungsi peta kerja adalah untuk menganalisa suatu pekerjaan, sehingga dapat mempermudah dalam perencanaan perbaikan kerja. Peta kerja dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan kegiatannya, yaitu peta kerja keseluruhan dan peta kerja setempat (Wignjosoebroto, 2000). Peta kerja setempat merupakan suatu peta kerja yang di dalamnya hanya melibatkan orang dan fasilitas dalam jumlah terbatas. Macam-macam peta kerja setempat menurut kegunaannya terdiri dari peta pekerja dan mesin, dan peta tangan kiri tangan kanan.

• Peta Pekerja dan Mesin

Peta pekerja mesin ini juga merupakan alat yang digunakan untuk mengurangi waktu menganggur, pada waktu menganggur baik pada pekerja maupun mesin harus dihilangkan atau diminimumkan. Efektivitas penggunaan pekerja dan atau mesin pun bias ditingkatkan, dengan cara:

1.Mengubah tata letak tempat kerja, tata letak kerja pada dasarnya sangat mempengaruhi waktu penyelesaian suatu pekerjaan. Apabila dilakukan penataan ulang tempat kerja, maka waktu penyelesaian dapat mencapai minimum.

2. Mengatur kembali gerakan-gerakan kerja. Penataan kembali gerakan-gerakan yang dilakukan pekerja akan sangat membantu meminimalisasi waktu penyelesaian kerja, meningkatkan efektivitas kerja, serta mempengaruhi efisiensi penggunaan tenaga.

3. Merancang kembali mesin dan peralatan.

4. Menambah pekerja bagi sebuah mesin atau menambah mesin bagi seorang pekerja.

contoh peta pekerja dan mesin adalah pembuatan mie instan

• Peta Tangan Kiri dan Tangan Kanan

Peta tangan kiri dan tangan kanan adalah peta kerja setempat yang bermanfaat untuk menganalisa sebuah gerakan tangan manusia didalam melakukan pekerjaan-pekerjaan yang bersifat manual.Kegunaan :

a) Menyeimbangkan gerakan kedua tangan dan mengurangi kelelahan.

b) Menghilangkan atau mengurangi gerakan-gerakan yang tidak efisien dan tidak produktif, sehingga akan mempersingkat waktu kerja.

c) Sebagai alat untuk menganalisis tata letak sistem kerja.

d) Sebagai alat untuk melatih pekerja yang baru, dengan cara kerja yang ideal.

contoh peta tangan kiri dan tangan kanan yaitu perakitan pulpen

Sumber :https://dewey.petra.ac.id/repository/jiunkpe/jiunkpe/s1/tmi/2008/jiunkpe-ns-s1-2008-25403075-9848-line_balancing-chapter2.pdf

https://www.academia.edu/29082867/Peta_tangan_kirihttps://www.scribd.com/doc/313893039/Peta-Pekerja-Dan-Mesin