BIOLOGI DAN BIOLOGI MOLEKULER

02 February 2015 11:55:02 Dibaca : 628

Nama : Sartin Ladiku
Nim : 613 413 012
Kelas : A_Agroteknologi
Tugas : Biokimia dan Biologi Molekuler Tanaman

SOAL !!!
1.) Jelaskan mengapa siklus krebs disebut siklus asam sitrat.
2.) Dalam siklus krebs berapa ATP yang dihasilkan dari satu molekul glukosa?
3.) Sebutkan apa saja yang dihasilkan atau diproduksi dari siklus krebs.
4.) Jelaskan mekanisme terjadinya proses glikolisis.
Jawab:
1.) Siklus Krebs disebut siklus asam sitrat, karena senyawa pertama yang terbentuk adalah asam sitrat dan merupakan langkah pertama dari siklus tersebut, yaitu penyatuan asetil KO-A dengan asam oksaloasetat untuk membentuk asam sitrat. Serta siklus krebs atau siklus asam sitrat merupakan sentral atau pusat metabolisme yang ada dalam tubuh manusia.
2.) Dalam siklus krebs ATP yang dihasilkan dari satu molekul glukosa yaitu 2 molekul ATP.
3.) Hasil dari siklus krebs adalah
• 2 molekul ATP,
• 2 molekul FADH,
• 6 molekul NADH,
• 2 molekul CO2 .
4.) Glikolisis merupakan serangkaian reaksi pemecahan atau dekomposisi glukosa menjadi senyawa asam piruvat. Proses glikolisis terjadi di sitoplasma, glikolisis dimulai dengan 1 molekul glukosa (senyawa yang memiliki 6 atom C) yang akan dipecah menjadi 2 molekul asam piruvat (senyawa yang memiliki 3 atom C). Pada proses glikolisis, setiap 1 molekul glukosa dipecah atau diubah menjadi 2 molekul asam piruvat, 2 NADH, dan 2 ATP.
Reaksi Glikolisis terjadi melalui dua tahapan utama yaitu reaksi tahapan 1 penggunaan energi dan reaksi tahapan 2 pelepasan energi. Tahapan glikolisis menunjukkan bahwa energi yang dibutuhkan pada tahap penggunaan energi adalah 2 ATP. Sementara itu, energi yang dihasilkan pada tahap pelepasan energi adalah 4 ATP dan 2 NADH. Dengan demikian, selisih energi atau hasil akhir glikolisis adalah 2 molekul asam piruvat, 2 ATP , 2 NADH dan 2 H2O.