tugas uas

18 May 2017 20:13:42 Dibaca : 300

Berita:Rumah Pasangan Lansia Hangus Terbakar

Gorontalo Selasa, 21/03/17. Sekitar pukul 17.20 WITA Masyarakat Desa Pone dan Huidu di Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo dikagetkan dengan teriakan kebakaran oleh warga. Banyak warga yang keluar dari rumah berhamburan berlari menuju jalan dan melihat gumpalan asap yang hitam. Masyarakat awalnya hanya menganggap gumpalan asap tersebut hanya bersumber dari pembakaran sampah, Tanpa mengetahui telah terjadi kebakaran rumah.
Peristiwa ini menghanguskan satu rumah milik warga yang diketahui milik pasangan suami istri Badu Auna (72 tahun) dan Rosmin Tangio (63 tahun). Saat terjadi kebakaran tak seorangpun yang berada dirumah. Orang yang biasa di sapa “Opa Badu” meninggalkan rumah sejak pagi untuk pergi kesawah. Sedangkan istrinya “Mami Mini” juga sedang bepergian ke-kota.
Menurut Apin, seorang saksi mata menjelaskan api bersumber dari dapur. hanya dalam waktu kurang dari 30 menit apiyang menyala cukup besar telah menghanguskan seluruh dapur yang berukuran 4 x 6 meter. Kemudian api terus merambat melalui atap rumah yang berukuran 6,5 x 7 meter dan menghanguskan seluruh bangunan rumah.
Sekitar pukul 17.40 WITA 2 mobil pemadam kebakaran datang. Namun jalan menuju rumah yang terlalu kecil membuat mobil pemadam kebakaran tidak bisa masuk untuk mendekati rumah, Sehingga memperlambat usaha mereka untuk memadamkan api. Usaha mereka baru tercapai setelah menyambungkan beberapa selang air hingga sampai ketempat kebakaran. Sekitar pukul 18.10 petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan api yang menyala.
“Didalam lemari tersimpan sejumlah uang dan sebuah celengan”. Kata Opa Badu.
Tidak ada korban jiwa pada kebakaran tersebut.untuk sementara warga menduga kebakaran diakibatkan hubungan arus pendek aliran listrik.
Andrianto S. Sanga

manajemen perusahaan media massa

22 March 2017 13:29:57 Dibaca : 228

PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN PERUSAHAAN MEDIA MASSA
Prinsip merupakan landasan atau pedoman dalam berpikir dan bertindak. Prinsip manajemen dalam perusahaan media massa tidak berbeda jauh dengan prinsip manajemen perusahaan lain pada umumnya. Bedanya hanya terletak pada hasil akhir, yaitu jika perusahaan media menghasilkan suatu konten atau berita tetapi perusahaan lain menghasilkan produk. Prinsip-prinsip dalam manajemen sebaiknya bersifat lentur dalam artian bahwa adanya pertimbangan sesuai dengan kondisi-kondisi khusus dan situasi-situasi yang berubah. Prinsip manajemen juga diperlukan oleh manajer untuk menghindari adanya kesalahan yang mendasar dalam pekerjaannya dan juga manajer dapat meramalkan keberhasilan usaha perusahaan yang diembankan kepadanya.
Henri Fayol lahir di Istanbul tahun 1841, dan meninggal di Paris, pada tahun 1925. Ia merupakan sosok seorang teoris manajemen atau administrasi asal Perancis. Fayol adalah salah satu kontributor paling berpengaruh dalam konsep manajemen atau ilmu administrasi modern. Menurut fayol, untuk menjadi seorag pemimpin atau leader yang baik dan sukses kita harus mengerti tentang ilmu manajemen. Peninggalan Fayol yang paling terkenal adalah tentang lima fungsi utama manajemen, yaitu merencanakan, mengorganisasi, memerintah, mengkoordinasi, dan mengontrol. Menurut Fayol, praktik manajemen dapat dikelompokkan ke dalam beberapa pola yang dapat diidentifikasi dan dianalisis. Dan selanjutnya analisis tersebut dapat dipelajari oleh manajer lain atau calon manajer.
Fayol terkenal akan 14 prinsip manajemennya. Prinsip ini berlaku di setiap manajamen perusahaan dan berlaku sepanjang masa. Berikut uraian 14 prinsip manajemen perusahaan sesuai dengan perusahaan media massa :
Division of work
Division of work atau pembagian kerja merupakan pembagian pekerjaan kepada karyawan sesuai dengan kemampuan dan keahlian karyawan. Agar hasil kerja atau output maksimal. Misalnya seorang karyawan ahli dibidang jurnalistik maka pekerjaan yang ia kerjakan haruslah mengumpulkan berita atau biasa disebut dengan wartawan.
Authority
Authority atau otoritas merupakan wewenang untuk memerintah misalnya dari atasan kepada bawahannya. Contohnya seorang manajer memerintahkan wartawannya untuk meliput berita banjir dan ada juga wartawan yang ditugaskan untuk meliput kasus korupsi dan lain sebagainya.
Dicipline
Dicipline merupakan taat terhadapat suatu aturan yang berlaku pada perusahaan. Misalnya seorang wartawan diberikan waktu untuk mencari berita, dan wartawan tersebut harus memperoleh berita sesuai waktu yang diberikan dan tidak bisa terlambat.
Unity of command
Unity of command artinya kesatuan perintah maksudnya ialah karyawan menerima perintah dari satu atasan dan bertanggung pada atasan yang memberikan perintah. Agar karyawan tersebut tidak bingung apa yang akan dikerjakannya.
Unity of direction
Unity of direction artinya kesatuan arah, karyawan diarahkan oleh manajernya sesuai dengan rencana dalam menjalankan tugasnya. Contohnya seorang wartawan diarahkan ke suatu daerah dalam mencari berita sesuai dengan rencananya.
Mengutamakan kepentingan organisasi diatas kepentingan individu
Karyawan harus profesional dalam menjalankan pekerjaannya.
Remuneration
Remuneration atau kompensasi maksudnya adalah karyawan mendapat upah sesuai dengan apa yang telah dikerjakannya. Jika melakukan lembur maka ia mendapat kompensasi yang seadil-adilnya.
Centralization
Centralization atau pemusatan, yaitu sejauh mana kita melihat atau sejauh mana pandangan kita terhadap pemusatan. Contohnya jika seorang wartawan bertanggung jawab kepada pemimpin redaksi. Maka pemimpin redaksi itulah yang menjadi pusat dalam keredaksian.
Scalar chain Scalar Chain atau hirarki dapat menentukan batas wewenang yang dimiliki oleh karyawan dalam perusahaan. Oleh sebab itu, ia mengetahui kepada siapa bertanggung jawab dan kepada siapa ia mendapatkan perintah.
Order
Order atau tata tertib disini adalah seorang karyawan tidak akan dapat bekerja jika pikirannya kacau dan tegang, maka ia harus selalu merapikan fasilitas yang ia gunakan.
Equity
Manajer harus bertindak adil terhadap karyawannya. Peraturan dan perjanjian harus ditegakkan secara adil agar moral karyawan pun terjaga. Manajer tidak bisa memihak kepada salah satu karyawan.
Stabilitas kondisi karyawan
Kestabilan karyawan harus dijaga sebaik-baiknya agar segala pekerjaan berjalan dengan lancar. Kestabilan dapat terwujud karena adanya disiplin kerja yang baik dan adanya ketertiban dalam kegiatan.

Prakarsa
Prakarsa atau inisiatif dalam manajemen perusahaan maksudnya adalah manajer terbuka dengan pendapat karyawan untuk melaksanakan rencana pekerjaannya.
Semangat kesatuan
Seorang manajer memberikan semangat terhadap karyawannya bahwa mereka satu tim dan harus saling bekerja sama. Dari semangat inilah akan membuahkan hasil yang terbaik yang telah direncanakan sebelumnya. Contohnya kami ambil dari pengalaman PKL, saat berkunjung ke NET TV kami terkejut dengan perekrutan karyawannya dengan menggunakan pengkaderan militer. Hal ini tentunya tidak seperti dengan media pada umumnya. Pengkaderan militer ini sangat berguna bagi karyawan dan juga perusahaan, karena dengan cara seperti ini, mereka telah diajarkan semangat kesatuan sejak awal. Hal ini tentunya akan berguna untuk karyawan dan juga perusahaan untuk kedepannya.
Seorang manajer yang baik tentunya harus mengikuti prinsip manajemen yang telah diuraikan di atas. Sebagaimana yang kita ketahui sesuatu yang tanpa direncanakan akhirnya tidak akan tercapai atau tanpa adanya tujuan yang jelas. Prinsip manajemen perusahaan diatas juga menjadi patokan bagi kita sebagai landasan utama sebagai seorang manajer atau calon manajer dalam melakukan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang leader atau pemimpin.
Di materi ini tidak hanya membahas tentang seorang manajer tetapi juga membahas tentang prinsip dasar sistem pekerjaan kewartawanan. Berikut kami paparkan materinya:

Prinsip Dasar Sistem Pekerjaan Kewartawan
News Gathering. Hal ini adalah tahapan awal dari sistem pemberitaan, yakni tahapan satu organisasi media massa yang diwakili wartawannya mulai mengumpulkan berita.
News Editing. Merupakan proses lanjutan dari sistem pemberitaan, yakni tahapan satu organisasi media massa yang diwakili oleh para redaktur melakukan penyuntingan berita. Berita yang didapatkan dari wartawan disunting dan diperiksa terlebih dahulu sebelum di distribusikan.
News Distributing. Hal ini adalah proses akhir dari sistem pemberitan, yakni tahapan satu organisasi media massa menyebarkan berita kepada publiknya. Berita yang disebarkan telah melalui beberapa tahapan sebelum akhirnya terbit dan tentunya berita tersebut telah sempurna dan siap disebaluaskan kepada khalayak.
News Evaluating. Hal ini banyak berkaitan dengan sistem media massa yang senantiasa berupaya mengembangkan mutu, bukan hanya jumlah-beritanya, sehingga menerapkan pola analisa isi (contents analysist) yang biasanya dilakukan oleh satu unit/divisi khusus dalam manajemen keredaksian. Dari tahapan evaluasi tersebut, maka media massa berupaya pula mengadakan perbaikan mutu isi karya jurnalistiknya melalui “editorial clinic” dan pendidikan berkelanjutan (continuing education).
Keempat prinsip dasar sistem pekerjaan kewartawan diatas menunjukan bahwa pentingnya sebuah proses dalam pekerjaan kewartawan. Jika salah satu proses diatas tidak ada, maka proses lainnya pun tidak bisa dikerjakan. Masing-masing tahapan atau proses saling berkesinambungan dan terikat satu sama lain. Oleh sebab itu disetiap proses atau tahapan tersebut, para karyawannya harus bertanggung jawab atas pekerjaannya.
Sebuah perusahaan media yang baik tentunya memiliki sebuah perencanaan yang baik pula. Anggota karyawan yang memiliki sebuah prinsip memiliki tujuan yang jelas, karena sebuah prinsip merupakan landasan atau pondasi yang dapat membuat karyawan terhindar dari sebuah kesalahan.

Daftar Pustaka
Junaedi, Fajar. 2014. Manajemen Media Massa. Yogyakarta: Buku Litera
https://id.wikipedia.org/wiki/HenriFayol (diakses tanggal 23 februari 2017)

http://ilmumanajemenindustri.com/14-prinsip-manajemen-menurut-henri-fayol (diakses tanggal 23 februari 2017)
http://jurnalpertekkom.blogspot.co.id/2013/02/kaidah-manajemen-untuk-mengelola-media.html (diakses pada 11 Februari 2017)

jurnalistik online

18 March 2017 13:04:20 Dibaca : 90

Nama : Andrianto S Sanga
NIM : 291414004
Tema : Pengalihan Bahasa
Judul : permen ya mas, bukan gula pasir

Pengalihan bahasa akan terjadi apabila seseorang dari suatu daerah ataupun negara tertentu berkunjung ketempat lain. Pada keadaan seperti ini orang tersebut haruslah menguasai bahasa yang digunakan secara umum. Saya ambil contoh ketika saya hendak keluar negeri sebut saja ke Jepang, saya harus menguasai bahasa inggris. Hal ini dikarenakan oleh penggunaan bahasa harus menggunakan bahasa yang sama-sama dipahami. Tujuannya agar ketika kita berkomunikasi akan menjadi efektif. Artinya setiap kata yang kita sampaikan dapat dipahami oleh orang yang menjadi objek komunikasi kita. Paham bukan berarti hanya semata-mata lawan bicara kita dapat memahami makna kata yang kita sampaikan. Akan tetapi terciptanya pesan yang diterima sesuai dengan maksud pemberi pesan.


Mungkin kita dapat membayangkan bagaimana bila kita berkomunikasi dengan orang lain yang notabenenya berbeda asal tempat. Kemudian kita saling ngobrol dengan menggunakan bahasa dari daerah masing-masing. Mungkin akan menjadi lucu karena sama-sama tidak mengerti apa yang jadi bahan pembicaraan.


Suatu hari rombongan Marcing Band dari salah satu daerah bagian timur di indonesia mengikuti lomba Marcing Band tingkat Nasional di Jakarta. Salah satu dari mereka ingin membeli sesuatu ditoko yang terletak di ibu kota negara tersebut. sebut saja namanya Randi dengan rasa senang dan bertingkah seperti bukan orang awam ia berjalan memasuki toko tersebut untuk membeli. tanpa bebasa-basi ia langsung mengatakan sesuatu yang ia inginkan. Mungkin dia lupa bahwa dia sedang berada di ibu Kota Negara. Sehingga ia tidak menggunakan bahasa baku.


“beli gula-gula”. Ini merupakan bahasa sehari-hari “logat” dari daerah dibagian Timur Indonesia ini. yang berarti bahwa ia ingin membeli “permen”. Pelayan ditoko tersebut tak perlu waktu banyak untuk menanggapi apa yang disampaikan oleh Rian. Dengan rasa senang hati pula pelayan toko menjawab “berapa kilo mas?”. pelayan toko tersebut menganggap bahwa Rian ingin membeli “gula pasir”. Rian kaget dengan jawaban pelayan toko tersebut. sehingga ia harus menunjuk “permen” yang akan dibelinya itu. Dengan wajah yang bingung pelayang mejawab “owh permen ya mas?”. Rian menjawab dengan tersenyum “iya”.


Berdasarkan contoh kasus diatas dapat kita simpulkan bahwa penguasaan bahasa menjadi sangat penting, tergantung pada konteks ruang dan waktu.

Nama : Andrianto S. Sanga
NIM : 291414004
M/K : Komunikasi Pemasaran

Laporan Pekan Raya Gorontalo (PRG) 2016
Pekan Raya Gorontalo, merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo sekaligus dalam rangka memperingati HUT Provinsi Gorontalo ke 16 Tahun 2016. Kegiatan yang sudah di gelar sejak 2013 kembali dilaksanakan pada tanggal 06 – 10 Desember 2016 yang bertempat di Lapangan Taruna Remaja Kota Gorontalo. Sebelumnya kegiatan ini selalu di laksanakan setiap bulan februari. Namun kali ini pada bulan Desember sebagaimana PERDA Nomor 9 Tahun 2015 bahwa hari jadi Provinsi Gorontalo tepat tanggal 5 Desember.
Kali ini dengan mengusung tema “Diusia 16 Tahun Provinsi Gorontalo kita tingkatkan persaudaraan, songsong Pilkada sejuk, aman damai dan menggembirakan untuk mempercepat pembangunan yang membahagiakan rakyat”.
Badan Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Gorontalo sebagai panitia bekerja sama TX Indonesia Promosindo, menghadirkan 200 stand pameran yang diikuti oleh Perwakilan dari Provinsi Tetangga, SKPD se-Provinsi Gorontalo, Kab/Kota se-Provinsi Gorontalo, Lembaga Pendidikan, Perusahaan Swasta, BUMN/BUMD dan UMKM.
Disamping memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang hasil-hasil pembangunan yang telah dilaksanakan oleh instansi pemerintah baik oleh pemerintah provinsi maupun pemerintah di kabupaten dan kota, akan diselenggarakan pula lomba-lomba dan kegiatan menarik lainnya guna menarik pengunjung, pembeli maupun investor potensial dari seluruh Indonesia.
Pada kesempatan tersebut saya mewawancarai salah satu stand Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM, Suatu usaha yang di bangun oleh ibu Dra. Harninda Mustapa bersama suaminya. Produk yang yang dipamerkan dalam even tersebut merupakan produk yang spesial dan baru pertama kalinya di pamerkan oleh mereka setelah sebelumya sudah tiga kali mengikuti pameran yang sama. Produk tersebut adalah tas, dompet, kemeja, kaos, jilbab, sandal, bros yang semuanya bercorak karawo khas Provinsi Gorontalo. Menariknya, semua produk yang dipamerkan tersebut merupakan hasil kreasi dari tangan ibu Harninda Mustapa sendiri. Sehingganya, keuntungan yang didapatkan semuanya adalah miliknya.
Stand dengan spanduk yang bertuliskan “AZ ZAHRA” tersebut sejak awal pembukaan pekan raya gorontalo hingga malam terakhir banyak dikunjungi oleh masyarakat. Hal tersebut dikarenakan oleh harga barang yang di tawarkan oleh AZ ZAHRA yang tidak terlalu mahal. Walaupun jumlah pengunjung pada setiap harinya naik turun, ibu Herninda tetap merasa senang bisa mengikuti pameran Pekan Raya Gorontalo tahun 2016. Alasannya tidak lain adalah keuntungan ketika mengikuti pameran seperti ini jumlah pelanggan naik secara drastis dibandingkan dengan menjual dirumahnya sendiri. Tidak hanya itu, melalui pameran produk yang tidak habis terjual, ketika di pameran akan dengan sangat mudah terjual. Dan hal tersebut akan membuat barang yang dijual akan terus berganti. Baik dari segi bentuk, warna dan lain-lain.
Keuntungan lain dari mengikuti pameran ialah menjadikan pameran sebelumnya sebagai acuan untuk memproduksi kedepannya. Hal tersebut disesuaikan dengan keinginan kebanyakan orang. Pameran juga dianggap sebagai pasar yang sangat besar dimana mereka sebagai penjual dapat berinteraksi langsung dengan konsumen dan akan bisa membaca keinginan dari konsumen.

perkembangan teknologi komunikasi

25 January 2016 18:45:56 Dibaca : 1374

Nama:andrianto s sanga

nim:291414004

 

l. Jenis-Jenis Teknologi Komunikasi Baru
 Satelit Komunikasi
Satelit komunikasi adalah benda-benda buatan manusia yang beredar di ruang angkasa yang mengelilingi benda lain. Seperti misalnya satelit palapa yang mengelilingi bumi. Satelit komunikasi dibuat bertujuan untuk telekomunikasi menggunakan radio pada frekuensi gelombang mikro. Umumnya satelit ini menggunakan orbit geosinkron atau orbit geostasioner, meskipun beberapa tipe yang terbaru menggunakan satelit pengorbit bumi rendah. Satelit buatan manusia pertama adalah Sputnik 1, diluncurkan oleh Soviet pada tanggal 4 Oktober 1957, dan memulai Program Sputnik Rusia, dengan Sergei Korolev sebagai kepala disain dan Kerim Kerimov sebagai asistentnya. Peluncuran ini memicu lomba ruang angkasa (space race) antara Soviet dan Amerika.
Satelit komunikasi pada hakekatnya merupakan stasiun relay yang ditempatkan diatas Bumi dengan tujuan untuk menerima, memperkuat, dan meneruskan sinyal analog yang ia terima dan mengubahnya menjadi sinyal digital maupun frekuensi radio. Artinya bahwa Satelit Komunikasi adalah satelit yang memiliki peran utama dalam menjalankan aktifitas komunikasi modern manusia yang hampir semuanya selalu menggunakan perangkat elektronik.
Untuk layanan tetap (point to point), Satelit Komunikasi menggunakan teknologi serat kabel optik, yang juga digunakan dalam komunikasi bergerak seperti komunikasi kapal, pesawat terbang, handheld, dan lain-lain, dimana teknologi konvensional seperti kabel tidak mungkin melakukannya.
Berbagai macam satelit pun telah dikembangkan untuk mendukung operasional komunikasi ini.Jika pada tahun 1962 AT&T Telstar telah mengorbitkan satelit komunikasi pertamanya, kini setelah beberapa puluh tahun kemudian telah berkembang setidaknya empat macam satelit komunikasi yang akan mempermudah pola komunikasi modern manusia.
a. Jenis satelit pertama adalah satelit yang biasa dipergunakan untuk keperluan siaran broadcast televisi.
b. Sedangkan satelit jenis yang kedua adalah satelit yang dipergunakan untuk keperluan GPS (Global Positioning System) yang hingga kini total telah memakai sekitar 24 satelit di dunia dengan prinsip kerja menggunakan konsep triangulasi. GPS sendiri sebenarnya merupakan sebuah pengembangan teknologi yang telah sukses diaplikasikan oleh militer Amerika Serikat selama lebih dari tiga dekade terakhir.
c. Satelit jenis ketiga adalah satelit yang dirancang untuk melakukan pelayanan keperluan telepon seluler dan beragam jenis layanannya dengan cara menggunakan transmisi satelit sebagai pengganti transmisi microwave antar negara. Ide dasar dari satelit komunikasi ini adalah untuk mengatasi keterbatasan station microwave di bumi. Satelit komunikasi ini berfungsi sebagai station relay microwave yang mengorbit di sekitar bumi.
d. Jenis Satelit Komunikasi yang keempat merupakan jaringan satelit kecepatan tinggi yang berorbit rendah sehingga memungkinkan para pengguna di bumi melakukan proses pertukaran data dengan lebih cepat. Satelit ini menjadi sangat penting untuk dikembangkan, mengingat masih banyak masyarakat kita yang belum terjangkau layanan Internet kecepatan tinggi, TV kabel dan berbagai pengembangan teknologi Internet satelit lainnya. Dengan pengembangan teknologi satelit ini pula, akan memungkinkan kita untuk mengirimkan dan menerima paket data maupun suara melalui telepon dengan kecepatan setara dengan Internet Broadband.
 Videotech
Layanan informasi interaktif yang memungkinkan individu untuk meminta frames informasi dari sebuah computer pusat untuk melihat pada layar tampilan video. Vediotech juga dapat diartikan sebagai teknologi pengiriman sinyal elektronik dari suatu gambar bergerak.
 Teletech
Layanan informasi interaktif yang memungkinkan individu untuk meminta frame informasi untuk melihat pada layar televise rumah.
 Interactive Cable Television
Interactive Cable Television atau biasa disebut juga sebagai TV Interaktif (iTV) adalah televisi yang dapat menerima program siaran (downlink) dan dapat pula mengembalikan informasi ke penyiar televisi (uplink). Sehingga ada interaktif antara penyiar ke penonton dan penonton ke penyiar. Mungkin dapat kita katakan bahwa TV interaktif. adalah suatu teknologi yang sudah mempersatukan semua teknologi yang ada diera digital ini karena TV interaktif dapat mempersatukan (convergance) antara data, voice dan video didalam satu kanal sehingga memudahkan pemakainya untuk melakukan komunikasi dan interaksi langsung baik ke seseorang ataupun kebanyak orang. Sehingga kita dapat melakukan banyak hal didalamnya untuk semua bisnis ataupun sampai melakukan politik.
 Teleconverencing
Teleconference atau telekonferensi atau teleseminar adalah komunikasi langsung di antara beberapa orang yang biasanya dalam jarak jauh atau tidak dalam satu ruangan dan dihubungkan oleh suatu sistem telekomunikasi.
Teleconference adalah pertemuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang dilakukan melewati telefon atau koneksi jaringan. Pertemuan tersebut bisa menggunakan suara (audio conference) atau menggunakan audio-video (video conference) yang memungkinkan peserta konferensi saling melihat dan mendengar apa yang dibicarakan, sebagaimana pertemuan biasa. Dalam telekonferensi juga dimungkinkan menggunakan whiteboard yang sama dan setiap peserta mempunyai kontrol terhadapnya Jadi, juga berbagi aplikasi.
Sistem telekomunikasi dapat mendukung teleconference karena menyediakan satu atau lebih dari berikut ini: audio, video, dan / atau layanan data oleh satu atau lebih berarti, seperti telepon, komputer , telegraf, teletip, radio, dan televisi.
Di Indonesia, terdapat berbagai layanan teleconference melalui telepon baik fixed maupun mobile (Audio Conference) yang mempunyai kemampuan untuk melayani percakapan sampai 30 pemanggil dalam satu konferensi. Jumlah peserta dapat diatur sesuai dengan keinginan penyelenggara konferensi. Sistem conferenceatau konferensi juga bisa dilengkapi dengan PIN (Personal Identification Number) sehingga menjamin kerahasiaan suatu konferensi dari pemanggil yang tidak diundang dalam telekonferensi atau teleconference tersebut.
 Computerized Network
Jaringan komputerisasi atau Computerized Network adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling bertukardata. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak system operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Apabila ingin membuat jaringan
komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.

 contoh Implikasi dalam penggunaan teknologi komunikasi baru dalam kehidupan sosial, ekonomi, budaya dan politik masyarakat.
a) Dalam kehidupan sosial
Penggunaan teknologi komunikasi dalam kehidupan social sudah tidak asing lagi. Dengan adanya teknologi komunikasi yang menyediakan berbagai aplikasi kini manusia dapat berkomunikasi dengan siapa saja dan di mana saja. Aplikasi tersebut seperti facebook,twitter, whatsApp dan masih banyak aplikasi-aplikasi yang memudahkan manusia dalam berkomunikasi serta untuk mendapatkan suatu informasi.
b) Dalam ekonomi
Penggunaan teknologi komunikasi baru dalam bidang ekonomi akan makin membuka lapangan pekerjaan. Bisnis yang berbasis TIK atau yang biasa disebut E-commerce dapat mempermudah transaksi transaksi bisnis suatu perusahaan atau perorangan. Serta perusahaan-perusahaan pemasangan iklan di internet pada situs situs tertentu akan mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran suatu produk. Dan perusahaan dapat menjangkau pasar lebih luas, karena pembeli yang mengakses internet tidak dibatasi tempat dan waktu.
c) Dalam budaya
Teknologi komunikasi baru dapat mempermudah pendistribusian karya-karya anak bangsa seperti musik, film, fashion maupun furniture ke Negara-negara tetangga maupun Negara-negara berbeda benua yang mana akan memperkuat identitas Negara serta membuat Negara semakin dikenal oleh dunia melaui aplikasi videotech yang kemudian di salurkan pada interactive television cable.

d) Dalam politik masyarakat
Salah satu tujuan utama dalam penggunaan politik dibantu dengan teknologi informasi adalah adanya peranan besar masyarakat dalam pengembangan pemerintah. Contohnya yaitu Dengan e-government maka hal ini bisa tercapai. Bayangkan saja jika ada anggota DPR yang dapat berinteraksi dengan rakyat yang telah memilihnya, kegiatan tanya jawab, melakukan voting, saran dan kritik akan dapat tersalurkan dengan cepat, langsung, dan nyaman. Ini membuat masyarakat lebih tanggap dan mendapatkan kemungkinan suaranya didengar secara mudah. Masyarakat yang dapat bercakap-cakap langsung dengan anggota DPR itu juga dapat melakukan review kenapa mereka memilih perwakilan mereka tersebut dan dapat menentukan pilihan untuk wakil mereka di masa depan.

ll. Artikel Ilmiah Tentang Perkembangan Teknologi Komunikasi
Definisi Teknologi adalah desain untuk tindakan instrumental yang mengurangi ketidakpastian dalam hubungan sebab-akibat yang terlibat dalam mencapai hasil yang diinginkan. Teknologi biasanya memiliki dua aspek yaitu aspek perangkat keras ( terdiri dari materi atau benda-benda fisik) dan aspek perangkat lunak ( terdiri dari basis informasi untuk perangkat keras ). Kedua aspek tersebut penting untuk penggunaan praktis komputer, tetapi karena perangkat keras lebih terlihat oleh pengamat kasual, maka kita akan berpikir teknologi utama adalah perangkat keras.
Teknologi komunikasi dalam masyarakat modern seperti Amerika Serikat. Teknologi komunikasi adalah peralatan perangkat keras, organisasi, struktur dan nilai-nilai sosial yang digunakan individu untuk mengumpulkan, memproses dan bertukar informasi dengan individu lainnya. Selanjutnya, yang lebih penting adalah sifat dan bagaimana fungsi media baru bagi sebagian besar orang untuk bertukar informasi. Pada kenyataannya teknologi komunikasi baru tidak hanya ditandai dengan adanya teknologi tunggal baru seperti mikrokomputer dan satelit, tetapi menggabungkan elemen-elemen dari jenis komunikasi baru seperti menggunakan satelit untuk memberikan berbagai wid dari programming untuk sistem televisi kabel.
Contoh teknologi komunikasi baru yaitu telekonferensi jaringan, elektronik sistem, papan buletin computer, dan televise kabel interaktif. Perubahan pada komunikasi manusia sebagai hasil teknologi baru.
1) Sistem komunikasi baru memiliki tingkat interaktivitas tertentu, seperti percakapan dua orang atau tatap muka. Interaktivitas adalah kemampuan sistem komunikasi baru untuk berbicara kembali kepada pengguna atau hampir seperti seorang individu yang berpartisipasi dalam percakapan.
2) Media baru juga demassified yaitu bahwa sebuah pesan khusus dapat ditukar dengan setiap individu dalam khalayak yang besar. Menyamakan individualisasi seperti media baru untuk komunikasi tatap muka interpersonal, kecuali bahwa mereka tidak bertatap muka.

Teknologi komunikasi yang digunakan pada zaman dahulu masih sangat sederhana. Karena pada saat itu manusia saling berjauhan, maka dibutuhkan alat untuk menyampaikan pesan pada orang lain.
Alat komunikasi yang tertua yang pernah dilakukan adalah isyarat. Isyarat yang digunakan biasanya asap atau suara-suara yang sengaja diciptakan untuk menyampaikan pesan tertentu. Tetapi menyampaikan pesan menggunakan asap bergantung dengan cuaca. Bila cuaca cerah asap sangat jelas terlihat, bila cuaca buruk asap sukar terlihat.
Akhirnya ditemukan alat baru, yaitu dengan cara menulis pesan dan mengirimkannya menggunakan burung merpati, lalu surat-surat itu diantarkan dengan berlari dan dengan kuda.
Berbeda dengan saat ini perkembangan teknologi komunikasi sangat pesat. Berbagai media komunikasai memudahkan kita untuk menerima pesan apapun yang dikirimkandari mana saja. Kita mengetahui apa yang terjadi dibelahan bumi hampir pada saat bersamaan. Teknologi komunikasi saat ini di dunia sangat maju dengan pesat. Jika dulu pada abad ke-17 atau ke-18 nenek moyang kita masih menggunakan pos atau surat menyurat secara fisik, namun pada abad ke-20 ini kita sudah dapat menikmati komunikasi yang dipengaruhi dengan teknologi. Salah satunya tentunya teknologi komunikasi.
Pada awal abad ke-20 muncullah alat komunikasi seperti telepon rumah, radio, fax, dan beberapa alat komunikasi lainnya. Seiring dengan perkembangan jaman, beberapa alat komunikasi mengalami perkembangan pula. Seperti telepon yang mungkin sekarang mulai banyak ditinggalkan, karena sudah banyak orang yang beralih ke telepon genggam alias handphone.
Dengan diiringi perkembangan teknologi informasi, teknologi komunikasipun berkembang secara pesat. Muncullah istilah seperti teknologi komunikasi cyber yang memungkinkan kita dapat menggunakan teknologi komunikasi baru lagi. Contoh teknologi komunikasi yang menggunakan teknologi cyber atau internet adalah e-mail, chatting, dan lain sebagainya. Teknologi Komunikasi yang seperti itulah yang sekarang digunakan di mana-mana. Contoh media komunikasi dari awal sampai saat ini :

- Media Elektronik
1. Televisi
TV ditemukan oleh orang skotlandia bernama john logie baird pada tahun 1925. saat pertama kali dibuat, televisi hanya berwarna hitam putih. Sesuai perkembangan zaman, TV sekarang sudah berwarna.
2. Radio
Siaran radio dipancarkan dari stasiun pemancar radio ke satelit lalu dari satelit ke rumah-rumah penduduk. Ada radio dari frekuensi AM dan ada juga yang FM. Siaran radio dapat menyampaikan berita dan informasi tentang peristiwa disaat itu juga. Ada radio yang menggunakan listrik, dan ada juga yang menggunakan baterai.
3. Telepon
Telepon adalah media komunikasi yang cuup cepat untuk berbicara dengan seseorang kita hanya tinggal memijat atau memutar nomor orang yang akan kita ajak bicara. Bila telah tersambung kita bisa langsung komunikasi. Telepon ditemukan oleh seorang Amerika bernama Alexander Graham bell pada tahun 1876.
4. Internet
Dengan internet kita bisa mengtahui berita-berita apapun melalui computer yang dihubungkan dengan telepon atau melalui telepon genggam yang mempunyai fasilitas internet.
5. SMS ( short massage service )
Pengiriman berita dan informasi melalui sms hanya bisa digunakan bila kita mempunyai telepon genggam, karena sms merupakan salah satu dari fasilitas telepon genggam. Sms ini baru berlaku bila kedua belah pihak telepon genggam.

 Implikasi Perkembangan Teknologi Komunikasi terhadap Dunia Jurnalistik
Jurnalistik adalah salah satu proses yang sangat penting dalam komunikasi dan informasi. Jurnalistik mencakup kegiatan pencarian, pengolahan, dan penyebaran informasi sebuah peristiwa kepada khalayak umum melalui media massa, baik cetak maupun elektronik.Keberadaannya sangatlah penting. Tanpanya, suatu peristiwa hanya dapat diketahui oleh orang yang melihat atau terlibat langsung tanpa terdokumentasi dengan baik. Sedingga kecenderungan akan simpang siurnya kabar pada peristiwa berpotensi sangat besar.
Sejak ditemukannya mesin cetak oleh Guttenberg di abag ke-18, teknologi seakan tak pernah lepas dari jurnalistik. Media konvensional seperti surat kabar muncul kepada khalayak sebagai inovasi terbaru dalam berkomunikasi, setelah sebelumnya menggunakan lisan untuk menyebarkan kabar. Mesin cetak yang membantu memproduksi ulang kabar dalam lembaran kertas menjadi awal perjalanan dalam dunia jurnalistik. Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi komunikasi semakin pesat dalam menunjang kerja seorang jurnalis. Di abad ke-20, khalayak membutuhkan informasi secara cepat dan akurat untuk mengetahui apa yang terjadi saat ini hingga hiburan dari bidang jurnalistik yang terlembaga melalui media. Menyadari bahwa jurnalistik adalah sesuatu yang dapat mempengaruhi umat manusia, ilmuwan menemukan dan mengembangkan teknologi tersebut hingga menjadi perangkat guna seperti kamera, radio, televisi, komputer, internet, dll. Tekonologi tersebut memberikan manfaat tersendiri bagi dunia jurnalistik, sebuah kabar dapat tersampaikan secara jelas dan baik sesuai apa yang terjadi dalam lapangan membuat Anda serasa berada dalam kejadian tersebut.Dengan pengaruh teknologi komunikasi, dunia jurnalistik selalu berinovasi secara berkala mengikuti perkembangan pemikiran khalayak. Penggunaan perangkat yang bijak dan bertanggung jawab membuat jurnalistik dapat menjadi kontrol sosial yang utama dalam kehidupan.
Secara garis besar penggunaan teknologi dalam kegiatan jurnalistik tidak dapat di pisahkan. Hal tersebut juga dikarenakan bahwa teknologi dapat di jadikan alat bantu ataupun alat kelengkapan dalam proses jurnalistik. Teknologi komunikasi adalah satu wadah yang sangat mendukung dalam proses pencarian sampai penyebaran informasi kepada masyarakat. Selain dapat memudahkan proses jurnalistik, penggunaan teknologi dalam dunia jurnalistik dapat dengan mudah menjangkau masyarakat luas dalam suatu negara.
Penemuan-penemuan teknologi yang sudah sangat canggih kini sudah banyak digunakan oleh manusia. Di Indonesia saja penggunaan jumlah pengguna satu teknologi saja seperti internet sudah sangat banyak, bahkan lebih dari separuh penduduk negara Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat juga membutuhkan tempat untuk mendapatkan informasi dan lain sebagainya. Oleh karena itu sekarang dapat kita lihat banyak informasi yang tersedia dalam situs-situs tertentu yang terdapat di media online. Teknologi yang sudah semakin canggih dan sudah semakin banyak digunakan manusia seperti radio, televisi, internet dan lain sebagainya kini telah mempermudah penyebaran dan penyampaian informasi kepada masyarakat. Hanya saja dengan banyaknya informasi yang diterima kini masyarakat harus lebih berhati-hati dalam mempercayai suatu informasi.

 Dampak positif penggunaan teknologi komunikasi dalam dunia jurnalistik
a. Proses pencarian, pengolahan, dan penyampaian informasi kepada masyarakat menjadi semakin mudah dan lebih cepat.
b. Pemberian informasi tidak hanya bisa di lakukan oleh para jurnalis, akan tetapi juga masyarakat biasa dapat memberikan suatu informasi dengan menggunakan media komunikasi. Hal ini biasa disebut citizen journalism.

Contoh kasus :
Pemberian informasi yang cepat kepada masyarakat adalah salah satu tujuan utama dari pada jurnalisme. Hal ini dapat kita lihat pada pemberiataan aksi terror di sarinah, Jakarta pusat beberapa waktu yang lalu. Pemberitaan serta pemberian informasi oleh wartawan dari metro TV dengan menggunakan media komunikasi yaitu televise, informasi tersebut dapat di ketahui dan tersebar luas di masyarakat.

 Dampak negatif penggunaan teknologi komunikasi dalam dunia jurnalistik
Memberikan sebuah informasi kepada masyarakat bukanlah sesuatu yang dianggap main-main. Proses sebelum penyebarluasan informasi yaitu di mulai dengan mencari, mengumpulkan, mengedit, mengolah dan seterusnya itu adalah hal yang harus dipertanggung jawabkan oleh orang yang memberikan informasi. Dengan banyaknya teknologi komunikasi seperti sekarang ini, sesungguhnya banyak informasi yang di berikan oleh masyarakat biasa (citizen journalism) yang kebenarannya harus di pertanyakan. Selain itu juga tidak ada orang yang mau bertanggung jawab atas informasi tersebut. Kini masyarakat harus pintar dalam memilih dan memilah informasi yang semakin banyak.

Contoh kasus :
Penggunaan social media dalam kehidupan sehari-hari dapat dilihat di mana saja. Dari anak remaja sampai dewasa. bahkan anak-anakpun sudah banyak yang menggunakan social media tersebut. Hal ini di karenakan kita dapat bergaul dan berteman dengan orang-orang yang jauh. Di social media seperti facebook, twitter, BBM, dan lain sebagainya kita dapat menemukan banyak informasi seperti pekerjaan, akan tetapi orang yang bertanggung jawab atas berita tersebut belum tentu ada. Banyak juga kejadian yang terjadi seperti perkelahian, penipuan, pencemaran nama baik, dan lain sebagainya di akibatkan oleh penggunaan social media serta pemberian informasi yang semborono oleh orang-orang tertentu.

Sumber :

http://id.shvoong.com/exact-sciences/astronomy/2014454-satelit-komunikasi/#ixzz1svAIaB2M
https://unindrax1eione.wordpress.com/jaringan-dan-telekomunikasi-3/teleconference/
https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_komunikasi_baru
http://personal.fmipa.itb.ac.id/suryadi/files/2010/11/satelit-komunikasi-_orasi-ilmiah_denpasar30oktober2010.pdf
http://indahfatmiutari.blogspot.co.id/2013/04/karya-tulis-ilmiah-pengaruh-teknologi_8237.html
https://kharismapramundari.wordpress.com/2014/09/28/perkembangan-teknologi-komunikasi-terhadap-4-aspek-ekonomi-politik-budaya-sosial/

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong