WOW !! Pendaftar SBMPTN 2017 akan tereliminasi

15 May 2017 15:09:27 Dibaca : 35

WOW !! Pendaftar SBMPTN 2017 akan tereliminasi


Dalam rangka pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017, aktivitas perkuliahan Universitas Negeri Gorontalo diliburkan terhitung sejak tanggal 13-16 Mei 2017. Untuk kesiapan pelaksanaan ujian yang akan dilaksanakan tanggal 16 Mei 2017, maka pada hari ini 15 Mei 2017 semua mahasiswa baru pendaftar SBMPTN 2017 berkumpul di Lapangan Indoor UNG untuk mendengarkan himbauan tekait Ujian dan pengecekan ruang ujian peserta.

Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan Dra. Masita Kadir, M.pd mengungkapkan bahwa pada tahun ini ada 6226 orang pendaftar, namun hanya akan diterima sekitar 3000-an mahasiswa baru, olehnya itu akan tersisa 3000-an lagi yang akan tersaring dalam tahap Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

“Imbauan kepada seluruh mahasiswa baru pendaftar SBMPTN agar kiranya besok datang setengah jam sebelum ujian dilaksanakan. Jangan lupa membawa perlengkapan dan persyaratan berkas saat mengikuti Ujian SBMPTN. Tidak dibenarkan membawa barang elektronik jam, kalkulator, ataupun handphone” Tegasnya.

Dalam ujian tahun ini dibagi dua proses ujian yakni PBT (Paper based testing) seleksi ujian tertulis dalam bentuk cetak, dan CBT (computer based testing) menggunakan computer. Pendaftar ujian CBT hanya 280 orang, dan sisanya sebgaian besar mengikuti ujian tertulis. Ujian ini dilaksanakan selama 2 hari, tanggal 16 Mei Ujian tertulis/computer, dan tanggal 17 Mei Ujian keterampilan bagi yang melaksanankannya.

“Alhamdulillah sejauh ini kesiapan untuk mengikuti ujian SBMPTN besok sudah lumayan, tinggal menjaga kesehatan agar besok dapat mengikuti ujian dalam keadaan sehat walafiat dan dilancarkan serta diluluskan” Ujar Mohammad Taufik yang merupakan mahasiswa baru pendaftar SBMPTN proses PBT.

LEA dan UTI salah paham

Perbedaan bahasa dan budaya sangatlah mempengaruhi bagi kita yang merantau dikampung orang. Sesuatu kata yang kita pahami bisa jadi berbeda dengan arti sebenarnya. Belajar untuk memahami bahasa daerah lain merupakan kesulitan sendiri bagi kita. Oleh karena itu tak heran bila terdapat kata-kata (kebetulan) sama atau hampir sama tetapi dimaknai secara sama. Konsekuensinya, dua orang yang berasal dari budaya yang berbeda boleh jadi mengalami kesalahpahaman ketika mereka menggunakan kata yang sama.

Berangkat dari pengalaman saya sendiri, ketika itu saya sedang bercerita dengan teman dirumahnya:

Saya : “Tadi ada datang orang ba antar uang harga print”,

Teman : “Pata’o ??????” (dengan spontan dan bergelombang)

Saya : Heiii saya bukan Pencuri Lea, itu kau pe uang print saya taruh diatas meja karna kau tidak ada tadi. (dengan gelombang suara yang marah dan tidak terima senang).

Teman : Yaa ampuuunn maksudnya itu saya bilang baruuu ??? (yang bermaksud bertanya apalagi yang dorang bilang) bukan saya ba tuduh ente pencuri uttii.

Berdasarkan cerita pengalaman diatas terlihat bahwa kata Pata’o yang berarti baru, disalahartikan menjadi Pota’o yang berarti pencuri. Maka dapat saya simpulkan bahwa tak mudah untuk dapat memahami bahasa daerah orang lain, sebab bahasa Gorontalo itu terlalu banyak huruf O’nya. Sehingga agak sulit untuk menyama-nyamakan kata yang satu dengan yang lain. Satu huruf yang berbeda dalam setiap kata mempunyai arti yang beda pula. Maka olehnya itu jangan sampai kita merasa tahu dengan artinya jika kita bukan asli orang Gorontalo.

Sebagaimana yang dikatakan oleh R. Brown dalam buku Pengantar Ilmu Komunikasi bahwa “Seseorang mungkin menghabiskan tahun-tahunnya yang produktif untuk menguraikan makna suatu kalimat tunggal dan akhirnya tidak menyelesaikan tugas itu”. Hal inilah yang berarti bahwa makna sebagai kecenderungan (disposisi) total untuk menggunakan atau bereaksi terhadap suatu bentuk bahasa.

Kesimpulannya bahwa kehidupan tak seindah sekarang jika manusia hanya mampu melihat satu jenis warna. Jika manusia hanya satu ras, satu bahasa, satu warna kulit, maka kehidupan akan menjadi tidak menarik lagi. Olehnya itu “kita sampria mofangu lipu sivia patuju” (walau kita berbeda-beda tetap satu tujuan).

PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN PERUSAHAAN MEDIA MASSA

22 March 2017 09:13:32 Dibaca : 586

KELOMPOK II
Julita Nurdin Nawaitu
Irawaty Djako
Mohamad Nuriman
Andrianto Sanga
Brando Lihawa
Rahmin Djafar

PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN PERUSAHAAN MEDIA MASSA

Prinsip merupakan landasan atau pedoman dalam berpikir dan bertindak. Prinsip manajemen dalam perusahaan media massa tidak berbeda jauh dengan prinsip manajemen perusahaan lain pada umumnya. Bedanya hanya terletak pada hasil akhir, yaitu jika perusahaan media menghasilkan suatu konten atau berita tetapi perusahaan lain menghasilkan produk. Prinsip-prinsip dalam manajemen sebaiknya bersifat lentur dalam artian bahwa adanya pertimbangan sesuai dengan kondisi-kondisi khusus dan situasi-situasi yang berubah. Prinsip manajemen juga diperlukan oleh manajer untuk menghindari adanya kesalahan yang mendasar dalam pekerjaannya dan juga manajer dapat meramalkan keberhasilan usaha perusahaan yang diembankan kepadanya.

Henri Fayollahir di Istanbul tahun 1841, dan meninggal di Paris, pada tahun1925. Ia merupakan sosok seorang teoris manajemen atau administrasi asal Perancis. Fayol adalah salah satu kontributor paling berpengaruh dalam konsep manajemen atau ilmu administrasi modern. Menurut fayol, untuk menjadi seorag pemimpin atau leader yang baik dan sukses kita harus mengerti tentang ilmu manajemen. Peninggalan Fayol yang paling terkenal adalah tentang lima fungsi utama manajemen, yaitu merencanakan, mengorganisasi, memerintah, mengkoordinasi, dan mengontrol. Menurut Fayol, praktik manajemen dapat dikelompokkan ke dalam beberapa pola yang dapat diidentifikasi dan dianalisis. Dan selanjutnya analisis tersebut dapat dipelajari oleh manajer lain atau calon manajer.

Fayol terkenal akan 14 prinsip manajemennya. Prinsip ini berlaku di setiap manajamen perusahaan dan berlaku sepanjang masa. Berikut uraian 14 prinsip manajemen perusahaan sesuai dengan perusahaan media massa :

1. Division of work
Division of work atau pembagian kerja merupakan pembagian pekerjaan kepada karyawan sesuai dengan kemampuan dan keahlian karyawan. Agar hasil kerja atau output maksimal. Misalnya seorang karyawan ahli dibidang jurnalistik maka pekerjaan yang ia kerjakan haruslah mengumpulkan berita atau biasadisebutdenganwartawan.

2. Authority
Authority atau otoritas merupakan wewenang untuk memerintah misalnya dari atasan kepada bawahannya. Contohnya seorang manajer memerintahkan wartawannya untuk meliput berita banjir dan ada juga wartawan yang ditugaskan untuk meliput kasus korupsi dan lain sebagainya.

3. Dicipline
Dicipline merupakan taat terhadapat suatu aturan yang berlaku pada perusahaan. Misalnya seorang wartawan diberikan waktu untuk mencari berita, dan wartawan tersebut harus memperoleh berita sesuai waktu yang diberikan dan tidak bisa terlambat.

4. Unity of command
Unity of command artinya kesatuan perintah maksudnya ialah karyawan menerima perintah dari satu atasan dan bertanggung pada atasan yang memberikan perintah. Agar karyawan tersebut tidak bingung apa yang akan dikerjakannya.

5. Unity of direction
Unity of direction artinya kesatuan arah, karyawan diarahkan oleh manajernya sesuai dengan rencana dalam menjalankan tugasnya. Contohnya seorang wartawan diarahkan ke suatu daerah dalam mencari berita sesuai dengan rencananya.

6. Mengutamakan kepentingan organisasi diatas kepentingan individu
Karyawan harus profesional dalam menjalankan pekerjaannya.

7. Remuneration
Remuneration atau kompensasi maksudnya adalah karyawan mendapat upah sesuai dengan apa yang telah dikerjakannya. Jika melakukan lembur maka ia mendapat kompensasi yang seadil-adilnya.

8. Centralization
Centralization atau pemusatan, yaitu sejauh mana kita melihat atau sejauh mana pandangan kita terhadap pemusatan. Contohnya jika seorang wartawan bertanggung jawab kepada pemimpin redaksi. Maka pemimpin redaksi itulah yang menjadi pusat dalam keredaksian.

9. Scalar chain
Scalar Chainatau hirarki dapat menentukan batas wewenang yang dimiliki oleh karyawan dalam perusahaan. Oleh sebab itu, ia mengetahui kepada siapa bertanggung jawab dan kepada siapa ia mendapatkan perintah.

10. Order
Order atau tata tertib disini adalah seorang karyawan tidak akan dapat bekerja jika pikirannya kacau dan tegang, maka ia harus selalu merapikan fasilitas yang ia gunakan.

11. Equity
Manajer harus bertindak adil terhadap karyawannya. Peraturan dan perjanjian harus ditegakkan secara adil agar moral karyawan pun terjaga. Manajer tidak bisa memihak kepada salah satu karyawan.

12. Stabilitas kondisi karyawan
Kestabilan karyawan harus dijaga sebaik-baiknya agar segala pekerjaan berjalan dengan lancar. Kestabilan dapat terwujud karena adanya disiplin kerja yang baik dan adanya ketertiban dalam kegiatan.

13. Prakarsa
Prakarsa atau inisiatif dalam manajemen perusahaan maksudnya adalah manajer terbuka dengan pendapat karyawan untuk melaksanakan rencana pekerjaannya.

14. Semangat kesatuan
Seorang manajer memberikan semangat terhadap karyawannya bahwa mereka satu tim dan harus saling bekerja sama. Dari semangat inilah akan membuahkan hasil yang terbaik yang telah direncanakan sebelumnya. Contohnya kami ambil dari pengalaman PKL, saat berkunjung ke NET TV kami terkejut dengan perekrutan karyawannya dengan menggunakan pengkaderan militer. Hal ini tentunya tidak seperti media pada umumnya. Pengkaderan militer ini sangat berguna bagi karyawan dan juga perusahaan, karena dengan cara seperti ini, mereka telah diajarkan semangat kesatuan sejak awal. Hal ini tentunya akan berguna untuk karyawan dan juga perusahaan untuk kedepannya.

Seorang manajer yang baik tentunya harus mengikuti prinsip manajemen yang telah diuraikan di atas. Sebagaimana yang kita ketahui sesuatu yang tanpa direncanakan akhirnya tidak akan tercapai atau tanpa adanya tujuan yang jelas. Prinsip manajemen perusahaan diatas juga menjadi patokan bagi kita sebagai landasan utama sebagai seorang manajer atau calon manajer dalam melakukan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang leader atau pemimpin.

Di materi ini tidak hanya membahas tentang seorang manajer tetapi juga membahas tentang prinsip dasar sistem pekerjaan kewartawanan. Berikut kami paparkan materinya:

Prinsip Dasar Sistem Pekerjaan Kewartawan

1. News Gathering. Hal ini adalah tahapan awal dari sistem pemberitaan, yakni tahapan satu organisasi media massa yang diwakili wartawannya mulai mengumpulkan berita.

2. News Editing. Merupakan proses lanjutan dari sistem pemberitaan, yakni tahapan satu organisasi media massa yang diwakili oleh para redaktur melakukan penyuntingan berita. Berita yang didapatkan dari wartawan disunting dan diperiksa terlebih dahulu sebelum di distribusikan.

3. News Distributing. Hal ini adalah proses akhir dari sistem pemberitan, yakni tahapan satu organisasi media massa menyebarkan berita kepada publiknya. Berita yang disebarkan telah melalui beberapa tahapan sebelum akhirnya terbit dan tentunya berita tersebut telah sempurna dan siap disebaluaskan kepada khalayak.

4. News Evaluating. Hal ini banyak berkaitan dengan sistem media massa yang senantiasa berupaya mengembangkan mutu, bukan hanya jumlah-beritanya, sehingga menerapkan pola analisa isi (contents analysist) yang biasanya dilakukan oleh satu unit/divisi khusus dalam manajemen keredaksian. Dari tahapan evaluasi tersebut, maka media massa berupaya pula mengadakan perbaikan mutu isi karya jurnalistiknya melalui “editorial clinic” dan pendidikan berkelanjutan (continuing education).

Keempat prinsip dasar sistem pekerjaan kewartawan diatas menunjukan bahwa pentingnya sebuah proses dalam pekerjaan kewartawan. Jika salah satu proses diatas tidak ada, maka proses lainnya pun tidak bisa dikerjakan. Masing-masing tahapan atau proses saling berkesinambungan dan terikat satu sama lain. Oleh sebab itu disetiap proses atau tahapan tersebut, para karyawannya harus bertanggung jawab atas pekerjaannya.
Sebuah perusahaan media yang baik tentunya memiliki sebuah perencanaan yang baik pula. Anggota karyawan yang memiliki sebuah prinsip memiliki tujuan yang jelas, karena sebuah prinsip merupakan landasan atau pondasi yang dapat membuat karyawan terhindar dari sebuah kesalahan.


Daftar Pustaka
Junaedi, Fajar. 2014. Manajemen Media Massa. Yogyakarta: Buku Litera
https://id.wikipedia.org/wiki/HenriFayol (diakses tanggal 23 februari 2017)

http://ilmumanajemenindustri.com/14-prinsip-manajemen-menurut-henri-fayol (diakses tanggal 23 februari 2017)
http://jurnalpertekkom.blogspot.co.id/2013/02/kaidah-manajemen-untuk-mengelola-media.html (diakses pada 11 Februari 2017)

UAS KOMUNIKASI PEMASARAN (LAPORAN KUNJUNGAN PRG)

13 December 2016 11:07:15 Dibaca : 50

LAPORAN KUNJUNGAN PEKAN RAYA GORONTALO
(STAND YAYASAN BINA TARUNA GORONTALO)

JULITA NURDIN NAWAITU
(291414040)

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Pekan Raya Gorontalo, event tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo sekaligus dalam rangka memperingati HUT Provinsi Gorontalo ke 16 Tahun 2016. Untuk ketiga kalinya akan segera digelar pada 06 – 10 Desember 2016, di Lapangan Taruna Remaja Kota Gorontalo. Kali ini dengan mengusung tema “Diusia 16 Tahun Provinsi Gorontalo kita tingkatkan persaudaraan, songsong Pilkada sejuk, aman damai dan menggembirakan untuk mempercepat pembangunan yang membahagaiakan rakyat”.
Badan Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Gorontalo sebagai panitia bekerja sama TX Indonesia Promosindo, menghadirkan 200 stand pameran yang diikuti oleh Perwakilan dari Provinsi Tetangga, SKPD se Provinsi Gorontalo, Kab/Kota se Provinsi Gorontalo, Lembaga Pendidikan, Perusahaan Swasta, BUMN/BUMD dan UMKM. Disamping memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang hasil-hasil pembangunan yang telah dilaksanakan oleh instansi pemerintah baik oleh pemerintah provinsi maupun pemerintah di kabupaten dan kota, akan diselenggarakan pula lomba-lomba dan kegiatan menarik lainnya guna menarik pengunjung, pembeli maupun investor potensial dari seluruh Indonesia.
Dalam memenuhi tugas mata kuliah Komunikasi pemasaran, saya memilih stand SMK Bina Taruna Gorontalo yang merupakan salah satu stand yang bergerak dibidang pelayaran untuk memperkenalkan sekolah mereka kepada para pengunjung dan para remaja yang akan beranjak ke Sekolah Menengah Kejuruan.
SMK BINA TARUNA GORONTALO didirikan pada tahun 1999 yang dirintis oleh pemerintah yang peduli terhadap pendidikan dan pembangunan di Provinsi Gorontalo. SMK ini merupakan salah satu smk yang mendukung program pemerintah Indonesia dan Provinsi pada khususnya dengan membuka program keahlian dibidang pelayaran yang mendukung ketercapaian program Agropolitan.

SMK BINA TARUNA GORONTALO adalah sekolah yang bergerak dibidang pelayaran, sekolah ini lebih memfokuskan kedesign kapal, miniatur kapal. Oleh sebab itu, stan mereka didesign miniatur yang berkaitan dengan kapal yakni peta, jangka, jangkar, bendera isyarat, dan sebagainya. Sehingga pengunjung bisa dapat memperkirakan bahwa stan mereka bergerak dibidang pelayaran.
Srategi pemasaran yang dilakukan oleh stand ini adalah dengan menyebarkan brosur guna memperlihatkan kepada masyarakat Gorontalo dan siswa-siswa bahwa SMK ini adalah SMK yang akan berarti untuk masa depan nanti.
Fungsi khusus pameran oleh stand SMK Bina Taruna Gorontalo adalah untuk memperkenalkan sekolah mereka kepada masyarakat Gorontalo dan menjual kerajinan tangan hasil karya mereka. Program studi yang ditawarkan sekolah ini antara lain adalah Neutika kapal niaga, Teknikal kapal niaga, Administrasi perkantoran, Pekayasa perangkat lunak.
Efektivitas pameran stand SMK Bina Taruna Gorontalo:

  • Presentasi pengunjung sampai dengan saat ini sudah mencapai 382 pengunjung
  • Pengunjung yang berhenti namun tidak mengunjungi stand sekitar 45%
  • Presentasi yang sekedar melihat stand namun tidak berhenti untuk melihat isi dalam stand sekitar 75%.
  • Tingkat keefektifan kinerja staf penunggu stand sangat besar untuk dapat mengajak pengunjung agar dapat melhat-lihat stand mereka. Selain memberikan brosur, mereka menyambut dengan ramah para pengunjung tersebut agar mereka juga dapat merasakan kenyamanan atas kinerja mereka. Staf penunggu diluar dan didalam saling bekerjasama untuk menarik perhatian pengunjung, mereka lebih bersemangat jika dapat menjelaskan tentang stand dan sekolah mereka mereka ke banyak orang. Selain memperkenalkan stand, mereka juga menawarkan kepada pengunjung beberapa kerajinan hasil karya guru dan siswa SMK Bina Taruna Gorontalo.
  • Presentasi pengunjung yang direncanakan akan membeli produk mereka adalah 100%. Harga produkpun relative murah, berkisar dari harga Rp. 7000-15.000 .
  • Pameran ini sangat mereka manfaatkan demi memperkenalkan sekolah pelayaran mereka, tidak ada pesaing yang berada disekitar Pekan Raya Gorontalo, karena cuman stand sekolah mereka yang yang bergerak dibidang pelayaran.


DOKUMENTASI

 

TUGAS UAS PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI BARU

21 January 2016 21:52:14 Dibaca : 887

NAMA : JULITA NURDIN NAWAITU

NIM : 291414040

 

1. Perkembangan Teknologi Komunikasi baru:

A. SATELIT KOMUNIKASI

           Komunikasi satelit terdiri dari pesan telepon, siaran televisi dan pesan lain dari suatu tempat di permukaan lain. Satelit ini biasanya diletakan di stationer atau di sekitar khatulistiwa sekitar 22.300 mil dari permukaan bumi. Pada dasarnya, transmisi satelit televise, telepon dan informasi lain menghilangkan pengaruh jarak pada biaya komunikasi. Di bawah teleteks (di Jerman: teleteks) dipahami sebagai bentuk komunikasi untuk penyebaran berita, teks dan representasi bergambar, kasus transmisi analog dalam selang blanking dari sinyal televisi dari televisi yang akan disiarkan, dan dari mana pengguna yang diinginkan informasi untuk ditampilkan pada layar dari dapat memilih TV. Dalam digital (DVB) transmisi saat ini, sinyal teleteks digital tertanam langsung sebagai aliran tambahan ke dalam wadah MPEG. DVB Penerima dapat memodulasi kembali ke interval blanking dari sinyal analog untuk ditampilkan di TV lama.

B. VIDEO TECH

            Layanan informasi interaktif yang memungkinkan individu untuk meminta frames informasi dari sebuah computer pusat untuk melihat pada layar tampilan video . VidéoTech adalah proyek yang bertujuan untuk mengembangkan kegiatan multimedia menggunakan video digital otentik yang terkandung dalam konteks bahasa kedua Perancis di Kanada. Proyek ini bertujuan untuk menciptakan tidak hanya isi pendidikan dan pembelajaran, tetapi juga komunitas praktek di mana pengguna dapat berkontribusi konten dan menyarankan jalur pembangunan alternatif

C. TELETECH

           Layanan informasi interaktif yang memungkinkan individu untuk meminta frame informasi untuk melihat pada layar televise rumah. Di bawah teleteks (di Jerman: teleteks) dipahami sebagai bentuk komunikasi untuk penyebaran berita, teks dan representasi bergambar, kasus transmisi analog dalam selang blanking dari sinyal televisi dari televisi yang akan disiarkan, dan dari mana pengguna yang diinginkan informasi untuk ditampilkan pada layar dari dapat memilih TV. Dalam digital (DVB) transmisi saat ini, sinyal teleteks digital tertanam langsung sebagai aliran tambahan ke dalam wadah MPEG. DVB Penerima dapat memodulasi kembali ke interval blanking dari sinyal analog untuk ditampilkan di TV lama.

D. INTERACTIVE CABLE TELEVISION

           Televisi interaktif (juga dikenal sebagai ITV atau iTV) adalah bentuk konvergensi media, menambahkan layanan data dengan tradisional teknologi televisi. Sepanjang sejarahnya, ini telah termasuk pengiriman on-demand konten, serta penggunaan baru seperti belanja online, perbankan, dan sebagainya. TV kabel pemirsa menerima program mereka melalui kabel, dan kabel jalur kembali diaktifkan platform terintegrasi, mereka menggunakan kabel yang sama sebagai jalur kembali. Interaktif TV juga dapat disampaikan melalui darat udara (Digital Terrestrial TV seperti 'Freeview' di Inggris). Dalam hal ini, seringkali tidak ada 'jalur kembali' seperti - sehingga data tidak dapat dikirim kembali ke penyiar (sehingga Anda tidak bisa, misalnya, suara di acara TV, atau memesan produk sampel). Namun, interaktivitas masih mungkin karena masih ada kesempatan untuk berinteraksi dengan aplikasi yang disiarkan dan di-download ke kotak set-top (sehingga Anda masih bisa memilih kamera sudut, bermain game dll).

E. TELECONVERENCING

           Pertemuan kelompok kecil yang dimiliki oleh komunikasi elektronik interaktif antara tiga orang atau lebih dalam dua atau lebih lokasi yang terpisah. Tiga jenis utama telekonferensing adalah video telekonferensi, telekonferensi audio, dan telekonferensi computer. Telekonferensi, dalam telekomunikasi, merupakan pertemuan berbasis elektronik secara langsung (live) di antara dua atau lebih partisipan manusia atau mesin yang dihubungkan dengan suatu sistem telekomunikasi yang biasanya berupa saluran telepon. Penggunaan telekonferensi memiliki kelebihan efektivitas biaya dan waktu. Telekonferensi dapat berbentuk konferensi audio atau konferensi video.[1] Konferensi audio merupakan salah satu jenis telekonferensi dimana seseorang dapat melakukan percakapan interaktif didalamnya. Dengan audio-konferensi ini, seseorang dapat berbicara dengan lebih dari satu orang melalui speaker. Dalam konferensi video, para partisipannya dapat saling melihat gambar (video) dan saling mendengar, melalui peralatan kamera, monitor, atau pengeras suara masing masing.

           Secara harfiah diartikan konferensi atau rapat jarak jauh, artinya pertemuan jarak jauh antara beberapa orang yang fisiknya berada pada lokasi yang berbeda secara geografis. Diskusi bisa dilakukan secara realtime dan interaktif dengan dukungan infrastruktur jaringan serta perangkat multimedia.

F. COMPUTERIZED NETWORK

             Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan atara satu dengan yang lainnya, menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi baik berupa kabel maupun tanpa kabel (wireless) sehingga dapat saling berbagi data atau informasi, program, ataupun perangkat keras (hardware) dan sebagainya. Selain itu jaringan komputer dapat juga diartikan sebagai kumpulan sejumlah kumpulan terminal komunikasi yang berada diberbagai lokasi yang berjumlah dua atau lebih komputer yang saling berhubungan. Dua buah komputer dikatakan sudah membentuk suatu jaringan bila melakukan pertukaran data atau informasi.

Contoh Implikasi penggunaan aplikasi teknologi komunikasi baru dalam kehidupan-kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan politik masyarakat.


• Budaya

          Komunikasi adalah aktivitas yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia sehari – hari. Kegiatan ini sering berlangsung di antara individu – individu yang berlainan latar belakang dan budaya.

          Komunikasi dan budaya secara timbal balik saling berpengaruh satu sama lain. Budaya dimana secara individu-individu disosialisasikan, akan berpengaruh terhadap cara mereka dalam berkomunikasi. Dan cara bagaimana individu-individu itu berkomunikasi, dapat mengubah budaya yang mereka miliki dari waktu ke waktu. Hanya saja, kebanyakan analisis tentang komunikasi antarpribadi mengabaikan hubungan ini dan aspek budaya menjadi kosong dalam studi komunikasi. Sebaliknya, studi-studi tentang komunikasi lintas budaya, menguji pengaruh budaya terhadap komunikasi. Kebanyakan analisis tentang komunikasi lintas budaya membandingkan dan mempertentangkan pola-pola komunikasi dari berbagai macam budaya.

         Bagi orang yang melihat budaya sebagai hal yang adaptif, mereka memiliki kecenderungan untuk melihat budaya sebagai hal yang menyatukan orang-orang untuk sistem ekologi dimana mereka hidup. Harris (1968), misalkan, berpendapat bahwa budaya menurun kepada pola prilaku yang diasosiasikan dengan kelompok orang tertentu, yaitu untuk kebiasaan atau untuk prinsip hidup seseorang.

         Perkembangan teknologi komunikasi kini sudah semakin pesat, dan kemajuan teknologi secara sadar ataupun tidak sadar telah banyak mengubah pola kehidupan masyarakat. sesuai dengan asumsi dasar dari teori technology deternimism bahwa pola kehidupan masyarakat manusia khususnya aspek interaksi sosial diantara mereka ditentukan oleh perkembangan dan jenis teknologi yang dikuasai masyarakat yang bersangkutan. Seperti yang telah diramalkan McLuhan juga pada saat awal masuknya dunia pertelevisian di Amerika, yaitu McLuhan menyatakan bahwa nantinya dunia akan menjadi satu “kampung global”, dimana produk budaya akan sama dimana saja.

           Kini hal yang pernah diramalkan McLuhan tersebut menjadi kenyataan. Kampung global yang dimaksud McLuhan diatas adalah adanya penyamaan budaya melalui media massa. Seperti kita ketahui dengan adanya TV kabel ataupun TV streaming melalui internet yang bisa diakses oleh semua orang diseleruh dunia ini dapat mempermudah orang dibelahan manapun untuk mengetahui apa yang sedang menjadi topik pembicaraan utama dibelahan dunia yang lain. Dari situ juga tidak menutup kemungkinan akan adanya imitasi kebudayaan oleh seeorang saat menonton acara tv yang bukan disiarkan dari budayanya.

          Salah satu contohnya dengan adanya tayangan K-pop, dari mulai drama ataupun group musiknya yang kini sedang naik daun seperti boyband dan girlband ini membuat masyarakat yang menonton acara tersebut meskipun bukan orang Korea tapi akhirnya mereka mulai mengikuti gaya atau style ala-ala Korea atau yang kini sering disebut sebagai fenomena Korean wave dan hal itupun terjadi di Indonesia. Bisa kita lihat sekarang dengan menjamurnya jumlah boyband dan girlband yang ada di Indonesia yang mengadopsi style ala Korea. Dari contoh ini kita bisa melihat meski berbeda tempat tetapi dengan adanya media massa membuat ada beberapa penyamaan budaya.

           Tiga dekade setelah McLuhan menyatakan ramalannya, Manuel Castells memberikan pendapat yang berbeda, menurutnya: “bukan satu kampung global yang seragam, melainkan masyarakat dalam jaringan global yang saling terhubung, the network society”.Teknologi jaringan (network technology) makin berkembang di penghujung dekade 1990-an dengan perangkat lunak yang memungkinkan komunikasi antara komputer dengan telepon genggam.

           Lagi-lagi perubahan teknologi ini juga mempengaruhi pola hidup atau cara hidup manusia sesuai dengan yang dijelaskan teori technologi determinism sebelumnya. Saat ini semua informasi yang ada dari belahan dunia manapun dapat dengan mudah tersebar ke seluruh penjuru dunia dengan adanya network technology. Era digital yang menghubungkan manusia dengan sistem internet ini membuat dunia sempit, karena dengan mudah dan cepatnya suatu informasi tersebar melalui internet.

            Contohnya media sosial twitter dan facebook yang selalu meng-update segala informasi dalam hitungan menit ini membuat masyarakat akhirnya mulai ketergantungan untuk selalu mengecek account twitter dan facebooknya agar tetap up to date dalam mendapatkan informasi.
Tidak dapat kita pungkiri perubahan teknologi komunikasi ini memiliki beberapa dampak terhadap kehidupan masyarakat. Dilihat dari sudut pandang Budaya, perubahan ini memiliki beberapa dampak positif dan juga negatif.

             Dampak positif dari perkembangan teknologi ini adalah dengan mudahnya penyebaran informasi dari sini kita bisa belajar hal-hal positif dari budaya lain misalnya saja kebiasaan jam karet yang sering dilakukan orang Indonesia, dengan perkembangan teknologi komunikasi yang begitu pesat ini kita dapat belajar dari negara-negara maju tentang bagaimana mereka menerapkan etos kerja yang tinggi dan displin yang nantinya dapat perdampak memajukan bangsa kita sendiri.

              Selain dampak positif, perkembangan teknologi komunikasi juga memiliki dampak negatif dari sudut pandang budaya. Dampak negatif itu adalah adanya penurunan rasa cinta terhadap budaya sendiri, misalnya saja banyak masyarakat Indonesia sekarang yang lebih bangga berbicara menggunakan bahasa asing ketimbang menggunakan bahasa Indonesia yang sebenarnya adalah salah satu identitas bangsa. Tak sedikit juga kalangan remaja yang lebih senang belajar budaya asing seperti tarian-tarian break dance, suffle dance, dan jenis tarian asing lainnya dari pada tarian tradisional seperti jaipong dan lain - lain. Tidak hanya itu saja, dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi ini apabila digunakan dengan tidak bijak juga akan mengakibatkan penurunan moral, karena seperti kita ketahui budaya timur sangat mengedepankan sopan santun dan tata krama, tetapi tidak seperti bangsa barat yang lebih mengutamakan kebebasan, hal itu membuat meningkatnya angka kehamilan yang dilakukan diluar pernikahan dan juga dengan gaya berpakaian yang kebarat-baratan dan terkesan kurang sopan untuk bangsa timur.


Sosial

            Pengaruh perubahan itu juga berdampak pada kehidupan sosial masyarakat. Dampak postif dari perkembangan teknologi komunikasi ini adalah kemudahan kita dalam berkomunikasi dengan kerabat yang jaraknya sangat jauh sekalipun. Dengan adanya network technology membuat kita dapat mengakrabkan diri kembali dengan teman-teman lama, dan juga sanak saudara lainnya. Yang biasa dikenal dengan istilah mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat.

             Dengan adanya kemudahan ini tak perlu menunggu waktu yang lama untuk mengetahui kabar atau kejadian apa saja yang sedang dialami oleh saudara atau teman kita yang jauh seperti dahulu, karena harus menggunakan surat yang memerlukan waktu yang lama dalam proses pengirimannya. Tapi kini dengan menggunakan aplikasi chat, email, telephone, dan media sosial kita dapat saling bertukar informasi dalam hitungan detik. Selain itu dampak positif lainnya adalah masyarakat akan lebih mudah untuk menyebarkan kebaikan antar umat manusia, misalnya saja ada sebuah organisasi atau orang tertentu yang mengadakan penggalangan dana untuk biaya operasi seseorang yang kurang mampu melalui internet, melalui media ini seseorang atau organisasi tersebut akan dengan mudah menyebarkan informasinya yang nantinya juga akan mempermudah untuk melakukan pengumpulan donasi kepada orang yang membutuhkan tersebut. Seperti kita ketahui sekarang jaringan internet sudah begitu luas bahkan tidak hanya di daerah perkotaan saja tetapi juga di pedesaan.

            Meskipun perubahan teknologi komunikasi ini membawa dampak positif kepada masyarakat dalam hal kehidupan sosial, hal ini juga menimbulkan dampak negatif. Dampak negatif dengan adanya perkembangan teknologi dan informasi ini adalah semakin menurunnya kepekaan masyarakat terhadap orang-orang yang ada disekitarnya. Tak jarang kita temui sekumpulan orang yang ada di sebuah restaurant berada di meja yang sama tetapi tidak saling berbincang, mereka malah sibuk dengan smartphonenya masing-masing untuk bercengkrama dengan seseorang yang jaraknya lebih jauh dibanding teman atau keluarganya yang sedang berada di dekatnya istilah dari fenomena ini biasanya disebut dengan mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Bisa dibilang generasi muda saat ini adalah generasi menunduk, seperti salah satu ungkapan yang ada di film Republik Twitter, karena setiap orang lebih asik berautis ria dengan smartphonenya dan sibuk mengurusi orang-orang yang maya dibandingkan dengan orang-orang yang benar-benar sedang berada di sekitar mereka.

             Hal ini selain menimbulkan dampak buruk dalam berinteraksi interpersonal secara langsung juga merusak psikologis seseorang tersebut, lama kelamaan seseorang akan sulit menjalin komunikasi dan membangun relasi dengan orang-orang disekitarnya. Bila hal tersebut tidak segera ditanggulangi akan menumbulkan dampak yang sangat buruk, yang dimana manusia lama kelamaan akan sangat individualis dan tidak akan ada lagi interaksi ataupun sosialisasi yang dilakukan di dunia nyata.

            Oleh karena itu kita harus bijak dalam memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi yang ada saat ini. Tidak perlu terlalu takut juga akan dampak-dampak negatif yang akan ditimbulkan, karena banyak juga manfaat-manfaat yang dapat kita petik dari perkembangan teknologi komunikasi ini yang dapat membantu mempermudah kita dalam menjalani aktivitas. Mungkin disini peran pemerintah sangatlah penting, sebagai lembaga yang dapat membuat peraturan yang bertujuan untuk kebaikan masyarakatnya. Selain itu peran orang tua dalam menanamkan pendidikan agama pada anak-anaknya juga termasuk hal yang penting untuk menanamkan nilai-nilai dan norma-norma mana yang baik dan tidak baik, agar pemanfaatan teknologi komunikasi itu sendiri lebih tepat.


Politik

             Politik adalah kegiatan pengambilan keputusan kolektif untuk kepentingan bersama. Ditinjau dari makhluk sosial, jelaslah bahwa politik merupakan kebutuhan bagi setiap manusia. Dari sebuah keluarga kecil, keanggotaan kelas, hingga negara adalah sebuah kegiatan politik. Politik memerlukan keterampilan berkomunikasi agar tujuan utama dari hal yang sudah ditetapkan bersama dapat tercapai. Kegiatan komunikasi yang konvensional tidak gampang dan tidak efisien untuk dilakukan, apalagi jika kegiatan politik itu adalah sebuah negara yang mengurus ratusan juta penduduk dan harus disampaikan dengan cermat. Dari sinilah teknologi informasi digunakan untuk membantu menyatukan kegiatan politik.

            Untuk mencapai tujuan maka kegiatan politik memerlukan interaksi. Interaksi utama sebagai manusia modern adalah komunikasi. Dengan adanya teknologi informasi maka kegiatan komunikasi akan lebih mudah, cepat, dan efisien. Hal ini tentu akan memberi kontribusi besar bagi kegiatan politik.
Sayangnya di hingga saat ini kegiatan politik seringkali terbentur masalah untuk berhubungan seperti jauhnya jarak antara yang satu dengan yang lainnya, hingga kegiatan pengarsipan yang kacau dan rumit hingga perkembangan cita-cita suatu golongan terganggu akibat tercecernya sumber evaluasi. Padahal hakikat dari politik adalah hubungan antar manusia dengan kekuatan otoritas untuk mendapatkan satu tujuan, namun jika hubungan itu tidak dapat dilaksanakan maka sia-sia lah kegiatan politik tersebut.

Dampak positif
1.Dalam Demokratisasi
Salah satu tujuan utama dalam penggunaan politik dibantu dengan teknologi informasi adalah adanya peranan besar masyarakat dalam pengembangan pemerintah. Dengan e-government maka hal ini bisa tercapai.

2. Dampak ramah lingkungan
Dengan menggunakan teknologi informasi berarti informasi yang disampaikan kebanyakan menggunakan media digital. Surat menyurat yang mungkin pada awalnya dapat bertumpuk-tumpuk kini cukup dengan menggunakan e-mail sudah dapat dilaksanakan.

3. Cepat, efisien, nyaman
Kegiatan komunikasi untuk keperluan politik dengan menggunakan teknologi informasi menyebabkan sampainya berita lebih cepat, dilakukan secara efisien, dan nyaman.

4. Politik Internasional
Di bidang politik internasional, juga terdapat kecenderungan tumbuh berkembangnya regionalisme. Kemajuan di bidang teknologi komunikasi telah menghasilkan kesadaran regionalisme. Ditambah dengan kemajuan di bidang teknologi transportasi telah menyebabkan meningkatnya kesadaran tersebut.

Dampak negatif
1. Biaya
Walaupun politik yang menggunakan informasi dan teknologi dapat melakukan pengeluaran yang lebih sedikit daripada konvensional, namun sebelumnya untuk membuat infrastruktur dan teknisinya akan memiliki biaya yang sangat mahal.

2. Jangkauan akses
Harus diakui tidak semua orang melek terhadap teknologi. Bagi warga yang berada jauh di pedalaman akan susah untuk mengakses website, blog, atau video streaming tentang politik di Indonesia.

3. Transparansi
Pada beberapa negara maju, banyak yang meragukan berita-berita negara yang diterbitkan oleh negara sendiri. Alasannya karena yang menulis berita itu adalah negara dan penerbitnya adalah negara. Kecurigaan akan modifikasi berita dapat terjadi

4. Privasi
Sebuah badan politik seperti negara memerlukan tanggapan dari warganya. Jika negara terus meminta informasi maka privasi dari seseorang semakin sulit untuk dijaga.

• Ekonomi

           Teknologi adalah suatu cabang antropologi budaya yang berhubungan dengan studi terhadap kebudayaan materi. Hal ini lebih dimaksudkan sebagai proses-proses manusia dalam menangani dan mengendalikan lingkungan fisiknya. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai bagian dari ilmu pengetahuan dan teknologi secara umum adalah semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. (Kementerian Negara Riset dan Teknologi, 2006: 6). Jika dilihat pada saat sekarang ini perkembangan teknologi informasi terutama di Indonesia semakin berkembang.

            Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja. Dalam perekonomian suatu negara, teknologi informasi mulai dirasa mempunyai peran yang penting dalam perekonomian suatu negara karena dengan berkembangnya teknologi informasi, perekonomian suatu negara mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan.

          Banyak hal yang dirasa berbeda dan berubah dibandingkan dengan cara yang berkembang sebelumnya. Saat sekarang ini jarak dan waktu bukanlah sebagai masalah yang berarti untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, berbagai aplikasi tercipta untuk memfasilitasinya. Perekonomian suatu negara dapat dilihat dari perkembangan teknologi informasi dan komunikai di negara tersebut. Semakin tinggi perkembangan teknologi informasi maka semakin tinggi pula pertumbuhan ekonomi negara tersebut.

          Namun perkembangan teknologi informasi ini juga memiliki sisi negatif, dimana banyak penyalahgunaan teknologi dalam melakukan tindak kriminal. Kemajuan teknologi adalah sesuatu hal yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif dari kemajuan teknologi dalam kehidupan manusia.

2. KARYA ILMIAH TENTANG PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP MANUSIA

BAB I

Pendahuluan


1.1 Latar Belakang

                 Selama hidup manusia tidak akan terlepas dari perkembangan teknologi. Pada awalnya teknologi memang diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia. Namun seiring perkembangannya, siap atau pun tidak siap kita akan dihadapkan pada beberapa dampak negatif dari teknologi itu sendiri. Tentu kita tidak mengesampingkan berbagai manfaat yang dapat kita rasakan dari perkembangan teknologi dalam kehidupan kita. Perkembangan dan kebebasan media massa adalah tolak ukur kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Demikian pula yang terjadi sekarang ini, media cetak dan elektronik berkembang cukup pesat. Secara kuantitas media seperti koran, tabloid, televisi, VCD, dan internet sangat jauh meningkat dibandingkan masa sebelumnya. Namun hal yang perlu disayangkan adalah peningkatan ini tidak dibarengi dengan peningkatan kualitas. Bila kita mencermati isinya, banyak media yang tidak berbobot dan terkesan hanya berorientasi terhadap komersialisme, atau dengan kata lain sesuai selera pasar. Namun pihak-pihak yang bersangkutan lupa untuk memikirkan aspek edukasi dan nilai-nilai yang sesuai dengan budaya masyarakat.

1.2 Rumusan Masalah

Bagaimana Perkembangan Teknologi di Indonesia ?

Bagaimana dampak positif dari Perkembangan Teknologi Terhadap Manusia ?

Bagaimana dampak negatif dari Perkembangan Teknologi Terhadap Manusia ?

1.3 Tujuan

Dapat mengetahui perkembangan teknologi di Indonesia

Dapat mengetahui dampak positif dari Perkembangan Teknologi Terhadap Manusia

Dapat mengetahui dampak negatif dari Perkembangan Teknologi Terhadap Manusia

1.4 Sasaran

Untuk semua pengguna teknologi agar memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai mana fungsinya dan tidak berlebihan.

Bab II

Pembahasan

2.1 Perkembangan Teknologi di Indonesia

         Perkembangan teknologi akhir-akhir ini sangat berkembang pesat. Mulai dari berkrmbang nya teknologi informasi seperti smartphone, internet, mobile, hingga teknologi dalam bidang pendidikan. perkembangan Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi yang sangat pesat ini, mau tidak mau, siap ataupun tidak siap, akan semakin deras mengalirkan informasi dengan segala dampak positif dan negatifnya ke masyarakat Indonesia. Perkembangan TI dan TK memperlihatkan bermunculannya berbagai jenis kegiatan yang berbasis pada teknologi ini, termasuk dalam dunia pendidikan. Seperti penggunaan e-learning, e-library, e-education, e-mail, e-laboratory, dan lainnya. Perkembangan teknologi informasi dapat di aplikasikan dalam bidang pendidikan dengan: Berkembang nya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning). Sharing resource bersama antar lembaga pendidikan / latihan dalam sebuah jaringan. Penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video. Perpustakaan elektronik (e-library) merupakan salah satu revolusi teknologi informasi yang tidak hanya mengubah konsep pendidikan di kelas tetapi juga membuka dunia baru bagi perpustakaan. Perpustakaan yang biasanya merupakan arsip buku-buku dengan dibantu teknologi informasi dan internet dapat dengan mudah mengubah konsep perpustakaan yang pasif menjadi lebih agresif dalam berinteraksi dengan penggunanya. Dengan banyaknya perpustakaan tersambung ke internet, sumber ilmu pengetahuan yang biasanya terbatas ada di perpustakaan menjadi tidak terbatas.

2.2 Dampak Positif

1. Munculnya Media Massa, khususnya Media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat Pendidikan. Seperti jaringan Internet, Lab. Komputer Sekolah dan lain-lain. Dampak dari hal ini yaitu guru bukanlah satu-satunya sumber ilmu pengetahuan, sehingga siswa dalam belajar tidak perlu terlalu terpaku terhadap Informasi yang diajarkan oleh guru, tetapi juga bisa mengakses materi pelajaran langsung dari Internet, olehnya itu guru disini bukan hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pembimbing siswa untuk mengarahkan dan memantau jalannya pendidikan, agar siswa tidak salah arah dalam menggunakan Media Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran.

2. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan Teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan Teknologi bisa dibuat abstrak, dan dapat dipahami secara mudah oleh siswa.

3. Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka Selama ini, proses pembelajaran yang kita kenal yaitu adanya pembelajaran yang disampaikan hanya dengan tatap muka langsung, namun dengan adanya kemajuan teknologi, proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos Internet dan lain-lain.

4. Adanya sistem pengolahan data hasil penilaian yang menggunakan pemamfaatan Teknologi. Dulu, ketika orang melakukan sebuah penelitian, maka untuk melakukan analisis terhadap data yang sudah diperoleh harus dianalisis dan dihitung secara manual. Namun setelah adanya perkembangan IPTEK, semua tugasnya yang dulunya dikerjakan dengan manual dan membutuhkan waktu yang cukup lama, menjadi sesuatu yang mudah untuk dikerjakan, yaitu dengan menggunakan media teknologi, seperti Komputer, yang dapat mengolah data dengan memamfaatkan berbagai program yang telah di installkan.

5. pemenuhan kebutuhan akan fasilitas pendidikan dapat dipenuhi dengan cepat Dalam bidang pendidikan tentu banyak hal dan bahan yang harus dipersiapkan, salah satu contoh, yaitu ; Penggandaan soal Ujian, dengan adanya mesin foto copy, untuk memenuhi kebutuhan akan jumlah soal yang banyak tentu membutuhkan waktu yang lama untuk mengerjakannya kalau dilakukan secara manual. Tapi dengan perkembangan teknologi semuanya itu dapat dilakukan hanya dalam waktu yang singkat.

Khususnya dalam kegiatan pembelajaran, ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari perkembangan IPTEK, yaitu :
1. Pembelajaran menjadi lebih efektif, simulatif dan menarik
2. Dapat menjelaskan sesuatu yang sulit / Kompleks
3. Mempercepat proses yang lama
4. Menghadirkan peristiwa yang jarang terjadi
5. Menunjukkan peristiwa yang berbahaya atau diluar jangkauan

2.3 Dampak Negatif

Disamping dampak positif yang ditimbulkan oleh perkembangan IPTEK, juga akan muncul dampak negatif yang akan ditimbulkan oleh perkembangan IPTEK dalam proses pendidikan, antara lain ;

1. Siswa menjadi malas belajar Dengan adanya peralatan yang seharusnya dapat memudahkan siswa dalam belajar, seperti Laptop dengan jaringan internet, ini malah sering membuat siswa menjadi malas belajar, terkadang banyak diantara mereka yang menghabiskan waktunya untuk internetan yang hanya mendatangkan kesenangan semata, seperti ; Facebook, Chating, Frienster dan lain-lain, yang semuanya itu tentu akan berpengaruh erhadap minat belajar siswa.

2. Terjadinya pelanggaran Asusila. Sering kita dengar di berita-berita, dimana terjadi pelaku pelanggaran asusila dilakukan oleh seorang pelajar terhadap pelajar lainnya, seperti terjadinya tawuran antar pelajar, terjadi priseks, pemerkosaan siswi dan lain-lain.

3. Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pengetahuan yang disalah gunakan oleh pelajar. Dengan munculnya media massa yang dihasilkan oleh perkembangan IPTEK, ini dapat menimbulkan adanya berbagai prilaku yang menyimpang yang dapat terjadi, seperti adanya siswa yang sering menghabiskan waktunya untuk bermain Games, main PS, main Facebook, chating, sehingga waktu yang seharusnya digunakan untuk belajar malah digunakan untuk bermain, sehingga belajar menjadi habis dengan sia-sia. Akhirnya semuanya itu akan dapat berpengaruh negative terhadap hasil belajar siswa dan bahkan terjadi kemerosotan moral dari para siswa sampai ke Mahasiswa.

4. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran, sehingga membuat siswa menjadi malas. Dengan adanya fasilitas yang dapat digunakan dengan mudah dalam proses pembelajaran, ini terkadang sering membuat siswa dan mahasiswa menjadi malas dan merasa lebih dimanjakan, misalnya ketika siswa diberi tugas untuk membuat makalah, maka mereka merasa tidak perlu pusing-pusing, karena cukup mencari bahan lewat Internet dan mengkopy paste karya orang lain, sehingga siswa menjadi malas berusaha dan belajar.

5. Kerahasiaan alat tes untuk pendidikan semakin terancam Selama ini sering kita melihat dan mendengar di siaran TV, tentang adanya kebocoran soal ujian, ini merupakan salah satu akibat dari penyalahgunaan teknologi, karena dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih, maka dengan mudah dapat mengakses informasi dari satu daerah ke daerah lain, inilah yang dilakukan oleh oknum untuk melakukan penyelewengan terkait dengan kebocoran soal ujian, sehingga kejadian ini sering meresahkan pemerintah dan masyarakat.

6. Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal. Pada awalnya pendidikan itu ditujukan untuk mendapatkan perubahan yang bersifat positif, namun pada akhirnya sering kali tujuan itu diselewengkan dengan berbagai alasan. Contohnya ; seorang Heker dengan kemampuannya melakukan penerobosan system sebuah kantor atau perusahaan, mereka dapat melakukan perampokan dengan tidak perlu merampok langsung ke Bank atau kekantor-kantor, cukup dengan melakukan pembobolan system keuangan atau informasi penting, maka mereka akan dapat keuntungan, dan sulit untuk dilacak pelakunya.

BAB III

Penutup

A.KesimpulaN

         Dapat disimpulkan bahwa pada zaman dahulu bekomunikasi sangat sulit, berbeda dengan zaman sekarang ini. Perkembangan teknologi komunikasi sangat pesat dan sangat mudah. Hampir semua orang sekarang dapat berkomunikasidengan cepat dan mudah. Sesuai dengan perkembangan zaman teknologikomunikasi semakin berkembang dan terus berkembang.

B.Saran

          Dalam kesempatan kali ini, kami hanya dapat menyerahkan bahwa pergunakanlah teknologi dengan sebaiknya, jangan pergunakan untuk berbuat jahat dan merusak moral anak bangsa.

 

Pendapat tentang perkembangan komunikasi baru dalam dunia JURNALISTIK.

           Jurnalistik bisa dibatasi secara singkat sebagai kegiatan penyiapan, penulisan, penyuntingan, dan penyampaian berita kepada khalayak melalui saluran media tertentu. Jurnalistik mencakup kegiatan dari peliputan sampai kepada penyebarannya kepada masyarakat. Sebelumnya, jurnalistik dalam pengertian sempit disebut juga dengan publikasi secara cetak. Pengertian tersebut tidak hanya sebatas melalui media cetak seperti surat kabar, majalah, dan sebagainya, akan tetapi meluas menjadi media elektronik seperti radio atau televisi.

         Berdasarkan media yang digunakan meliputi jurnalistik cetak (print journalism), elektronik (electronic journalism). Akhir-akhir ini juga telah berkembang jurnalistik secara tersambung (online journalism). Jika dilihat dulu para jurnalis menggunakan telegraf untuk menunjang pekerjaan jurnalistik, namun melihat kemajuan dan penemuan teknologi telegraf menjadi benda yang dianggap kuno. Penemuan teknologi informasi yang dianggap lebih modern yakni multimedia, yang disebut juga sebagai gelombang inovasi dalam pemakaian secara rutin komputer dan telekomunikasi yang dikemas dalam perangkat teknologi.

           Dahulu kegiatan jurnalistik dilakukan dengan cara-cara manual, mulai dari pencarian berita hingga kepada kegiatan pelaporan berita atau pengumpulan berita dilakukan dengan cara yang masih sangat sederhana. Hal ini dikarenakan dahulu alat-alat pendukung kegiatan jurnalistik masih minim sekali. Selain itu juga jurnalistik pada zaman dahulu hanya dipahami sebagai publikasi secara cetak. Tetapi sekarang tidak hanya dari situ saja, media elektronik juga ikut andil dalam hal pemberitaan serta sebagai pelaku media massa.

           Dapat dilihat bahwa sekarang ini dunia teknologi semakin berkembang. Perkembangan teknologi tersebut juga memengaruhi perkembangan jurnalistik. Pada zaman dahulu hanya seorang jurnalis profesional yang mampu melakukan kegiatan jurnalistik. Dimana kegiatan jurnalistik yang dimaksud adalah mencari, mengumpulkan, mengolah, dan melaporkan berita kepada masyarakat luas. Akan tetapi saat ini, kegiatan jurnalistik tidak hanya dapat dilakukan oleh jurnalis profesional. Dengan ditemukan teknologi internet, kegiatan jurnalistik dapat dilakukan oleh siapa saja, tanpa harus memiliki backgroun sebagai jurnalis profesional. Setiap orang bisa melakukan kegiatan mencari, mengumpulkan, mengolah, dan melaporkan berita kepada masyarakat luas. Istilah yang digunakan untuk perkembangan jurnalistik tersebut yakni citizen journalism. Dalam citizen journalism, semua anggota masyarakat mampu melakukan kegiatan jurnalistik tanpa memandang latar belakang pendidikan dan keahlian. Kehadiran citizen journalism mendorong setiap orang untuk berani menulis dan melaporkan informasi/berita kepada banyak orang tanpa memerlukan label atau status jurnalis profesional.
Teknologi komunikasi merupakan perkembangan teknis yang mengubah, memajukan dan mempercepat proses kerja komunikasi. Perkembangan yang terjadi mengubah cara kerja komunikator, cara kerja pengiriman pesan, cara kerja dari media, cara penerima pesan menerima pesan itu sendiri dan cara pengembalian feedback atau dampak.

              Teknologi komunikasi memberikan dampak kuat terhadap media khususnnnya terhadap dunia jurnalistik saat ini. Jurnalistik bertanggung jawab dalam menyediakan informasi yang dibutuhkan publik dalam menyatakan pendapat yang berimbang, dimana memberi kuasa bagi para jurnalis untuk mengubah dunia. Onong Uchjana Effendy dalam bukunya: “Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi,” terbitan tahun 1993 menyebutkan, Jurnalistik adalah teknik mengelola berita mulai dari mendapatkan bahan sampai menyebarluaskannya kepada masyarakat.

Inilah dampak dari perkembangan teknologi dalam dunia jurnalistik, dimana setiap orang sekarang memiliki hak yang sama untuk bebas dalam mengeluarkan pendapatnya. Dalam perkembangan ini memunculkan berbagai akibat baik positf maupun akibat negatif.

a. Dampak Positif dan contohnya

              Sebagai dampak positifnya, perkembangan media komunikasi memudahkan kegiatan jurnalistik yang sedang berlangsung. Informasi yang didapat akan segera disampaikan serta lebih cepat didapatkan daripada waktu ketika teknologi komunikasi belum berkembang pesat seperti saat ini. Contohnya dalam hal ini adalah kegiatan seorang jurnalis dan para khalayak lainnya dalam mencari, mengumpulkan, dan menyebarluasakn informasi. dengan adanya perkembangan media komuikasi, seorang jurnalis dapat mengetahui berita-berita terkini yang ada diluar provinsi dan dalam wilayah yang berjarak jauh.

b. Dampak negatif dan contohnya

               Sedangkan untuk akibat negatifnya, jurnalistik dalam perkembangan teknologi komunikasi ini, memberikan banyak peluang bagi anggota masyarakat untuk membuat berita, mengakses informasi, serta menyebarkan informasi lebih akurat dan lebih cepat dari pada para jurnalis profesional, dimana perlu diketahui, bahwa kesadaran masyarakat akan prinsip-prisip jurnalistik tidak sepenuhnya dapat diterapkan.
Sehingga pertanggungjawaban atas informasi yang diberitakan itu belum tentu dapat dipertanggungjawabkan, apalagi mengingat prinsip-prinsip jurnalisme tetap harus dipegang ketika sedang melakukan kegiatan jurnalistik. Prinsip-prinsip jurnalisme tersebut antara lain kebenaran, akurasi, objektivitas (cover both side), berimbang, verifikasi, dan lain-lain. Prinsip-prinsip tersebut harus dilaksanakan karena informasi yang disajikan adalah untuk dibaca dan diketahui oleh publik. Jangan sampai publik menerima informasi yang salah setelah membaca artikel atau tulisan produk yang dibuat oleh anggota masyarakat lainnya. Contoh Dampak negatif yang terjadi dalam jurnalis ini adalah adanya konflik-konflik yang terjadi jika penyebaran beritanya tidak akurat dan ditangani oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Sumber :

http://komunikasi.us/index.php/course/1475-pengaruh-perkembangan-teknologi-dengan-dunia-jurnalisme

https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_komunikasi_baru

https://de.wikipedia.org/wiki/Teletext

http://teknikinformatika-akbar.blogspot.co.id/2011/06/telekonferensi.html

http://rizwan25.blogspot.co.id/2009/06/pengertian-jaringan-komputer.html

https://en.wikipedia.org/wiki/Interactive_television

https://video-tech.ca/

http://nurazizahzakiyah.blogspot.co.id/2013/05/dampak-perkembangan-teknologi.html

https://kharismapramundari.wordpress.com/2014/09/28/perkembangan-teknologi-komunikasi-terhadap-4-aspek-ekonomi-politik-budaya-sosial/

http://adedermawan123.blogspot.co.id/2013/04/karya-ilmiah-tentang-perkembangan.html

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong