Pendidikan Karakter Di Sekolah

22 March 2017 08:41:42 Dibaca : 867 Kategori : Pendidikan Indonesia

 


Pendidikan Karakter Di Sekolah

Pendidikan karakter merupakan salah satu pendidikan yang sangat penting bagi anak. Selain pembentukan karakter di keluarga, sekolah sangat berperan penting dalam pembentukan karakter anak. Karena karakter anak yang sudah terbentuk di keluarga dapat berubah karena pengaruh dari sekolah maupun lingkungan. Karakter yang baik dapat menjadi buruk dan karakter yang buruk dapat menjadi baik, tergantung bagaimana pendidikan karakter di keluarga, sekolah serta penerapannya di lingkungan.
Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang sangat penting untuk diterapkan bukan hanya di sekolah namun juga di keluarga dan lingkungan. Banyak orang yang belum paham bagaimana peran sekolah yang sebenarnya. Orang berfikiran bahwa sekolah merupakan sarana tempat belajar. Namun sebenarnya selain tempat belajar, sekolah juga harus dapat berperan sebagai tempat pembentukan karakter anak. Karena masa depan anak bukan hanya dijamin dengan kepintaran semata yang berujung pada prestasi tetapi juga harus mempunyai karakter yang kuat agar mampu menghadapi lingkungan.
Berikut ini beberapa peran sekolah dalam pembentukan karakter anak di sekolah :
Pertama sekolah sebagai tempat untuk berekspresi anak, yang dimaksud disini adalah anak dapat dengan bebas menunjukan kemampuan mereka sehingga anak tidak minder dan menjadi lebih percaya diri.
Yang kedua sekolah sebagai tempat untuk menemukan bakat, karena tidak semua anak sudah mengetahui bakatnya. Disini sekolah berperan dalam menemukan bakat anak serta mengembangkan bakatnya.
Yang ketiga sebagai tempat untuk belajar lebih menghargai, disini anak akan belajar lebih menghargai antar sesama teman, guru, satpam dan orang-orang yang ada di sekolah.
Yang terakhir sekolah sebagai tempat untuk mengajarkan persahabatan, disini ank-anak dapat berinteraksi dengan sesama anak lain sehingga dapat memembentuk persahabatan. Selain itu anak dapat llebih mengerti tentang arti dari persahabatan.
Setelah mengetahui peran sekolah dalam pendidikan karakter di atas kita seharusnya dapat lebih meningkatkan pendidikan karakter di sekolah. Selain itu diharapkan bagi para orangtua untuk membantu serta mendukung anak dalam melakukan hal-hal yang baik. Oleh karea itu, pendidikan karakter diharapkan dapar merubah masa depan anak dan bangsa.