Program/Aplikasi Microsoft Word dan Mendeley

02 October 2018 02:29:12 Dibaca : 1878

Mendeley adalah program komputer dan web yang dikembangkan Elsevier untuk mengelola dan berbagi makalah penelitian, mencari data penelitian, dan bekerja sama secara daring. Selain berperan dalam pembuatan daftar pustaka, Mendeley juga berfungsi untuk:
1. Dapat menampilkan meta data dari file pdf secara otomatis, serta penyimpanan online gratis yang cukup besar.
2. Bisa digunakan untuk mendeteksi plagiarism.
3. Memiliki kemampuan dalam mengolah database ilmiah berupa e-journal, e-book, dan referensi lainnya.
4. Sebagai library yang disertai dengan kemampuan mengolah daftar pustaka dalam menyusun karya tulis ilmiah atau skripsi.
5. Untuk mempermudah dalam memperhatikan aturan dan pencegahan aturan penulisan, parafpase, kutipan dan lain-lain.
6. Untuk menyimpan file yang diunduh atau file penting
7. Untuk mengelola, berbagi, dan mencari referensi maupun kontak
Kelebihan lain dari mendeley adalah:
1. Anda dapat mencari tulisan tidak hanya dalam satu jurnal, tetapi diseluruh jurnal/buku/program yang ada kata yang kita cari.
2. Setiap file yang kita masukkan kedalam program mendeley ini mampu terdeteksi dan diketahui detailnya otomatis secara lengkap. Detail tersebut diantaranya : tipe file, judul, penulis, tahun, volume, halaman, abstrak, bahkan url asal, dan sebagainya. Selain itu, detail dari file dapat diedit sesuai keinginan kita
3. Terhubung secara online dengan website, jadi bagi yang memiliki akun mendeley di internet dapat disinkronkan dengan file yang ada di computer dan sewaktu-waktu dapat diakses dimanapun dan kapanpun selama ada jaringan internet
4. Dengan fasilitas web importer dapat menambahkan file ke mendeley tanpa mengunduhnya.
5. Sebagi library disertai dengan kemampuan yang digunakan sebagai pengolah daftar pustaka dalam penyusunan karya tulis ilmiah.
6. Untuk mengolah database ilmiah berupa e-journal, e-Book dan referensi lainnya
7. Untuk mengelola kepustakaan dan mengembangkan jejaring social
8. Untuk menyimpan file pustaka yang diunduh dalam format PDF dan memberikan anotasi (catatan, atau tanda khusus tertentu) terhadap file PDF tersebut.
Kekurangan dari mendeley yaitu:
1. Tidak memiliki kemampuan database search
2. Pembuatan bibliographies hanya dengan cut & paste
3. Mendeley desktop akan mengupload berbagai file ke local ke web site mendeley, nantinya akan menimbulkan masalah terhadap hak akses pada file-file tersebut. Apalagi jika didapatkan dati Journal berbayar seperti IEEE, Sciendirect dan Springer
4. Restore hanya berlaku untuk satu computer yang satu instalasinya sama, jika berbeda computer atau bahkan new installation OS maka mendeley akan menolak dan harus login ke website untuk melakukan Syn.
5. Restore hanya berlaku untuk satu computer yang satu instalasinya sama, jika berbeda computer atau bahkan new installation OS maka mendeley akan menolak dan harus login ke website untuk melakukan Syn
6. Sumber yang diakses biasanya tidak terlalu akurat atau sumber yang diakses belum terpercaya kebenarannya.
Sebelum menggunakan mendeley ada baiknya memperhatikan jurnal atau artikel yang bagus. Ketika mengutip suatu artikel sebaiknya gunakan artikel yang jekas penulisnya sehingga memudahkan juga kita dalam pembuatan daftar pustaka. Ketentuan referensi yang valid itu tidak lain yakni yang memiliki Nama penulis, jadi ada baknya kita menggunakan referensi yang memiliki nama penulisya. Sebelum kita menggunakan suatu sumber untuk dijadikan referensi, misalnya jika kita menggunakan jurnal ataupun artikel terlebih dahulu melihat kevalitan atau kelayakan jurnal tersebut. berdasarkan referensi yang saya baca, ciri jurnal yang ilmiah dan pastinya valid semua data yang tercantum didalamnya, dengan melihat:
1. Jurnal Ilmiah selalu diterbitkan secara berkala, terbit setiap tahun (dinyatakan dengan“Volume”) dan dalam setahun bisa terbit lebih dari satu kali (dinyatakan dengan“Nomer”.
2. Diterbitkan oleh lembaga penerbit atau institusi keilmuan (misal: Organisasi Profesi, PerguruanTinggi, Lembaga Riset, Penerbit, dll).
3. Struktur utama artikel adalah: Judul artikel, Nama Penulis, Abstrak, Isi, Kesimpulan, Daftar Pustaka.
Itulah beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam memilih artikel atau jurnal