Tugas Rangkuman Microsoft Excel

06 October 2018 18:49:18 Dibaca : 8

Microsoft Excel merupakan aplikasi untuk mengolah data secara otomatis yang dapat berupa perhitungan dasar, rumus, pemakaian fungsi-fungsi, pengolahan data dan tabel, pembuatan grafik dan menajemen data. Pemakaian rumus sendiri dapat berupa penambahan, pengurangan, perkalian dan lain sebagainya.
Microsoft Excel yang berfungsi untuk melakukan operasi perhitungan maksudnya adalah microsof exel dapat memudahkan perhitungan otomatis dengan memanfaatkan rumus dan fungsi serta logika pada Microsoft excel. Microsoft Excel merupakan aplikasi untuk mengolah data secara otomatis yang dapat berupa perhitungan dasar, rumus, pemakaian fungsi-fungsi, pengolahan data dan tabel, pembuatan grafik dan menajemen data. Pemakaian rumus sendiri dapat berupa penambahan, pengurangan, perkalian dan lain sebagainya. Sedangkan pemakaian fungsi-fungsi dapat berupa pemakaian rumus yang bertujuan untuk menghitung dalam bentuk rumus matematika maupun non matematika program eksel dapat digunakan untuk mengolah data dengan cepat.
Adapun fungsi dari Ms. Excel antara lain:
1. Untuk membuat laporan ataupun keperluan administrasi suatu perusahaan
2. Memudahkan perhitungan otomatis dengan memanfaatkan rumus dan fungsi serta logika pada Microsoft excel
3. Memberikan kemudahan membuat laporan keuangan
4. Memudahkan pembuatan table dan grafik berdasarkan dari suatu perhitungan
5. Dapat menyajikan data dengan tampilan yang rapi, tepat serta penghitungan yang akurat.
Sedangkan manfaat dari Ms. Excel antara lain:
1. Dengan adanya berbagai rumus formula yang ditawarkan, tentu akan memudahkan kita untuk membuat rumus yang sulit dan variatif
2. Fitur grafik data pada Microsoft excel ini memberikan kemudahan dalam proses penganalisaan data dalam bentuk table maupun grafik
3. Jika terjadi kesalahan penghitungan pada tahapan tertentu dapat diketahui secara mudah menggunakan fasilitas trace error
4. Jumlah baris dan kolom yang sangat banyak pada Microsoft excel ini akan memudahkan kita ketika menginput data dalam jumlah yang sangat banyak.
Fungsi microsoft excel yaitu untuk menyelesaikan berbagai keperluan administrasi, dari yang sederhana sampai dengan yang rumit. Seperti menghitung kurs mata uang, membuat grafik dan tabel dari suatu penghitungan, membuat diagram batang,diagram garis dan diagram lingkaran, membantu kita dalam menyelesaikan soal-soal logika dan matematika, membuat presentasi jadi lebih praktis dan mudah dan menyajikan data secara tepat, rapi dan akurat. Microsoft excel juga dapat digunakan untuk pembuatan RPP
Kesulitan yang kadang kita temui dalam miss. ecxel antara lain:
1. Jika belum tahu rumus dan logika excel, akan mengalami kesulitan dalam mengoperasikannya.
2. Jika salah menggunakan rumus akan berakibat pada kesalahan membaca data.
Kesulitan yang dapat ditemui ketika mengoperasikan Ms.Excel salah satunya yaitu saat seluruh data telah di input dengan rapi, formula juga telah terinput dengan benar, namun hasil yang keluar adalah #ERROR!. Eror yang sering muncul antara lain:
1. #VALUE!
Error ini muncul ketika Excel menemukan adanya spasi, karakter, atau text dalam formula yang seharusnya merupakan angka. Excel hanya dapat memproses formula dari sel yang berisi angka, sehingga tidak akan merespon ketika Anda menginput hal lain. Cara mengatasinya: Cek kembali formula Anda, pastikan hanya menggunakan angka. Jika error tetap berlanjut, coba cek apakah ada sel yang kosong. formula yang gagal bisa disebabkan oleh sel atau penggunaan karakter spesial yang Anda gunakan.
2. ####
Jangan kaget ketika error ini muncul, karena ternyata masalahnya ada pada kolom yang kurang lebar, jadi solusinya cukup geser atau lebarkan kolom Anda agar hasil formula bisa tampil penuh pada kolom. Pro Tip: Lakukan double-click pada border disebelah kanan agar kolom secara otomatis menyesuaikan ukuran hasil formula.
Kesulitan yang dapat ditemui ketika mengoperasikan Ms.Excel diantaranya adalah dalam penggunaan simbol, ketika kita keliru dalam menggunakan simbol maka datanya tidak akan valid.
Microsoft excel memiliki banyak kelebihan yang memudahkan kita. Salah satu di antaranya yakni menghitung otomatis dengan memanfaatkan rumusan dan fungsi serta logika pada microsoft excel. Selain itu, kelebihan dari microsoft excel yaitu memiliki daya tampung yang sangat besar. Dimana dalam satu sheet terdiri dari 1 juta baris dan 16 ribu kolom. Sehingga anda bisa mengentry data dalam jumlah yang sangat banyak Adanya fitur rumus dan fungsi membuat Microsoft excel semakin mudah dioperasikan, tentunya hal ini dapat menghemat waktu pengerjaan. Microsoft excel merupakan software yang sangat fleksibel karena excel dapat dikonversikan ke berbagai software statistic. Begitupun sebaliknya. Pekerjaan lebih efektif dengan adanya pivot tables. Setiap ada data masuk, secara otomatis pivot tables akan me-refresh sehingga table terupdate secara otomatis
Adapun kekurangan dari microsoft excel antara lain:
1. Aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU).
2. Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.
Rumus yang dapat digunakan pada microsoft excel yaitu:
1. SUM fungsinya untuk penjumlahan
2. Avarege Fungsi untuk mengabil nilai rata-rata suatu variable.
3. AND berfungsi Menghasilkan nilai TRUE jika semua argument yang di uji bernilai BENAR DAN FALSE jika semua atau salah satu argument bernilai SALAH.
4. NOT Fungsi not kebalikan dari fungsi AND, yakni menghasilkan TRUE jika kondisi yang di uji SALAH dan FALSE jika kondisi yang di uji BENAR.
5. Value Digunakan untuk merubah nilai value menjadi nilai text, penulisannya adalah sebagia berikut: = VALUE (text).
6. Max Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data.
7. dan masih banyak lagi rumus yang dapat digunakan.