ARSIP BULANAN : October 2013

Cara Mengatasi Plugged In, not Charging di Windows

29 October 2013 09:10:44 Dibaca : 4931

Cara Mengatasi Plugged In, not Charging di Windows 7

Pasti anda semua pernah mengalami hal seperti di samping. Ketika menancapkan kabel charge baterai anda, akan muncul pemberitahuan di pojok kanan bawah, bahwa baterai laptop anda tidak terisi (Plugged in, not charging). Nah, sedikit ane nemuin caranya meskipun memang nantinya akan ada yang tidak berhasil, setidaknya bisa sedikit membantu. Berikut caranya :

1. Disconnect AC (Lepaskan kabel charger)

2. Shutdown laptop anda

3. Lepaskan baterai laptop anda

4. Pasang AC / Charger

5. Nyalakan laptop

6. Di Device Manager Categories klik Batteries, klik kanan di semua daftar Microsoft ACPI Compliant Control Method Battery, dan pilih Uninstall (Kalau cuma ada satu tidak apa-apa)
7. Shutdown

8. Lepaskan AC / Charger

9. Pasang baterai laptop anda

10. Pasang AC / Charger anda

11. Nyalakan laptop anda

Semoga berhasil. Saya mencoba cara tersebut ternyata bisa, bila memang tidak bisa maka nanti akan saya usahakan mencari cara lain.

Sumber

http://jeffreypalermo.com/

 

Jika cara di atas tidak berhasil, anda bisa coba trik saya.
trik ini berhasil 100% di laptop saya.



Caranya :

1. cabut baterai anda.
2. pasang pengisi daya (chars setelah baterai di cabut).

3. diamkan laptop anda selama kurang lebih 2 menit, dalam keadaan di pasang pengisi daya.

4. setelah itu kagetkan laptop anda dengan cara memasang baterai saat pengisi daya terpasang.

Diamkan selama 5 menit, jika 5 menit lampu led charging anda tidak mati berarti anda berhasil membuat baterai anda mengisi.

Lakukan hal ini setiap kali anda mau mengisi baterai.
5 - 10 kali laptop anda akan kembali normal.

Semoga berhasil..
sumber : Danial Gani.

 

Berapa kali Anda kehilangan remote control anda? Tidak perlu mencarinya lagi. Sekarang untuk mendengarkan musik, nonton TV, DVD atau VCR, Ponsel Andalah sebagai penggantinya.

Aplikasi Remote ini merubah smartphone Anda menjadi sebuah remote control universal. App ini memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan hampir semua peralatan audio dan video menggunakan satu perangkat smartphone Symbian yang Anda Operasikan . Semua Merek mendukung sebagian besar perangkat elektronik dalam negeri yang tersedia di pasar.

Dalam versi baru aplikasi ini tidak terbatas, jumlah perangkat dapat ditambahkan ke daftar pribadi Anda. Antarmuka yang bergaya dan user-friendly. Setelah Anda mencoba kemudahan App Remote ini, Anda Akan bingung sendiri dengan kehandalan HP anda Lalu bisa dipamerkan pada teman dan keluarga jika HP anda Sakti.

Cara Menggunakannya Cukup Mudah, Setelah di Download anda hanya membutuhkan Koneksi dari PC ke HP untuk Proses instalasi lalu HP anda siap menjadi Ponsel Pintar bahkan Menglahkan Kemampuan BB dan Android .

Sebenarnya Aplikasi ini adalah Aplikasi berbayar, tapi karena saya mendapatkan secara Gratis di Forum Bawah tanah maka di persembahkan Gratis juga buat sobat Pengunjung Blog ini
Sudah tidak Tahan untuk mencoba?

Jika Berminat Silahkan Download Langsung aplikasi ini: universal remote control

Aplikasi ini Hanya Berlaku untuk HP berikut :
LG KS10, Nokia 3250, Nokia 5500, Nokia 5700, Nokia 6110 Navigator, Nokia 6120, Nokia 6121, Nokia 6290, Nokia E50, Nokia E51, Nokia E60, Nokia E61, Nokia E62, Nokia E61i, Nokia E65, Nokia E70, Nokia E90, Nokia N71, Nokia N73, Nokia N75, Nokia N76, Nokia N77, Nokia N80, Nokia N81, Nokia N81 8GB, Nokia N82, Nokia N91, N91 8GB, Nokia N92, Nokia N93, Nokia N93i, Nokia N95, Nokia N95 8GB, Nokia N81, Nokia N96, Samsung i400, Samsung i450, Samsung i520, Samsung i500, Samsung i560.

Sumber Refrensi : http://www.emiertips.info/2012/03/cara-membuat-hp-menjadi-remote-control.html

 

Anak SD membuat Alaram bayi Ngompol

17 October 2013 22:59:59 Dibaca : 595

Sebuah kemajuan dan juga sebuah karya yang perlu di banggakan, karena anak bangsa yang masih usia dini mampu membuat karya yang canggih.
Mereka adalah Dua murid SD Pertiwi Medan, Sumatera Utara, Fira Fatmasiefa dan Bramastro Rahman Prasodjo menemukan alat unik untuk bayi. Alat itu adalah alarm ompol

Ide pembuatan alarm ompol ini bermula dari cerita sang guru yang bermasalah dengan popok bayi. Sang guru gusar karena kulit bayinya mengalami iritasi karena ompol.

Fira yang merupakan murid kelas VI dan Bramastro yang duduk di bangku kelas IV memutar otak. Mereka berpikir bagaimana agar bayi tidak terlalu lama kena ompol yang menyebabkan iritasi.
Keduanya kemudian berkonsultasi dengan guru pembimbing mereka, Sunario Hasibuan. Arahan dari sang guru, keduanya diminta untuk berdiskusi dengan orang tuanya yang kebetulan seorang dokter. Namun, orang tua keduanya malah bingung dengan ide mereka. Akhirnya sang guru dan orangtua keduanya bertemu untuk membahas apa yang diinginkan Fira dan Bram.

Singkat cerita, dengan pendampingan orangtua dan gurunya, Fira dan Bram berhasil membuat “Wet Alarm for Baby”, alarm untuk bayi yang mengompol. “Kami ingin membuat alat yang bisa memberikan tanda bayi mengompol dengan sensor yang berasal dari air seni bayi,” kata Fira ditemani Bramastro di Jakarta.
Pada awalnya, alarm menggunakan lampu yang memberikan tanda saat bayi mengompol, namun kemudian dinilai tidak efektif. Misalnya, saat pembantu atau ibu sedang tidak didekat bayi, maka bayi yang mengompol tidak segera diketahui.

Akhirnya, tanda lampu itu diganti dengan alarm suara. Nah, bunyi suara awalnya seperti bunyi bel. Namun, karena dikira suara bel kemudian alarm diganti dengan suara khusus.
Alat ini terdiri dari dua bagian, yakni alarm unit dan sensor unit. Sensor unit diletakan di bawah pantat bayi. Sistem sensornya terbuat dari kancing tembaga yang dikaitkan dengan kabel. Ujung kabel ada alarm unit dengan model stop kontak.

Jadi, saat bayi mengompol, sistem sensor yang terkena air seni kemudian secara otomatis bekerja dan alarm menimbulkan bunyi. Setelah mengatahui bayi mengompol, alarm bunyi tinggal di off kan, seperti stop kontak pada umumnya.

Bagaimana efektivitas alat ini?
Alat ini sudah diuji coba di rumah sakit, tempat orang tua keduanya bekerja. Kebetulan kedua orang tuanya dokter spesialis. “Sudah diuji coba di rumah sakit secara massal,” jelas guru mereka, Sunario Hasibuan.
Hasil uji coba itu terbukti efektif dan tidak repot. Alat ini, menurutnya, sangat bermanfaat. Terlebih saat ini bayi yang memakai pampers, bisa terkena iritasi karena endapan ompol tidak segera diganti. “Bayi sekarang kalau mengompol, kadang tidak menangis, karena pakai pampers,” ujar Sunario.
Sunario tidak kaget dengan apa yang ditemukan oleh Fira dan Bramastro, karena memang keduanya berbakat dan aktif dalam belajar. “Tidak pernah berhenti bertanya, selalu tanya, sampai kadang saya ini bosan menjawabnya,” kata dia.

Rasa keingintahuan keduanya tampaknya sudah terjawab dengan penemuan alarm bayi ini. Keduanya memang berbakat dengan pernah menjurai kompetisi menari, sampai menulis cerpen. Karya Fira dan Bram ini menyabet penghargaan dalam kontes Junior Science Award 2011.
Hebat bukan, anak bangsa yang masih kecil mampu mengharumkan bangsa ini.

 

Pesan saya Danial Gani, jika anak sd saja sudah bisa ber-eksperimen masa kita yang kuliah ngak bisa..:D

www.kaskus.us/showthread.php?t=10537198

Memadamkan Lampu menggunakan SMS.

08 October 2013 12:37:05 Dibaca : 9108

Percayakah anda bahwa anda bisa menghidupkan dan mematikan  listrik lewat SMS? Ya, anda tidak perlu lagi menggunakan sistem manual karena semuanya sudah bisa dilakukan hanya melalui pesan singkat atau SMS (short massage service) hasil temuan Muhammad Farrizar Andrijasa mahasiswa semester 8 jurusan teknik informatika, fakultas teknik Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya.

Dari hasil riset dan penelitiannya, ia menciptakan alat pengendali listrik secara otomatis. “Syukurlah, saya berhasil membuat alat pengendali listrik melalui SMS, jadi tidak perlu mematikan atau menyalakan tombol,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa bentuk pengendalian yang ditawarkan oleh alat ini berupa pengaktifan dan penonaktifan perangkat-perangkat listrik dan elektronik yang berada di dalam rumah, misalkan, lampu, kipas angin, televisi, AC dan alat elektronik lainnya.

“Syaratnya maksimal 3 ampere atau sekitar 660 watt. Tapi, semua masih bisa disiasati tergantung dari pemakaian. Untuk sementara memang masih sebesar itu,” tukas dia.

Dengan menggunakan alat ini, seorang pemilik rumah dapat mematikan, menghidupkan atau melihat status aktif maupun nonaktif dari perangkat-perangkat listrik dan elektronik yang ada di rumah hanya dengan mengirimkan SMS ke suatu nomor dengan format tertentu.

Aplikasi ini, lanjut dia, dibangun dengan menggunakan bahasa pemograman “Microsoft Visual Basic 6.0″. “Sedangkan untuk melakukan kendali terhadap perangkat listrik atau elektonik dilakukan dengan bantuan ‘Mikrokontroler AVR ATMEGA 16′,” tuturnya.

Rizal, panggilan akrabnya, mengatakan, digunakannya layanan SMS karena merupakan salah satu layanan yang paling digemari oleh semua lapisan masyarakat, khususnya di Indonesia.

“Biayanya juga murah, penggunaannya mudah dan hampir semua masyarakat memilikinya handphone. Maka sangat wajar kalau memakai layanan melalui SMS,” ucap putra pasangan M. Djafar Hamma dan Hafsawaty Barelly tersebut.

Ia juga menerangkan, mikrokontroler ATMEGA 16 yang digunakan merupakan mikrokontroler produksi Atmel yang kompatible dengan mikrokontroler Intel 8051. “Mikrokontroler tersebut murah harganya dan mudah didapat di pasaran, jadi tidak sulit mendapatkannya,” papar Rizal.

Selain itu, mikrokontroler jenis ini cukup pas digunakan percobaan meski harus ditambah komponen-komponen lainnya seperti kristal 12 Mhz, konektro db-25, pcb matrix, resistor, kapasitor yang kira – kira hanya menghabiskan dana sekitar Rp50 ribu sampai Rp75 ribu, katanya menambahkan.

Tentang gambaran kerjanya, lanjut dia, sistem ini bekerja menyalakan dan mematikan lampu sesuai perintah SMS yang dikirim melalui handphone ke sebuah mikrokontroler dengan menggunakan kabel UART.

“Kemudian, oleh mikrokontroler, perintah ini akan dibaca dengan bantuan ‘driver relay’. Setelah itu, dibaca oleh mikrokontroler dengan bantuan sensor, maka mikrokontroler akan menyalakan atau mematikan lampu sesuai perintah sms yang dikirim,” terang putra bungsu dari empat bersaudara tersebut.

Selama proses pembuatan temuan ini, Rizal mengaku membutuhkan waktu tidak lebih dari 4 bulan. Ia pun hanya mengerjakannya seorang diri dengan bantuan dosen pembimbing. Selama proses pengerjaan, pemuda kelahiran Samarinda tersebut mengaku tidak menemukan kendala berarti. “Hanya masalah pembagian waktu saja, kalau dari segi teknis, tidak begitu besar kendalanya,” ucapnya menambahkan.

Dari temuan ini, kata Rizal, ada beberapa hal yang menjadi permasalahan, di antaranya apabila ada penundaan pengiriman pesan oleh “provider” penyedia layanan seluler maka sistem tidak akan merespon sampai pesan tersampaikan. Di samping itu, apabila sambungan listrik terputus membuat “PC server” mati maka sistem akan mempertahankan kondisi lampu terakhir sebelum “PC server” mati.

“Sedangkan, untuk ponsel yang mendukung dijadikan ‘server’ hampir bisa semua merk, rinciannya antara lain memiliki konektivitas kabel data, mampu membuat koneksi permanen dengan ‘PC server’ dan mendukung ‘AT Command dan mode teks’,” papar lulusan SMA Negeri 5 Samarinda itu.

“Untuk kartu provider bisa menggunakan semua jenis kartu GSM. Kemudian, berdasarkan beberapa pengujian yang telah dilakukan maka tingkat keberhasilan sistem mencapai 95 persen,” katanya menambahkan.

Sumber: Republika/ProudIndonesia

Bagi Anda yang sering lupa mematikan komputer, kini ada cara praktis untuk mematikan komputer secara jarak jauh hanya dengan menggunakan SMS. Hanya mengirimkan SMS berbunyi SHUTDOWN ke SMS center, maka otomatis komputer akan shutdown. Apakah sms nya harus berbunyi SHUTDOWN? he.. 3x nggak harus, Anda bisa menggunakan keyword SMS lain. Mau tahu cara membuatnya? OK ini dia caranya…

Pertama, Anda harus buat dahulu PC Anda sebagai SMS centernya dengan menginstallgammu, serta install pula web server untuk menjalankan script PHP yang digunakan untuk memproses SMS nya.

Ide dasar pembuatan script remote shutdown komputer via SMS ini adalah kita buat script PHP untuk membaca sms yang masuk ke database MySQL nya Gammu. Jika isi smsnya berisi SHUTDOWN, maka lakukan proses shutdown.

Lantas… yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara melakukan shutdown komputer ini? Karena saya menggunakan Windows XP, maka hanya dengan menggunakan command di shell atau prompt

view sourceprint?

1.shutdown -s -f

maka komputer akan shutdown.

Nah.. perintah di atas nantinya akan dijalankan oleh PHP melalui function exec(). Function exec() di PHP digunakan untuk menjalankan command pada sistem operasi. Nah.. bagaimana bila sistem menggunakan Linux? nah.. silakan cari sendiri command untuk shutdown tersebut

OK, sekarang kita akan buat script PHP untuk memproses sms yang masuk sekaligus melakukan proses shutdown.

shutdown.php

view sourceprint?

01.

02.

03.// koneksi ke database gammu

04.mysql_connect("dbhost", "dbuser", "dbpass");

05.mysql_select_db("dbname");

06.

07.// mencari sms yang belum diproses

08.$query = "SELECT * FROM inbox WHERE Processed = 'false'";

09.$hasil = mysql_query($query);

10.while ($data = mysql_fetch_array($hasil))

11.{

12.// baca ID dari SMS

13.$id = $data['ID'];

14.// membaca isi SMS dan mengubah menjadi huruf kapital

15.$sms = strtoupper($data['TextDecoded']);

16.

17.// jika isi SMS adalah 'SHUTDOWN'

18.if ($sms == "SHUTDOWN")

19.{

20.// jalankan perintah shutdown

21.exec("shutdown -s -f");

22.}

23.

24.// memberi tanda SMS bahwa sudah diproses

25.$query2 = "UPDATE inbox SET Processed = 'true' WHERE ID = '$id'";

26.mysql_query($query2);

27.}

28.

29.?>

Nah… selanjutnya bagaimana supaya script shutdown.php di atas bisa secara kontinu dijalankan tanpa direfresh manual pada browser? Anda bisa menggunakan konsep AJAX untuk menjalankan script tersebut. Berikut ini script index.html yang di dalamnya terdapat script AJAX untuk melakukan proses auto refreshing script shutdown.php

sumber :

blog.rosihanari.net

index.html

view sourceprint?

01.

02.

03.SMS Auto Shutdown

04.

22.

23.

24.

25.

26.

SMS Auto Shutdown running...

27.

28.

Untuk menjalankan remote shutdown komputer, cukup script index.html saja yang dijalankan di browser. Script di atas sudah dicoba dan berjalan dengan lancar menggunakan AppServ (webserver), dan Gammu 1.25.0, Firefox 3.6.3 (web browser) dan modem Wavecom.

Mudah bukan cara membuatnya? So.. kini Anda tidak perlu khawatir ketika lupa mematikan komputer, karena bisa Anda matikan kapanpun dan dimanapun berada melalui HP Anda.

Mungkin untuk ke depannya, Anda bisa pula menggunakan SMS sebagai remote control alat perabotan rumah tangga Anda atau bahkan mematikan lampu rumah Anda Selamat bereksperimen !!!

Sumber : corenova.wordpress.com

 

Bagi Anda yang sering lupa mematikan komputer, kini ada cara praktis untuk mematikan komputer secara jarak jauh hanya dengan menggunakan SMS. Hanya mengirimkan SMS berbunyi SHUTDOWN ke SMS center, maka otomatis komputer akan shutdown. Apakah sms nya harus berbunyi SHUTDOWN? he.. 3x nggak harus, Anda bisa menggunakan keyword SMS lain. Mau tahu cara membuatnya? OK ini dia caranya…

Pertama, Anda harus buat dahulu PC Anda sebagai SMS centernya dengan menginstallgammu, serta install pula web server untuk menjalankan script PHP yang digunakan untuk memproses SMS nya.

Ide dasar pembuatan script remote shutdown komputer via SMS ini adalah kita buat script PHP untuk membaca sms yang masuk ke database MySQL nya Gammu. Jika isi smsnya berisi SHUTDOWN, maka lakukan proses shutdown.

Lantas… yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara melakukan shutdown komputer ini? Karena saya menggunakan Windows XP, maka hanya dengan menggunakan command di shell atau prompt

1.shutdown -s -f

maka komputer akan shutdown.

Nah.. perintah di atas nantinya akan dijalankan oleh PHP melalui function exec(). Function exec() di PHP digunakan untuk menjalankan command pada sistem operasi. Nah.. bagaimana bila sistem menggunakan Linux? nah.. silakan cari sendiri command untuk shutdown tersebut :-)

OK, sekarang kita akan buat script PHP untuk memproses sms yang masuk sekaligus melakukan proses shutdown.

shutdown.php

01.
02.
03.// koneksi ke database gammu
04.mysql_connect("dbhost", "dbuser", "dbpass");
05.mysql_select_db("dbname");
06.
07.// mencari sms yang belum diproses
08.$query = "SELECT * FROM inbox WHERE Processed = 'false'";
09.$hasil = mysql_query($query);
10.while ($data = mysql_fetch_array($hasil))
11.{
12.// baca ID dari SMS
13.$id = $data['ID'];
14.// membaca isi SMS dan mengubah menjadi huruf kapital
15.$sms = strtoupper($data['TextDecoded']);
16.
17.// jika isi SMS adalah 'SHUTDOWN'
18.if ($sms == "SHUTDOWN")
19.{
20.// jalankan perintah shutdown
21.exec("shutdown -s -f");
22.}
23.
24.// memberi tanda SMS bahwa sudah diproses
25.$query2 = "UPDATE inbox SET Processed = 'true' WHERE ID = '$id'";
26.mysql_query($query2);
27.}
28.
29.?>

Nah… selanjutnya bagaimana supaya script shutdown.php di atas bisa secara kontinu dijalankan tanpa direfresh manual pada browser? Anda bisa menggunakan konsep AJAX untuk menjalankan script tersebut. Berikut ini script index.html yang di dalamnya terdapat script AJAX untuk melakukan proses auto refreshing script shutdown.php

sumber :

blog.rosihanari.net

index.html

01.
02.
03.SMS Auto Shutdown
04.
22.
23.
24.
25."ajax()">
26.

SMS Auto Shutdown running...

27.
28.

Untuk menjalankan remote shutdown komputer, cukup script index.html saja yang dijalankan di browser. Script di atas sudah dicoba dan berjalan dengan lancar menggunakan AppServ (webserver), dan Gammu 1.25.0, Firefox 3.6.3 (web browser) dan modem Wavecom.

Mudah bukan cara membuatnya? So.. kini Anda tidak perlu khawatir ketika lupa mematikan komputer, karena bisa Anda matikan kapanpun dan dimanapun berada melalui HP Anda.

Mungkin untuk ke depannya, Anda bisa pula menggunakan SMS sebagai remote control alat perabotan rumah tangga Anda atau bahkan mematikan lampu rumah Anda:-) Selamat bereksperimen !!!

Teknik MOMB

03 October 2013 08:01:32 Dibaca : 811

Pembukaan Masa orientasi Mahasiswa baru tingkat fakultas teknik , hari ini jum’at tgl 23 agustus 2013 yang bertempat di halaman fakultas teknik telah resmi di buka oleh dekan fakultas teknik Ir. Rawiyah Husnan, MT. dengan dimulai apel pagi dengan mengumandangkan Lagu kebangsaan Indonesia raya, dalam upacara tersebut dengan sambutan ketua panitia kalih trumansyahjaya,ST,.MT.dengan disambut hangat oleh 367 jumlah peserta Mahasiswa baru teknik UNG dari berbagai jurusan, selanjutnya sambutan ketua senat Mahasiswa Teknik Yudi Doda dengan memberikan semangat keteknikan dengan harapan adik mahsiswanya dapat menjadi anak teknik yang yang cerdas dan berkarakter, begitupula sambutan dekan fakultas teknik dengan harapan agar mahasiswa agar tetap semangat mengikuti acara orientasi ini dengan baik agar nantinya dapat membentuk karakter mahasiswa baru betul betul dapat tercipta dan terbangun jiwa keteknikan yang semangat dan berkarakter berilmu dan berkarakter untuk memasuki dunia perguruan tinggi setelah lepas dari sekolah menengah atas.

Harapan ibu dekan teknik pada mahasiswa baru teknik bagaimana mahasiswa dapat memahami perbedaan diantara mahasiswa, bagaimana memahami program studi dan jurusan mereka pilih bagaimana mereka berkarakter difakultas antara sesama mahasiswa sama senior, terhadap tenaga penunjang akademik , pada dosen dan pimpinan-pimpinan fakultas terutama terhadap terhadap pilihan program studi yang mereka pilih. Momb pada fakultas teknik dengan semangat kebersamaan dan kondisi yang kondusif dengan kinerja antara panitia dosen dan mahasiswa , yang dalam acara ini juga seluruh pimpinan fakultas dan jurusan sempat hadir dan sebagai panitia pelaksana sebagai steering commite. Semangat ini nantinya tetap terjaga untuk lebih membangun secara bersama-sama fakultas teknik jauh lebih baik kedepan amin, semangat fatek semangat Atas mahasiswa baru calon-calon teknogkrat sejati . amin humas fatek.

 

Sumber : http://fatek.ung.ac.id