ARSIP BULANAN : September 2013

Perempuan Nggak Boleh Gaptek!

23 September 2013 16:24:52 Dibaca : 550

Makassar - “Buat apa belajar komputer? Saya kan gak kerja.” Demikian pikir sebagian perempuan yang menjadi ibu rumah tangga. Padahal, mengenal dan paham dengan teknologi saat ini tak pandang bulu alias wajib, termasuk para ibu.

‘Itu yang salah selama ini karena merasa belum ada kebutuhan. Tapi kalau sekarang kebutuhannya jelas. Salah satunya yang paling penting untuk pendampingan anak,” kata Nurlina Purbo, penggiat ICT Women.

Wanita yang akrab disapa Lina ini memaparkan, anak-anak saat ini sudah diperkenalkan dengan perangkat komputer sejak di sekolah dasar. Saat pulang ke rumah membawa PR, seringkali mereka bertanya pada ibunya dan disinilah si ibu yang tidak mengerti akan kesulitan.

“Kalau begitu paling nunggu bapaknya pulang misalnya. Tidak bisa seperti ini terus. Jadi kita mendorong ibu-ibu itu belajar untuk bisa melakukan pendampingan,” ujar wanita berkerudung ini.

Pengalaman ini dirasakannya sendiri saat pertama kali bertemu dengan sekelompok ibu-ibu. Menurutnya, justru di antara ibu-ibu itu sendiri yang minta diajarkan karena ingin bisa membantu anak mereka.

“Oke jika seorang ibu itu tidak bisa, tapi setidaknya mereka bisa membantu dengan cara mendampingi anak ketika mereka berinternet. Yang dilihat apa sih. Untuk mencegah mereka melihat sesuatu yang belum pada tempatnya atau waktunya,” ujarnya.

Jika sudah terbiasa mendampingi anak, menurut Lina, lambat laun para ibu akan tahu dengan sendirinya komputer dan internet itu seperti apa, kemudian semakin termotivasi untuk belajar.

sumber : Inet.Detik.com

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan di LinkedIn

23 September 2013 16:24:03 Dibaca : 532

Situs social media khusus para profesional, LinkediIn, bisa dikatakan sebagai situs para pencari kerja dan pengembangan karier. Sudah pernah mencoba “peruntungan” mendapat karier yang lebih baik di situs ini, atau mengembangkan bisnis? Cukup banyak lho orang yang mendapat tawaran kerja atau mendadak saja dihubungi headhunter setelah memasang profilnya di LinkedIn.

Ada 7 kesalahan yang tanpa disadari sering dilakukan orang, yang membuat user LinkedIn justru tidak pernah mencapai tujuannya. Setidaknya demikian menurut pakar social media Alexandra Gibson dari OttoPilot Media.

Apa saja itu?

1. Hanya dipakai untuk mencari pekerjaan

Kesan ini paling banyak terlihat. Orang join LinkedIn hanya demi mencari lowongan kerja saja. Padahal situs ini bisa lebih bermanfaat untuk memperluas koneksi, menambah kenalan yang satu minat atau satu bidang bisnis. Sebab mungkin Anda tidak langsung mendapat pekerjaan, tapi justru memupuk kesempatan yang jauh lebih baik di masa mendatang.

2. Profil tidak lengkap

Membuat akun lalu membuat profil diri ala kadarnya saja, tanpa keterangan detil mengenai skill dan pengalaman kerja. Ini hanya membuat pengunjung profil Anda menilai Anda tidak serius dalam mengembangkan karier. Buatlah profil yang mengandung keyword tertentu sehingga memudahkan orang menemukan Anda. Dan tentu saja, tertarik untuk menawarkan pekerjaan.

3. Tidak di groups yang sesuai

Ada banyak groups di LinkedIn, membuat Anda bingung. Sehingga tak jarang terjadi orang salah memilih groups. Misalnya memiliki pengalaman kerja sebagai akuntan tapi bergabung dengan groups pemusik. Walau tidak salah mutlah, tapi hal ini mempengaruhi kans mendapatkan kesempatan kerja yang sesuai.

4. Tidak berbagi konten yang bagus

Jika punya blog, ada baiknya di-share ke laman LinkedIn, sehingga orang tertarik untuk tahu tentang diri Anda. Masalahnya, konten yang di-share haruslah yang menarik, bermanfaat bagi orang lain. Jika kontennya hanya sekadar curhat, rasanya kurang memberi kesan profesional.

5. Tidak membangun koneksi

Ada baiknya mulai menyapa teman-teman baru Anda di LinkedIn, coba tawarkan kerjasama, atau mulai bertanya soal bidang bisnis mereka, bahkan tawarkan skill Anda untuk membantu usaha mereka. Ini yang jarang dilakukan user LinkedIn.

6. Tidak memanfaatkan LinkedIn Answers

LinkedIn Answers adalah salah satu fitur yang dapat menjual keahlian diri kita. Di sini user dapat bertanya jawab satu sama lain. Anda dapat memperlihatkan ekspertis Anda di forum ini, sebab akan banyak user yang membaca tulisan Anda.

7. Tidak melibatkan tim

Untuk Anda yang berminat memperluas bisnis, ada bagusnya mulai melibatkan tim kerja. Sesama user yang saling mendukung di social media akan lebih baik ketimbang berusaha seorang diri.

Silakan mencoba.

sumber : ictwatch.com/internetsehat/

Sekilas 41 Tahun Sejarah Email

23 September 2013 16:23:29 Dibaca : 573

Sejak kapan email dipakai? Tidak terasa sudah 41 tahun berlalu sejak konsep berkirim pesan melalui internet ini ditemukan. Kian lama, email kian menjadi keseharian manusia. Bayangkan saja, berurusan dengan email ini memakan 28% waktu kita di hari kerja.

Yuk kita telusuri sepintas perkembangan email.

1971: Programer asal Amerika Serikat, Raymond Tomlinson mengirim pesan bertuliskan “QWERTYUIOP” sebagai email pertama di dunia. Ia adalah orang pertama yang menghubungkan komputer ke mailbox-nya dengan menggunakan symbol @.

1977: Sistem email Tomlinson berhasil berjalan di jaringan komputer yang menggunakan software serupa. Kemudian orang mulai menggunakan jaringan Advanced Research Projects Agency Network (ARPA) di bawah naungan Departemen Pertahanan Amerika untuk terhubung dengan jaringan luar.

1981: Mulai diadopsinya American Standard Code for Information Interchange (ASCII) untuk memproses huruf-huruf, tanda baca, dan simbol untuk disimpan secara digital.

1985: Karyawan pemerintah, kalangan militer, pelajar dan profesional akademis mulai terbiasa menggunakan email.

1991: Penyedia jaringan internet mulai diizinkan memperluas akses internet, namun dengan opsi terbatas, sampai kemudian Tim Berners-Lee menciptakan World Wide Web di tahun 1991.

1991: Astronot Shannon Lucid dan James C. Adamson mengirim email pertama dari angkasa luar melalui Macintosh Portable, berisi pesan “Hello Earth! Greetings from the STS-43 Crew. This is the first AppleLink from space. Having a GREAT time, wish you were here,…send cryo and RCS! Hasta la vista, baby,…we’ll be back!”

1993: IDM dan BellSouth memasarkan PDA yang juga berfungsi sebagai ponsel seberat 20 ons. Dilengkapi dengan kalkulator, faks, penerima email, dan pager. Harganya 900 dolar.

1997: Microsoft meraup untung 400 juta dolar dari Hotmail.

1998: Film komedi romantis You’ve Got Mail, dibintangi Meg Ryan dan Tom Hanks, diputar di bioskop.

1998: Kata “spam” mulai ditambahkan di Oxford English Dictionary setelah spam berkembang sejak pertengahan 1990-an.

2003: BlackBerry 850 dan 857 dirilis, dan membuat revolusi di platform mobile yang fokus pada email.

2004: Presiden AS George W. Bush menandatangani Controlling the Assault of Non-Solicited Pornography and Marketing Act menjadi undang-undang. Memanen kritik sebab memiliki kelemahan dalam melindungi user dari spam.

2008: Presiden Barack Obama menjadi presiden pertama yang menggunakan BlackBerry yang dirancang khusus.

2011: Sebuah studi menyatakan bahwa password email terburuk adalah 123456, QWERTY, monkey dan letmein.

2012: Ada lebih dari 3 triliun akun email di seantero dunia. Setidaknya 294 triliun email terkirim setiap hari, dan 78% di antaranya adalah spam.

 

http://ptikunm.wordpress.com

Asal Mula Kenapa Java Berlogo Secangkir Kopi

23 September 2013 16:02:18 Dibaca : 579

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Dikembangkan oleh Sun Microsystems dan diterbitkan tahun 1995. Java tidak boleh disalahpahami sebagai JavaScript. JavaScript adalah bahasa scripting yang digunakan oleh web browser.

Bahasa pemrograman Java pertama lahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang.

Pertemuan proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo Park. Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai “*7″ (Star Seven).

Setelah era Star Seven selesai, sebuah anak perusahaan TV kabel tertarik ditambah beberapa orang dari proyek The Green Project. Mereka memusatkan kegiatannya pada sebuah ruangan kantor di 100 Hamilton Avenue, Palo Alto.

Perusahaan baru ini bertambah maju: jumlah karyawan meningkat dalam waktu singkat dari 13 menjadi 70 orang. Pada rentang waktu ini juga ditetapkan pemakaian Internet sebagai medium yang menjembatani kerja dan ide di antara mereka. Pada awal tahun 1990-an, Internet masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer.

Mereka menjadikan perambah (browser) Mosaic sebagai landasan awal untuk membuat perambah Java pertama yang dinamai Web Runner, terinsipirasi dari film 1980-an, Blade Runner. Pada perkembangan rilis pertama, Web Runner berganti nama menjadi Hot Java.

Pada sekitar bulan Maret 1995, untuk pertama kali kode sumber Java versi 1.0a2 dibuka. Kesuksesan mereka diikuti dengan untuk pemberitaan pertama kali pada surat kabar San Jose Mercury News pada tanggal 23 Mei 1995.

Sayang terjadi perpecahan di antara mereka suatu hari pada pukul 04.00 di sebuah ruangan hotel Sheraton Palace. Tiga dari pimpinan utama proyek, Eric Schmidt dan George Paolini dari Sun Microsystems bersama Marc Andreessen, membentuk Netscape.

sumber : zibonnetral.blogspot.com

Kumpulan Kata - Kata Lucu

23 September 2013 13:33:21 Dibaca : 562

Asyik ngga sih kalau kita sedang kumpul dengan teman - teman dekat kita dan salah seorang teman kita melontarkan kata - kata lucu yang bisa membuat kita semua tertawa terbahak - bahak? Tentu saja kata - kata lucu yang digunakan bukan kata - kata lucu yang garing dan membuat kita malah mengernyitkan kening karena tidak terlalu faham dengan kata - kata lucu yang dilontarkan. Nah tentu kita juga ingin menyegarkan suasana dengan kata - kata lucu yang bisa membuat setiap orang tertawa. Oleh karena itu, kita bisa menggunakan kumpulan kata - kata lucu seperti di bawah ini:

Teman sejati selalu berbagi..

Kalau aku jadi laut, kalian jadi ikan

Kalau aku jadi kumbang, kalian jadi bunga

Kalau aku matahari, maka kalian yang jadi bumi

Nah, kalau aku jadi tarzan, kalian mau kan jadi monyetnya?

Pandanglah langit sebagai kebesaran ciptaan Tuhan

Pandanglah laut sebagai anugrah dari Tuhan

Pandanglah cermin sebagai Kutukan dari Tuhan :D

Kita bisa menemukan banyak hal - hal spesial di dunia ini

Tapi bagi aku, yang paling spesial di muka bumi ini bukan kamu tapi Martabak Telor

Seorang hakim telah menjatuhkan vonis hukuman kurungan 1 bulan penjara bagi seorang pemerkosa.

Tak henti - hentinya sang pemerkosa mengucapkan terima kasih kepada hakim

Dan hakim pun berkata: Barang bukti kejahatan harap ditinggal untuk disita negara..(pemerkosa langsung pingsan)

Pasien: Dok, kenapa ya dada saya sakit sekali setiap kali saya bernafas?

Dokter: kalo begitu untuk sementara jangan bernafas dulu yah...

Tolong dibantu doa ya teman - teman..

Kata dokter, aku ada kelainan darah..

Sudah 3x cek lab, hasilnya positif semua..

Sediihh deh, ternyata aku berdarah ningrat :D

Saat aku sedih, kau ada di sampingku..

Saat aku marah, kau dekati aku..

Saat aku menangis, kau ada di sisiku...

Sekarang aku akhirnya sadar, bahwa kau adalah pembawa sial untukku...

Ku buka dengan ganas baju birumu yang ketat

ku sentuh tubuhmu dengan penuh nafsu

kujilat susu putihmu yang sangat manis

hmmm

enaknya makan oreo..

mau???

Kalo boleh jujur, aku ngga percaya sama teori Darwin..bahwa manusia berasal dari monyet

Tapi setelah aku liat mukamu, akhirnya aku sadar bahwa teori Darwin itu bener bangedd

 

Sumber : CARApedia.com