ARSIP BULANAN : August 2013

About Elektro

31 August 2013 11:10:15 Dibaca : 607

Teknik Elektro adalah cabang ilmu teknik yang mempelajari dan memanfaatkan perilaku elektron yang terdapat dalam semua benda dan berperan dalam gejala - gejala alam yang disebut kelistrikan.Teknik elektro memandang elektron sebagai agen (pelaku) utama dalam proses alih ragam energi, pengolahan isyarat serta dalam pengolahan dan penyajian informasi.

Teknik Elektro memiliki tiga wajah atau dimensi yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain yaitu:

- Dimensi EnergiDimensi IsyaratDimensi Informasi

- Dimensi Energi (Energi Listrik)
Mencakup 3 hal:Bagaimana energi dibangkitkan dalam mesin-mesin istrik,Bagaimana disalurkan lewat kebel transmisi dan distribusi, SertaBagaimana energi itu digunakan

Khazanah pengetahuan tentang tiga hal ini awalnya disebut listrik arus kuat, sekarang di namakan sistem tenaga listrik.

- Dimensi isyarat
Isyarat adalah perubahan yang terdapat dalam suatu obyek sebagaimana dihayati oleh pengamat di luar obyek itu. Isyarat dengan mudah diwujudkan dan diolah dalam bentuk elektris.Khazanah pengetahuan tentang hal itu disebut sistem isyarat elektronis.

Sistem isyarat elektronis bertumpu pada :
Penetahuan tentang perilaku elektron dalam lingkungan tertentu, dalam tabung-tabung hampa (dahulu) dan dalam bahan-bahan semikonduktor.Serta bagaimana perilaku itu dapat digunakan dalam mengolah isyarat elektris dan elektromagnetis yang sengaja diberikan kepadanya.Pengetahuan elektronika menjadi tulang punggung segala studi tentang keisyaratan.Sistem Isyarat Elektronis secara khusus disebut Teknik Telekomunikasi, jika fokus perhatian lebih ditujukan pada masalah penyampaian pesan dari pengirim kepada penerima dengan cara yang berdayaguna (efsien) dan berhasilguna (efektif).Sistem Isyarat Elektronis disebut juga Teknik Instrumentasi, fokus pembahasan adalah pada pengolahan isyarat itu dalam peralatan-peralatan (instrumen-instrumen).Sistem Isyarat Elektronis juga mencakup Teknik Kendali, yang berurusan dengan segala usaha untuk membawa sistem mengikuti suatu perintah atau suatu perilaku tertentu sesuai dengan tujuan dibangunnya sistem itu sendiri.

- Dimensi Informasi
Bidang studi tentang pengolahan dan pengelolaan informasi pada umumnya diberinama baru yaitu Informatika. Perangkat kegiatan studi perancangan, penerapan dan pemanfaatan gejala elektron dalam dimensi ini disebut bidang studi Sistem Komputer dan Informatika. Ketiga dimensi tersebut membentuk satu kesatuan yang utuh dan tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain.Sistem Komputer dan InformatikaSistem Isyarat dan ElektronisSistem Tenaga Listrik

Jurusan Teknik Elektro berdiri sejak keluarnya SK DIKTI No. 279/DIKTI/Kep/2000. Dalam perkembangannya sampai tahun 2009, mahasiswa terdaftar sebanyak 109 orang, tenaga dosen tetap sebanyak 19 orang dan dosen tidak tetap sebanyak 10 orang, yang merupakan alumni dari beberapa perguruan tinggi terkemuka di Indonesia.

Saat ini, Jurusan Teknik Elektro sudah menyeleanggarakan 2 (dua) Program Studi yakni: Program Studi D3 Teknik Elektro dan Program Studi S1 Teknik Elektro yang izin penyelenggaraannya berdasarkan SK DIKTI No: 2363/D/T/2008 yang berlaku mulai 25 Juli 2008 s/d 25 Juli 2010.

Adapun konsentrasi yang terdapat pada program studi di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Gorontalo yaitu :

1. Program Studi D3 Teknik Elektro
- Teknik Tenaga
- Teknik Elektronika
- Teknik Komputer Kontrol

2. Program Studi S1 Teknik Elektro
- Teknik Komputer
- Sistem Komputer Dan Elektronika
- Sistem Elektronika dan Telekomunikasi
- Sistem Tenaga Listrik

Visi - Misi Teknik Elektro UNG

31 August 2013 11:06:33 Dibaca : 800

VISI

Menjadi program studi yang unggul dalam Bidang Energi Listrik, Sistem Komputer dan Informatika serta Sistem Isyarat Elektronis dan mampu menghasilkan lulusan berkarakter, kompetitif, inovatif dan adiptif terhadap perkembangan teknologi untuk Kawasan Timur Indonesia bagian utara di tahun 2020.

MISIMengembangkan pendidikan teknik elektro sebagai satu kesatuan yang utuh dari ketiga dimensi yakni: energi, isyarat, dan informasi.Menghasilkan lulusan berkarakter, kompetitif, inovatif dan adaptif terhadap perkembangan teknologi.Melaksanakan penelitian dan pengabdian pada masyarakat di bidang energi, isyarat dan informasi serta menyebarluaskan produk-produk di bidang teknik elektro melalui penggunaan Informasi Teknologi.

Tujuan Program StudiMenyelenggarakan pendidikan teknik elektro yang mencakup ketiga dimensi: Energi - Isyarat - Informasi dengan dukungan lingkungan akademik yang kondusif dalam rangka menghasilkan lulusan yang memiliki quality insurance sehingga mampu memberikan solusi permasalahan di bidang teknik elektro, mengembangkan potensinya mengikuti perkembangan teknologi, dan memiliki karakter yang mendukung profesi sesuai bidang yang ditekuninya.

 

Sasaran dan Strategi Pencapaian


Pencapaian lulusan yang berkualitas di bidang Energi, Isyarat, dan Informasi melalui pembukaan konsentrasi/bidang keahlian dimulai pada tahun 2012 sebagai pencerminan dari ketiga dimensi di bidang teknik elektro sehingga mahasiswa memiliki kebebasan memiih konsentrasi/bidang keahlian sesuai minat dan bakat yang dimilikinya.Pencapaian proses belajar mengajar yang efsien dan efektif melalui atmosfer akademik yang sehat dan kondusif, optimalisasi fasilitas yang ada, pemanfaatan teknologi informasi dan evaluasi kurikulum sehingga tetap relevan dengan kebutuhan masyarakat.Pencapaian kualitas hasil penelitian dan pengabdian melalui dukungan sumber daya yang tersedia, upaya peningkatan kapasitas dan pemberian kesempatan yang seluas-luasnya kepada Dosen dan mahasiswa utuk berkompetisi dan bekerja sama dengan pihak-pihak lain baik secara personal maupun institusional dalam kegiatan penelitian dan pengabdian.

 

Danial Gani, Teknik Elektro. Prodi S1 Teknik Elektro

31 August 2013 10:35:43 Dibaca : 556