ARSIP BULANAN : February 2013

jum'at 15 februari hari yang melelahkan

20 February 2013 14:33:32 Dibaca : 47

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..


Hai, berjumpa lagi dengan Aku. Aku berharap semoga teman-teman tidak bosan mampir di blog aku yaa!! Kali ini Aku menulis tentang kegiatan yang Aku ikuti seharian di kampus pada hari jumat ini.


Oh iyaa!!Berawal dari bangun pagi. Pagi tadi Aku bangun pukul 05.00. terus melaksanakan ibadah sholat subuh tentunya. Selesai sholat Aku langsung mandi soalnya pada pukul 06.00 nanti, aku beserta teman-teman bidik misi putri akan mengadakan pertemuan di lapangan basket kampus.


Hmmm, Bangun tidur Ku terus mandi...kok jadi kayak lirik lagu anak-anak yaa???hehehe


Nah, Aku berangkat ke Kampus kira-kira pukul 06.15. Sesampainya di kampus, eh!!!yang olahraga di lapangan basket hanya pegawai-pegawai kampus. Setelah di telusuri lebih lanjut, ternyata kami bidikmisi putri berkumpul di rusunawa. Hmmm, Aku terpaksa harus jalan kaki lagi untuk menuju rusunawa. Begitu capek dan lelahnya, tapi tak apalah.. hitung-hitung olahraga pagi.


Yupz, setelah menelusuri jalan setapak. Untuk menuju Rusunawa, Aku melewati Fakultas Sastra Dan Budaya, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, gedung Auditorium yang sementara di bangun, terus hamparan sawah yang telah menghijau. Teman-teman bisa bayangkan tidak betapa indahnya suasana pagi itu. Dan aku mengucapkan syukur pada Tuhan yang Maha Kuasa, karena telah menciptakan pagi yang indah ini.


Akhirnya sampai juga deh di Rusunawa, teman-teman putri lainnya sudah pada berbaris yang rapi. Hari ini kami mendapatkan informasi, bahwa kami putri sudah bisa tinggal di asrama. Eh, tapi ada syaratnya lho!! Syaratnya yaitu kami harus datang pukul 16.00, serta membawa barang-barang untuk mendaftar masuk bagi siapa yang mau masuk gelombang pertama. Oh iya, kami di bagi 2 gelombang untuk masuk asrama. Gelombang pertama, masuk mulai bulan Februari ini. Sedangkan gelombang kedua, kira-kira masuk bulan Mei yang akan datang. Mengapa kami di bagi 2 gelombang seperti itu, karena kapasitas Asrama tidak muat untuk menampung kami semua mahasiswi bidik misi. Jadi, yaa gitu deh!!!hehehe


Setelah mendengarkan informasi aku beserta teman-teman ku kembali ke rumah masing-masing. Bagi yang nge-kos yaa pastilah balik ke kos-nya mereka. Tapi, Aku gak langsung balik ke rumah. Soalnya Aku ada kuliah pagi hari ini. Hmmm, menunggu dan menunggu. Ternyata dosennya gak masuk. Setelah itu Aku langsung keluar dari kelas, dan berkumpul dengan teman-teman.
Oh iyaa, Aku baru ingat ternyata Aku mempunyai amanah yang belum terlaksanakan. Begini teman-teman, Aku termasuk anggota Hizbut Tahrir Indonesia. Dan aku di amanahkan untuk menjual tiket Training Muslimah. Kebetulan kami mengadakan acara training muslimah di Gedung SerbaGuna pada hari Minggu. Dan tiketnya harus terjual hari ini juga. Di tanganku masih 3 tiket lagi yang belum terjual. Jadi, aku jalan menyusuri kampus di bawah teriknya sinar Matahari. Sambil menawarkan ke setiap orang yang lalu-lalang di jalan kampus. Kira-kira setelah setengah jam, akhirnya tiket yang di tanganku habis terjual. Alhamdulillah yaa!!! Walau Aku sempat putus asa sebelumnya, soalnya nyari orang yang mau ikut acara ini ternyata susah juga. Padahal di acara itu menyuguhkan tema yang menarik yaitu “Menjadikan Muslimah Berprestasi”. Tetapi, Aku tetap bersemangat dan akhirnya Allah memudahkannya juga.


Eh, kok Aku jadi curhat. Hehehe, maaf yaa teman-teman.


Mmmm,,langsung saja yaa. Pada pukul 15.00, Aku balik ke rumah. Aku membereskan barang-barang yang akan ku bawa masuk asrama. Setelah selesai beres-beres, Aku langsung menuju kampus, karena pukul 16.00 nanti akan di buka pendaftaran masuk asrama. Sesampainya di rusunawa,sudah banyak mahasiswi yang datang dengan barang-barang mereka juga. Suasana rusunawa sore ini sangat ramai. Di padati dengan para mahasiswi, orang tua dari mahasiswi, terus kendaraan bermotor roda dua maupun roda tiga yaitu bentor, dan barang-barang dari mahasiswi itu sendiri. Kemudian, Aku langsung ikut membaur dengan teman-teman yang lain. Setelah selidik-menyelidik, ternyata pendaftaran untuk masuk asrama sudah di tutup. Karena kuotanya sudah terisi semua. Waduh, emang sudah jam berapa ini?? Lho kok, ini juga baru jam setengah empat lewat. Kenapa pendaftarannya sudah di tutup. Ternyata pendaftaran itu mulai di buka kira-kira pukul 13.00 lalu. Yah, bukannya di bilang kalau pendaftaran buka jam 4 sore. Kok begini sich, berarti gak konsisten dengan waktu yang sudah di sepakati dong. Banyak teman-teman yang tidak kebagian masuk asrama pada protes, termasuk Aku juga.


Terus Aku memandangi suasana yang ada di sekitar Aku. Ada mahasiswi yang sempat menangis kepada Orang Tuanya karena tidak kebagian masuk asrama. Memandangi suasana itu, Aku teringat sama Mamaku yang ada di rumah. Aku sudah terlanjur bilang bahwa Aku akan masuk asrama hari ini, dan Mamaku bahagia sekali mendengarnya. Karena hitung-hitung menghemat biaya transportasi ke kampus juga. Aku jadi pengen ikut nangis jadinya. Tapi aku berusaha membendung air mataku agar tidak jatuh membasahi pipiku.


Aku dan teman-teman yang lain terus menunggu sambil berdiri, berharap masih bisa masuk asrama gelombang pertama. Tapi, kesempatan itu hanya di berikan kepada orang-orang yang bertempat tinggalnya jauh dari kampus.


Aku sempat kecewa juga sih, tapi Aku percaya bahwa kejadian ini pasti ada hikmahnya. Allah pasti akan menggantikan hari ini dengan hari esok yang lebih baik dan penuh dengan kebahagiaan. Lagian juga masih ada gelombang yang kedua untuk bisa masuk asrama.
Dengan Aku berpositif thinking begitu, Aku melangkahkan kaki meninggalkan rusunawa. Tidak terasa sudah sore mau menjelang magrib. Ku pandangi langit sore yang sudah berubah warna menjadi merah, itu berarti matahari sebentar lagi akan kembali ke peraduannya, burung-burung akan pulang ke sarangnya. Dan Aku berjalan melewati hamparan sawah yang menghijau dengan udara sore hari yang mulai dingin. Dan doaku sore ini “Yaa Rabb, semoga hari esok lebih baik dari hari ini, dan mudahkanlah Aku untuk menjalani hari esok. Semoga hari esok penuh dengan kebahagiaan”


Hmmm, jum’at yang sangat melelahkan. Berangkat dari rumah pukul 06.00 dan kembali pukul 17.30.


Cukup di situ dulu ceritaku hari ini,,!! Semoga dari ceritaku diatas bisa di jadikan pembelajaran buat teman-teman pembaca.
Wassalam.^_^

 

Say No To Valentine

13 February 2013 19:39:03 Dibaca : 26

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Hay, teman-teman..berjumpa lagi dengan saya. Hmmm, tidak terasa kita sudah berada pada minggu kedua di bulan februari. Pasti teman-teman sudah mengetahui ada apa yaa, di bulan februari itu?? Bagi teman-teman para remaja. Pasti kalian tahu ada sesuatu di bulan februari ini,, terutama di tanggal 14 Februari besok. Nah, pada tanggal tersebut sering di rayakannya Valentine days atau hari valentine yaitu hari kasih sayang sedunia. Sekarang sudah banyak loh, yang mempersiapkan pernak-pernik sebagai tanda perayaan VIDI besok. Di tempat-tempat perbelanjaan seperti supermarket, mal-mal, dan toko-toko yang ada di kota-kota besar. Dan pada perayaan VIDI ini diwarnai dengan suasana merah jambu atau pink.

Bagi sebagian besar orang, terutama para remaja yang mempunyai pasangan kekasih. Mereka menggunakan momen ini untuk saling bertukar kado yang isinya seperti coklat berbentuk hati, bunga yang berwarna pink, boneka dengan warna pink juga. Dan anehnya remaja muslim juga ikut terjun dalam perayaan ini. Hmm, teman-teman remaja tahu gak sih, sejarah dari perayaan vidi ini?? Nih, saya singgung sedikit mengenai sejarah vidi ini.

Valentine days adalah hari raya di luar islam untuk memperingati pendeta St.Valentine yang di hukum mati karena menentang kaisar yang melarang pernikahan di kalangan muda. Oleh karena itu, kita sebagai umat islam tidak boleh ikut merayakan hari Valentine tersebut.

Teman-teman juga harus tahu yaa, bahwa perayaan vidi ini HARAM hukumnya dalam agama islam. Tidak hanya merayakan bahkan mengucapkan selamat terhadap sesuatu yang bukan berasal dari islam adalah lebih besar dosanya dari pada mengucapkan selamat kepada kemaksiatan seperti meminum-minuman keras dan sebagainya. Karena itu berarti kita telah memberi selamat kepada mereka yang telah menyekutukan Allah SWT. Padahal telah nyata bahwa hari-hari besar umat islam yang wajib kita rayakan hanya 2. Hari raya idul fitri dan idul adha. Dan valentine days ini juga merupakan budaya kufur yang akan menyesatkan kita sebagai umat islam. Kita akan termasuk kufur juga karenanya. Rasulullah SAW mengingatkan kita dalam sabdanya yaitu :

‘’siapa saja yang menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk dalam kaum tersebut. (HR. Abu daud dan Ahmad)

Nah, sekarang teman-teman sudah mengetahuinya kan?? Jadi, kita tidak usah ikut-ikutan dalam perayaan Valentine days ini sebagai hari kasih sayang sedunia. Kita bisa berbagi kasih sayang dengan orang-orang terkasih bukan hanya di tanggal 14 Februari saja. Malah setiap hari kita juga bisa berbagi kasih sayang. Terutama kepada orang tua kita, sesama saudara-saudara muslim juga.

Sekarang mari kita suarakan, Say No To Valentine..!!!

Tulisan saya berakhir di situ dulu yaa!! Saya berharap semoga tulisan saya bisa bermanfaat bagi para pembaca. Syukron..!!!

 

Distro puppy linux

05 February 2013 20:07:42 Dibaca : 573

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Hai teman-teman, berjumpa lagi dengan Saya. Kali ini Saya akan memposting tulisan Saya mengenai Puppy Linux. Tentunya teman-teman yang sering menggunakan komputer atau laptop. Sudah tidak asing lagi dengan puppy linux ini. Khususnya bagi teman-teman yang kuliah di jurusan Teknik Informatika pasti sudah banyak yang menggunakan distro Linux, tidak terkecuali Puppy Linux ini sendiri. Nah, tidak perlu berlama-lama lagi. Sekarang kita simak apa sih Puppy Linux itu??!!

1.sejarah puppy linux
Puppy Linux adalah salah satu distro Linux Live CD yang sangat kecil ukurannya dan mengutamakan kemudahan dalam penggunaan. Seluruh sistem operasi dan aplikasinya berjalan dalam RAM, yang membolehkan media booting dilepas setelah sistem operasi berhasil dijalankan.
Distro linux ini dikembangkan pertama kali oleh Barry Kauler, distribusi ini tidak berdasar pada distribusi linux manapun. Puppy linux ini bertujuan untuk membuat pengkomputeran mudah dan cepat. Puppy Linux didasarkan pada GNU / Linux.

2. Fungsi Puppy Linux
Fungsi puppy linux yaitu membuat pengkomputeran menjadi mudah dan cepat, bisa menghemat uang bahkan bisa melakukan pemulihan data dari PC yang rusak atau dengan mematikan malware dari windows.
Puppy dapat digunakan untuk mengaktifkan komputer lama, sebagai sistem penyelamatan darurat (emergency rescue system), sebagai sistem peragaan Linux, maupun sebagai sistem operasi lengkap.

Dapat juga di jalankan (boot) dari :
• USB flash drive/keydrive atau USB storage device lainnya yang bootable (flash-puppy)
• CD-ROOM (Live-puppy)
• Zip drive atau LS-120/240 superdisk (zippy-puppy)
• Internal hard drive (Hard-Puppy)
• Komputer Network (thin-puppy)
• Emulator ( Emulated-puppy)
• Floppy boot disk yang akan memanggil sistem operasi selebihnya dari USB drive, CD-ROOM, internal hard drive

3. Perbedaan Puppy linux dengan distro linux lainnya
• Ukuran yang kecil, 100MB! Hal ini sesuai untuk ciri-ciri yang sangat berguna dan unik.
• boot 'Live' dari CD, DVD, USB flash drive, dan media portable yang lain.
• Berjalan dari RAM, sehingga sangat cepat bahkan di PC lama dan di notebook dengan media simpanan solid state.
• waktu Boot di bawah dari satu menit.
• Termasuk berbagai aplikasi: wordprocessors, spreadsheet, internet browser, game, editor gambar dan banyak utiliti. Extra perisian dalam bentuk dotpets. Ada GUI Puppy Software Installer disertakan.

4. Fitur-fitur puppy linux
• Mozilla SeaMonkey ,
• AbiWord word-processor,
• Gnumeric spreadsheet,
• Sodipodi
• mtPaint
• Gxine/xine

5. Kelebihan puppy linux
Puppy linux mempunyai kelebihan yaitu efek 3D yang dinaungi compiz fusion walaupun mempunyai kapasitas yang kecil dalam file. Puppy Linux berjalan di RAM sehingga dapat berjalan di PC tua sekalipun serta sebagian besar sudah kompatible di Puppy Linux ini sehingga tidak butuh yang namanya driver.

6. Kelemahan puppy linux
Masih mempunyai tampilan yang standard dan di Puppy Linux ini masih menggunakan Abi World yang memungkinkan kurang greget dalam segi pengolahan office.

Nah, demikian tulisan saya hari ini. Semoga bisa bermanfaat buat teman-teman yang tertarik menggunakan distro puppy linux ini.

Tulisan saya ini di sadur dari :
- http://jomkomp.blogspot.com
- http://id.wikipedia.org

 

Tips Anti Cupu

02 February 2013 19:28:49 Dibaca : 77

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hai Teman-teman, kali ini Aku beserta Mahasiswa Bidik Misi lainnya mendapat tugas untuk setiap harinya memposting tulisan-tulisan kami disini. Tugas ini merupakan program IT. Dengan tugas ini Aku memiliki kesempatan untuk belajar menulis juga. Disini Aku akan membagi-bagi tips anti cupu kepada teman-teman. Mau tau apa-apa saja tips Anti Cupu itu?? kita intip sekarang yuukk!!

Sebelumnya ada sebagian orang yang di katakan cupu, cupu itu sendiri merupakan singkatan dari culun punya.

Cupu adalah sebuah kata yang bermakna negatif.

Elzam Zami, redaktur portal literasi Annida Online, mengatakan bahwa cupu itu polos, terlalu apa adanya, dan kadang-kadang bikin miris.

Arif Friyadi, penulis novel Mengapung Bersama Nil, berkomentar singkat, “Cupu itu kurang gaul!”
Sementara itu, sejumlah penulis lain yang di tanyai pendapatnya mengenai cupu dan culun ini masih lebih banyak menekankan cupu dari aspek fisik alias penampilan, bukan sebagai sebuah sifat.

Nah, dari sebagian pendapat itu, seolah-olah ingin mengatakan bahwa cupu itu identik dengan seluruh kosakata negatif, baik dari segi sifat maupun fisik atau penampilan.

Begitu pula yang sekarang menjadi opini mayoritas masyarakat kita tentang si Cupu. Jika ada seorang remaja yang di juluki cupu, itu artinya dia sudah di vonis nggak gaul, naggak up to date, kuno, jadul, aneh, dan semua kata negatif lainnya.

Lalu, benarkah cupu itu selalu identik dengan yang jelek-jelek?

Eka Diyah Ardiyati, sarjana psikologi lulusan Universitas Sumatera Utara menampik hal tersebut. “Memang sih cupu itu sering di lekatkan dengan nggak gaul. Namun persoalannya, bahkan definisi gaul itu sendiri tidak tunggal. Standar gaul orang juga beda-beda. Psikologi memang tidak meneliti cupu, namun disiplin ilmu ini mempelajari soal kepribadian manusia secara koleris, plegmatis, dan melankolis. Ada juga introver-ekstrover. Cupu itu lebih karena penampilan dan sikap. Karena tampangnya lugu, lalu di sebut cupu.”

Nah, teman-teman mau di katakan cupu??
Ih! Nggak mau deh!

Yang bisa kita lakukan untuk mengubah pandangan orang tentang kecupuan kita bukan dengan cara mengoperasi plastik wajah kita, namun dengan melakukan beberapa kebiasaan anti cupu yang efektif.

Mungkin selama ini kita kurang bergaul. Jika kita ingin keluar dari kecupuan kita, berarti kita harus mau bergaul. Bergaul ini merupakan salah satu kebiasaan anti cupu.

Bergaul itu menyenangkan, lho.

Bergaul berarti berteman. Berteman berarti menjalin pertemanan. Teman yang baik akan menyayangi kita di dunia dan akhirat. Teman juga akan memberikan warna dan ciri kepada kita.
Kata orang-orang bijak nih, kalau kita bergaul dengan orang pandai besi, kita akan mendapat bau bakaran, bahkan bukan tidak mungkin akan ikut terbakar. Kalau kita bergaul dengan penjual minyak wangi, kita akan kecipratan wanginya.

Bergaul tapi nggak asal gaul.

Teman-teman sudah siap membuka hati untuk bergaul, kan? Sudah siap meninggalkan predikat cupu? Yuuk..!!

Bergaul itu sama dengan silaturahmi. Silaturahmi itu tidak hanya dilakukan pada saat lebaran saja. Silaturahmi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Silaturahmi itu berarti menyambung kasih sayang. Kalau kita saling menyayangi sesama manusia, terasa luas nih dunia. Rezeki kita datang, peluang-peluang bagus terbuka lebar, dan hebatnyaa, silaturahmi itu bisa membuat kita menjadi awet muda.

Lega rasanya yaa..Semua itu kita bisa dapat kalau kita mau bergaul alias bersilaturahmi.
Sebaliknya kalau kita tidak punya teman dan tidak mau bergaul. Sempit banget rasanya dunia ini. Segala sesuatu di pendam dan di rasakan sendiri. Memendam kebahagiaan sendiri saja kadang nggak kuat yaa, apalagi memendam kesedihan.

Nah, itu dulu yaa teman-teman..Tips anti cupu..

Semoga kita tidak termasuk anak cupu. Dan bagi teman-teman yang merasa cupu, tips di atas boleh teman-teman pakai sebagai anti kecupuan kita. Biarpun tampang cupu, mental yang cupu nggak boleh di pelihara apalagi di budidayakan..katakan pada seluruh dunia bahwa “Inilah Aku dan inilah diriku,,aku nggak cupu kawan,,!!! “My name is coolman and I’m not a cupu man..!”

“Taburlah gagasan, tuailah perbuatan,
Taburlah perbuatan, tuailah kebiasaan,
Taburlah kebiasaan, tuailah karakter,
Taburlah karakter, tuailah nasib.”

(Stephen R Covey)

Sumber : Fauziah, Nurul dan Anugrah Syahputra. 2010. Gue Gak Cupu. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong