ARSIP BULANAN : August 2024

APA ITU KREATIFITAS?

Kreativitas merupakan kombinasi dari inovasi, flexibilitas, dan sensitivitas yang membuat seseorang mampu berpikir produktif berdasarkan kepuasan pribadi dan kepuasan lainnya (Stenberg, dalam Dadvar, 2012). Kreativitas juga merupakan hasil dari motivasi intrinsik seseorang, pengetahuan, dan kapabilitas pada kemampuan tertentu. Sedangkan menurut Munandar (2009), kreativitas adalah hasil interaksi antara individu dan lingkungannya, kemampuan untuk membuat kombinasi baru, berdasarkan data, informasi, atau unsur-unur yang sudah ada atau dikenal sebelumnya, yaitu semua pengalaman dan pengetahuan yang telah diperoleh seseorang selama hidupnya baik itu di lingkungan sekolah, keluarga, maupun dari lingkungan masyarakat.

Lebih sederhananya Kreativitas adalah sebuah bentuk invovasi dari sesuatu yang biasa digunakan atau dilaksanakan di ubah (modifikasi) dengan cara baru/teknologi terbaru tergantung pribadi individu yang memodifikasinya, contoh: bara api yang dulunya pakai tempurung kini sudah ada briket yang jauh lebih cepat fleksibel.

LALU BAGAIMANA, CIRI-CIRI ANAK YANG MEMILIKI KREATIVITAS?

1. mempunyai daya imajinasi yang kuat 

2. senang mencari pengalaman baru

3. memiliki inisiatif

4. mempunyai minat yang luas

5. selalu ingin tahu (bukan nge gosip yaa)

6. mempunyai kebebasan dalam berfikir dan percaya diri yang kuat

7. penuh semangat

8. visioner dan mengambil resiko

TERUS, FAKTOR APA SAJA YANG MEMPENGARUHI KREATIFITAS?

1. jenis kelamin

karena dominasi perkembangan otak anak laki-laki dan perempuan berbedah

2. status ekonomi

anak yang berada pada status ekonomi menengah dan menengah kebawa dominan membuat permainan dari apa saja yang mereka temukan disekitar di banding dengan anak dengan status ekonomi di atas, namun anak dengan status ekonomi di atas untuk perkembangan kreatifitas bisah dilatih lebih dalam di sekolah.

3. urutan kelahiran

pastinya bapak ibu heran mengapa urutan kelahiran dapat mempengaruhi kreatifitas anak. Mengapa demikian, terkadang pola asu serta perhatian yang diberikan kepada anak pertama dan anak seterusnya bereda sehingganya dapat mempengaruhi kreatifitats anak, contoh mainan anak pertama akan diwariskan kepada adik berikutnya padahal mainan tersbut sudah rusak, oleh karena itu hal ini yang membuat anak yang mendapat warisan dari kakanya mempunyai dua kemungkinan, 1). imajinasi yang kuat dengan merampungkan mainan yang sudah rusak, dan 2) sulit berimajinasi karena mainan yang rusak.

4. lingkungan koata dan desa

lingkungan memiliki peran krusial dalam perkembangan anak, dimana anak itu hidup berdampingan dengan orang sekitar maka anak itu tidak akan jauh berbeda dengan orang sekitar.

5. intelegensi pada setiap umur

bapak ibu harus paham setiap fase perkembangan anak bapak ibu, apa tugas perkembangan mereka ketika meraka sudah mencapai umur 0-2 tahun, 2-7 tahun, 7-11 tahun, 12-18 tahun dan seterusnya. karena itu dapat menentukan perkembangan intelegensi mereka dan mempengaruhi kreatifitas anak.

6. keluarga

keluarga menjadi landasan utama dalam tumbuh kembang anak, bagaimana anak itu bisa menjadi pribadi yang baik, intelegensi yang kuat, kreatifitas yang tinggi tergantung pola asu (parenting) yang di berikan orang tua kepada anak mereka.

APA SAJA FAKTOR PENGHAMBAT KREATIFITAS?

 

1. evaluasi

Menurut Rogers salah satu syarat untuk memupuk kreatifitas konstruktif adalah bahwa pendidik tidak memberikan evaluasi, atau setidak-tidaknya menunda pemberian evaluasi sewaktu anak sedang berkreasi. contoh: ketika anak mencoret diding rumah langsung di marahi, di bentak, dikata-katain dan masi banyak lagi.

2. hadia

terkadang orang tua terlalu membiasakan pemberian reward (hadia) pada anak yang tanpa di sadari dapat merusak motivasi intrinsik dan mematikan kreatifitas anak.

3. persaingan (kompetisi)

Kompetisi terjadi apabila siswa merasa bahwa pekerjaannya akan dibandingkan dengan pekerjaan siswa lain dan yang terbaik akan mendapatkan hadiah. Kompetisi terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan sayangnya dapat mematikan kreativitas. (Munandar, 1999).

4. lingkungan yang membatasi

Menurut Albert Einstein belajar dan kreativitas tidak dapat ditingkatkan dengan paksaan.

 

REPRESENTASI LAGU BERNADYA SATU BULAN PADA GEN Z

06 August 2024 20:44:24 Dibaca : 151

LAGU SATU BULAN

Lagu dari bernadya yang diliris pada tahun 2023 ini Kembali populer di 2024, seorang idol cilik dari audisi the voice kids Indonesia 2016 dan direkrut tulus menjadi timnya dalam audisi tersebut. Wanita yang biasa di sapa nad itu bernama asli Bernadya Ribka Jayakusuma lahir disurabaya 16 Maret 2004.

Lagu ini diliris bernadya karena bentuk pengungkapan perasaan yang ia rasakan setelah putus dengan sang kekasih pujaan hati karena merasa sudah tidak menemukan jalan untuk hubungan mereka dan akhirnya pisah, dalam liriknya bernadya menyelipkan beberapa pesan yang membuat para Gen Z semakin menggalau brutal mungkin sama dengan kisa percintaan mereka.

1.           BELUM BISA MOVE ON

Dalam lirik lagu satu bulan bernadya menuliskan (Belum ada satu bulan, kuyakin masi ada sisa wangiku dibajumu) dalam bait ini menggabarkan bahwa bernadya yakin sang mantan kekasih belum melupakannya secepat itu  mengingat hubungan mereka yang sudah lama terjalin. Namun bait berikutnya terbantahkan (Namun, kau tampak baik saja bahkan senyummu lebih lepas sedangkan aku disini hampir gila) bernadya merasa untuk melupakan sang pujaan hati butuh waktu, tidak secepat sang mantan kekasih, bahkan bernadya merasa hampir gila untuk melupakan sang kekasih namun kekasihnya tidak demikian, sang mantan kekasih terlihat lebih cepat move on sesuai dengan pendapat (alexander tj et al., 2020).

2.           KONDISI STRESS

Dalam lirik lagu berikutnya (sedang aku disini belum terima, dan sedang aku disini hampir gila) dalam liriknya benadya merasa hampir gila, hal ini tentunya sudah tergolong stress yang sudah berlebihan. Dalam hal penerimaan diri setiap orang berbeda-beda ada yang mampu dan cepat dalam menerima segalah sesuatu yang sudah terjadi dalam hidupnya ada juga yang sebaliknya. Gambaran stress pada manusia biasanya dimulai dengan sering sakit kepala, susah tidur, cemas, depresi dan putus asa (Lubis Zainuddin, 2023; Sundara et al., 2022).

 

3.           KECEMASAN MENJADI PENYEBAB STRESS

Dalam lagu ini yang menjadi penyebab munculnya kondisi stress adalah kecemasan yang dialami oleh bernadya terhadap sang mantan pujaan hati yang tampak baik-baik saja setelah perpisahan mereka, hal ini dibenarkan dalam lirik bernadya (Sudah adakah yang gantikanku, yang khawatirkanmu setiap waktu, yang ceritakan tentang apa pun sampai hal-hal tak perlu, kalau bisa, jangan buru-buru, kalau bisa, jangan ada dulu). Kondisi kecemasan biasa terjadi karena adanya tekanan atau situasi yang tidak di inginkan oleh penderita, seperti tekanan ekonomi, pekerjaan, kehilangan orang berharga dan dicintai, sesuai dengan pendapat (Hendrawati et al., 2021).

KESIMPULAN

Bernadya ingin menceritakan fase terberat dalam hidupnya setalah di tinggal sang mantan kekasih, proses melupakan sang mantan yang begitu berat yang hampir membuatnya gila, namun sang mantan kekasih terlihat baik-baik saja setelah perpisahan tersebut, bernadya merasa cemas kepada mantan kekasihnya itu, ia hanya bisa mengira-ngira apakah perannya dalam kehidupan sang mantan sudah tergantikan padahal mereka baru putus satu bulan yang lalu, bahkan parahnya di saat bernadya berulang tahun sang mantan kekasih tidak mengucapkan selamat kepadanya sehingga membuat ia cemas atau overthinking tentang sang mantan kekasih apakah dia lupa atau sudah ada hati yang di jaga.

Tentunya dalam hal ini saya tidak sepakat dengan proses melupakan seseorang dengan cara berlebihan seperti itu, bahkan sampai membuat seseorang hampir gila karena merasa cemas dengan masa lalunya. Tidak bisa saya pungkiri juga, kehilangan sesorang yang sudah kita cintai tentunya menjadi luka yang perlu dipertimbangkan, bahkan parahnya bisa menyebabkan traumatis apalagi dengan hubungan yang selesai atas kasus perselingkuhan.

Dalam hal melupakan teman-teman bisa melakukan aktivitas yang lebih produktif, hobi dan beribadah. Pesan saya melupakan seseorang sebernarnya tidak ada, kita tidak pernah sepenuhnya melupakan sesorang yang pernah menjadi peran penting dalam kehidupan kita. Ketika kita berpisah dengan seseorang yang kita cintai itu hanya sebatas habit (kebiasaan), kita harus membiasakan diri untuk hal-hal yang pernah dia lakukan kepada kita atau yang pernah kita lakukan kepadanya dan itu tidak mudah tentunya butuh waktu serta tergantung pada kesungguhan diri kita.

 

 If not you, who else understands you?

Sekalipun kita kehilangan orang yang kita cintai, Jangan sampai kita kehilangan diri sendiri.

REFERENSI

alexander tj, Premono H, Ganeshasi MKR, Situmorang DDB. (2020). PANDANGAN REALITY TERAPHY TERHADAP MOVE ON SERTA.

Hendrawati, Sriati, A, Amira, I. DA. (2021). STRESS, KECEMASAN DAN DEPRESI PADA PENGUNJUNG CARE FREE DAY DI KABUPATEN GARUT. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada: Jurnal Ilmu Ilmu Keperawatan, Analis Kesehatan Dan Farmasi, 21(1).

Lubis Zainuddin. (2023). Fenomena Fatherless dan Pentingnya Peran Ayah dalam Pertumbuhan Anak. Sumber: Https://Nu.or.Id/Syariah/Fenomena-Fatherless-Dan-Pentingnya-Peran-Ayah-Dalam-Pertumbuhan-Anak-MO1e5

Sundara, A. K, Larasati, B, Meli, D. S, Wibowo, D. M, Utami, F. N, Maulina, S, Latifah, Y, Gunarti, N. S. (2022). REVIEW ARTICLE: AROMATERAPI SEBAGAI TERAPI STRES DAN  GANGGUAN KECEMASAN. Jurnal Buana Farma: Jurnal Ilmiah Farmasi, 2(2).

 

 

 

CARA MELUPAKAN MANTAN YANG PUNYA BANYAK FRIST EXPERIENCE

01 August 2024 05:43:22 Dibaca : 54

 

NGAK ADA... JANGAN BERHARAP ANDA BISA MELUPAKAN SEMUANYA SEMUDAH ITU

YANG BISA ANDA LAKUKAN JIKA ANDA INGIN MOVE ON BERHENTI MEMBANDINGKAN DIA DENGAN ORANG BARU ATAU YANG AKAN DATANG

 

JANGAN YAH DEK YAA

Kategori

Blogroll

  • Masih Kosong