ARSIP BULANAN : March 2016

Nilai tukar Rupiah terperosok ke level Rp 13.266 per USD

MERDEKA.COM - Laju nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) kembali melemah di perdagangan hari ini, Kamis (24/3). Lima belas menit perdagangan di mulai, Rupiah langsung terperosok ke level Rp 13.266 per USD.
Mengutip data Bloomberg, Rupiah dibuka di level Rp 13.196 per USD atau melemah dibanding penutupan perdagangan kemarin di Rp 13.182 per USD. Setelah dibuka, Rupiah cenderung bergerak melemah hingga saat ini.
Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) menyebut nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) masih berpotensi melemah, meski saat ini mata uang Garuda tengah menguat di level Rp 12.900 per USD.
Gubernur BI, Agus Martowardojo mengatakan, perkembangan ekonomi dunia sangat dinamis, bahkan pertumbuhannya cukup pelan. Misalnya, Jepang dan Eropa yang mengalami negative interest rate hingga berdampak pada dana mengalir ke negara berkembang, termasuk Indonesia. Dana yang masuk itu kemudian membuat mata uang kita menjadi kuat. Karena begitu banyak dana yang masuk. Dan juga demand valuta asing akan tidak terlalu besar dalam kuartal 1 ini. Jadi membuat ini lebih kuat," ujarnya di Jakarta, Rabu (23/3).
Meski banyak dana masuk ke Tanah Air tetap ada risiko yang harus diwaspadai. Misalnya, risiko dari Amerika Serikat (AS) yang berpotensi menaikkan kembali Fed Fund Rate. Sehingga kondisi tersebut harus diantisipasi jika tidak mau dana yang masuk tersebut kembali hengkang dari Indonesia.

Sumber : http://www.merdeka.com/…/nilai-tukar-rupiah-terperosok-ke-l…

TUGAS BERITA 1 (JURNALISTIK ONLINE)

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong