ARSIP BULANAN : April 2016

Resume tentang media massa oleh Jurnalis profesional CHRISTOPEL PAINO – Mongabay Indonesia
Media massa adalah sarana utama penegakan demokrasi substansial. Saat ini media massa telah menjadi kekuatan keempat, di luar kekuasaan eksekutif, legislatif dan judikatif. Namun setelah reformasi tahun 1998, fenomena yang terlihat semakin jelas adalah perubahan media menjadi mediakrasi.
Ahli komunikasi Everett M. Rogers menambahkan, media massa juga berperan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengambil bagian secara aktif dalam proses pengambilan keputusan mengenai perubahan. Memberi kesempatan kepada para pemimpin masyarakat untuk memimpin dan mendengarkan pendapat rakyat kecil serta menciptakan arus informasi yang berjalan lancar dari bawah ke atas.
Terdapat pula fungsi hiburan dan fungsi mobilisasi (khususnya untuk program-program pemerintah). Tetapi di mana pun, media diharap menunjang nilai-nilai utama serta pola-pola perilaku tertentu (biasanya menjadi arus utama, dan biasanya didasari oleh standar moral tertentu, khususnya mengenai yang disebut ’waras’ dan ’normal’) Ini berarti, media massa berpotensi dikuasai oleh seluruh arus utama pemikiran. Rezim ini berpotensi membuat definisi-definisi tentang mereka yang dianggap lain, “the other’ atau ‘”liyan”, tanpa melihat akar persoalannya.
Jurnalis adalah orang yang melakukan kerja jurnalistik. Ada yang menggunakan istilah wartawan. Wartawan adalah pewarta, orang yang mewartakan peristiwa dengan kerja jurnalistik
Struktur penulisan berita yaitu piramida terbalik, Lead (semua informasi penting pada paragraf-paragraf awal, serta harus memenuhi prinsip 5W+1H. Tubuh berita (Eksplorasi ‘Why’ dan ‘How’). Akhiran (detil dan keterangan tambahan). Teknik Menulis Berita hanya bisa dilakukan setelah wartawan mendapatkan fakta berita (dari press release, jumpa pers, seminar, wawancara, atau peristiwa langsung di tempat kejadian).Tidak semua fakta lapangan bisa ditulis menjadi berita (fungsi self sensorship). Konsultasi dengan editor, diperlukan untuk menentukan fakta mana yang akan diangkat sebagai lead berita, gaya penulisan, panjang tulisan, dan pukul berapa tulisan harus selesai (dead line).

 

LARANGAN MAHASISWI PAKAI JEANS

07 April 2016 08:21:49 Dibaca : 179

UNG, 5 April 2016 - Mahasiswi muda dan trendi, yang sedang menempuh pendidikan di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) khususnya Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Aturan klasik yang berlaku hingga saat ini adalah larangan memakai celana jeans.
Mahasiswi dituntut untuk selalu berpenampilan rapi layaknya seorang guru. Dalam mengikuti perkuliahan mahasiswi PGSD harus memakai pakaian atasan kemeja dan bawahan dengan bahan kain. Larangan memakai celana jeans wajib dipatuhi oleh seluruh mahasiswi PGSD.
Larangan tersebut sudah disosialisasikan sejak awal perkuliahan, dan berlaku bagi mahasiswi Prodi PGSD. Mereka pun sudah paham dengan aturan tersebut.
Hal ini dikarenakan semua jurusan di PGSD bertujuan membentuk generasi muda menjadi para pendidik profesional di masa akan datang.
Terlebih, Prodi PGSD memiliki ciri khas yang berbeda dengan prodi lain. Mengingat profesinya nanti adalah mendidik anak-anak usia dini di mana anak-anak ini memiliki kecenderungan untuk meniru apa yang dilakukan oleh pendidik.

 

MENOPANG EKONOMI DARI PASIR SUNGAI BONE

07 April 2016 08:15:33 Dibaca : 113

BONE BOLANGO, 5 April 2016 – Bone bolango memiliki sungai bone yang tedapat di kecamatan suwawa. Sungai bone di suwawa adalah sebuah sungai yang bermuara ke teluk tomini. Luas daerah aliran sungai bone adalah ±265.000 Ha dengan panjang sungai utama 100 km.

Sungai bone, bagi sebagian warga suwawa yang tinggal dikawasan yang berdekatan dengan sungai ini menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan mereka. Selain digunakan untuk keperluan sehari hari, seperti mandi, mencuci, air sungai bone sebagian besarnya dimanfaatkan keperluan irigsi pertanian. Fungsi lain yang bias diambil dari keberadaan sungai bone adalah pasir sungai yang sangat bermanfaat untuk keperluan pembangunan dan tentu juga memiliki nilai ekonomi. Misalnya saja bapak Karim, warga sekitar mengaku selalu menambang pasir diwilayah sungai bone ini untuk keperluan mencari mata pencaharian.
Banyak disana penambang pasir yang mengais rezeki untuk kemudian dijual kepada konsumen. Walaupun kekuatan pasir sungai bone untuk keperluan pembangunan tak sekuat pasir sungai lainnya, akan tetapi pasir sungai bone tetap diminati warga untuk dijadikan bahan baku bangunan. Hal ini disebabkan karena harga yang lumayan murah daripada pasir sungai lainnya. Selain jarak yang cukup dekat, juga penggunaan pasir sungai bone ini memiliki kualitas pasir lumayan baik.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong