Pelatihan Jurnalistik Dasar “MEMBANGUN DAN MENGEMBANGKAN MAHASISWA DI BIDANG JURNALISTIK”

19 April 2016 19:34:23 Dibaca : 63

Resume tentang media massa oleh Jurnalis profesional CHRISTOPEL PAINO – Mongabay Indonesia
Media massa adalah sarana utama penegakan demokrasi substansial. Saat ini media massa telah menjadi kekuatan keempat, di luar kekuasaan eksekutif, legislatif dan judikatif. Namun setelah reformasi tahun 1998, fenomena yang terlihat semakin jelas adalah perubahan media menjadi mediakrasi.
Ahli komunikasi Everett M. Rogers menambahkan, media massa juga berperan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengambil bagian secara aktif dalam proses pengambilan keputusan mengenai perubahan. Memberi kesempatan kepada para pemimpin masyarakat untuk memimpin dan mendengarkan pendapat rakyat kecil serta menciptakan arus informasi yang berjalan lancar dari bawah ke atas.
Terdapat pula fungsi hiburan dan fungsi mobilisasi (khususnya untuk program-program pemerintah). Tetapi di mana pun, media diharap menunjang nilai-nilai utama serta pola-pola perilaku tertentu (biasanya menjadi arus utama, dan biasanya didasari oleh standar moral tertentu, khususnya mengenai yang disebut ’waras’ dan ’normal’) Ini berarti, media massa berpotensi dikuasai oleh seluruh arus utama pemikiran. Rezim ini berpotensi membuat definisi-definisi tentang mereka yang dianggap lain, “the other’ atau ‘”liyan”, tanpa melihat akar persoalannya.
Jurnalis adalah orang yang melakukan kerja jurnalistik. Ada yang menggunakan istilah wartawan. Wartawan adalah pewarta, orang yang mewartakan peristiwa dengan kerja jurnalistik
Struktur penulisan berita yaitu piramida terbalik, Lead (semua informasi penting pada paragraf-paragraf awal, serta harus memenuhi prinsip 5W+1H. Tubuh berita (Eksplorasi ‘Why’ dan ‘How’). Akhiran (detil dan keterangan tambahan). Teknik Menulis Berita hanya bisa dilakukan setelah wartawan mendapatkan fakta berita (dari press release, jumpa pers, seminar, wawancara, atau peristiwa langsung di tempat kejadian).Tidak semua fakta lapangan bisa ditulis menjadi berita (fungsi self sensorship). Konsultasi dengan editor, diperlukan untuk menentukan fakta mana yang akan diangkat sebagai lead berita, gaya penulisan, panjang tulisan, dan pukul berapa tulisan harus selesai (dead line).

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong