ARSIP BULANAN : December 2022

Tipe Kepemimpinan & Lingkungan

14 December 2022 05:39:26 Dibaca : 582

 

Macam-macam gaya kepemimpinan

1. Gaya kepemimpinan Otokrasi

2. Gaya Kepemimpinan Birokrasi

3. Gaya kepemimpinan Kendali Bebas

4. Gaya kepemimpinan Kharismatis

5. Gaya Kepemimpinan Demokratis atau Partisipatif

6. Gaya Kepemimpinan Transaksional

7. Gaya Kepemimpinan Transformasional

 

Definisi Lingkungan organisasi merupakan faktor non-organisasi yang mempengaruhi sistem operasi atau mekanisme dalam suatu organisasi. Perubahan lingkungan adalah kecepatan dari perubahan lingkungan umum dan lingkungan khusus perusahaan.Lingkungan yang stabil adalah tingakat perubahan lingkungan yang lambat.Sedangkan lingkungan dinamis atau labil adalah perubahan lingkungan yang cepat. Jenis lingkungan organisaiLingkungan umum :Kondisi ekonomi,Kondisi social budaya,Kondisi politik dan hukumKondisi teknologi,Kondisi lingkungan alam.

Lingkungan khusus :Pelanggan,Pemasok,PesaingPembuat peraturan,Serrikat pekerja,Lembaga keuangan,

Sifat lingkungan organisasi lingkungan statis atau stabil yaitu hanya sedikit kekuatan dalam lingkungan khusus mereka yang berubah.lingkungan yang dinamis atau labil, perubahan-perubahan yang terjadi dengan cepat yang mempengaruhi usaha mereka.

Di lingkungan masyarakat, kepemimpinan sangat berperan penting dan hal ini muncul karena kepempinan ini muncul sebagai suatu sifat tertentu dari seseorang yang membedakan mereka dari kebanyakan orang dan dipandang sebagai kemampuan khusus yang tidak dimiliki orang biasa dan berdasarkan hal ini seseorang dianggap sebagai seorang pemimpin. Pada kehidupan bermasyarakat biasanya hal yang sering dilakukan sebagai seseorang yang berjiwa kepemimpinan ialah mampu memberikan pendapat yang berdampak baik atau manjadi solusi pada bermasalahan di lingkungan masyarakat tersebut dan masyarakat merasa terbantu dengan solusi tersebut, maka dari itu keputusan seorang pemimpin sangat berpengaruh penting bagi kelangsungan hidup bermasyarakat. Kepemimpinan membicarakan mengenai bagaimana seseorang menjadi pemimpin, atau bagaimana timbulnya seorang pemimpin, dan teori tentang kepemimpinan itu diantaranya adalah teori kelebihan, teori sifat, teori keturunan, teori kharismatis, teori bakat dan teori sosial Tipe kepemimpinan adalah gaya atau corak kepemimpinan yang dibawakan oleh seorang pemimpin dalam mempengaruhi para pengikutnya. Gaya seorang pemimpin dalam menjalankan kepemimpinan dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain faktor pendidikan, pengalaman, usia, karakter tabiat atau sifat yang ada pada diri pemimpin tersebut. Gaya kepemimpinan pada Lingkungan Labil/dinamis, gaya kepemimpinan Kendali Bebas, gaya Kepemimpinan Demokratis atau Partisipatif, gaya Kepemimpinan Transformasional.