ARSIP BULANAN : December 2023

Pada awal perkuliahan semester 7 ada mata kuliah six sigma yang termasuk ke dalam mata kuliah pilihan konsentrasi manajemen industri. Awalnya saya tidak mengetahui tentang mata kuliah six sigma ini, apakah hanya teori saja atau berisi banyak perhitungan. Entah akan seperti apa materi yang akan diberikan oleh dosen pengampuh nanti. Setelah mengikuti perkuliahan, pengalaman yang saya dapatkan adalah saya merasa sangat terbantu, merasa senang karena dosen pengampuh, yaitu: Bapak Dr. Trifandi Lasalewo, S.T, M.T dan juga Bapak Nurfaisal Harun, S.T, M.T yang sangat membimbing dan mengarahkan dari awal sejarah six sigma, metodenya, sampai dengan penggunaan semua seven tools.

Banyak pengetahuan baru yang saya dapatkan pada mata kuliah ini. Seperti dalam menyelesaikan masalah pada proses produksi barang. Awalnya saya mengira untuk mengatasi hal-hal tersebut hanya sepele dan tidak melalui banyak tahapan. Tetapi, setelah saya belajar six sigma ternyata banyak tahapan yang perlu dilakukan, seperti penggunaan metode DMAIC, metode ini menjelaskan dari tahap mendefinisikan masalah, melakukan perhitungan variabilitas, menganalisis akar masalah, memperbaiki, dan mengontrol agar tidak terjadi cacat produk lagi, ini memberikan saya gambaran bagaimana perusahaan dapat melakukan perubahan yang signifikan dan berkelanjutan, begitu juga dengan penggunaan seven tools, pada awal menjadi mahasiswa hanya dikenalkan untuk teori dan dasar-dasarnya saja. Tetapi, pada six sigma ini sudah belajar penggunaan seven tools secara mendalam yang terdiri dari check sheet, diagram pareto, diagram histogram, fishbone, scatter diagram, control chart. Semua diagram ini memiliki fungsinya masing-masing.

Dengan pengetahuan six sigma ini hal yang dapat saya kembangkan adalah melatih dan mendalami analisis data dan statistik keterampilan metode six sigma dengan tambahan aplikasi minitab ataupun tools analisis data lainnya, karena mungkin saja metode six sigma ini bisa saya gunakan dan terapkan dalam penelitian skripsi saya nanti. Pengetahuan ini sangat berharga karena bisa digunakan kapan saja dan dimana saja. Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Dr. Trifandi Lasalewo, S.T, M.T dan juga Bapak Nurfaisal Harun, S.T, M.T karena dengan bimbingan beliau saya bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman yang berharga ini. Semoga bapak sehat dan sukses selalu dalam membimbing dan mengarahkan mahasiswa dalam perkuliahan di tahun-tahun berikutnya.