ARSIP BULANAN : September 2020

Logo Universitas Negeri Gorontalo

17 September 2020 14:40:04 Dibaca : 10

                                 Logo          Universitas Negeri Gorontalo Keterangan Logo

1. Kurva segi lima sama sisi adalah ornamen khas daerah Gorontalo melambangkan lima sila dari dasar negara pancasila yang menjadi azas UNG, serta lima sendi peradaban Gorontalo yang disebut {Payu Limo to Talu, Lipu Pei Hulalu}2. Kerangka bunga teratai yang telah mekar penuh mengandung harapan UNG akan menghasilkan SDM yang utuh dan berkualitas.3. Lingkaran bola dunia melambangkan komitmen untuk mencapai visi, misi dan tujuan UNG, sedangkan warna biru melambangkan keamanan dan perdamaian.4. Buku berwarna putih yang terbuka memiliki makna sikap terbuka dan semangat yang tinggi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya.5. Pena berbentuk ornamen lima mata melambangkan antara ilmu agama, ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya merupakan satu kesatuan yang utuh dalam dunia pendidikan.6. Mahkota raja berwarna hitam dengan hiasan kuning emas melambangkan kebudayaan, keteguhan dan kejayaan suatu martabat. 23 butir emas melambangkan hari bersejarah masyarakat Gorontalo, di mana tanggal 23 Januari 1942 sebagai hari kemerdekaan masyarakat Gorontalo dan sekaligus tanggal 23 Juni 2004 hari peresmian UNG oleh Presiden RI.7. Sayap burung Maleo berwarna jingga melambangkan semangat juang yang tinggi serta gerakan dinamis civitas akademika dalam mengembangkan UNG Kampus negeri di Provinsi Gorontalo ini juga menempati ranking 1558 di dunia. Hal tersebut tentunya menjadi kebanggaan, karena universitas lain di wilayah Indonesia Timur seperti Universitas Tadulako, Universitas Hassanudin dan Universitas Sam Ratulangi berada pada peringkat 2000-an di tingkat dunia.

 

UNG

17 September 2020 14:37:24 Dibaca : 6

         Universitas Negeri Gorontalo   Banyak yang mengatakan bahwa kampus-kampus di Indonesia Tengah tidak berani bersaing, tetapi buktinya UNG mempunyai visi menjadi Leading University di kawasan Asia Tenggara. Dengan melalalui pengembangan kebudayaan dan inovasi berbasis potensi regional. Dan menurut Indostudent pada tahun 2016 UNG termasuk 10 Universitas terbaik di kawasan Indonesia Timur. Jika memilih UNG sebagai tempat studi kita akan di bekali kapasitas keilmuwan, jiwa kepemimpinan, kewirausahaan dan tentunya softskill yang mumpuni. Bukan hanya itu kampus bernegeri ini juga membentuk mahasiswa untuk jadi masyarakat berjiwa sosial tinggi. Caranya dengan meningkatkan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat untuk memperkokoh budaya lokal dan identitas nasional. Universitas Negeri Gorontalo (UNG) telah menyiapkan skema kuliah dalam jaringan (daring) selama 1 semester ke depan. Langkah itu dilakukan sebagai antisipasi penyebaran Covid-19.

Profil Universitas Negeri Gorontalo

17 September 2020 14:35:36 Dibaca : 3

Profil Universitas Negeri Gorontalo Universitas Negeri Gorontalo adalah universitas yang di kembangkan atas dasar perluasan mandat (wider mandate) dari IKIP Negeri Gorontalo yang berdiri pada tanggal 1 september 1963.Nama sebelumnya UNG adalah IKIP Gorontalo, perubahan IKIP Gorontalo menjadi Unversitas Negeri Gorontalo di tetapkan dengan surat keputusan presiden RI nomor 54 tahu 2004 tanggal 23 juli 2004. Hari lahir UNG ditetapkan sama dengan lahirnya cabang FKIP UNSULUTTENG di Gorontalo sebagaimana dinyatakan dalam surat kepurusan menteri PTIP nomor 67 tahun 1963 tanggal 11 juli 1963. Selama lebih dari 50 tahun, universitas ini telah mengalami enam kali perubahan nama dan tujuh kali pergantian pimpinan. Mulai dari berstatus sebagai cabang FKIP IKIP Yogyakarta Cabang Manado sampai diresmikan menjadi Universitas Negeri Gorontalo, oleh Presiden Megawati pada tahun 2004. UNG sekarang terdiri dari 10 fakultas, antara lain:

1. Fakultas Ilmu Pendidikan2. Fakultas MIPA3. Fakultas Ilmu Sosial4. Fakultas Sastra dan Budaya5. Fakultas Teknik6. Fakultas Ilmu Olahraga dan Kesehatan7. Fakultas Pertanian8. Fakultas Huku9. Fakultas Ekonomi10. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Negeri Gorontalo telah di akreditasi B oleh badan Akreditasi Nasional - Perguruan Tinggi (BAN-PT). Akreditas tersebut merupakan pengakuan bahwa UNG merupakan Salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Di kampus yang berlokasi di Kota Gorontalo ini, ada tujuh program studi terakreditasi A dan 29 program studi terakreditasi B. Predikat tersebut berdasarkan penilaian beberapa aspek, seperti kurikulum, sarana-prasarana pendidikan dan kesiapan administrasi akademik yang memenuhi standar.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong