PEMANFAATAN KAHOOT! SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF

29 January 2025 20:35:02 Dibaca : 5 Kategori : Ulasan

Transformasi digital yang signifikan telah terjadi di berbagai bidang kehidupan, termasuk bidang pendidikan, sebagai akibat dari pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Pendidikan adalah proses memperoleh pengetahuan dan keterampilan untuk menetapkan tujuan hidup(Dasar, 2024). Pendidikan selalu beradaptasi dengan perkembangan tehnologi yang sudah semakin berkembang saat ini.

Perkembangan tehnologi saat ini menghantarkan pada pengembangan media pembelajaran yang berbasis interaktif. Media pembelajaran interaktif adalah alat atau sumber daya yang digunakan untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara yang memungkinkan keterlibatan aktif dari siswa. Berbeda dengan media pembelajaran tradisional yang lebih bersifat pasif, media interaktif memungkinkan siswa untuk berinteraksi langsung dengan materi yang dipelajari, seperti melalui kuis, simulasi, video yang dapat dikendalikan, atau aplikasi yang mengintegrasikan elemen-elemen seperti suara, gambar, atau animasi.

Berdasarkan pengertian diatas mka hal itu diungkapkan oleh Menurut (Yanto, 2019) Media pembelajaran interaktif merupakan salah satu jawaban atas permasalahan materi pembelajaran bersifat abstrak, mengemas media pembelajaran interaktif dalam bentuk software komputer ataupun mobile serta dengan menambahkan animasi peraga yang baik akan menarik keinginan peserta didik untuk belajar dan memahami konsep pembelajaran yang berisfat abstrak.

Salah stu media pembelajaran interaktif yang bisa digunakan adalah kahot!, Kahoot! adalah platform pembelajaran berbasis game yang memungkinkan guru, siswa, atau peserta kelas membuat kuis dan permainan interaktif yang dapat dimainkan secara langsung. Kuis atau permainan di Kahoot! biasanya terdiri dari pertanyaan pilihan ganda yang dapat dijawab oleh peserta menggunakan perangkat mereka, seperti komputer, tablet, atau ponsel.

Selaras dengan hal tersebut (Hartanti, 2019) Kahoot adalah media pembelajaran online berbasis pertanyaan tidak berbayar yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dalam rangka mengevaluasi hasil proses belajar siswa, mengulang kembali materi pelajaran dan merangsang minat siswa untuk melakukan diskusi baik secara kelompok maupun secara klasikal tentang pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh Kahoot.

Selanjutnya menurut (Hartanti, 2019) Kahoot menyediakan alternative pembelajaran online dengan menampilkan evaluasi pembelajaran melalui permainan quis yang menyenangkan. Dengan menggunakan Kahoot siswa dapat berpartisipasi dengan aktif dalam menjawab pertanyaan.Quiz yang dibuat di Kahoot tidak hanya berupa teks, tetapi juga dapat menyisipkan gambar bahkan video.

Kahoot! memiliki banyak fitur yang membantu membuat belajar lebih interaktif dan menyenangkan. Berikut adalah beberapa fitur utamanya:

1.      Pengguna dapat membuat kuis yang terdiri dari berbagai pertanyaan, biasanya berbentuk pilihan ganda, yang dapat diisi secara langsung oleh peserta. Kuis-kuis ini dapat disesuaikan dengan tingkat kesulitan dan durasi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya.

2.      Polls (Jajak Pendapat): Fitur ini memungkinkan pengguna membuat survei atau polling dalam bentuk pilihan ganda; ini berguna untuk mengumpulkan pendapat atau tanggapan dari peserta secara cepat.

3.      Survei (Survei): Mirip dengan polling, tetapi survei lebih memfokuskan pada pengumpulan data yang luas tanpa hasil yang salah atau salah.

Menurut (Hasan et al., 2021) Media pembelajaran merupakan media yang menyampaikan pesan atau informasi yang memuat maksud atau tujuan pembelajaran. Media pembelajaran memberikan manfaat, Media pembelajaran membantu siswa memahami ide atau materi pelajaran dengan cara yang lebih mudah dipahami dan mudah dipahami, terutama untuk topik yang kompleks atau abstrak. Media pembelajaran yang menarik, seperti simulasi, gambar, atau video, dapat menarik perhatian dan minat siswa. Pada akhirnya, ini dapat meningkatkan keinginan siswa untuk belajar.

Daftar Pustaka

Dasar, D. I. S. (2024). Jurnal Inovasi Pendidikan EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL. 7(1), 52–65. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.16895.83367

Hartanti, D. (2019). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Media Pembelajaran Interaktif Game Kahoot Berbasis Hypermedia. Prosiding Seminar Nasional, 1(1), 78–85. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/snpep2019/article/view/5631

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409